Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S20 Plus


Attailah Petir Jika pada postingan sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai 2 flagship terbaru dari samsung yakni Samsung Galaxy S20 dan juga Samsung Galaxy S20 Ultra,  maka kali ini admin ingin membahas flagship pertengahan dari kedua flagship samsung yang sebelumnya sudah pernah kita bahas tersebut. Flagship samsung yang admin maksud disini tidak lain adalah Samsung Galaxy S20+.
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S20 Plus
Sumber Gambar: Youtube/Gadgetin
Seperti kata admin sebelumnya kalau smartphone ini merupakan flagship samsung yang paling tengah yang diperkenalkan samsung pada akhir bulan februari 2020 dimana untuk versi yang paling terjangkau atau paling murahnya samsung yaitu Samsung Galaxy S20 dan versi yang paling tingginya yaitu Samsung Galaxy S20 Ultra.

Jika desain dari kedua smartphone yang sudah pernah kita bahas sebelumnya itu hampir-hampir mirip maka untuk flagship mereka yang satu ini punya desain yang lebih dominan ke Samsung Galaxy S20 karena bagian belakangnya yang memang hampir bahkan bisa dikatakan sama dimana hal tersebut tidak berlaku untuk Samsung Galaxy S20 Ultra yang punya desain belakang yang berbeda dengan 2 seri lain adalah Samasung Galaxy S20 dan juga Samsung Galaxy S20+ yang sedang kita bahas kali ini.

Yang menjadi perbedaan mendasar dan paling utama ada pada Ukuran, Berat, dan juga kamera yang diusung oleh Samsung Galaxy S20+ ini, kalau dengan Samsung Galaxy S20 saja sudah terasa berbeda tentu dengan pendahulunya yakni samsung Galaxy S10 dan juga Samsung Galaxy S10+ juga akan berbeda baik dari segi ukuran dan juga spesifikasi yang diusungnya.

Baca Juga

Dimensi & Desain
Dari sisi desain Samsung Galaxy S20+ ini punya desain yang lebih mirip dengan Samsung Galaxy S20 karena baik bagian depan maupun ke bagian belakang smartphone dan memang akan sangat susah untuk membedakan dari luar mana Samsung Galaxy S20 dan mana Samsung Galaxy S20+ jika diletakkan pada tempat yang bersamaan secara berdampingan walaupun memang seperti yang sudah admin singgung sebelumnya kedua smartphone ini punya ukuran yang sedikit berbeda dan beratnya yang juga berbeda.

Untuk material bahannya baik bagian depan maupun bagian belakang smartphone sama-sama menggunakan kaca dan sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 6 baik untuk bagian depan maupun bagian belakangnya dan framenya menggunakan bahan Alumunium.

Dari segi ukuran Samsung Galaxy S20+ ini punya dimensi Panjang 161.9 mm, Lebar 73.7mm dan tebal 7.8 mm dengan beratnya yang hanya 186 gram saja jadi feeling saat di genggam begitu terasa bahwa Samsung Galaxy S20+ ini adalah flagshipnya samsung yang berbeda dengan hp-hp lain pada umumnya. Dan layaknya flagship-flagship samsung yang lainnya yang sudah bisa samsung pay maka Samsung Galaxy S20+ ini juga sudah punya fitur tersebut dan dikarenakan seri S ini merupakan seri flagshipnya samsung maka fitur wajib yang harus ada dan memang sudah ada pada smartphone ini adalah sertifikasi IP68 yang tahan air dan debu.

Layar
Bagian dari layarnya sendiri tentu samsung sudah tidak perlu diragukan lagi karena dari dulu flagshipnya samsung selalu punya layar yang sangat baik dan sangat nyaman untuk dilihat oleh mata walaupun dalam jangka waktu yang lumayan lama baik dari satu rasi warna yang dihasilkan hingga kualitas gambar yang dihasilkan oleh layar tersebut yang benar-benar akan memanjakan mata.

Dibekali layar dengan ukuran 6.7 Inch dengan resolusi 1440 X 3200 pixel tentunya membuat pengguna semakin nyaman untuk menggunakan smartphone ini untuk berbagai kebutuhan mulai dari Nonton video, Main Game dan juga Browsing ataupun main IG apalagi layarnya ini juga sudah menggunakan Teknologi 2X Dynamic AMOLED dan untuk ukuran layarnya ini mencapai 90.5% dari total keseluruhan ukuran body Smartphone.

Detail gambarnya juga terasa semakin OK karena layar yang diusung tersebut sudah punya kepadatan layar hingga 525 ppi dan seperti yang sudah admin singgung sebelumnya kalau bagian luar dari layar tersebut sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass6 jadi seharusnya walaupun layar tersebut tidak diberikan pelindung lagi layaknya anti gores seharusnya tidak ada masalah. 

Yang tidak kalah menarik dari layar Samsung Galaxy S20+ ini untuk dibahas adalah fitur dari layarnya ini sendiri yang sudah sangat lengkap untuk sebuah flagship dimana sudah HDR10+ yang bisa digunakan walau dalam keadaan cahaya diluar smartphone yang berlebihan, Always-On-Display yang bisa digunakan untuk menampilkan keterangan Waktu walaupun pada saat layar sedang tidak digunakan dan juga refresh rate nya yang sudah mendukung Refresh Rate 120 Hz pada resolusi layar FHD dan 60 Hz pada resolusi layar QHD yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing penggunanya.

Baca Juga

Performa
Dikarenakan Samsung Galaxy S20+ ini merupakan sebuah flagship pastinya performa yang diberikan smartphone ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena prosessornya sudah menggunakan prosessor Exynoss 990 untuk yang versi globalnya dan Qualcomm Snapdragon 865 untuk yang versi USA nya yang ditemani RAM sebesar 8GB untuk menunjang kebutuhan harian multitasking pengguna.

Jika beberapa flagship samsung sebelum generasi S20 menawarkan penyimpanan internal dengan beberapa pilihan yang berbeda-beda maka hal tersebut sama sekali tidak akan ditemui pada flagship samsung seri S20 ke atas kali ini karena samsung hanya menyediakan 1 pilihan internal yakni dengan kapasitas 128GB yang dirasa sudah sangat memadai untuk penggunaan harian dari masing-masing pengguna.

Performa yang kencang tersebut juga dibarengi dengan penggunaan GPU yang baik untuk memberikan pengalaman menggaunakan flagship samsung yang sudah sangat mendunia. Samsung mebekali Samsung Galaxy S20+ ini dengan GPU Mali-G77 MP11 untuk yang versi globalnya seperti unit yang masuk ke indonesia dan menggunakan GPU Adreno 650 untuk yang versi USAnya jadi seharusnya untuk kebutuhan gaming tidak akan ada masalah sama sekali karena kartu grafis yang digunakan sudah sangat OK untuk sekarang ini.

Kamera
Beralih ke bagian kamera samsung juga memberikan 4 buah Lensa kamera atau dengan istilah Quad Camera untuk kamera utamanya dimana masing-masing lensa tersebut punya resolusi 12MP f/1.8 sebagai lensa Wide, 64MP f/2.0 sebagai lensa Telephoto lengkap dengan 3X Hybrid Optical Zoom, kemudian ada lensa 12MP f/2.2 sebagai lensa Ultrawide lengkap dengan fitur Super Steady dan yang terakahir ada lensa 0.3MP TOF 3D f/1.0 sebagai lensa Depth sensor untuk kebutuhan pengambilan gambar dengan efek bokeh.

Untuk pengambilan videonya sendiri Samsung Galaxy S20+ ini sudah mampu merekam video dengan kualitas yang cukup baik untuk kebutuhan Vlog maupun untuk mengabadikan momen-momen bersama keluarga karena sudah mampu merekam gambar dengan resolusi 4320 pixel pada frame rate 24fps, 2160 pixel pada frame rate 30 hingga 60 fps, 1080 pixel pada frame rate 30 hingga 240fps dan juga pada resolusi 720 pixel pada frame rate 960fps untuk kebutuhan video super slow motion.

Sedangkan untuk kamera selfienya samsung hanya memberikan 1 buah lensa kamera dengan resolusi 10MP f/2.2 sebagai lensa Wide, tidak terlalu tinggi resolusi dri lensa kamera selfienya ini namun sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan selfie penggunanya. Untuk perekaman video menggunakan kamera depan dari Samsung Galaxy S20+ ini juga sudah sangat cukup karena sudah mampu merekam video dengan resolusi 2160 pixel pada frame rate 30 hingga 60fps dan 1080 pixel pada frame rate 30fps saja.

Baca Juga

Lain-lain
Kelengkapan lain seperti NFC, Bixby dan juga samsung DeX juga sudah siap untuk digunakan karena ini merupakan seri flagshipnya smsung. Tidak hanya itu untuk sensornya sendiri Samsung Galaxy S20+ ini juga sudah lumayan lengkap karena sudah ada sensor fingger print under displa, accelerometer, gyro, proximity, compass dan juga barometer ANT+, namun karena Samsung Galaxy S20+ ini punya desain yang tipis maka tidak heran jika tidak tersedia port untuk colokan headset.

Tapi walaupun port Jack Audio 3.5mm tersebut tidak tersedia pada perangkat ini, samsung membekali kabel OTG sebagai penggantinya di dalam box pada saat pembelian, jadi bagi pengguna yang ingin menggunakan headset bisa memanfaatkan kabel OTG tersebut untuk bisa menghubungkan perangkat smartphone dengan headset.

Harga
Harga yang ditawarkan untuk 1 unit Samsung Galaxy S20+ ini adalah senilai Rp 14.499.000 dan hanya tersedia dalam satu pilihan yang tidak akan membuat pengguna merasa bingung untuk memilih.

Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
Berat
Bahan Body Belakang
Bahan Body Depan
Bahan Body Samping
Pelindung Body


161.9 mm
73.7 mm
7.8 mm
186 gram
Kaca
Kaca
Alumunium
Corning Gorilla Glass 6
Layar

Ukuran layar
Ukuran Layar Berbading Body
Teknologi Layar
Kepadatan Layar
Resolusi Layar
Rasio Layar
Pelindung Layar
Fitur Layar



6.7 Inch
90.5% Layar Dari Keseluruhan Body Smartphone
2X Dynamic AMOLED
525 ppi
1440 X 3200 pixel
20:9
Corning Gorilla Glass 6
HDR10+
Always-On-Display
Refresh Rate 120Hz pada resolusi FHD
Refresh Rate 60Hz pada resolusi QHD
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur

Lensa Kedua
Fitur


Lensa Ketiga
Fitur
Lensa Ke Empat
Fitur

Fitur Kamera Utama



Perekaman Video



Fitur






Kamera Kedua
Resolusi Kamera
Fitur



Perekaman Video


Quad Camera
12 MP f/1.8 sebagai Lensa Wide
Dual Pixel PDAF
OIS
64 MP f/2.0 sebagai Lensa Telephoto
PDAF
OIS
3X Hybrid Optical Zoom
12 MP f/2.2 sebagai Lensa Ultrawide
Video Super Steady
0.3 MP f/1.0 sebagai Lensa Depth sensor
3D TOF

LED Flash
auto-HDR
Panorama

4320 pixel pada frame rate 24fps
2160 pixel pada frame rate 30 hingga 60fps
1080 pixel pada frame rate 30, 60, hingga 240fps
720 pixel pada frame rate 960fps
HDR10+
dual-video rec.
stereo sound rec.
Gyro
EIS
OIS

Singgle Camera
10 MP f/2.2 sebagai Lensa Wide
Dual Pixel PDAF
Dual Video Call
Auto HDR

1080 pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosessor

RAM
GPU


Exynoss 990 fabrikasi 7 nm untuk yang versi Global
Snapdragon  865 fabrikasi 7 nm untuk versi USA
8GB
Mali-G77 MP11 untuk yang versi Global
Adreno 650 untuk yang versi USA
Penyimpanan

Internal
Eksternal


128 GB
Micro SDXC maksimal 1TB
Konektivitas

WLAN



Bluetooth



NFC
USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax
dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot
Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE
Tersedia
Tersedia
USB Type-C
Versi 3.2
Reversible Connector 1.0
USB OTG
Sensor
Fingger Print Under Display
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass
Barometer
ANT+
Bixby
Samsung DeX
GPS
Tersedia
A-GPS
GLONNAS
BDS
GALILEO
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Support Charger
Maksimal Wireless Charging
Maksimal Revers Wireless Charging


4.500 mAh
Fast Charging 25 Watt
15 Watt

9 Watt
Ketersediaan Warna
Cosmic Black
Cosmic Grey
Cloude Blue
Cloude White
Aura Red
Harga
Rp 14.499.000



Baca Juga
Spesifikasi & Harga Realme 5i
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Fold

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »