Perbedaan HDD Dengan SSD

Attailah PetirSistem penyimpanan merupakan sesuatu yang penting pada sebuah komputer atau pun laptop karena file-file yang dianggap penting pasti akan disimpan ke dalam storage penyimpanan tersebut. baik pada laptop maupun komputer terdapat 3 sistem penyimpnanan yakni ROM, RAM dan juga Harddisk maupun SSD namun akan coba admin ulas kali ini adalah yang terakhir yakni Sistem penyimpanan Harddisk atau singkatnya disebut HDD dan juga sistem penyimpanan yang terbaru yakni SSD.
Perbedaan HDD Dengan SSD
Antara SSD dengan HDD pada dasarnya memiliki fungi yang sama yaitu untuk menyimpan data dalam jumlah besar, namun dari segi fitur dan juga teknologi yang di tanamkan kedalam ke dua sistem penyimpanan tersebut jelas saja berbeda. 

Baca Juga

Jika dilihat ukuran dari perangkat ini sama-sama punya ukuran yang tidak akan ada bedanya karena bentuk dan modelnya sama, namun untuk Harddisk yang ATA dimensinya lebih besar bila dibandingkan dengan Harddisk SATA yang digunakan pada laptop, Harddisk ATA digunakan pada perangkat yang lebih tepatnya berada di dalam CPU sedangkan untuk SATA banyak digunakan pada perangkat yang lebih kompatibel seperti laptop karena memang mempunyai ukuran dan konsumsi daya yang lebih kecil.

Secara ukuran HDD SATA untuk laptop punya ukuran yang sama dengan SSD yakni sama-sama berukuran 2.5 Inch, namun bagaima dengan kapasitasnya?
Untuk kapasitasnya juga lebih kurang akan sama karena untuk tahun 2020 ini admin pernah menemukan SSD dengan kapasias 1 hingga 2TB di beberapa E-Commers di indonesia ini dan harganya juga tidak main-main. Akan tetapi kembali lagi ke teknologi yang ditawarkan HDD berbeda jauh dengan teknologi yang ditawarkan oleh SSD.

Walaupun jika dilihat dari segi fungsi baik SSD maupun HDD sama-sama berguna untuk menyimpan berbagai macam File termasuk sistem operasi baik itu Windows maupun linux.

Apakah SSD tidak kemahalan untuk digunakan pada laptop atau komputer dengan spesifikasi yang rendah?
Kembali lagi ke kebutuhan dari masing-masing pengguna, pada laptop dengan spesifikasi yang rendah biasanya performa yang dihasilkan oleh sebuah laptop tersebut lumayan lemot dan bila HDD nya diganti ke SSD, setidaknya bisa mempercepat proses buka tutup progam, proses Booting yang lebih cepat.

Baca Juga

Tidak hanya itu saja, karena HDD komponen yang ada didalamnya berupa piringan maka pastinya akan mengeluarkan suara bising ( walaupun tidak terlalu ) pada saat HDD tersebut sedang bekerja akan tetapi berbeda halnya dengan SSD yang menggunakan komponen Chip di dalamnya maka tidak akan ada suara bising yang dihasilkan oleh SSD tersebut. paling yang dihasilkan hanyalah suhu yang sedikit lebih panas walaupun tidak akan terasa.

Bagaimana Dengan Harganya?
Kalau berbicara tentang harga maka jelas SSD kalah jauh karena untuk SSD dengan kapasitas 120GB saja untuk merek V-Gen 2.5 dibandrol dengan harga Rp 350.0000 sedangkan dengan uang Rp 350.000 tersebut digunakan untuk membeli harddisk maka kapasitas yang akan didapatkan bisa sampai 500GB.

Maka jika dilirik dari sisi harga maka yang harus ditentukan adalah apakah ingin performa yang cepat tapi kapasitas pas-pasan atau ingin punya kapasitas yang pas-pasan dengan performa yang pelan, karena sekali lagi beda teknologi maka tidak heran jika harga yang ditawarkan juga akan berebeda. Dan kalau berbicara kecepatan admin bisa mengatakan kalau SSD 10 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan HDD, tapi tergantung SSDnya juga.

Tahan mana SSD dengan HDD?
Berdasarkan Reasearch yang admin lakukan kalau dilihat dari segi ketahanan pastinya SSD lebih tahan dibandingkan HDD dan masa pakainya juga lebih pajang karena kembali lagi ke komponennya, setiap komponen yang bergerak pastinya akan lebih mudah untuk rusak dibandingkan dengan komponen yang tidak bergerak sama sekali.

Dalam hal ini HDD memiliki piringan yang berputar didalamnya sedangkan SSD hanya memiliki Chip yang bekerja untuk menyimpnan berbagai file yang dibutuhkan dan dikarenakan tidak ada komponen yang bergerak maka otomatis daya yang dikonsumsi oleh SSD juga lebih kecil seharusnya.

Nah, dari sedikit banyaknya penjelasan yang sudah admin paparkan barusan mana kira-kira storage yang akan dipilih? HDD atau SSD?

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »