Air Terjun Kuta Malaka

Attailah Petir Aceh merupakan salah satu provinsi yang letaknya di ujung barat pulau sumatera dan memiliki pesona alam yang tidak kalah menarik dengan provinsi-provinsi lain di indonesia. Jika pada postingan sebelumnya dengan judul Tahura Pocut Meurah Intan yang sudah pernah admin bahas itu sudah pernah anda baca mungkin yang akan terbayang di masing-masing anda bahwa Tahura ( Taman Hutan Raya ) Pocut Meurah Intan memiliki kemripan dengan Hutan Terbesar di Dunia yang juga sebelumnya sudah pernah admin buat postingan nya di blog ini yang bisa anda Baca.
Air Terjun Kuta Malaka
Air Terjun Kuta Malaka
Kali ini admin akan coba ulas sedikit tentang salah satu destinasi wisata baru karena memang destinasi wisata yang satu ini baru pada tahun 2010 ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal karena memang sebelumnya destinasi wisata tersebut belum banyak dikunjungi dan hanya menjadi target SAR para Mahasiswa Pecinta Alam ( MAPALA ).

Spot atau objek wisata yang admin maksud disini adalah Air Terjun Kuta Malaka. Walaupun masih terdengar agak asing namun pesona alam yang di tawarkan Air Terjun Kuta Malaka ini sangat luar biasa, karena keberadaannya di kaki gunung yang jauh dari kebisingan kota akan membuat setiap pengunjung yang datang ke objek wisata yang satu ini merasa tenang dan damai untuk melepaskan kepenatan setelah sepekan bekerja.

Baca Juga

da masa konflik di Aceh, namun seiring berjalannya waktu dan aceh sudah mulai aman dan damai maka spot yang satu ini mulai dibuka lebih tepatnya pada tahun 2009 lalu walaupun masih minimnya fasilitas pendukung namun setiap minggunya Air Terjun Kuta Malaka ini mampu menarik pengunjung 100 hingga 200 orang untuk datang dan menikmati pesona alam yang luar biasa indah.

Lokasinya dimana?
Air Terjun Kuta Malaka
Lokasi
Memang untuk mencapai lokasi Air Terjun Kuta Malaka ini tidaklah mudah karena sangat banyak rintangan yang harus dilewati, akan tetapi itulah salah satu penyebab kenapa Air Terjun Kuta Malaka ini menjadi salah satu objekwisata yang harus didatangin kaerna petualangan sudah dimulai sebelum sampai ke spot yang dimaksud.

Lokasinya sendiri berada di kawasan Samahani Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten aceh besar atau lebih tepatnya berada di balik gunung kuta malaka untuk sebutan masyarakat sekitar, jadi setiap orang yang berdatangan objek wisata yang satu ini sudah menyiapkan energi yang cukup dan semangat yang tinggi agar bisa mencapai lokasi Air Terjun Kuta Malaka ini.

Selain itu para pengunjung yang datang ke Air Terjun Kuta Malaka ini juga akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa selama perjalanan dan sepanjang jalan menuju spot Air Terjunnya pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan Kota Banda Aceh dari atas pengunungan yang indah dengan menghirup udara segar sesekali dari hutan yang masih sangat alami.

Baca Juga

Walaupun jalan ke Air Terjun Kuta Malaka ini sangat berliku-liku dan juga patah, namun tidak pernah menyurutkan semangat para pengunjung untuk berdatangan ke lokasi yang satu ini karena memang semua akan terbayarkan saat sampai di titik yang dimaksud.

Apa Saja Fasilitas Pendukungnya?
Air Terjun Kuta Malaka
Fasilitas
Mungkin ini yang menjadi salah satu masalah yang belum terselesaikan untuk saat ini, karena baru selesai pembangunan jalan aspal menuju Air Terjun Kuta Malaka ini maka yang lainnya mungkin akan menyusul seiring berjalannya waktu, karena dulunya untuk jalan akses ke lokasi hanya ada jalan dengan tanah liat yang tidak akan bisa dilewati saat musim penghujan tiba dikarenakan jalanannya yang begitu licin yang membuat setiap pengendara kerepotan untuk melewati jalanan yang licin tersebut.

Tapi untuk sekarang ini sudah ada jalanan aspal yang bisa digunakan untuk menuju ke lokasi Air Terjun Kuta Malaka ini. Selain itu tersedia juga 1 cafe yang yang hanya menyediakan minuman untuk para pengunjung yang datang ke spot tersebut, namun kembali lagi dikarenakan lokasinya yang bukan di pemukiman penduduk maka pastinya tidak ada ketersediaan makanan di Air Terjun Kuta Malaka ini.

Dan sekedar pemberitahuan saja bahwa untuk para pengunjung muslim sebaiknya untuk membawa perlengkapan Sholat karena tidak tersedia musolla dan bagi anda yang datang ke di objek Air Terjun Kuta Malaka ini bersama dengan keluarga anda maka ada baiknya untuk membawa bekal makanan. Sedangkan untuk masuk ke Air Terjun Kuta Malaka ini pengunjung cukup membayar Rp 5.000 saja sebagai retribusi sedangkan selebihnya pengunjung bebas untuk menikmati pesona alam aceh yang tiada dua nya.

Nah, seperti Itulah kira-kira sedikit banyaknya informasi yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat. Silahkan dikunjungi, Nikmati liburan dan perjalanan anda. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »