Fakta Tentang Gajah Afrika

Attailah Petir Gajah merupakan salah satu hewan yang hidup didaratan dengan ukuran tubuh yang cukup besar dan hampri di setiap negara terdapat mamalia darat yang satu ini, begitu juga di indonesia yang  dikenal sebagai paru-paru dunia dan gajah pun sangat nyaman hidup di indonesia. Akan tetapi sayangnya banyak manusia yang memburu hewan yang satu ini demi kepantingan pribadi.
Fakta Tentang Gajah Afrika
Gajah Afrika
Maka dari itu tidak heran jika suatu saat nanti jika manusia masih belum merubah perilakunya dan terus memburu gajah, maka tidak menutup kemungkinan gajah akan datang dalam jumlah besar untuk mengganggu manusia. Di Afrika gajah punya ukuran tubuh yang lebih besar dari negara-negara lainnya di dunia.

Seekor gajah afrika saja punya postur tubuh mulai 2.5 hingga 4 meter, ukuran tersebut berbeda lumayan jauh bila dibandingkan dengan gajah-gajah asia yang hanya memiliki postur tubuh 2.0 hingga 3.5 meter saja akan tetapi untuk gajah jantan nya gajah afrika juga bisa punya ukuran yang lebih besar lagi dari gajah betina yakni 2.7 hingga 4 meter.

Baca Juga

Dibalik ukurannya yang besar ternyata gajah afrika memiliki fakta yang menarik untuk diperhatikan dan berikut merupakan fakta-fakta menarik untuk diperhatikan dari Gajah Afrika.

Jenis Yang Berbeda
Fakta Tentang Gajah Afrika
Dari Jenis Yang Berbeda
Tidak seperti di indonesia yang hanya memiliki satu jenis gajah saja atau satu generasi saja yang tersebar di berbagai daerah atau pulau di indonesia. Gajah afrika berasal dari generasi yang berbeda dimana generasi pertama yaitu generasi gajah sabana atau yang lebih dikenal dengan Loxondota Africana dan jenis lainnya adalah gajah hutan afrika atau yang lebih dikenal dengan Loxondota Cyclotis.

Selain itu kedua jenis gajah afrika ini sudah terpisah mulai dari 2,6 hingga 5,6 juta tahun yang lalu, jadi wajar saja jika Gajah Sabana afrika memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Gajah Hutan Afrika dimana untuk beratnya mencapai 7 Ton.

Makannya Porsi Jumbo
Fakta Tentang Gajah Afrika
Gajah Makan
Fakta menarik kedua setelah jenis dari gajah afrika yang tebagi dalam 2 jenis adalah makanannya yang sangat banyak dikarenakan ukuran dari Gajah Afrika ini yang tidak kecil maka tidak heran jika makanan gajah afrika ini sangatlah banyak bahkan dari beberapa sumber yang admin baca dalam sehari seekor gajah afrika mampu menghabiskan makanan sebanyak 450kg dalam keadaan normal dan angka tersebut merupakan angka yang sangat besar yang hampir sampai setengah ton.

Baca Juga

Walaupun tidak menjadi sesuatu yang mengherankan mengingat ukuran dari gajah ini yang besar dan berat totalnya yang mencapai 7 ton tapi kalau dipikir lebih dalam lagi jika makanan dari gajah ini hanya berasal dari satu jenis tumbuhan maka akan sangat susah gajah tersebut untuk bertahan hidup, untungnya gajah afrika ini selaing mengonsumsi rumput ternyata gajah juga mampu untuk mengonsumsi buah bahkan untuk buah yang meiliki duri yang tajam sekali pun seperti buah durian bisa dimakan oleh gajah tanpa kompromi.

Mampu Berlari Kencang
Fakta Tentang Gajah Afrika
Kecepatan Gajah Afrika
Fakta menarik selanjutnya dari gajah afrika tidak lain adalah kecepatannya dalam berlari yang bisa dibilang sangat kencang mengingat ukurannya yang besar seakan sangat susah untuk menggerakkan tubuh yang besar tersebut. Tapi ternyata pemikiran admin salah karena walaupun tubuh dari gaajah afrika ini tergolong besar namun saat Gajah Afrika ini berlarian dengan kencang maka kecepatannya bisa mencapai 40 Mph atau sekitar 64 kmpj.

Tidak hanya sampai disitu saja, mamalia berukuran jumbo ini juga mampu untuk berjalan dengan jarak yang lumayan jauh yang bisa mencapai 195 km per harinya jadi dengan kata lain untuk berjalan misalkan dari Kota Banda Aceh Ke Kota Medan Gajah Afrika ini mungkin hanya membutuhkan waktu yang tidak lebih dari Seminggu saja tapi semuanya kembali lagi pada kebiasaan dari gajah afrika ini karena normalnya gajah-gajah tersebut hanya berjalan sejauh 25 Km saja perharinya.

Masuk Kedalam Salah Satu Hewan Paling Cerdas di Dunia
Fakta Tentang Gajah Afrika
Hewan Pintar
Seperti yang kita tahu bahwa gajah memiliki ukuran tubuh yang sangat besar maka tidak heran jika seekor Gajah Afrika memiliki ukuran otak yang besar yang sampai 5Kg dan dikarenakan otak nya yang  besar maka Gajah Afrika ini seharusnya memiliki pemikiran yang cerdas juga. Dan benar saja kalau gajah Afrika ini mampu untuk berfikir cerdas.

Sebagai contoh paling gampangnya saja adalah Gajah Afrika ini mampu untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan sentuhan, rasa dan juga dari baunya. Tidak hanya itu ternyata gajah juga merupakan salah satu hewan yang memiliki ingatan yang sangat kuah tidak  terkecuali untuk Gajah Afrika ini yang memiliki ingata yang sangat kuat dimana gajah tersebut mampu bertahan hidup di alam liar selama lebih kurang 70tahun dan masih bisa menjalin hubungan jangka panjang dengan gajah-gajah lainnya.

Gading Gajah Afrika Sangat Dicari
Fakta Tentang Gajah Afrika
Gading Gajah
Memang semua gading gajah didunia sangat dicari oleh para pemburu gading gajah dan masalah tersebut merupakan masalah yang sangat serius selama 25 tahun terakhir dimana populasi dari gajah afrika ini mengalami penurunan drastis. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Uni Internasional dan Konservasi alam pada2016 lalu menyatakan bahwa populasi untuk gajah afrika mengalami penurunan yang sangat signifikan yakni sebesar 111.000 gajah.

Sedangkan sisanya hanya 415.000 gajah saja yang perlahan mulai punah dimana faktor utamanya adalah pemburu yang ingin mengambil gading gajah terutama untuk gajah afrika ini.

Nah, itulah 5 Fakta Tentang Gajah Afrika yang berhasil admin rangkum pada postingan kali ini semog informasi tersebut bermfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »