5 Benda Yang Wajib Ada Dalam Kotak P3K


Attailah Petir Kotak P3K merupakan kotak yang wajib dan mesti tersedia di rumah kita masing-masing, kotak tersebut berisi peralatan-peralatan maupun obat-obatan yang akan digunakan pada saat keadaan sedang darurat misalnya ketika terjadi kecelakaan kecil di rumah seperti tersayat oleh pisau maupun kejadian-kejadian lainnya yang membuat setiap orang harus mendapatkan pertolongan pertama.
5 Benda Yang Wajib Ada Dalam Kotak P3K
Akan tetapi tidak semua rumah tersedia kotak tersebut mengingat banyaknya orang yang menyepelekan hal mereka anggap kecil ini walaupun pada dasarnya kalau dilihat dari segi fungsi Kotak P3K beserta perlengkapan-perlengkapan yang terdapat didalamnya sangatlah penting.

Memang tidak akan mungkin lengkap selayaknya di rumah sakit tapi 5 Benda yang akan admin sebutkan berikut ini seharusnya ada didalam kotak P3K di setiap rumah. Berikut merupakan 5 Benda Yang Wajib Ada Dalam Kotak P3K di rumah masing-masing.

Baca Juga

Obat Luka ( Betadine )

5 Benda Yang Wajib Ada Dalam Kotak P3K
Sebenarnya tidak mesti betadine tapi setiap obat dari merek dan jenis apa pun boleh selama bisa digunakan untuk mengobati luka, namun dalam hal ini yang paling umum untuk digunakan adalah Betadine.

Betadine ini sendiri merupakan Obat Anti Septik yang digunakan untuk mengobati luka baik luka tersebut luka kecil yang terjadi akibat kelalaian seseorang maupun akibat kecelakaan berat, namun jika luka yang terdapat pada bagian tubuh tersebut merupakan luka yang lumayan besar dan dalam maka lebih dianjurkan untuk pergi ke dokter agar mendapatkan pertolongan pertama yang lebih baik dan biasanya obat-obatan yang diberikan oleh dokter lebih lengkap lagi.

Namun untuk pertologan pertama pada kecelakaan benda yang paling utama yang seharusnya ada yaitu Betadine. Tujuan utama penggunaan Betadine ini adalah untuk melindungi luka yang terjadi akibat kecelakaan tersebut dari infeksi, karena seperti yang kita tahu bahwa jika luka pada anggota badan terinfeksi maka masalah yang muncul akan semakin rumit.

Maka oleh sebab itu, Betadine ini merupakan barang wajib yang harus ada di rumah kita masing-masing. Harganya pun tidak mahal-mahal amat karena tidak menyentuh angka Puluhan Ribu rupiah. Harga untuk 1 unit Betadine per bulan Maret 2020 berada dikisaran Rp 4.500 hingga 100.000 ( tergantung dari ukuran dan jenis dari Betadine itu sendiri, apakah dalam bentuk salep maupun dalam bentuk cairan ).

Kain Kasa

5 Benda Yang Wajib Ada Dalam Kotak P3K
Selanjutnya benda yang wajib ada didalam kotak P3K setelah Betadine di rumah adalah Kain Kasa dikarenakan benda yang satu ini juga mempunya peran yang penting untuk membantu para perawat untuk membalut luka. Selain itu kain kasa ini juga punya fungsi sebagai penampung anti septik cadangan seperti betadin yang digunakan setelah membalut luka.

Pada penderita luka biasa kain kasa bisa digunakan untuk menutup bagian luka agar tidak terkontaminasi dengan kotoran yang ada di bagian luar kulit, namun dalam beberapa kasus Kain Kasa ini juga digunakan untuk membalut luka penderita diabetes dengan kondisi kain kasa basah.

Walaupun bisa digunakan tanpa ada nya perban, tapi hal tersebut bukan pilihan yang baik karena balutan luka pada area badan akan terlihat tidak rapi dan mudah copot, maka dari itu jika luka sudah dibalut maka tidak ada salahnya untuk menggunakan perban sebagai perekat agar kain kasi yang di tempelkan pada bagian tubuh yang luka tersebut tidak mudah jatuh dan copot sendiri.

Harga dari kain kasa itu sendiri juga sangat bervariasi mulai dari Rp 8.799 hingga Rp 315.000.

Baca Juga

Tisu Alkohol

5 Benda Yang Wajib Ada Dalam Kotak P3K

Paket lengkap memang harus tersedia didalam sebuah kotak P3K, jika Betadine dan juga Kain Kasa sudah tersedia maka benda yang harus ada di dalam Kotak P3K di rumah masing-masing selanjutnya adalah Tisu Alkohol, sebenarnya benda ini merupakan benda yang paling utama digunakan sebelum menggunakan Betadine dan juga Kain kasa namun dalam perannya Betadine juga tidak kalah penting untuk disediakan dan menjadi objek paling utama dalam sebuah kotak P3K bahkan betadine ini sendiri bisa menjadi simbol untuk Kotak P3K.

Seperti yang kita tahu bahwa Alkohol merupakan cairan paling ampuh untuk membunuh mikroorganisme jahat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dirumah sakit sendiri alkohol digunakan untuk sterilisasi luka hingga membersihkan peralatan-peralatan medis setelah peralatan tersebut digunakan.
Tidak hanya untuk mensterilkan peralatan dan untuk membersihkan luka saja Tisu Alkohol ini juga bisa digunakan sebagai komponen utama untuk mengkompress anak-anak pada saat terjadi demam sewaktu-waktu. 

Untuk harganya sendiri Tisu Alkohol ini dimulai dari Angka Rp 1.350 hingga Rp 900.000.

Multivitamin

5 Benda Yang Wajib Ada Dalam Kotak P3K
Benda keempat yang semestinya ada di dalam kotak P3K dirumah adalah Multivitamin dikarenakan sebelum mulai terserang penyakit ada baiknya untuk mengonsumsi benda yang satu ini untuk mencegah penyakit yang menyerang tersebut lebih parah lagi.

Multivitamin itu sendiri merupakan suplemen yang mengandung sejumlah vitamin yang sangat dibutuhkan untuk mengobati atau bahkan membantu mencegah defisiensi vitamin. Selain itu multivitamin juga sangat berfuna untuk memelihara kesehatan tubuh dan juga meningkatkan sistem immune di dalam tubuh dan mampu mencegah berbagai penyakit serta meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Untuk harganya sendiri Multivitamin ini terdiri dari beberapa macam dan harganya dimulai dari angka Rp 2.000 hingga Rp 15.000.000 tergantung dari penjualannya baik itu dalam satuan unit atau bahkan dalam 1 paketan.

Obat Batuk Pilek

5 Benda Yang Wajib Ada Dalam Kotak P3K
Terakhir benda yang harus tersedia didalam kotak P3K di rumah anda masing-masing adalah Obat Batuk Pilek karena benda yang satu ini merupakan benda yang sangat penting dan sangat berharga sewaktu-waktu terjadi batuk maupun Pilek pada saat yang tidak terduga-duga.

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sangat menyebalkan bahkan batuk ini sendiri jika dibiarkan terjadi dalam jangka waktu yang lama akan berakibat fatal. Tidak hanya diri kita sendiri tapi batuk juga akan membuat orang-orang yang berada di samping kita menjadi terganggu, maka ada baiknya utuk menyediakan obatnya terlebih dahulu sebelum batuk tersebut datang, selain itu penyakit yang tidak kalah menyebalkan juga adalah Pilek dimana pilek ini akan sangat mengganggu karena orang yang terkena penyakit pilek tidak akan bisa bernfas dengan lega.

Maka dari itu ada baiknya untuk menyiapkan obat-obatannya terlebih dahulu sebelum kedua penyakit tersebut datang menghampiri anda. Untuk harganya sendiri Obat Batuk Pilek ini sendiri punya ragam dan jenis yang sangat banyak namun yang paling umum digunakan harganya dimulai dari Rp 3.000 hingga Rp 4.000.000.

Nah, itulah 5 Benda Yang Wajib Ada Dalam Kotak P3K di rumah anda masing-masing, karena pada dasarnya benda tersebut merupakan benda yang sangat penting dan bahkan menjadi penolong anda yang pertama pada saat terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »