5 Manfaat Jamur Merang Untuk Kesehatan Tubuh


Attailah Petir Jamur merupakan tumbuhan yang bisa tumbuh hampir di berbagai tempat di seluruh dunia dan jamur ini sendiri punya varian yang sangat banyak dan salah satu jamur yang paling banyak dibudidayakan adalah jamur merang, seperti yang kita tahu kalau jamur merang ini sangat mudah untuk di budidayakan karena untuk bahan-bahannya pun lumayan mudah untuk didapatkan apalagi jika anda tinggal di daerah-daerah yang terdapat banyak sawahnya yang pastinya akan semakin mudah untuk membudidayakan jamur merang ini.
5 Manfaat Jamur Merang Untuk Kesehatan Tubuh
Begitu pun untuk tempatnya sendiri yang tidak terlalu membutuhkan tempat yang terlalu luas karena tempatnya bisa dibuat membentuk tingkat menggunakan bambu, namun untuk bibit jamur ini sendiri ada baiknya untuk memilih bibit yang baik agar hasil yang didapatkan nantinya juga memuaskan. 

Biasanya jamur yang berpenyakit akan tampak beda dengan jamur yang sedang sehat karena kebanyakan jamur yang kurang sehat warnanya akan tampak kekuning-kuningan, sedangkan untuk jamur yang sehat akan berwarna putih.

Masa tumbuhnya juga tidak akan terlalu lama, dimana dari pertama penaburan jerami hingga bisa dipanen hana membutuhkan waktu sekitar 45 hingga 50 hari saja jika menggunakan bibit unggul namun ada juga beberapa petani jamur yang bisa memanen lebih awal dari yang seharusnya dan ada juga diantara mereka yang masa panennya lebih telat dari yang seharusnya.

Baca Juga

Segudang manfaat dari jamur merang ini bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh karena jamur merang ini mengandung sejumlah zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Protein, Karbohidrat, Lemak, Abu, Serat, Zat Besi, Fosfor, Vitamin B-1, Vitamin B-2, Vitamin C dan juga Mineral tambahan seperti Asam Folat, Kalium dan juga tembaga yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dibawah ini akan admin coba sebutkan manfaat dari jamur merang ini apa saja untuk kesehatan tubuh kita lebih tepatnya 5 Manfaat Jamur Merang Untuk Kesehatan Tubuh.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Saat ini salah satu penyakit yang paling mematikan dan banya di derita oleh masyarakat indonesia adalah Kanker seperti yang diinformasikan oleh Suara.com kalau hingga tahun 2020 ini kasus penderita kanker mencapai angka 4,8 Juta orang di seluruh indonesia dan itu merupakan sebuah angka yang sangat tinggi untuk jenis penyakit yang sangat mematikan ini, maka ada baiknya sebelum sel kanker tumbuh dan berkembang di dalam tubuh kita ada baiknya untuk kita cegah terlebih dahulu agar tidak semakin berkembang yang nantinya akan menjadi semakin parah.

Adapun peran dari jamur merang disini adalah untuk membantu menghindari pertumbuhan sel kanker baik itu Kanker Payudara maupun Kanker Prostat, Asam Linoleat yang terkandung dalam jamur merang membantu menurunkan efek dari hormon esterogen karena seperti yang kita tahu jika kandungan hormon esterogen terlalu tinggi maka akan semakin besar pula peluang untuk terkena penyakit kanker payudara pada wanita.

Sedangkan Beta-glukan akan mencoba untuk menghambat tumbuhnya sel kanker pada kanker prostat. Selain itu kandungan selenium pada jamur merang juga sangat efektif untuk menghambat sel kanker.

Mencegah Anemia

5 Manfaat Jamur Merang Untuk Kesehatan Tubuh

Penyakit Anemia atau kurang darah seakan menjadi sesuatu yang sudah sangat sering dialami oleh hampir semua orang, pada dasarnya anemia ini terjadi akbibat tubuh kekurangan sel darah merah dimana sel darah merah tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya organ tubuh yang seharusnya bisa bekerja dengan normal terhambat karena seperti yang kita tahu sel darah merah juga membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Jika oksigen tersebut tidak tersalurkan ke berbagai organ tubuh maka biasanya seseorang akan menjadi pucat dan sangat mudah mengalami kelelahan. Penyebabnya sendiri bisa berbagai macam mulai dari kekurangan zat besi, efek dari kehamilan, akbiat dari pendarahan dan masih sangat banyak lagi penyebab terjadinya anemia ini.

Dalam hal ini kita jamur merang punya peranan yang penting dalam mencukupkan zat besi karena seperti yang sudah pernah admin singgung diatas kalau Jamur merang ini juga punya kandungan zat besi yang mencukupi untuk kebutuhan harian tubuh, memang untuk sekarang ini sudah sangat banyak suplemen yang punya kandungan zat besi yang dijual di pasaran, namun apakah anda akan memilih zat besi yang diolah oleh manusia atau memilih zat besi yang disediakan oleh alam?

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

5 Manfaat Jamur Merang Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk poin yang satu ini sangat penting meningat kekebalan tubuh untuk saat ini sangat dibutuhkan ditengah serangan virus yang sangat mematikan yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem Immune atau sistem kekebalan tubuh itu sendiri merupakan sel-sel yang dalam jumlah banyak yang bertugas untuk melindungi dan menahan organisme yang tidak baik yang masuk ke dalam jaringan tubuh manusia.

Maka dari itu sistem immune ini sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, apalagi seperti yang terjadi akhir-akhir ini dimana sistem immune tubuh semakin diserang oleh virus yang hingga sekarang belum ditemukan obatnya, maka dari itu semestinya kita selalu meningkatkan kewaspadaan kita terhadap virus tersebut dengan pola hidup sehat dengan cara mencuci tangan serutin mungkin, beristirahat secukupnya dan juga mengonsumsi makanan yang sehat yang baik untuk kesehatan tubuh yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh agar lebih bisa terlindungi dari virus yang sangat mematikan tersebut.

Baca Juga

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi jamur merang ini dikarenakan kandungan Vitamin A, Vitamin B Kompleks yang terdapat dalam jamur merang ini sagat berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh. Tidak hanya itu kandungan Ergothioneine didalam jamur merang juga bisa menjadi antioksidan yang kuat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Baik Untuk Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

5 Manfaat Jamur Merang Untuk Kesehatan Tubuh

Selain dari penyakit kanker, diabetes juga menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh kebanyakan orang untuk zaman sekarang ini. Bagi yang belum tahu, diabetes ini merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan gejala-gejala seperti kadar gula yang terlalu tinggi didalam darah, walaupun glukosa itu sendiri merupakan sumber untuk energi bagi sel tubuh manusia.

Untuk gejala dari diabetes ini sendiri juga lumayan banyak mulai dari sering merasa haus, sering buang air kecil terutama pada saat malam hari, sering merasa sangat lapar, turunnya berat badan tanpa alasan yang jelas, lemas, pandangan sering kabur, kalau sempat luka sangat sulit untuk disembuhkan, dan masih sangat banyak lagi gejala-gejala lainnya yang terjadi pada bagian tubuh. Faktor penyebabnya sendiri bisa berbagai macam mulai dari riwayat penyakit keluarga atau yang lebih dikenal dengan istilah faktor keturunan hingga penderita akibat dari infeksi virus yang menyerang tubuh.

Salah satu cara mengatasi nya adalah dengan memperbanyak mengonsumsi jamur merang dikarenakan jamur merang insulin alami yang sangat baik untuk penderita diabetes, tidak hanya itu insulin juga sangat baik untuk fungsi hati, pankreas dan juga kelenjar endokrinal lainnya. Tidak hanya itu kandungan antibiotik alami yang terdapat pada jamur merang juga sangat baik untuk proses penyembuhan infeksi akibat luka dari diabetes ini.

Untuk Kesehatan Jantung

5 Manfaat Jamur Merang Untuk Kesehatan Tubuh

Terakhir yang admin sebutkan tentang manfaat dari Jamur merang ini adalah jamur merang sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki gejala serangan jantung karena kandungan mineral yang tinggi yang terdapat dalam jamur merang ini dimana diantaranya adalah kalium dan juga tembaga merupakan zat yang sangat berguna untuk antibakterial untuk menjaga organ dalam tubuh dari serangan bakteri.

Selain dari penyakit kanker yang paling sering menyerang manusia dan sangat berbahaya, serangan jantung juga tidak kalah bahayanya dengan penyakit-penyakit lainnya karena bisa membuat penderitanya bisa menemui ajal kapan saja dan dalam waktu singkat.

Untuk jenis-jenis dari penyakit jantung itu sendiri juga ada beberapa diantaranya ada penyakit jantung koroner, jenis penyakit jantung aritmia, jenis penyakit jantung bawaan, jenis penyakit jantung kardiomiopati, jenis penyakit jantung akibat Infeksi dan juga jenis penyakit katup jantung. Dari kesemua penyakit jantung tersebut sama-sama berbahaya dan jika bisa dihindari agar tidak terserang, salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan memelihara kesehatan jantung dan cara untuk memelihara kesehatan jantung tersebut bisa dengan berbagai cara dimana salah satunya adalah dengan mengonsumsi jamur merang sesering mungkin.

Nah, Itulah 5 Manfaat Jamur Merang Yang bisa Admin sebutkan pada postingan kali ini, semoga bermanfaat, tetap jaga kesehatan, jangan kemana-mana dulu dan tetap dirumah saja sebelum kondisi mulai membaik. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »