Laba-Laba Ini Bisa Hidup 43 Tahun

Attailah Petir Laba-laba merupakan salah satu hewan berukuran kecil yang hidup di alam liar, tidak hanya itu laba-laba juga sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat berkat film spyderman. Selain itu laba-laba ini sendiri juga menjadi salah satu hewan yang sangat sulit ditebak umurnya bahkan saking sudah untuk menebak umur dari laba-laba ini para peneliti hewan sampai kewalahan untuk membuat penelitian tentang laba-laba ini.
Laba-Laba Ini Bisa Hidup 43 Tahun
Penyebabnya sepele saja yaitu hanya karena ukurannya yang kecil dan hidupnya yang berada di alam liar, satu-satunya cara yang paling mudah untuk bisa mengetahui umur dari laba-laba ini adalah dengan melakukan penangkaran terhadap laba-laba tersebut dan untuk mereka yang mengamati langsung laba-laba yang hidup di alam liar tersebut yang bukan menggunakan cara penangkaran medapatkan sesuatu yang unik dari laba-laba tersebut yakni umur dari laba-laba betina mempunya masa hitup ( umur ) yang lebih panjang daripada laba-laba jantan.

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi kalau laba-laba ini merupakan spesies yang sangat populer berkat film spyderman dan saat admin menyebutkan kata spyderman pasti yang terbayang adalah seorang manusia yang menggunakan kostum merah hijau yang mampu menciptakan benang atau jaring  laba-laba dan sangat agresif padahal jika dilihat dengan sebenarnya seekor laba-laba hanya bisa mengeluarkan benang untuk membuat jaring dari bagian pantatnya.

Baca Juga

Laba-laba ini sendiri memiliki batasan hidup atau umurnya masing-masing, ada yang hidupnya lama dan ada juga hidupnya tidak terlalu lama tapi yang akan admin coba sebutkan dibawah ini adalah laba-laba dengan masa hidup paling lama di dunia.

Armored Trapdoor Spyder
Laba-Laba Ini Bisa Hidup 43 Tahun
Hewan seperti laba-laba yang memiliki ukuran kecil biasanya hidup hanya dalam hitungan hari saja ) kebanyakan tapi berbeda dengan jenis laba-laba yang satu ini dikarenakan Armored Trapdoor Spyder atau yang lebih dikenal dengan nama Gaius Villosus ini untuk yang betina nya bisa bertahan hidup selama 20 hingga 43 Tahun lamanya dimana hal tersebut sangat berbeda dengan laba-laba Armored Trapdoor Spyder jantan yang hanya mampu bertahan hidup di alam liar selama 7 tahun saja.

Laba-laba tua dengan umur yang mencapai 43 tahun tersebut terbunuh oleh seekor tawon dan laba-laba Armored Trapdoor Spyder ini hanya bisa ditemui di Australia bagian barat saja, jadi dengan kata lain laba-laba yang satu ini memiliki habitatnya sendiri dari di sebuah negara dan tiak hanya itu laba-laba Armored Trapdoor Spyder ini hanya bisa ditemui di daerah-daerah tertentu saja.

Oklahoma Brown Tarantula
Laba-Laba Ini Bisa Hidup 43 Tahun
Selanjutnya Laba-laba yang mampu hidup paling lama adalah Oklahoma Brown Tarantula atau dengan nama lain adalah Alphonopelma Hentzi ) yang mampu hidup hingga 40 tahun lamanya. Walaupun bisa hidup dengan sebegitu lamanya spesies yang satu ini hanya bisa tumbuh sepanjang 10cm saja.

Sedangkan untuk bentuknya sendiri juga sama seperti laba-laba lain pada umumnya namun tapi yang jadi perbedaan ada pada warna rambut pada bagian kakinya yang dominan berwarna coklat gelap hanya pada setengah dari kakinya, sedangkan setengahnya lagi berwarna hitam.

Texas Tan Tarantula
Laba-Laba Ini Bisa Hidup 43 Tahun
Ketiga laba-laba dengan usia terpanjang adalah Texas Tan Tarantula atau spesies yang dikenal dengan nama lainnya yaitu Aphonoplema Anax dan seperti namanya yang mengandung kata Texas,  spesies laba-laba ini berasal dari Texas dan juga Meksiko Utara. Dikarenakan bentuknya yang sangar dan terlihat menakutkan, tapi pada dasarnya laba-laba ini lumayan jinak dan bahkan ada yang mengadopsi laba-laba  Texas Tan Tarantula ini sebagai hewan peliharaan di rumahnya.



Tapi walau bagaimana pun jinaknya spesies yang satu ini tidak boleh membuat mereka terancam sama sekali karena jika mereka merasa terancam maka laba-laba Texas Tan Tarantula ini akan bertahan dari ancaman tersebut yang bisa menyebabkan kulit manusia menjadi iritasi. Layaknya beberapa laba-laba lainnya yang sudah admin sebutkan tadi bahwa laba-laba ini juga mampu untuk hidup untuk jangka waktu yang lama bahkan bisa bertahan hingga 40 tahun untuk yang betinanya.

Baca Juga

Mexicam Red Knee Tarantula
Laba-Laba Ini Bisa Hidup 43 Tahun
Selanjutnya laba-laba dengan usia yang panjang yang akan admin sebutkan adalah laba-laba yang masih berasal dari meksiko yakni Mexicam Red Knee Tarantula atau dikenal juga dengan sebutan Brachipelma Smithi dimana laba-laba ini merupakan laba-laba dengan bentuk yang paling menarik perhatian mata dan juga memiliki ukuran yang lumayan besar bila dibandingkan dengan beberapa Laba-laba yang sudah pernah admin sebutkan sebelumnya.

Ukurannya yang dimulai dari 12.7cm yang masih bisa tumbuh hingga 14 cm tergantung habitat dimana mereka tumbuh dan sama seperti halnya dengan laba-laba Texas Tan Tarantula yang sudah pernah admin sebutkan diatas tadi bahwa laba-laba yang satu ini juga punya perwatakan yang jina yang masih bisa untuk dipelihara. Konon katanya Mexicam Red Knee Tarantula ini bisa bertahan hidup hingga setengah abad jika kita bisa merawatnya namun untuk normalnya Mexicam Red Knee Tarantula bisa hidup selama 30 tahun untuk yang betina nya sedangkan untuk yang jantannya umurnya lebih pendek yakni sekitar 10 tahun saja.

Brazilian Black Tarantula
Laba-Laba Ini Bisa Hidup 43 Tahun
Terakhir Laba-laba dengan masa hidup paling lama yang bisa admin sebutkan pada postingan kali ini adalah laba-laba yang berasal dari Brazil yakni Brazilian Black Tarantula atau dengan nama lainnya Grammostola Pulchra dimana laba-laba ini memiliki bulu yang hitam dan juga pekat yang menutupi seluruh anggota tubuhnya. Selain itu laba-laba yang satu ini juga tergolong jinak maka tidak heran untuk mereka yang suka memelihara hewan seperti laba-laba spesies ini masuk kedalam salah satu hewan yang mereka punya.

Walaupun Brazilian Black Tarantula ini bisa tumbuh dewasa layaknya laba-laba lainnya yang sudah pernah admin singgung sebelumnya tetapi untuk masa tumbuhnya ini akan memakan waktu yang lumayan lama yang bisa sampai 4 hingga 8 tahun lamanya. Jadi jika pemilik dari laba-laba yang satu ini ingin menyaksikan laba-labanya dewasa maka mereka harus sangat bersabar untuk menunggu laba-laba tersebut dewasa.

Umur dari Brazilian Black Tarantula ini sendiri hanya berkisar antara 20 hingga 30 tahun untuk yang betina nya dan untuk yang jantan nya hanya bisa bertahan hidup sekitar 6 tahun saja.

Nah, itu dia 5 laba-laba yang mampu bertahan hidup paling lama di dunia, pada dasarnya sagat sulit untuk menemukan laba-laba yang bisa bertahan hidup selama itu karena usia rata-rata hewan dengan ukuran kecil lainnya biasanya hanya mampu bertahan hidup kuran dari 10 tahun. Tapi walau bagaimana pun setiap hewan memiliki karakteristik yang berbeda, kekebalan tubuh yang berbeda dan juga perlindungan terhadap diri sendiri yang berbeda pula dan seperti yang sudah admin singgung sebelumnya bahwa laba-laba ini merupakan hewan yang sagat susah untuk diteliti oleh para peneliti karena keberadaan mereka di alam liar dengan ukuran yang sagat kecil.

Semoga informasi yang sudah Admin share ini bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »