Air Liur Komodo


Attailah Petir Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal kaya akan sumber daya alam,  namun jika dilirik lebih jauh lagi, ternyata tidak hanya sumber daya alamnya saja yang kaya tapi indonesia kaya dari berbagi sektor termasuk keaneka ragaman hayati dimana salah satu satwa yang dilindungi masih ada di indonesia bahkan satwa tersebut di klaim oleh dunia hampir punah karena keberadaan mereka yang sangat sulit di temui.
Air Liur Komodo
Komodo
Hewan yang admin maksud tersebut tidak lain adalah komodo dimana hewan yang satu ini sudah tidak terdengar asing lagi di telinga anda jika memang anda adalah orang asli indonesia. Tidak hanya namanya saja hewan komodo namun komodo ini juga memiliki pulau tersendiri untuk hidup yang disediakan oleh pemerintah indonesia dengan tujuan untuk melindungi satwa ini dari kepunahan dan pulau tersebut dinamakan dengan pulau komodo.

Pada dasarnya komodo ini merupakan spesies dari jenis biawak yang hidup di beberapa pulau yang ada di indonesia diantaranya ada di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Montang dan juga Gili Datami yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur indonesia dan seperti yang sudah admin singgung sebelumnya kalau spesies yang satu ini memang memiliki taman tersendiri untuk hidup dengan aman yakni di Pulau Komodo.

Baca Juga

Hewan Seperti Apa Sebenarnya Komodo Ini?
Air Liur Komodo
Komodo
Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau komodo ini merupakan spesies biawak sekaligus menjadi kadal terbesar karena ukurannya yang mencapai 2 hingga 3 meter dan beratnya juga bisa mencapai 100kg. Dikarenakan keberadaan komodo yang semakin lama semakin sedikit maka tidak heran jika sebuah lembaga yang dikenal dunia yakni IUCN memasukkan komodo ini kedalam daftar hewan yang rentan akan kepunahan bahkan pemerintah indonesia sampai membuat Taman Nasional untuk komodo ini dengan tujuan untuk melindungi satwa ini dari kepunahan.

Sebenarnya panjang 2 hingga 3 meter tersebut adalah komodo yang paling umum ditemukan di indonesia tapi ada juga komodo liar yang memiliki panjang hingga 3.13 meter dengan berat mencapai 166 kg. Tapi walaupun komodo ini bisa dikatakan sebagai kadal terbesar didunia namun jika dilirik lebih jauh lagi untuk panjangnya dari tubuh komodo ini kalah panjang dengan biawak papua.

Yang mungkin akan menjadi masalah dari komodo ini adalah Air Liur mereka yang konon katanya beracun seperti ular atau kadal beracun karena hingga saat ini belum ada obat jika terkena gigitan komodo jika sampai luka pada tubuh manusia terkena Air Liur dari komodo ini walaupun hal ini masih menjadi perdebatan diantara para ahli hewan di dunia.

Apa Saja Yang Dimakan Oleh Seekor Komodo?
Komodo Lapar
Dikarenakan komodo ini merupakan hewan yang masuk kedalam golongan hewan karnivora maka tidak heran jika mereka adalah hewan pemangsa hewan lain. Layaknya ular yang memangsa hewan lain yang sudah mejadi bangkai begitu pula hal nya dengan komodo ini, mereka cenderung melumpuhkan mangsanya dulu hingga menjadi bangkai baru kemudian dimakan setelah mengeluarkan bau.

Yang menjadi hal unik dari komodo ini adalah mereka mampu merasakan mangsanya dengan menggunakan lidahnya dari jarak yang sangat jauh yakni sejauh 9.5 km. Jadi dengan kata lain jika hewan-hewan lain pada umumnya mencari mangsanya dengan melihat dan mendengar maka hal tersebut tidak akan berlaku untuk hewan yang bernama komodo ini.

Baca Juga

Beberapa orang berpendapat bahwa penyebab Air Liur komodo ini sangat berbahaya adalah karena bangkai yang mereka makan menyimpan segala jenis bakteri berbahaya yang bila terkena luka bisa berakibat fatal. Dikarenakan hewan ini adalah hewan pemangsa hewan lain maka pertanyaan yang akan timbul adalah apa mungkin komodo mampu untuk memangsa seekor kambing? Jawabannya simpel saja yaitu mungkin karena hewan ini memiliki ukuran dan panjang yang tidak kalah dengan ukuran seekor kambing, maka bisa saja mereka menerkam seekor kambing untuk mereka santap.

Jika anda adalah seorang wanita yang sedang dalam keadaan datang bulan atau sedang dalam masa haid maka sangat disarang untuk menjauh sejauh mungkin dari komodo ini karena seperti yang sudah admin bahas tadi bahwa hewan ini mampu merasakan keberadaan mangsa dengan menggunakan lidahnya dari jarak yang sangat jauh hingga sejauh 9.5 km dimana dengan jarak sejauh itu mereka juga mampu untuk merasakan adanya darah yang memancing mereka untuk memangsa.

Selanjutnya jika diperhatikan lebih detail lagi dengan hewan yang satu ini maka akan didapati lidah yang panjang yang menjulur dari mulut komodo yang berwarna kuning kecoklatan dan juga bercabang layaknya lidah seekor ular.

Apakah Komodo Berbaya Bagi Manusia?
Air Liur Komodo
Komodo Jangak
Sebenarnya hampir semua hewan yang ada di muka bumi ini berbahaya bagi orang yang tidak tahu cara untuk memperlakukan hewan tersebut karena memang setiap hewan memiliki perilaku dan karakteristik yang berbeda-beda seperti ular king cobra misalnya yang akan menghindar jika berhdapan dengan manusia yang tahu cara dan berani untuk menangkapnya tapi akan sangat berbahaya bagi orang yang tidak tahu cara dan tidak berani untuk menangani jenis ular tersebut.

Begitu pula hal nya dengan komodo ini yang memiliki sifat tuli tapi sangat peka dengan rasa dari lidahnya seperti yang sudah admin bahas diatas, jadi seharusnya jika hewan tersebut tidak diganggu dan tidak merasa terganggu seharusnya aman-aman saja, tapi kalau sudah terganggu mungkin akan sangat berbahaya mengingat Air Liur dari komodo ini yang sangat mematikan.

Nah, seperti itulah kiranya sedikit banyaknya informasi tentang Air Liur Komodo Yang Sangat Mematikan yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda para pembaca semuanya. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »