Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S20 Ultra


Attailah Petir Belum cukup dengan Samsung Galaxy S10 Lite dan juga Note 10 Lite, baru-baru ini samsung  juga sudah memperkenalkan smartphonte terbaru mereka dari kelas Flagship yakni Samsung Galaxy S20 Ultra.
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S20 Ultra
Sumber: Youtube/Putureza
Bila dibandingkan dengan saudaranya yakni Samsung Galaxy S20 dan juga S20+, Samsung Galaxy S20 Ultra ini membawa peningkatan yang luar biasa tinggi dari sektor kamera. Namun jika dilihat lebih jauh dari luar Samsung Galaxy S20 Ultra ini sudah terlihat berbeda dari adiknya yakni Samsung Galaxy S20 dan juga Samsung Galaxy S20+ dimana yan paling terlihat berbeda ada pada bagian belakangdari Samsung Galaxy S20 Ultra ini karena sudah menggunakan 4 buah lensa kamera yang tersusu rapi mengotak dalam satu buah modulnya.

Selain itu jika disandingkan langsung dengan Samsung Galaxy S20 dan juga Samsung Galaxy S20+ maka langsung terasa bahwa Samsung Galaxy S20 Ultra ini punya dimensi yang lebih besar dibandingkan kedua saudaranya yakni Samsung Galaxy S20 dan juga Samsung Galaxy S20+. Selain besar dari segi dimensinya smartphone terbaru samsung yang satu ini juga memiliki bobot yang luar biasa berat di lini flagshipnya samsung bahkan bisa dibilang bahwa Samsung Galaxy S20 Ultra ini lebih berat dari Samsung Galaxy Note 10+.

Baca Juga

Desain & Dimensi
Seperti yang sudah admin singgung diatas kalau desain dari Samsung Galaxy S20 Ultra ini terlihat sangat modern dengan desain depan dan belakang yang khasnya samsung karena sudah menggunakan layar yang melengkung dimana untuk lengkungannya sendiri sudah kembali lagi ke lengkungan samsung tidak seperti lengkungan pada Samsung Galaxy S10 Lite maupun Samsung Galaxy Note 10 Lite yang belum lama ini juga di launching.

Selain itu Samsung Galaxy S20 Ultra ini juga membawa bahasa desain yang berbeda bila dibandingkan dengan 2 saudaranya yakni S20 dan juga S20+ dimana modul kamera hanya berbentuk persegi panjang dengan susunan lesa kamera yang begitu-begitu saja, namun khusus untuk Samsung Galaxy S20 Ultra ini modul kameranya yang berbentuk persegi panjang yang sedikit lebih lebar membuatnya terlihat lebih modern apalagi di dalam modul kamera tersebut masih terdapat sebuah modul lagi yang berbenntuk persegi seperti modul kamera Iphone, namun tidak menonjol dengan 3 buah lensa kamer dan juga satu buah LED Flash untuk kebutuhan pencahayaan.

Masih di dalam modul persegi panjang masih terdapat satu buah lensa kamera lagi yang diposisikan tepat di bawah modul kamera yang berbentuk persegi tadi namun lensanya berada di deretan sebelah kiri. Layaknya flagship-flagship samsung yang lainnya dimana pada bagian bawahnya terdapat tulisan samsung.
Dikarenakan smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra ini merupakan flagshipnya samsung maka tidak heran jika bahan yang digungakan pada smartphone ini merupakan bahan yang berkualitas. Bagian depannya tentu saja sudah dilapisi dengan material kaca dengan proteksi Corning Gorilla Glass 6, begitu juga bahan belakang yang digunakan juga berupa kaca dengan pelindung Corning Gorilla Glass 6 dan bagian sampingnya terbuat dari bahan Alumunium yang membuat smartphone yang satu ini terlihat mewah dan juga kokoh saat di genggam.

Untuk dimensinya sendiri Samsung Galaxy S20 Ultra ini memiliki dimensi panjang 166.9mm, lebar 76mm dengan ketebalannya yang mencapai 8.8mm, sedangkan untuk urusan bobot Samsung Galaxy S20 Ultra ini memiliki bobot yang lebih berat bila dibandingkan dengan kedua saudaranya, dikarenakan bobotnya yang mencapai 220 gram yang artinya untuk bobotnya ini punya perbedaan yang lumayan jauh yakni 186 gram untuk Samsung Galaxy S20+ dan hanya 163 gram bobot yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S20.

Layar
Beralih ke bagian layar maka yang langsung terasa dari smartphone ini adalah lega, karena dengan layar 6,9 Inch yang memiliki body rasio hingga 89.9% ini siapa pun pasti akan merasa sangat-sangat lega karena ukuran layarnya ini sedikit lebih besar dari Samsung Galaxy Note 10+ yang hanya memiliki layar dengan ukuran 6.8 Inch walaupun memang Samsung Galaxy S20 Ultra ini punya ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Note 10+.

Untuk teknologi layarnya dari Samsung Galaxy S20 Ultra ini sama-sama menggunakan Teknologi Dynamic AMOLED tapi yang sedikit membedakannya dengan Samsung Galaxy Note 10+ tidak tersedianya 2X nya saja dimana 2X tersebut merupakan 2 kali kebih baik bila dibandingkan dengan layar Dynamic AMOLED biasa.

Resolusi yang dibawa oleh Samsung Galaxy S20 Ultra ini adalah 1440 X 3200 pixel dengan rasio layarnya yang sudah 20:9 membuat smartphone ini sangat nyaman digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk untuk kerja. Kepadatan layar yang ditawarkan pada smartphone ini mencapai 511ppi dan seperti yang sudah pernah admin katakan sebelumnya kalau untuk melindungi layar dari flagship samsung yang satu ini samsung membekali pelindung layar Corning Gorilla Glass6 yang tahan air dan juga debu.

Kamera
Dari sisi kamera Samsung Galaxy S20 Ultra punya total 4 lensa kamera yang ditempatkan 3 lensa pada bagian belakang smartphone dengan 1 buah lensa pada bagian depan. Kamera utamanya berada pada bagian belakang smartphone dengan 1 modul berbentuk persegi panjan, akan tetapi didalam modul persegi panjang  tersebut masih terdapat satu modul kamera lagi yang berbentuk persegi yang terisi dengan 3 lensa kamera dan satu kamera lainnya berada di modul perseigi panjang bukan modul kamera persegi.

Masing-masing lensa tersebut punya resolusi 108 MP f/1.8 yang berguna sebagai lensa Wide yang tentunya sudah dilengkapi dengan fitur PDAF dan juga OIS, selanjutnya terdapat lensa 48 MP f/3.5 yang berfungsi sebagai lensa Telephoto dengan 10X Hybrid Optical Zoom yang juga sudah dilengkapi dengan PDAF dan OIS. Lensa ketiga adalah lensa Ultrawide yang punya resolusi 12 MP f/2.2 dan punya fitur Super Steady khusus digunakan pada saat pengambilan Video agar bisa lebih stabil dan yang terakhir adalah lensa Depth sensor yang bisa digunakan untuk pengambilan foto dengan efek bokeh yang hanya beresolusi 0.3 MP f/1.0 lengkap dengan 3D TOF.

Untuk perekaman Video dengan menggunakan kamera utamanya ini juga dirasa sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan setiap penggunanya karena sudah mampu merekam hingga resolusi 4320 pixel pada frame rate 24fps, 2160 pixel pada frame rate 30 atau 60fps, 1080 pixel pada frame rate 30, 60 hingga 240fps, 720 pixel pada frame rate 960fps dan perekaman video tersebut juga semakin lengkap dengan hadirnya fitur HDR10+, Dual Video Recording, Stereo Recording sama seperti perekaman gambar yang bisa menggunakan kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan sekaligus merekam suaranya dan juga fitur gyro-EIS & OIS yang sangat-sangat berguna untuk membuat hasil perekaman video menjadi lebih stabil.

Sedangkan untuk kamera depan hanya menggunakan 1 lensa kamera saja yakni dengan resolusi 40 MP f/2.2 yang berguna sebagai lensa Wide dan sudah didukung vitur Dual Video Call dan juga fitur Auto-HDR. Dan untuk perekaman Videonya sendiri dari kamera depan Samsung Galaxy S20 Ultra ini sudah mampu merekam video dengan resolusi 2160 pixel pada frame rate 30 ataupun 60fps dan 1080 pixel pada frame rate 30fps saja, dan itu juga sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan harian dari masing-masing penggunanya.

Performa
Untuk performa nya sendiri flagship samsung yang satu ini pastinya sudah menggunakan Prosessor andalan samsung yang paling baru dari Samsung yakni prosessor Exinoss 990 dengan fabrikasi 7nm untuk yang versi globalnya dan prosessor Qualcomm Snapdragon 865 yang punya fabrikasi yang sama dengan versi globalnya yakni sama-sama 7nm baik untuk versi global maupun yang versi USA.

Untuk GPU nya sendiri sudah menggunakan GPU Mali-G77 MP11 untuk yang versi Globalnya dan GPU Adreno 650 untuk yang versi USA nya dan untuk mendukung penggunanya dalam melakukan aktivitas Multitasking Samsung membekali Samsung Galaxy S20 Ultra ini dengan RAM sebesar 12GB yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses sangat banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan tanpa khawatir akan terasa lag dan untuk penyimpanan internalnya sendiri juga sudah sangat memadai yakni dengan kapasitas 128GB.

Jika penyimpanan yang ditawarkan tersebut masih terasa kurang maka samsung juga masih menawarkan penyimpanan tambahan dengan menggunakan kartu MicroSDXC.

Baca Juga

Lain-lain
Selanjutnya yang bisa didapatkan dari flagship terbaiknya samsung di tahun 2020 ini berasal dari sektor sektor sensor yang tersedia dikarenakan untuk sensor-sensornya sendiri sudah sangat-sangat lengkap karena sudah tersedia sensor Fingger Print Under Display, Sensor Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass, Barometer, ANT+, Bixby dan juga samsung DeX pun sudah tersedia pada perangkat Samsung Galaxy S20 Ultra ini.

Dikarenakan Samsung Galaxy S20 Ultra ini merupakan sebuah smartphone flagship samsung yang punya ukuran yang besar dengan bobot yang lumayan berat maka dampak positif yang mampu diberikan oleh smartphone ini sangatlah besar dimana baterai yang dibenamkan didalam body dari flagship samsung yang satu ini punya kapasitas hingga 5000 mAh dan sudah dilengkapi dengan adaptor charger untuk mengisi daya dari baterai tersebut dari posisi 0 hingga full 100%  dalam waktu 58 menit saja, jadi pengecasannya tergolong salah satu yang tercepat untuk saat ini karena tidak sampai 1 jam.

Selain itu, layaknya flagship-flagship samsung yang lainnya Samsung Galaxy S20 Ultra ini juga sudah mendukung Wireless Charging dengan kecepatan 15 Watt dan untuk Revers wireless chargingnya bisa tembus hingga 9 Watt.

Harga
Samsung menlaunching 3 smartphone sekaligus pada bulan Februari 2020 kemarin yakni Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20+ dan yang paling tingginya adalah yang sedang kita bahas ini yaitu  Samsung Galaxy S20 Ultra. Samsung Galaxy S20 Ultra ini dibandrol mulai dari angka Rp 18.500.000. Harga tersebut merupakan harga yang Admin Update pada awal bulan Maret 2020 ini dan mungkin saja kedepannya akan lebih murah atau mungkin bisa lebih mahal.

Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
Bobot
Bahan Body
Frame
Pelindung Body


166.9mm
76mm
8.8mm
220 gram
Kaca
Alumunium
Corning Gorilla Glass 6
Layar

Ukuran Layar
Perbandingan Ukuran Body & Layar
Teknologi Layar
Resolusi Layar
Kepadatan Layar
Rasio Layar
Perlindungan Layar
Fitur Layar


6.9 Inch
89.9%
Dynamic Amoled 2X
1440 X 3200 pixel
511 ppi
20:9
Corning Gorilla Glass 6
HDR10+
Always-On-Display
60 Hz ( Quad-HD )
120 Hz (Full HD )
Performa

Prosessor
Versi Global
Versi USA
GPU
Versi Global
Versi USA
RAM



Exynoss 990 fabrikasi 7 nm
Qualcomm Snapdragon 865 fabrikasi 7 nm

Mali-G77 MP11
Adreno 650
12GB
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur

Lensa Kedua

Fitur


Lensa Ketiga
Fitur
Lensa ke Empat
Fitur

Fitur Kamera Utama



Perekaman Video



Fitur Perekaman Video




Kamera Depan
Fitur PDAF



Perekaman Video


Quad-Camera
108 MP f/1.8 sebagai Lensa Wide
PDAF
OIS
Periscope
48 MP f/3.5 sebagai Lensa Telephoto
PDAF
OIS
10X Hybrid Optical Zoom
12 MP f/2.2 sebagai Lensa Ultrawide
Super Steady Video
0.3 MP f/1.0 sebagai Lensa Depth Sensor
TOF 3D

LED-Flash
HDR
Panorama

4320 pixel pada frame rate 24fps
2160 pixel pada frame rate 30 atau 60fps
1080 pixel pada frame rate 30fps, 60fps hingga 240fps
720 pixel pada frame rate 960fps
HDR10+
Dual-video Recording
Stereo Sound Recording
Gyro-EIS & OIS

40 MP f/2.2 sebagai lensa Wide
PDAF
Dual Video Call
Auto HDR

2160 pixel pada frame rate 30 hingga 60fps
1080 pixel pada frame rate 30 fps
Kelengkapan Sensor
Fingger Print Under Display
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass
Barometer
ANT+
Bixby
Samsung Dex
Konektivitas

WLAN




Bluetooth




NFC

USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax
dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE

Tersedia

Tesedia
USB Type-C
Versi 3.2
1.0   reversible connector
USB On-The-Go
GPS
Tersedia
Radio
Tidak Tersedia
SIM
SIM Card
Dual Nano SIM Standby
Hybrid
Fitur Tahan Air
Tersedia
Sertifikat IP68
Tahan Air pada kedalaman 1.5 meter selama 30 menit
Tahan Debu
OS
Android 10.0
Kustomisasi One UI 2
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Daya Charging
Daya Charging Wireless
Daya Revers Wireless Charging


5000 mAh
45 Watt ( 0 Hingga 100% selama 58 menit )
15 Watt
9 Watt
Warna
Cosmic Gray
Cosmic Black
Harga
Rp 18.500.000 Update Per Bulan Maret 2020

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »