Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Note 10 Lite

Attailah Petir – Pada Akhir bulan januari kemaren samsung memperkenalkan sebuah smartphone dari kelas Flagshipnya yang mungkin agak menjadi campur aduk kalau sih kalau menurut admin karena belum lama ini juga samsung sudah merilis sangat banyak produk baru ke pasaran yang pastinya akan membuat para fansnya samsung kebingungan dalam memilih smartphone samsung yang mereka idam-idamkan.
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Note 10 Lite

Terdapat 2 flagsip yang diluncurkan secara bersamaan yakni Samsung Galaxy S10 Lite dan juga Samsung Galaxy Note 10 Lite dimana Samsung Galaxy S10 Lite sudah pernah admin bahas pada  postingan sebelumnya dengan judul Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S10 Lite. Pada dasarnya Samsung Galaxy Note 10 Lite ini dibangun dari material yang sama dengan Samsung Galaxy S10 Lite hanya saja berbeda dimensi dan sudah dilengkapi dengan S Pen yang di benamkan di bagian bawah smartphone.

Tapi jika dilihat dari sisi harga smartphone ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin memiliki smartphone flagship samsung tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Fold
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Tab S6

Dimensi & Desain
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Note 10 Lite

Seperti yang sudah pernah admin bahas tentang Desain dari Samsung Galaxy S10 Lite dimana Body smartphone ini menggunakan bahan material plastic yang disebut oleh pihak samsung dengan nama Glasstic karena bahan nya ini plastic tapi tampilannya sama seperti kaca. Sedangkan bagian belakangnya hanya terlihat warna yang polos saja dengan 1 buah modul kamera pada bagian sudut kiri atas yang sudah dilengkapi oleh 3 buah lensa kamera dengan 1 buah LED Flash seperti modul kamera Google Pixel 4.

Sedangkan untuk penempatan tombol-tombolnya sama saja dengan seri-seri Note samsung sebelumnya dimana pada bagian sebelah kananya terdapat 1 buah tombol Power dan sedikit ke bagian atas terdapat tombol Volume Up & Down. Pada bagian sebelah kiri nya terdapat slot SIM Card dimana Samsung Galaxy Note 10 Lite hanya memiliki 2 slot untuk SIM Card nya jadi dengan kata lain pengguna harus memilih untuk menggunakan 2 Nano SIM tanpa Kartu Micro SDXC atau dengan menggunakan 1 SIM Card dengan 1 Slot lagi bisa digunakan untuk kebutuhan Kartu Micro SDXC.

Perbedaan selanjutnya yang paling terasa dari Samsung Galaxy Note 10 Lite ini bila dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy Note 10 adalah pada bagian layarnya karena khasnya flagshipnya samsung yang memiliki layar yang melengkung sedangkan untuk Samsung Galaxy Note 10 Lite ini layarnya melengkung sangat sedikit bahkan terlihat seperti tidak melengkung sama sekali.

Pada bagian atas hanya terdapat lubang Microphone dan seperti samsung dengan seri Note lainnya pada bagian bawah terdapat lubang Jack Audio 3.5mm, Port USB Type-C, lubang Microphone, lubang Speaker dan juga slot untuk menampung S Pen pada saat sedang tidak digunakan.

Untuk ukurannya sendiri Samsung Galaxy Note 10 Lite ini mempunyai dimensi panjang 163.7mm dengan lebar 76.1mm dan tebalnya yang hanya 8.7mm saja yang sangat terasa compact saat di genggam dan untuk bobotnya sendiri juga tidak berat-berat amat karena hanya 199 gram saja walau pun bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy S10 berat dari Samsung Galaxy Note 10 Lite ini tetap saja sedikit lebih berat.

Layar
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Note 10 Lite
Khas nya smartphone Samsung seri Note yang memiliki ukuran layar yang besar, begitu juga halnya dengan Samsung Galaxy Note 10 Lite yang membawa layar dengan ukuran 6.7 Inch dengan resolusi 1080 X 2400 pixel saja dan untuk rasio layarnya sendiri adalah 20:9. Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau layar dari Samsung Galaxy Note 10 Lite ini tidak terlalu melengkung seperti Samsung Galaxy Note 10 biasa yang pinggirnya sangat-sangat melengkung, pada Samsung Galaxy Note 10 Lite layarnya memiliki lengkungan yang sangat sedikit bahkan hampir tidak terlihat sama sekali.

Syukurnya untuk layarnya sendiri masih tetap menggunakan layar dengan Teknologi Super AMOLED dengan ukuran layar dari ukuran keseluruhan body nya yang mencapai 86.8%. Dikarenakan layar dari smarpthone ini menggunakan layar dengan Teknologi Super AMOLED maka tentunya layar tersebut sudah mendukung fitur Always-On-Display dan juga fitur HDR yang sangat berguna untuk menampilkan keterangan waktu walaupun layar dari smartphone dalam keadan tidak menyala atau Sleep.

Kamera
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Note 10 Lite
Urusan kamera samsung membekali 3 lensa untuk kamera utama yang disusun dalam 1 modul di bagian sudut atas smartphone, masing-masing lensa tersebut memiliki resolusi 12MP f/1.7 sebagai Lensa Wide yang sudah dilengkapi fitur Dual Pixel PDAF dan juga OIS, lensa kedua punya resolusi 12MP f/2.4 sebagai lensa telephoto yang berguna untuk pengambilan gambar dengan efek bokeh dan sudah dilengkapi dengan fitur PDAF, OIS dan juga 2X Optical Zoom.

Lensa Ketiga juga punya resolusi 12MP f/2.2 yang berguna sebagai lensa Utrawide dan untuk perekaman video dengan menggunakan kamera utamanya ini bisa sampai resolusi 2160 pixel pada frame rate 30 atau 60fps, pada frame rate 1080 pixel pada frame rate 30 atau 60 atau yang paling tingginya adalah 240fps yang sudah didukung dengan gyro-EIS yang membuat pengambilang video menjadi lebih stabil dari yang seharusnya.


Sedangkan untuk kamera depannya seperti biasa Samsung hanya membekali Samsung Galaxy Note 10 Lite ini dengan 1 buah lensa kamera dengan resolusi 32MP f/2.2 seabgai lensa Wide dan tentunya sudah dilengkapi dengan fitur HDR. Untuk perekaman video nya sendiri kamera depannya tersebut hanya mampu merekam video dengan resolusi 2160 pixel pada frame rate 30 fps dan juga 1080 pixel pada frame rate 30fps saja juga.

Performa
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Note 10 Lite
Berbicara tentang performa Samsung Galaxy Note 10 Lite ini sudah menggunakan prosessor Exynoss 9810 dengan fabrikasi 10nm Octa-core dan tidak hanya itu prosessor tersebut juga dibantu oleh RAM yang tersedia dalam 2 pilihan yaitu 6 atau 8GB. Sendangkan untuk penyimpanan internalnya sendiri hanya tersedia dalam 1 pilihan penyimpanan yakni 128GB saja selebihnya penyimpanan smartphone ini masih bisa diperluas dengan menggunakan Kartu Micro SDXC hingga maksimal kapasitas 1TB.
Untuk GPU nya sendiri Samsung Galaxy Note 10 Lite ini menggunakan GPU Mali-G72 MP18 yang sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan harian pengguna nya atau untuk kebutuhan gaming sekalipun walaupun layarnya tidak sebaik layar smartphone gaming seperti Asus ROG Phone 2 karena memang Samsung Galaxy Note 10 Lite ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi untuk produktivitas.

Tapi kembali lagi ke asal muasalnya dimana smartphone ini merupakan smartphone yang punya harga yang lumayan terjangkau untuk sebuah flagship dan pastinya akan banyak yang terpangkas, termasuk performanya yang tidak sebaik Note 10 biasa walaupun sudah sangat mencukupi.

Lain-lain
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Note 10 Lite
Walaupun harganya tidak semahal Note 10 Biasa tapi untuk kelengkapan sensornya sudah tergolong OK karena sudah tersedia Fingger Print Under Display, Accelerometer, Proximity, Gyro dan juga Compass ANT+. Dikarenakan smartphone ini diutamakan untuk mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi maka tidak heran jika baterai yang diberikan samsung untuk Note 10 Lite ini mempunyai kapasitas yang lumayan besar yakni sebesar 4500mAh.

Baterai yang besar tersebut tentunya harus dibarengi dengan proses charging yang juga cepat maka dari itu samsung juga menyertakan charging maksimal 25watt untuk mendukung fast charging smartphone yang satu ini. Walaupun Samsung Galaxy Note 10 Lite ini adalah seri flagshipnya samsung yang punya harga yang sangat terjangkau tapi samsung tetap mempertahankan fitur NFC pada perangkat flagship murah mereka yang satu ini.

Beberapa fitur yang terpangkas pada Samsung Galaxy Note 10 Lite ini bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note 10 biasa diantaranya adalah material bahan yang digunakan bukan kaca dan tentunya belum di lengkapi dengan corning gorilla glass yang mana hal tersebut juga akan berdampak pada hilangnya fitur Wireless charging pada smartphone ini. Tidak hanya itu seperti halnya Samsung Galaxy S10 Lite yang sudah pernah admin bahas pada postingan sebelumnya Note 10 Lite juga tidak dibekali dengan sertifikat IP68 yang tahan terhadap cipratan air dan debu.

Harga
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Note 10 Lite
Dikarenakan smartphone ini tersedia dalam 2 pilihan RAM yakni 6GB dan juga 8GB maka harganya juga akan sedikit berbeda. Untuk varian RAM 6GB dengan internal storage 128GB harga yang ditawarkan samsung adalah sebesar Rp 7.999.000 sedangkan untuk varian RAM 8GB dengan internal Storage 128GB dijual seharga Rp 8.199.000, harga tersebut admin update per tanggal 28 Februari 2020.

Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
Bobot
Material Bahan


163.7 mm
76.1 mm
8.7 mm
199 gram
Glasstic
Layar

Ukuran Layar
Teknologi Layar
Resolusi Layar
Layar Berbanding Body
Kepadatan Layar
Rasio Layar
Fitur Layar


6.7 Inch
Super AMOLED
1080 X 2400 pixel
86,6%
394ppi
20:9
Always-On-Display
HDR
Kamera

Kamera Utama
Lensa 1
Fitur

Lensa 2
Fitur


Lensa 3
Fitur Kamera Utama



Perekaman Video


Kamera Depan
Resolusi Kamera Depan
Fitur

Perekaman Video


Triple Camera
12MP f/1.7 sebagai Lensa Wide
Dual Pixel PDAF
OIS
12MP f/2.4 sebagai Lensa Telephoto
PDAF
OIS
2X Optical Zoom
12MP  f/2.2 sebagai Lensa Ultrawide
LED Flash
Panorama
HDR

2160 pixel pada frame rate 30/60fps
1080 pixel pada frame rate 30/60 atau 240fps

Singgle Camera
32MP f/2.2 sebagai Lensa Wide
HDR

2160 pixel pada frame rate 30fps
1080 pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosessor
RAM
GPU


Exynoss 9810 10nm Octa-core
6/8GB
Mali-G72 MP18
Penyimpanan

ROM
Kartu Memori


128GB
Micro SDXC maksimal 1TB
Kelengkapan Sensor
Sidik Jari Bawah Layar
Accelerometer
Proximity
Gyro
Compass ANT+
Konektifitas

WLAN



Bluetooth



NFC
USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot
Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE
Tersedia
Type-C
Versi 2.0
Reversible Conector 1.0
GPS
Tersedia
A-GPS
GLONASS
GALILEO
BDS
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Kecepatan Charging


4500mAh
25Wh
OS
Android 10.0
Kustomisasi One UI 2
Warna
Aura Glow
Aura Black
Aura Red
Harga

Ram 6GB Internal 128GB
Ram 8GB Internal 128GB


Rp 7.999.000
Rp 8.199.000

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »