Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan

Attailah Petir Banyak tempat yang bisa dikunjungi saat masa liburan tiba baik itu di pantai maupun ke arah pengunungan yang memiliki pemandangan indah yang mampu membuat siapa pun betah untuk berlama-lama di tempat tersebut dengan berbagai alasan, mulai dari pesona alamnya yang luar biasa hingga kesegaran alam yang tidak pernah bisa didapatkan di tempat-tempat lain.
Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan
Tahura Pocut Meurah Intan
Salah satu tempat atau objek wisata yang bisa dikunjungi saat masa liburan tiba adalah Taman Hutan Raya ( Tahura ) Pocut Meurah Intan yang berlokasi di Jl. Lintas Banda Aceh – Medan, Km.77, Saree Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Letaknya yang strategis membuat Tahura Pocut ini mudah untuk dijangkau oleh para wisatawan karena memang berada di kawasan Hutan Seulawah Agam yang jika dilihat lebih jauh lagi hanya memiliki jarak sekitar 70Km dari Kota Banda Aceh.

Taman Hutan Raya ini sendi sudah ada pada tahun 1930 di kawasan Seulawah Agam namun Pemerintah Daerah Aceh Baru membentuk Tim Tamah Hutan Raya melalui SK Gubernur Kepala Daerah Istimewa Aceh No.552.51/442/1990 yang lebih tepatnya pada tanggal 4 September 1990. Kalau dilihat dari luas peruntukkannya Taman Hutan Raya ini tergolong salah kedalam satu Taman Hutan Paling Luas di indonesia karena luas totalnya yang mencapai 25.000 hektar.

Baca Juga

Namun yang dijadikan Tahura pocut ini hanya 6.300 hektar saja karena memang untuk mengarung lahan seluas 25.000 hektar akan dibutuhkan waktu yang lumayan lama dan membutuhkan energi yang cukup. Keaneka ragaman flora & fauna bisa ditemukan di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan ini dikarenakan 250 hektar area ditumbuhi oleh kayu pinus dan juga akasia sedangkan 5.000 hektar lainnya ditumbuhi Padang dan juga alang-alang dan juga beberapa tumbuhan-tumbuhan muda lainnya.

Para pengunjung disambut langsung oleh para penjaga Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan ini yang tidak lain adalah para polisi hutan yang akan memandu para wisatawan yang datang ke Tahura Pocut Meurah Intan ini. Selain itu sejumlah spot-spot bersejarah yang ramai dikunjungi oleh para pengunjung diantarany adalah Air terjun Berair Panas, Sumber Air Panas, Kawah Ie Juk, Kawah Belerang, Tempat Maga Satwa, Bendungan Tua Peninggalan Belanda dan masih sangat banyak lagi spot-spot yang bisa dikunjungi dan memiliki nilai sejarahnya tersendiri.

Dikarenakan Tahura Pocut Meurah Intan ini dikunjungi oleh banyak orang dan jangkauannya yang luas maka tidak heran jika fasilitas seperti Toilet dan juga lahan parkir yang luas sudah disiapkan di diket pos penjagaan Tahura ini. Wahana seperti Flying Fox, Jembatan Tambang dan juga Rumah Pohon juga bisa ditemukan tempat ini.

Walaupun didalam hutan para pengunjung juga masih bisa menjumpai gazebo-gazebo unik yang di dengan tempat duduk untuk para pengunjung beristirahat dan jika para pengunjung yang mengunjungi Tamah Hutan Raya Pocut Meurah Intan ini datang dengan membawa anak kecil tersedia juga wahana bermain anak-anak seperti Ayunan dan juga Perosotan sebagai tempat untuk mereka bermain.

Setelah lelahnya bermain seharian di Tahura Pocut Meurah Intan ini dan merasa lapar, tersedia juga Cafe yang menyediakan makanan dan juga minuman yang selalu siap dihidangkan untuk para pengunjung yang berkunjung ke tempat ini. Jadi singkatnya Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan ini merupakan salah satu Spot Wisata yang bisa didatangi oleh setiap orang dari berbagai daerah bersama keluarga mereka masing-masing dan seperti yang sudah admin sebutkan tadi bahwa sejumlah wahana dan juga fasilitas bisa dinikmati disini.

Itulah sedikit banyaknya informasi yang bisa admin share kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »