Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy A50


Attailah Petir Samsung tahun 2019 merupakan tahun dimana samsung mulai serius membuat dan melaunching smartphone di indonesia dimana sebagai salah satu contohnya yang di launching samsung pada awal tahun 2019 lalu atau lebih tepatnya pada bulan februari 2019 adalah Samsung Galaxy A50 yang mendapatkan perhatian dari banyak orang dan jika dilihat lebih dalam lagi smartphone samsung yang satu ini sudah memiliki umur yang lebih kurang sekitar 1 tahun.
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy A50
Sumber: Youtube/GSMin
Tapi berdasarkan data pencarian yang admin dapatkan di search console google Samsung Galaxy A50 ini masih sangat banyak orang yang menginginkan informasinya, maka dari itu admin kembali ingin menulis sedikit banyaknya infromasi yang admin rasa perlu admin share untuk para pembaca semuanya.

Seperti yang kita tahu bahwa untuk sekarang ini Samsung Galaxy A50 ini sudah tersedia dalam 2 model atau 2 generasi dimana yang pertama ada Samsung Galaxy A50 yang kemudian dilanjutkan dengan seri terbarunya yakni Samsung Galaxy A50s.

Desain & Dimensi
Dari segi desain Samsung Galaxy A50 ini membawa bahasa desain modern layaknya kebanyakan smartphone sekarang ini karena kalau dilihat lebih detail pada bagian depan terdapat modul kamera dengan bentuk seperti huruf U yang samsung sebut dengan istilah Infinity U dan layarnya khas smartphone samsung yang sedikit melengkung walaupun tidak terlalu melengkung seperti Samsung Galaxy Seri S dan juga seri Note.

Untuk bagian belakang nya terlihat 3 lensa kamera yang tersusun dalam satu modul yang berbentuk tegak sedangkan di bagian bawah dari modul kamera tersebut terdapat satu buah titik dimana titik tersebut merupakan penempatan LED Flash untuk kebutuhan pengambilan gambar saat cahaya nya kurang dan jika dialihkan mata ke bagian bawah sedikit dari LED flash maka akan terlihat Tulisan Samsung.

Baca Juga

Tidak ada tombol Fingger Print atau sensor sidik jari pada bagian belakang Samsung Galaxy A50 ini karena smartphone ini sudah menggunakan sistem Fingger Print Under Display atau sensor sidik jari di dalam layar. Beralih ke bagian sebelah kanan smartphone terdapat 3 buah tombol dimana 3 buah tombol tersebut terbagi kedalam 2 modul, 2 tombol di bagian atas sedikit terdapat tombol Volume Up & Down sedangkan sedikit kebawah dari tombol tersebut terdapat tombol power untuk menghidupkan dan mematikan smartphone.

Dibagian sebelah kiri smartphone terdapat 1 buah slot SIM Card yang bisa diisi dengan 2 nano SIM dan 1 Slot Micro SD tanpa harus mengorbankan slot SIM Card jadi totalnya ada 3 slot untuk slot Sim Card nya ini. Untuk bagian atas dari Samsung Galaxy A50 ini hanya terdapat 1 buah lubang kecil sebagai lubang Microphone.

Pada bagian bawah Samsung Galaxy A50 ini pengguna akan menemukan lubang speaker, lubang microphone, Port UBS Type-C dan juga port Jack Audio 3.5 mm yang bisa digunakan untuk kebutuhan colokan headset maupun kebutuhan lainnya sesuai dengan fungsi dari Port Tersebut.

Sedangkan untuk dimensinya sendiri Samsung Galaxy A50 memiliki dimensi Panjang 158.5 mm dengan lebar 74.7 mm dan tebalnya yang hanya 7.7 mm saja ajaib nya dengan ukuran setipis ini samsung masih bisa memberikan baterai dengan kapasitas 4.000mAh pada Samsung Galaxy A50 ini. Untuk beratnya sendiri smartphone samsung yang satu ini hanya memiliki bobot 166 gram saja dimana bobot tersebut merupakan bobot yang tergolong ringan untuk ukuran baterai yang lumayan jumbo tersebut.

Bagian depan dari Samsung Galaxy A50 ini sudah dibalut dengan material kaca Corning Gorilla Glass 3 yang terkesan kuat dan kokoh untuk sebuah smartphone sedangkan untuk bagian belakang dan juga fame nya masih terbuat dari mterial plastik dan belum menggunakan frame metal dan juga bahan kaca dibagian belakang. Tapi jika dilihat dari jauh bagian belakangnya tampak seperti menggunakan bahan kaca.

Layar
Layar merupakan komponen terpenting pada sebuah smarpthone karena layar yang digunakan pada sebuah smartphone akan sangat berpengaruh terhadap seberapa lama seseorang mampu untuk menggunakan smartphone tersebut  dalam kesehariannya dan untuk Samsung Galaxy A50 ini sudah menggunakan layar dengan teknologi Super AMOLED dengan ukuran 6.4 inch yang admin rasa sudah sangat mencukupi untuk penggunaan hariannya.

Selain itu layar tersebut sudah memilki bezel yang tipis dimana ukuran layar dari keseluruhan body smartphone yang mencapai 84.9% dari total ukuran smartphone dan tentunya juga layar tersebut sudah Full HD atau 1080 x 2340 pixel dengan aspek rasio 19.5 : 9. Untuk kepadatan layarnya sendiri juga sudah sangat lumayan yakni sudah 403 ppi yang mampu menampilkan gambar dengan sangat detail dan seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau layar dari smartphone ini sudah memiliki pelindung bawaan untuk kaca bagian depannya yakni menggunakan Corning Gorilla Glass 3 yang terkesan kokoh dan kuat.

Kamera
Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau Samsung Galaxy A50 menggunakan sistem Triple Camera untuk kamera utamanya yang disusun vertikal pada bagian belakang layar smartphone. Ketiga lensa tersebut masing-masing memiliki resolusi 25 Mp f/1.7 sebagai lensa utamanya sekaligus lensa Wide nya lengkap dengan fitur PDAF kemudian disusul dengan lensa 8 Mp f/2.2 sebagai lensa Ultrawide dan terakhir 5Mp f/2.2 sebagai lensa Depth Sensor untuk pengambilan gambar dengan efek bokeh.

Dan untuk fitur dari kamera utamanya ini sendiri menurut admin standarnya fitur kamera yang umum untuk tahun 2019 karena memang Samsung Galaxy A50 ini sudah diperkenalkan pada tahun 2019 lalu dimana fitur untuk kamera utamanya berupa LED Flash kemudian Panorama dan juga HDR yang ikut melengkapi kamera tersebut.

Sedangkan untuk urusan perekaman video tidak bisa berharap terlalu banyak dari Samsung Galaxy A50 ini karena untuk perekaman video sekalipun menggunakan kamera utamanya hanya bisa mentok pada resolusi 1080 pixel pada frame rate 30fps saja. Sedangkan untuk kamera depannya yang hanya menggunakan 1 lensa dengan resolusi 25 Mp f/2.0 sebagai lensa wide tidak ada yang terlalu istimewa dengan kamera depan tersebut karena standarnya kamera samsung lain dengan harga murah.

Untuk perekaman Video menggunakan kamera depan Samsung Galaxy A50 ini juga sama hal nya dengan kamera utamanya yang hanya bisa mentok pada resolusi 1080 pixel atau Full HD saja pada frame rate 30fps.

Performa
Saat berbicara tentang performa disinilah baru terasa bahwa Samsung Galaxy A50 ini merupakan smartphone buatan samsung dari seri A karena untuk chipsetnya sudah menggunakan chipset Exynos 9610 dengan fabrikasi 10nm Octacore yang mampu memberikan pengalaman menggunakan smartphone terbaik samsung dengan harga yang tidak semahal flagship, tapi kembali lagi ke harga nya karena harga tidak pernah berbohong.

Selain itu Samsung Galaxy A50 juga sudah membawa GPU Mali-G72 MP3 yang mampu memberikan pengalaman bermain game lebih baik lagi dari yang dibayangkan, apalagi smartphone samsung yang satu ini juga tersedia dalam 2 pilihan RAM dimana masing-masing menggunakan RAM 4 GB dengan internal storage 64GB dan juga RAM 6 GB dengan internal storage 128 GB yang tentunya akan membuat pengalaman menggunakan smartphone ini terasa semakin Oke.

Lain-lain
Untuk hal lainnya yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memiliki smartphone ini adalah kelengkapan sensornya dimana beberapa sensor seperti Fingger Print Under Display, Accelerometer, Gyro, Proximity dan juga Compass ANT+ juga sudah tersematkan pada Samsung Galaxy A50 ini.

Tidak hanya itu fitur NFC yang biasanya hanya terdapat pada smartphone-smartphone mahalnya samsung seperti smartphone Seri S atau Note nya kini juga sudah hadir pada Samsung Galaxy A50 ini tidak lupa juga jika Iphone memiliki Voice Command maka samsung pastinya juga punya sesuatu yang mereka andalkan dan dalam hal ini samsung punya Asisten Bixby.

Baca Juga

Pilihan warna yang tersedia dipasaran untuk Samsung Galaxy A50 ini juga lumayan banyak bahkan sampai 4 pilihan warna yang bisa dipilih oleh masing-masing calon pengguna dimana diantaranya ada warna Black kemudian ada warna White, selanjutnya ada juga warna Blue dan terakhir terdapat pilihan untuk warna Coral bagi yang suka dengan smartphone Anti Mainstream.

Harga
Seperti yang sudah Admin bahas tadi kalau smartphone samsung yang launching pada tahun 2019 lalu tentunya harga tidak menyentuh angka Rp 4 Juta rupiah masih terasa murah apalagi dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan samsung selain materail body dan juga kamera. Harga untuk Samsung Galaxy A50 dengan pilihan RAM 4 GB dengan Internal Storage 64 GB dibandrol dengan harga Rp 3.050.000 sedangkan untuk pilihan RAM 6 GB dengan Internal Storage 128 GB dibandrol dengan harga Rp 3.299.000 saja.

Harga tersebut merupakan harga yang admin update per tanggal 19 Februari 2020, dan masih bisa berubah kapan saja & dimana saja, jadi harga tersebut tidak selamanya bertahan karena seperti yang kita tahu perang dagang kian hari kian memanas.

Untuk informasi lebih detail tetang Samsung Galaxy A50 ini bisa dilihat di bawah ini.

Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
Berat
Body Depan
Body Belakang
Bodi Samping


158.5 mm
74.7 mm
7.7 mm
166 gram
Kaca ( Corning Gorilla Glass 3 )
Plastik
Plastik
Layar

Ukuran Layar
Resolusi Layar
Rasio Layar Dengan Body
Kepadatan Layar
Teknologi Layar
Rasio Layar
Pelindung Layar


6.4 Inch
1080 x 2340 pixel
84.9%
403 ppi
Super AMOLED
19.5 : 9
Corning Gorilla Glass 3
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur
Lensa Kedua
Lensa ketiga
Fitur Kamera Utama



Perekaman Video

Kamera Depan
Resolusi Kamera
Fitur Kamera

Perekaman Video


Triple Camera
25 Mp f/1.7 sebagai Lensa Wide
PDAF
8 Mp f/2.2 sebagai Lensa Ultrawide
5 Mp f/2.2 sebagai Lensa Dept Sensor
LED Flash
Panorama
HDR

Full HD atau 1080 pixel pada frame rate 30fps

Singgle Camera
25 Mp f/2.0 sebagai Lensa Wide
HDR

Full HD atau 1080 pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosessor


RAM
GPU


Exynoss 9610
Fabrikasi 10nm
Octa-Core
4/6 GB
Mali-G72 MP3
Penyimpanan

Penyimpanan Internal

Penyimpaan Eksternal


64/128 GB
UFS 2.0
Micro SDXC maksimal 1TB
Sensor

Fingger Print Under Display
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass ANT+
Asisten Bixby
Konektivitas
Bluetooth



WLAN



NFC
USB

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot
Tersedia
Tersedia
Type-C
Versi 2.0
USB OTG
Reversible Konektor 1.0
Lain-lain

GPS




Radio


Tersedia
A GPS
GLONASS
GALILEO
BDS
Tersedia
FM Radio
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Adaptor Charger


4.000 mAh
Fast Charging 15 Watt
OS
Android Pie (9.0)
Kostumisasi One UI
Warna
Black
White
Blue
Coral
Harga
Rp 3.210.000 untuk versi 4/64 GB
Rp 3.590.000 untuk versi 6/128 GB

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Realme 5i
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Fold

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »