Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S20

Attailah PetirSamsung seakan menyerbu pasar pada awal 2020 ini dikarenakan hingga bulan Februari 2020 ini saja samsung sudah memperkenalkan beberapa smarthphone terbaru mereka terutama untuk kasta tertingginya samsung yakni seri S. Seri S yang admin maksudkan disini tidak bukan dan tidak lain adalah seri S terbarunya samsung yakni Samsung Galaxy S20 dimana smartphone samsung yang satu ini benar-benar terasa premium dan tidak sama dengan Samsung Galaxy S10 Lite yang sudah pernah admin post pada postingan sebelumnya.
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S20
Sumber: Youtube/Gadgetin
Desainnya terlihat mewah layaknya flagship-flagshipnya samsung yang lain akan tetapi untuk desain dari Samsung Galaxy S20 ini terlihat berbeda  lumayan jauh bila dibandingkan dengan smartphone samsung seri S sebelumnya yakni Samsung Galaxy S10 atau S10+. Tidak hanya itu rasio layar Samsung Galaxy S20 ini juga terasa sedikit berbeda dengan Samsung Galaxy S10 atau S10+ dan tidak hanya dari segi desainnya saja tapi juga berlaku hingga ke performa yang di tawarkan dari flagship samsung yang satu ini.

Baca Juga

Dimensi & Desain
Seperti yang sudah admin singgung sebelumnya kalau Samsung Galaxy S20 ini mengalami peningkantan yang lumayan jauh bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy S10 atau S10+ dan hal tersebut tidak terkecuali dengan desain yang dibawa oleh flagship samsung yang satu ini. Dikarenakan loncatannya yang lumayan jauh yakni dari Samsung Galaxy S10 ke Samsung Galaxy S20 maka tidak heran desain smartphone ini juga lumayan terasa berbeda terutama pada bagian belakang smartphone.

Seperti biasa pada bagian belakang smartphone terlihat sebuah modul kamera yang telah diisi oleh 3 buah lensa kamera dengan penyusunan yang sedikit agak berbeda yaitu Lensa Wide, Lensa Telephoto dan juga Lensa Ultra Wide. 

Pada bagian atas smartphone terdapat lubang Microphone dan juga slot kartu SIM yang mampu menampung hingga 2 kartu Nano SIM tapi tidak bisa menggunakan kartu Micro SD atau hanya menggunakan 1 kartu SIM dan satunya lagi bisa digunakan untuk menampung kartu Micro SD. Pada bagian kiri smartphone terdapat Tombol Volume Up & Down dan juga satu buah Tombol power yang ditempatkan sedikit di bawah Tombol Volume Up & Down.

Pada bagian bawah Samsung Galaxy S20 ini terdapat port USB C, lubang Microphone dan juga lubang Speaker. Untuk bagian depan dari Samsung Galaxy S20 ini juga terlihat khas ala Flagshipnya Samsung dimana penggunaan layar melengkung dengan Tompel yang terdapat pada bagian tengah atas untuk menampung kamera dapan atau kamera selfie dan pinggir-pinggiran layarnya terlihat tipis yang membawa kesan layar dari Samsung Galaxy S20 lebih lega.

Sedangkan untuk frame dari Samsung Galaxy S20 terbuat dari bahan metal yang menambah kesan mewan dari Flasgship Samsung Yang satu ini. Untuk dimensinya sendiri Samsung Galaxy S20 ini memiliki dimensi panjang 151.7mm, lebar 69.1mm dan tebalnya yang hanya 7.9mm saja dan untuk bobot nya sendiri smartphone samsung yang satu ini hanya memiliki bobot 163 gram saja, tidak hanya sampai disitu saja, kemewahannya juga terasa hingga saat menggenggam Samsung Galaxy S20 ini berkat penggunaan bahan kaca baik untuk bagian depan maupun bagian belakang smartphone dan kaca tersebut sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 6.

Layar
Khasnya samsung pada bagian layar tidak lain adalah penggunan layar melengkung dengan bezel tipis di berbagai sisi, namun untuk bagian atas tengahnya terlihat sebuah tompel yang samsung sebut dengan nama Invinity O karena bentuk nya yang meyerupai Huruf O. Layar yang diusung pada smartphone ini adalah layar Dynamic AMOLED 2X yang mampu menampilkan gambar dengan sangat baik.

Layar tersebut berukuran 6.2 inch dengan resolusi Full HD 1440 X 3200 pixel yang pastinya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan harian baik untuk browsing, chatting, main game dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa dikerjakan pada layar Flagship samsung yang satu ini. Untuk kepadatan layarnya sendiri sudah 563ppi yang pastinya akan mampu menampilkan gambar dengan detail yang sangat baik.

Seperti yang sudah admin bahas tadi kalau baik untuk bagian depan maupun belakang dari Samsung Galaxy S20 ini tentunya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 6 Yang tahan debu dan air dan dikarenakan layar nya sudah menggunakan LED maka tidak heran kalau smartphone ini sudah mempunyai fitur Always-On Display dan layarnya ini sudah 120Hz.

Kamera
Untuk urusan kamera Samsung Galaxy S20 ini menggunakan 3 lensa kamera untuk kamera utamanya yang tersusun dalam satu modul hitam berbentuk persegi panjang yang terpajang padaa bagian sudut kiri atas smartphone dimana masing-masing lensanya memiliki resolusi 12 Mp f/1.8 sebagai lensa wide lengkap dengan fitur Dual Pixel PDAF dan juga OIS kemudian terdapat lensa telephoto 64 Mp f/2.0 lengkap dengan fitur PDAF, OIS dan juga 3X Hybrid Optical Zoom kemudian yang terakhir terdapat satu buah lensa 12 Mp f/2.2 sebagai lensa Ultrawide yang lengkap dengan fitur Super Steady untuk kebutuhan pengambilan video.

Untuk fitur lainnya kamera utama dari Samsung Galaxy S20 ini tidak terlalu banyak dan standarnya smartphone-smartphone lain dimana diantaranya terdapat fitur LED-Flash, auto-HDR dan juga panorama dan untuk urusan perekaman video sendiri Samsung Galaxy S20 ini mampu merekam video dengan resolusi 4320 pixel pada frame rate 24 fps, 2160 pixel pada frame rate 30 atau 60fps kemudian 1080 pixel pada frame rate 30, 60 atau 240fps yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing pengguna dan yang terakhir 720 pixel pada frame rate 960fps.

Fitur perekaman video dari Samsung Galaxy S20 ini juga tergolong yang paling lengkap untuk saat ini dimana terdapat fitur HDR10+, dual-video rec., Stereo Sound Recorder, gyro-EIS dan juga OIS yang tidak kalah penting untuk kestabilan pada saat perekaman video.

Untuk kamera selfienya sendiri Samsung juga sudah membekali Samsung Galaxy S20 ini dengan satu buah lensa kamera yang memiliki resolusi hanya 10 Mp f/2.2 sebagai lensa wide saja dan tentunya sudah dilengkapi juga dengan Dua Pixel PDAF dan untuk fiturnya sendiri juga sudah mendukung Dual Video Call dan juga Auto-HDR. Sedangkan untuk perekaman video kamera depan Samsung Galaxy S20 ini mampu merekam hingga dengan resolusi 2160 pixel pada frame rate 30 atau 60fps dan juga pada resolusi 1080 pixel pada frame rate 30fps saja dan itu pun sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan kamera harian kebanyakan pengguna untuk zaman sekarang ini.

Performa
Berbicara tentang performa untuk Samsung Galaxy S20 ini sudah pasti tidak akan luput dari kata kencang, pada dasarnya Samsung Galaxy S20 ini terdiri dari 2 versi yakni versi Global dan juga versi USA. Untuk yang versi Globalnya menggunakan prosessor Exynoss 990 dengan fabrikasi 7nm sedangkan untuk Versi USA nya menggunakan prosessor Qualcomm Snapdragon 865 yang juga fabrikasinya 7nm.

Sedangkan untuk RAM nya sama-sama memiliki kapasitas 8GB dengan kapasitas Penyimpanan Internalnya sebesar 128GB UFS 3.0 yang masih bisa diperluas dengan menggunakan kartu Micro SDXC hingga kapasitas maksimalnya adalah 1TB. Selain itu perbedaan lainnya ada pada penggunaan GPU dimana untuk versi Globalnya menggunakan GPU Mali-G77 MP11 sedangkan untuk yang versi USA nya menggunakan GPU Adreno 650.

Baca Juga

Lain-Lain
Beberapa fitur lain seperti kelengkapan sensor, NFC dan lain-lain juga menjadi keunggulan tersendiri untuk Samsung Galaxy S20 ini dan untuk kelengkapan sensornya sendiri smartphone ini sudah dibekali dengan sensor Fingger Print Under Display, Sensor Accelerometer, gyro, Proximity, Compass ANT+, Bixby dan juga samsung DEX.

Selanjutnya yang terasa peningkatannya bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy S10 berada dari sektor baterai dimana Samsung Galaxy S10 hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 3400mAh sedangkan untuk Samsung Galaxy S20 ini sudah menggunakan baterai dengan kapasitas 4000mAh, tidak hanya itu, chargernya juga sudah bisa menggunakan adaptor charger 25 watt untuk mengisi baterai tersebut sedangkan untuk Samsung Galaxy S10 hanya mendukung adaptor charger 15 watt saja.

Harga
Harga yang ditawarkan untuk sebuah flagship tidaklah murah apalagi Samsung Galaxy S20 ini merupakan flagship buatan samsung yang sudah sangat dipercaya masyarakat. Setidaknya untuk membawa pulang Samsung Galaxy S20 ini budget yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp 12.999.000 dan hanya tersedia dalam 1 pilihan RAM yaitu 8GB dan juga satu pilihan penyimpanan yang kapasitasnya adalah 128GB ( Note: Harga tersebut merupakan harga yang admin kutip langsung dari Situs Resmi Samsung Indonesia pada tanggal 25 Februari 2020 ).

Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
Berat
Material Bahan

Perlindungan Body
Depan
Belakang


151.7 mm
69.1 mm
7.9 mm
163 gram
Kaca


Corning Gorilla Glass 6
Corning Gorilla Glass 6
Layar

Ukuran
Resolusi
Rasio Layar Dengan Ukuran Body
Teknologi
Kepadatan
Pelindung Layar
Fitur


6.2 Inch
1440 X 3200 pixel
89.5%
Dynamic AMOLED
563ppi
Corning Gorilla Glass 6
HDR10+
Always-On-Display
Refresh Rate 120Hz pada resolusi Full HD
Refresh Rate 60 Hz pada resolusi Quad HD
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur

Lensa Kedua
Fitur


Lensa Ketiga
Fitur
Fitur Lensa Utama



Perekaman Video



Fitur





Kamera Depan
Resolusi
Fitur


Perekaman Video


Triple Camera
12 Mp f/1.8 sebagai Lensa Wide
Dual Pixel PDAF
OIS
64 Mp f/2.0 sebagai Lensa Telephoto
PDAF
OIS
3X Hybrid Optical Zoom
12 Mp f/2.2 sebagai Lensa Ultrawide
Super Steady Video
LED-Flash
auto-HDR
Panorama

4320 pixel pada frame rate 24fps
2160 pixel pada frame rate 30 atau 60fps
1080 pixel pada frame rate 30/60 atau 240fps
720 pixel pada frame rate 960fps
HDR10+
dual-video rec
stereo sound rec.
gyro-EIS
OIS

Singgle Camera
10 Mp f/2.2 sebagai Lensa Wide
Dual-Pixel PDAF
Dual-Video Call
Auto HDR
2160 pixel pada frame rate 30 atau 60fps
1080 pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosessor

GPU

RAM


Exynos 990 fabrikasi 7nm ( Versi Global )
Qualcomm Snapdragon 865 farbikasi 7nm ( Versi USA )
Mali-G77 MP11 ( Versi Global )
Adreno 650 ( Versi USA )
8GB
Penyimpanan

Penyimpanan Internal
Penyimpanan Eksternal


128GB
Maksimal 1TB
Konektivitas

WLAN




Bluetooth




NFC

USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax
dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE

Tersedia

Tersedia
USB Type-C
Versi 3.2
Konektor Reversable 1.0
USB On-The-Go
Kelengkapan Sensor
Fingger print under display
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass ANT+
Bixby
Samsung DeX
Lain-Lain

GPS




Radio

Samsung Pay


Fitur Tahan Air & Debu


Tersedia
A-GPS
GLONASS
BDS
GALILEO
Tersedia
Radio FM
Tersedia
Visa
Master Card Sertifikasi
Tersedia
Maksimal 1.5 meter dibawah permukaan air
Maksimal 30 Menit.
Daya

Kapasitas Baterai
Daya Maksimal Adaptor


4000mAh
25 Watt
Warna
Cosmic Gray
Cloud Blue
Cloud Pink
Cosmic White
Harga
Rp 12.999.000 ( Update Per Februari 2020 )

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »