Perhitungan Modal Usaha Menjahit


Attailah Petir Ada sejumlah usaha yang bisa dilakukan dengan modal minim dimana salah satu nya adalah membuka usaha menjahit karena pada dasarnnya usaha menjahit ini tergolong kedalam salah satu usaha yang sangat menjanjikan dan tidak memiliki pesaing yang benar-benar serius apalagi di daerah yang memang tidak banyak orang yang memiliki skill untuk menjahit pakaian.
Perhitungan Modal Usaha Menjahit
Perhitungan Modal Usaha Menjahit
Tidak hanya itu, jika dilihat dari kebutuhan manusia saat ini, pakaian seakan sudah menjadi kebutuhan pokok untuk saat ini apa lagi di kota-kota besar dimana setiap orang pergi bekerja dengan menggunakan seragam khusus, anak sekolah juga memiliki seragam khusus dan juga masih banyak orang-orang indonesia lainnya yang setiap hari selalu menggunakan seragam khusus dalam melakukan tugasnya masing-masing.

Maka dari itulah usaha menjahit ini menjadi salah satu usaha yang sangat menguntungkan dan tidak akan pernah ada matinya.

Baca Juga

Kalau Usaha Menjahit ini Merupakan Usaha Yang Paling Menjanjikan, Bagaimana Dengan Prospek Usaha Menjahit ini Kedepannya?

Perhitungan Modal Usaha Menjahit
Prospek Menjahit
Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas kalau usaha menjahit ini selalu dibutuhkan dan tidak akan pernah ada matinya dimana setiap orang selalu menggunakan pakaian dan juga seragam mereka masing-masing untuk beraktivitas, maka untuk mendapatkan pakaian tersebut mereka pasti akan membutuhkan jasa dari penjahit pakaian setiap orang tanpa terkecuali, tidak hanya orang yang belum memiliki pakaian saja, namun untuk mereka yang sudah memiliki pakaian juga masih membutuhkan penjahit.

Sebagai salah satu kasunya disini adalah seseorang yang pernah membeli pakaian di sebuah toko dimana pakaian tersebut sudah digunakan selama beberapa bulan lalu resleting atau bagian dari pakaian tersebut ada yang copot yang membutuhkan perbaikan untuk menjahit kembali dengan menggunaka mesin jahit, maka pilihannya hanya tersedia 2 pilihan dimana pilihan yang pertama adalah membeli mesin jahit untuk memperbaiki pakianan yang bermasalah tersebut atau pilihan yang kedua dengan membawanya tukang jahit pakaian saja agar urusannya menjadi lebih mudah.

Dari masalah tersebut pilihan yang paling sering dan paling banyak dipilih oleh kebanyakan orang adalah dengan membawanya ke tukang jahit saja mengingat Cost yang harus dikeluarkan untuk perbaikan pakaian mereka tersebut tidak akan sebesar membeli mesin jahit tersebut. Selain itu jika diperhatikan dari segi julah penduduk indonesia yang menyentuh angka 200.000.000 lebih penduduk yang tersebar di berbagai belahan pulau maka peluang untuk usaha menjahit ini pun akan semakin besar karena hampir dari semua mereka pasti menggunakan pakaian.



Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Membuka Usaha Menjahit?
Perhitungan Modal Usaha Menjahit
Persiapan
Sebenarnya tidak terlalu banyak yang harus dipersiapkan untuk membuka usha menjahit pakaian karena yang paling penting dari dunia menjahit adalah Sklill, Kerapian dan Ketelitian. Namun yang perlu diperhatikan dalam usaha menjahit pakaian ini tidak lain adalah Skill dan juga pengalaman dalam menjahit pakaian karana bisa dibayangkan jika saat pelanggan menyerahkan pakaian untuk diperbaiki bukan menjadi lebih baik malah pakaian tersebut semakin hancur, pasti pemilik pakaiannya akan mengeluarkan kata-kata yang tidak enak untuk di dengar atau bahkan mereka akan kecewa dan tidak akan kembali lagi.

Selain dari Skill yang harus dipersiapkan untuk peralatannya sendiri ada beberapa yaitu Tempat, Mesin Obras, Mesin Jahit, Penggaris, Kapur, Gunting, Benang, Jarum, Meteran dan juga peralatan-peralatan lainnya yang dirasa perlu untuk mendukung proses penjahitan pakaian.

Baca Juga

Untuk Bisa Memulai Usaha Menjahit, Berapa Kira-kira Modal Awal Yang Dibutuhkan?

Perhitungan Modal Usaha Menjahit
Modal Usaha

Sebagai contoh sederhana saja disini admin akan coba memperkirakan usaha Menjahit rumahan karena modal untuk sewa tempatnya bisa lebih dihemat.

  • Mesin Jahit                                        Rp 600.000
  • Mesin Obras                                      Rp 500.000
  • Benang Jahir                                     Rp 30.000
  • Benang Obras                                   Rp 20.000
  • Gunting Khusus Menjahit                   Rp 50.000
  • 1 Poket Jarum Jahit                           Rp 10.000
  • Penggaris Khusus Untuk Menjahit       Rp 20.000

Jika ditotalkan semua biaya awal yang harus dikeluarkan adalah senilai Rp 1.230.000. ( Note: biaya perhitungan yang admin buat ini merupakan yang paling sederhana dan tidak terlalu Complete hingga ke perhitungan sewa tempat, harga peralatan tersebut juga bisa berbeda disetiap tempat dan daerah ).



Biaya Lainnya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

  • Pulsa Hp, Air, Listrik                          Rp 100.000
  • Biaya Transportasi                            Rp 50.000
  • Biaya Perlengkapan                          Rp 40.000
  • Biaya Penyusutan Barang                  Rp 10.000

Total Biaya Lainnya Yang harus dikeluarkan setiap bulannya adalah senilai Rp 200.000


Keuntungan yang bisa didapatkan untuk usaha menjahit ini jika seandainya penjahit mendapatkan orderan jahitan sebanyak 15 stel perbulan dimana untuk setiap 1 pakaian mereka ambil Rp 100.000 saja, maka pedapatan kotor yang mereka dapatkan untuk 15 stel nya adalah senilai Rp 100.000 x 15 = 1.500.000

Dikurangi biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya sebesar Rp 200.000 maka keuntungan bersih yang bisa didapatkan adalah senilai Rp 1.300.000 dengan orderan sebanyak 15 stel, namun penghasilan mere masih bisa saja bertambah lebih besar lagi jika orderan yang  mereka terima lebih banyak.

Nah, seperti itulah sedikit banyaknya informasi yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk para pengunjugn semuanya, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »