Pengalaman Mengikuti Acara Pelatihan Instalasi Penerangan


Attailah Petir – Setiap desa di berbagai daerah di indonesia mempunyai keunikan tersendiri dari setiap orang yang berbeda-beda dan begitu pula halnya dengan desa kami yakni Desa Pulo Kitou Kecamatan Meurah Mulia Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh.
Sebenarnya ini merupakan kisah pribadi admin yang melalui beberapa hari untuk mengikuti pelatihan di sebuah fakultas yang mana kebetulannya lagi fakultas tersebut merupakan fakultas tempat dimana dulunya admin menimba Ilmu yakni di Politeknik Negeri Lhokseumawe. Pelatihan yang admin ikuti ini merupakan pelatihan yang berhubungan dengan dunia kelistrikan dan kami lebih di fokuskan ke listrik AC ( Automatic Current ).

Sebelumnya admin kuliah di Jurusan Teknik Elektro program studi Teknik Elektronika yang artinya yang adin pelajari semasa kuliah juga masih berhubungan dengan dunia kelistrikan, namun bedanya dengan pada saat Admin ikut pelatihan adalah lebih ke Basicnya saja karena untuk listrik AC ini adalah aliran arus listrik dengan tegangan yang besar mulai dari pembangkit listrik hingga masuk ke rumah-rumah, sedangkan Arus DC ( Direct Current ) seperti yang admin pelajari merupakan arus maupun tegangan listrik yang sudah diubah kedalam bentuk arus searah seperti yang digunakan pada perangkat-perangkat elektronik.

Tapi walau bagaimana pun yang admin pelajari pada saat admin masih kuliah di fakultas tersebut pada dasarnya sama-sama berhubungan dengan arus listrik hanya saja pengelompokannya yang berbeda.

Baca Juga

Dalam Rangka Apa Acara Pelatihan Tersebut Diselenggarakan?
Pelatihan yang admin ikuti tersebut merupakan acara pelatihan yang diselenggarakan oleh Dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe dalam rangka pengabdian para dosen untuk masyarakat dan kami merasa sangat beruntung karena dari sekian banyak desa yang ada di Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe yang terpilih untuk mengikuti pelatihan tersebut adalah desa kami.

Dikarenakan pelatihan tersebut diselenggarakan oleh dosen untuk menyelesaikan tugas mereka yang harus mereka jalankan tersebut mereka membuat Tim menjadi 2 bagian dimana tim yang pertama bertugas untuk mengajari kami tentang dasar-dasar listrik dan cara membuat rangkaian listrik dengan benar mulai dari menggambar sketsa hingga listrik yang kami rangkai tersebut bisa hidup sesuai dengan yang diharapkan.

Sementara Tim yang kedua bertugas untuk membimbing kami tentang cara-cara merakit dan mengoperasikan Motor 3 Phasa yang mana ini juga sangat penting untuk dipelajari mengingat Motor 3 phasa tersebut banyak digunakan pada kilang-kilang padi hingga mesin untuk membuat perangkat-perangkat funiture.

Acara tersebut berlangsung selama 4 hari dimana 2 hari pertama kami adalah perkenalan dengan para dosen dan setengah harinya mulai berkenalan dengan peralatan-peralatan listrik. Hari kedua kami mulai membuat, merakit rangkaian tersebut hingga jadi dan dinilai oleh para dosen dari Tim 1. Hari ketiga barulahkami diperkenalkan dengan Motor 3 phasa, Relay, cara kerja dari relay tersebut baik untuk NC ( Normally Close ) maupun NO ( Normally Open ) hingga kami bisa mengoperasikan Motor 3 phasa tersebut dengan baik dan benar.

Terakhir hari ke empat kami mengadakan perpisahan, salam-salaman dengan Dosen-dosen yang sudah memberi kami Ilmu yang mudah-mudahan bisa kami aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga

Apa Saja Yang Dipelajari dari Pelatihan Tersebut?
Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau pada acara tersebut kami diajari banyak hal mulai dari menghargai waktu, bekerja dalam kedisiplinan, perhitungan matang-matang agar terhindar dari resiko yang tidak di inginkan, cara membuat sketsa, Instalasi listrik sederhana dengan beberapa saklar yang punya fungsi yang berebeda, memastikan rangkaian yang kami rakit sudah benar, merakit dan megoperasikan Motor 3 phasa dan masih sangat banyak lagi.

Tidak hanya itu kami juga diajari untuk bisa memanfaatkan kabel dengan sangat baik dan juga efisien karena dalam dunia kelistrikan yang namanya kabel selalu punya harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan komponen-komponen lainnya tertuama untuk kabel-kabel yang memenuhi syarat PLN.

Singkatnya kami mendapat banyak ilmu yang bisa kami bawa pulang setelah acara tersebut selesai maka dari itu dalam hal ini admin selaku salah satu anggota yang ikut dalam pelatihan tersebut mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen-dosen teknik listrik yang telah memberi kami banyak ilmu pengetahuan jika bapak-bapak/ibu-ibu membaca postingan ini.

Apakah Ada Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Ikut Pelatihan Tersebut?
Kami selaku yang dilatih sama sekali tidak dibebankan biaya apa pun dalam acara pelatihan tersbeut karena seperti yang sudah admin singgung diatas kalau Acara pelatihan ini merupakan salah satu tugas dosen untuk pengabdian kepada masyarakat.

Seluruh komponen maupun peralatan untuk mendukung Aktivitas pelatihan tersebut telah disiapkan oleh masing-masing Tim yang mengajari kami maka dari hal itu kami sangat-sangat bersyukur karena bisa terpilih sebagai desa yang mendapatkan Pelatihan Instalasi Penerangan tersebut. Apalagi setelah acara tersebut selesai kami bisa langsung menerapkan ilmu yang kami pelajari tersebut pada rumah bantuan yang diterima oleh masyarakat di desa kami.

Nah, seperti itulah sedikit banyaknya informasi dan juga pengalaman yang bisa admin bagikan ke anda semua tentang pelatihan yang admin ikuti beberapa bulan yang lalu dan untuk keseruan acaranya bisa dilihat pada video di bagian bawah postingan ini. Semoga bermanfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »