Tugu Kilometer 0 Indonesia

Attailah Petir Ada banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi saat masa liburan tiba, dimana salah satunya adalah berkunjung ke ujung barat pulau sumatera yakni pulau sabang. Pulau sabang juga memiliki sejumlah tempat atau spot yang bisa dikunjungi mulai dari pantai iboih, pulau breuh dan masih sangat banyak objek-objek wisata lainnya yang bisa di datangi saat berada di sabang dimana salah satunya adalah tugu Kilometer 0 indonesia.
Tugu Kilometer 0 Indonesia
Kilometer 0 Indonesia
Seperti yang kita tahu bahwa setiap orang yang berkunjung ke sabang tidak akan lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi Tugu  Kilometer 0 ini kamera memang Kilometer 0 ini merupakan salah satu tempat bersejarah di indonesia yang didatangi sangat banyak wisatawan yang berkunjung ke sabang baik dari indonesia sendiri maupun dari luar negeri.

Letak geografis untuk Tugu Kilometer 0 ini berada di Desa Iboih Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh, Indonesia dan untuk bisa sampai ke Tugu tersebut akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Kota sabang dengan menggunakan kendaraan roda empat. Perjalanan menembus hutan yang berbelok-belok membawa keseruan tersendiri agar bisa sampai ke monumental yang satu ini.

Baca Juga

Tidak hanya itu selama perjalanan para wisatawan juga akan takjub dengan keindahan alam yang ditawarkan pulau weh dimana alam yang masih segar tanpa polusi udara yang terlalu tinggi, pepohonan hijau yang berjejer di sepanjang pinggir jalan, sapaan hewan hutan seperti monyet yang berada di pinggir-pinggir jalan yang mengharapkan setiap pengendara melemparkan pisang untuk mereka makan, hingga pemandangan perbukitan di sebelah kanan dengan pemandangan laut di sebelah kiri akan membuat siapapun yang pernah beradatangan ke Tugu Kilometer 0 ini ingin kembali lagi.

Tugu Kilometer 0 ini sendiri pertama kali diresmikan pada tanggal 9 September 1997 lalu oleh wakil presiden yang pada saat itu sedang dijabat oleh Try Sutrisno dan setelah sekitar 2 minggu lewat masanya peresmian tersebut yang lebih tepatnya pada tanggal 24 September 1997 B.J. Habibie yang pada saat itu sedang menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi memutuskan untuk menambahkan semacam prasasti yang menjelaskan tentang penetapan posisi  geografis 0 indonesia yang dimulai dari Tugu Kilometer 0 tersebut.

Sedangkan untuk pengukurannya sendiri dilakukan langsung oleh badan pengkajian dan penerapan teknologi yang menggunakan Global Positioning System atau yang untuk sekarang ini lebih dikenal dengan nama GPS.

Ditempat tersebut para pengunjung bisa menemukan sejumlah fasilitas mulai dari area Parkir Untuk Kendaraan, Taman, Tempat Pembuangan Sampah Untuk menjaga Tugu Kilometer 0 ini agar tetap bersih dan nyaman dikunjungi oleh para wisatawan, selain itu tersedia juga Toilet Umum hingga Musolla untuk menunaikan ibadah sholat bila waktunya sudah tiba maka para pengunjung atau para wisatawan yang beragama muslim tidak perlu lagi mencari tempat untuk sholat karena sudah tersedia Musholla ini.

Tidak hanya sampai disitu saja, persis didepan Tugu Kilometer 0 ini juga para pengunjung bisa menemukan sangat banyak para pedagang yang menjual cenderamata kepada para pengunjung sebagai kenag-kenangan dan juga oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk teman, kerabat dan juga keluarga mereka masing-masing dari Sabang. Tidak hanya itu, tersedia juga Warkop, Restoran, ibu-ibu yang menjual gorengan hingga Rujak Khas Aceh pun tersedia di Tugu Kilometer 0 indonesia ini.

Nah, seperti itulah kiranya sedikit gambaran yang bisa admin share tentang tempat-tempat yang bisa dikunjungi saat masa libur tiba. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »