Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S10 Lite

Attailah Petir – Akhir-akhir ini samsung sangat gencar dalam menlaunching smartphone-smartphone terbaru mereka dimana pada awal tahun 2020 ini smsung sudah melakukan launching 2 flagshipnya mereka yakni Samsung Galaxy S10 Lite dan juga Samsung Galaxy Note 10 Lite. Akan tetapi yang akan kita ulas kali ini adalah Samsung Galaxy S10 Lite dan untuk Samsung Galaxy Note 10 Lite nantinya akan kita coba bahas pada postingan selanjutnya.
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S10 Lite
Samsung Galaxy S10 Lite
Jadi pada 3 Februari 2020 kemaren samsung memperkenalkan 2 Flagship mereka yang sudah admin sebutkan diatas barusan yakni Samsung Galaxy S10 Lite dan juga Samsung Galaxy Note 10 Lite dimana masing-masing seri dari flagshipnya samsung ini menawarkan keunggulan tersendiri dari berbagai sektornya masing-masing.

Samsung Galaxy S10 Lite membawa bahasa desain yang agak berbeda dari pendahulunya yakni Samsung Galaxy S10 hal tersebut sudah mulai tampak dari bagian belakang smartphone yang sudah membawa desain dari modul kamera yang bereda dengan versi Samsung Galaxy S10 biasa. Selain itu ukuran dari Samsung Galaxy S10 Lite ini juga lebih besar dari ukuran Samsung Galaxy S10 biasa karena ukuran dari Samsung Galaxy S10 Lite ini sama dengan ukuran dari samsung galaxy Note 10 biasa.

Baca Juga

Desain & Dimensi
Seperti yang sudah admin singgung diatas kalau desain dari Samsung Galaxy S10 Lite ini sedikit lumayan terlihat berbeda dengan Samsung Galaxy S10 biasa yang dari tahun lalu sudah tersedia dipasaran dimana modul kamera yang terdapat pada bagian belakang smartphone ini berbentu persegi panjang. Di dalam modul kamera tersebut terdapat 3 buah lensa kamera dengan 1 LED Flash untuk kebutuhan Fotografi.

Sedangkan pada bagian bawah smartphone terlihat tulisan samsung dengan warna yang sedikit samar-samar dan menyatu dengan warna dari body smartphone. Feel saat menggenggam Samsung Galaxy S10 Lite ini sama sekali tidak terasa lebih kecil dari Samsung Galaxy S10 biasa tapi hampir  seperti feeling saat memegang Samsung Galaxy S10+.

Untuk bagian depannya terdapat layar yang sedikit melengkung dan lagi-lagi tidak terlalu melengkung seperti kakak nya yaitu S10+ tapi sedikit melengkung dengan Notch atau tompel pada bagian atas tengah layar yang berguna untuk penempatan modul kamera. Beralih ke bagian sebelah kanan smartphone terdapat tombol volume Up & Down dan sedikit ke bawah tombol volume Up & Down pengguna juga akan menemukan tombol power.

Dibagian atas Samsung Galaxy S10 Lite terdapat lubang Microphone, di bagian sebelah kiri terdapat slot SIM Card, sedangkan untuk bagian bawah dari S10 Lite nya ini terdapat Lubang Speaker, Lubang Microphone dan juga Port USB Type-C dan tidak ada Port Jack Audio 3.5mm pada flagshipnya samsung yang satu ini karena memang headset bawaan yang disematkan dalam kotak penjualan sudah menggunakan headset dengan kepala USB Type-C.

Untuk material body nya sendiri juga sudah tidak lagi menggunakan material kaca seperti yang digunakan pada Samsung Galaxy S10 biasa tapi sudah diganti dengan bahan yang samsung sebut dengan istilah Glastik yang mana ini berarti Samsung Galaxy S10 Lite sudah tidak mendukung Wireless Charging lagi selain tidak lagi menggunakan material Kaca yang dikorbankan Samsung Untuk Samsung Galaxy S10 Lite berada dari sisi sertifikasi IP68 yang pada S10 biasa masih ada sedangkan pada Samsung Galaxy S10 Lite ini sudah tidak disertakan sertifikat IP68 yang tahan air dan juga debu makanya wajar-wajar saja jika Samsung Galaxy S10 ini diberi ujung Lite.

Untuk dimensinya sendiri Samsung Galaxy S10 Lite ini memiliki dimensi Panjang 162.5 mm, Lebar 75.6 mm dan tebalnya yang hanya 8.1 mm saja dimana dengan ukuran tersebut Samsung Galaxy S10 Lite ini kurang cocok untuk di masukkan ke saku celana namun untuk beratnya tidak bisa dibilang berat karena hanya memiliki bobot 186 gram saja, bobot yang ringan tersebut bisa didapatkan samsung karena material bahan yang digunakan tadi yaitu Glastik.

Layar
Beralih ke bagian layar Samsung Galaxy S10 Lite ini tentunya sudah menggunakan layar dengan Teknologi Super AMOLED plus yang mampu menampilkan akurasi warna dengan sangat baik dan masih bisa digunakan walaupun berada di bawah sinar matahari. Untuk ukuran dari layarnya sendiri tergolong lumayan besar yakni dengan ukuran 6.7 Inch dengan resolusi 1080 x 2400 pixel yang sangat nyaman saat digunakan untuk menulis, nonton maupun untuk main game.

Dikarenakan smartphone ini memiliki bentuk yang seksi tapi memanjang maka tidak heran jika layar yang diusung Samsung Galaxy S10 Lite ini memiliki rasio 20:9, memang layar dengan sistem memanjang seperti ini akan banyak game yang tidak terlalu cocok untuk dimainkan tapi siapa yang mau peduli dengan game jika mereka membeli Samsung Galaxy S10 Lite ini untuk kebutuhan kerja dan fun, apalagi smartphone ini merupakan seri flagshipnya samsung yang sangat menarik dan nyaman untuk digunakan walaupun ini merupakan versi Lite nya.

Untuk kepadatan layarnya Samsung Galaxy S10 Lite ini memiliki kepadatan layar hingga 394ppi yang sudah bisa Always-On-Display untuk menampilkan keterangan waktu dan beberapa notifikasi penting lainnya dalam keadaan layar terkunci walaupun akan menguras baterai dari smartphone ini dalam jumlah yang tidak sedikit dan tidak hanya fitur Always-On-Display saja tapi layar dari Samsung Galaxy S10 Lite ini juga sudah dibekali dengan fitur HDR10+ juga yang singkatnya layar yang ditawarkan tersebut sudah terasa sangat mantap saat digunakan.

Perfroma
Untuk menunjang berbagai aktivitas para penggunanya samsung juga membekali Samsung Galaxy S10 Lite ini dengan prosessor kencang yakni Qualcomm Snapdragon 855 dengan fabrikasi 7nm yang memiliki performa terbaik hingga saat ini, ya walaupun memang masih ada prosessor yang lebih kencang dari Qualcomm yaitu Snapdragon 855+ seperti yang digunakan pada ROG Phone 2, tapi Snapdragon 855 saja sudah sangat mencukupi untuk menunjang performa smartphone untuk sekarang ini.

Perorma yang kencang tersebut juga didukung dengan GPU yang bagus juga dimana GPU yang digunakan pada Samsung Galaxy S10 Lite ini adalah GPU Adreno 640. Tidak hanya itu performa yang kencang tentunya harus didukung juga dengan RAM yang mencukupi untuk digunakan pada smartphone dimana flagship samsung yang satu ini menawarkan 2 pilihan RAM untuk smartphone ini yakni 6GB dan juga 8GB tapi untuk memori internal yang ditawarkan hanya tersedia dalam 1 pilihan Internal yakni 128GB saja.

Tapi jika ruang penyimpanan internal tersebut dirasa masih kurang penggunanya masih bisa memperluas dengan menggunakan kartu Micro SDXC hingga kapasitas maksimal 1TB karena tersedia slot untuk Micro SDXC pada smartphone ini.

Baca Juga

Kamera
Beralih ke sektor kamera, seperti yang sudah pernah admin singgung diatas kalau Samsung Galaxy S10 Lite ini menggandalkan sistem Triple Lens atau menggunakan 3 buah lensa kamera sebagai kamera utamanya yang masing-masing memiliki resolusi 48MP f/2.0 sebagai lensa Wide nya yang sudah dilengkapi fitur PDAF dan juga Super Steady OIS, Lensa 12MP f/2.2 sebagai lensa Ultrawide dan juga lensa 5MP f/2.4 sebagai lensa Makro untuk pengambilan gambar dengan ukuran objek yang lebih kecil dari ukuran normalnya.

Seperti biasanya fitur paling umum untuk kamera yang tidak terkecuali dengan Samsung Galaxy S10 Lite ini adalah LED Flash, Panorama dan juga fitur HDR yang sudah menjadi barang wajib untuk sebuah flagship. Sedangkan untuk urusah perekaman video dengan menggunakan kamera utamanya ini Samsung Galaxy S10 Lite ini mampu merekam video dengan resolusi 2160 pixel pada frame rate 30 atau 60fps dan 1080 pixel pada frame rate 30, 60 atau 240fps.



Sedangkan untuk kamera depannya samsung membekali Samsung Galaxy S10 Lite ini dengan satu modul kamera yang berada di bagian atas tengan dengan bentuk yang membulat seperti kamera depannya samsung galaxy note 10 biasa yang mereka sebut dengan Infinity O. Kamera depan tersebut memiliki resolusi 32 MP f/2.2 sebagai lensa widenya dan tentunya sudah dibarengi dengan fitur HDR nya juga.

Kamera depan tersebut hanya mampu untuk merekam video dengan resolusi Full HD saja atau 1080 pixel pada frame rate 30fps.

Lain-lain
Selanjutnya yang perlu dipertanyakan adalah apakah dengan ketiadaan fitur Wireless Charging pada smartphone ini membuat fitur NFC nya absen juga? Jawabannya adalah tidak, karena walaupun fitur wireless charging tidak tersedia pada Samsung Galaxy S10 Lite ini namun samsung masih berbaik hati dengan tetap membekali fitur NFC agar tetap terlihat bahwa smartphone yang satu ini merupakan smartphone dari seri flagshipnya samsung.

Selain itu kelengkapan sensor seperti Fingger Print Under Display sudah pasti ada, sensor Accelerometer, Gyro, Proximity dan juga Compass ANT+ sudah menjadi barang wajib pada flagshipnya samsung dan untuk baterainya sendiri sudah memiliki kapasitas yang lumayan besar yakni 4500 mAh yang mampu menemani penggunanya selama seharian penuh untuk penggunaan ringan tanpa harus berdekatan dengan colokan listrik.

Harga
Dengan beberapa pengurangan fitur dan juga material yang digunakan pada Samsung Galaxy S10 Lite ini lantas berapa harga yang ditawarkan untuk Samsung Galaxy S10 Lite? Dikarenakan smartphone ini tersedia dalam 2 pilihan Ram yang berbeda yakni 6GB dan juga 8GB maka range harga yang ditawarkan mulai dari Rp 8.999.000 hingga dengan Rp 11.999.000.

Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Dimensi Panjang
Dimensi Lebar
Dimensi Tebal
Bobot
Material Body


162.5mm
75.6mm
8.1mm
186 gram
Glasstic
Layar

Teknologi Layar
Ukuran Layar
Resolusi Layar
Kepadatan Layar
Ukuran Layar Berbanding Body
Rasio layar
Fitur layar


Super AMOLED Plus
6.7 Inch
1080 x 2400 pixel
394ppi
87.8%
20:9
Always-On-Display
HDR10+
Performa

Prosessor
RAM
GPU


Qualcomm Snapdragon 855 fabrikasi 7nm
6/8GB
Adreno 640
Penyimpanan

Penyimpanan Internal
Penyimpanan Eksternal


128GB
Maksimal 1TB
Kamera

Kamera Utama
Lensa 1
Fitur

Lensa 2
Lensa 3
Fitur Kamera Utama


Perekaman Video Kamera Utama

Fitur

Kamera Depan
Resolusi Kamera
Fitur Kamera

Perekaman Video Kamera Depan


Triple Camera
48 Mp f/2.0 sebagai Lensa Wide
PDAF
Super Steady-OIS
12 Mp f/2.2 sebagai Lensa Ultrawide
5 Mp f/2.4 sebagai Lensa Makro
LED Flash
Panorama
HDR
2160 pixel pada frame rate 30/60fps
1080 pixel pada frame rate 30/60/240fps
Gyro-EIS

Single Camera
32 Mp f/2.2 sebagai Lensa Wide
HDR

1080 pixel pada frame rate 30fps
Sensor
Fingger Print Under Display
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass ANT+
Port Jack Audio 3.5 mm
Tidak Tersedia
Konektivitas

WLAN



Bluetooth



USB



NFC


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot
Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE
Tersedia
Versi 2.0
Type-C
1.0   Reversible Connector
Tersedia
GPS
Tersedia
A-GPS
GLONASS
GALILEO
BDS
Daya

Charger
Baterai


Fast Charging 45 Watt
4500 mAh
Sistem Operasi
Android 10.0
Kustomisasi One UI 2
Warna
Prism White
Prism Black
Prism Blue
Harga
Rp 8.999.000 hingga Rp 11.999.000 ( Update Per Februari 2020 )

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy A50
Spesifikasi & Harga Xiaomi Mi Note 10 Pro

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »