5 Tips Melindungi Data Pada Smartphone


Attailah Petir Data merupakan menjadi sesuatu yang penting untuk sekarang-sekarang ini dan data itu sendiri juga bisa berbagai macam dan jenis. Data itu sendiri juga harus dilindungi agar tidak diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang ujung-ujungnya akan membawa malapetaka ke orang yang memiliki data tersebut.
5 Tips Melindungi Data Pada Smartphone
Tidak hanya itu, akhir-akhir ini pencurian data baik melalui aplikasi maupun website semakin marak saja terjadi dan berdasarkan research yang admin lakukan beberapa waktu lalu admin mendapatkan informasi kalau ternyata salah satu jalan untuk pencurian data pada sebuah perangkat dengan menggunakan aplikasi yang diuntuh dan di install pada setiap perangkat, baik untuk perangkat Windows maupun untuk perangkat android.

Dari kejadian tersebut maka kita selaku pemilik data yang memiliki data yang bisa dikatakan rahasia tentunya harus kita lindungi dengan sebaik mungkin agar tidak mudah untuk dicuri dan jatuh ke tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari persoalan tersebut kali ini admin ingin berbagi 5 Tips Melindungi Data Pada Smartphone.

Baca Juga

Perhatikan Izin Aplikasi

5 Tips Melindungi Data Pada Smartphone

Pada saat hendak menginstall sebuah aplikasi baik pada smartphone android maupun IOS kita akan selalu dihadapkan pada kotak dialog izin mengelola aplikasi dan hal ini tentu menjadi sebuah kewajiban untuk diperhatikan karena setiap mendownload dan menginstall aplikasi pada smartphone android pastinya aplikasi tersebut akan meminta Izin untuk mengolola Foto, Video Bahkan hingga kontak yang ada di smartphone yang kita miliki.

Yang lebih anehnya lagi jika seandainya kita menginstall aplikasi seperti kalkulator sederhana yang mana pada saat proses penginstalan aplikasi tersebut pasti akan meminta izin untuk mengakses Foto, Kamera hingga kontak di smartphone kita, tentu saja sesuatu yang tidak masuk akal sedang terjadi.

Unduh Aplikasi Hanya di Playstore Atau App Store


Tips kedua yang bisa dilakukan untuk mengunduh aplikasi agar bisa digunakan dengan aman di smartphone adalah dengan mengunduhnya dari aplikasi resmi layaknya Google Play Store untuk pengguna Android dan juga bisa menggunakan App Store untuk pengguna IOS, hal ini bertujuan untuk menghindari pencurian data melalui aplikasi karena seperti yang kita tahu untuk menjadi kontributor aplikasi android maupun Iphone persyaratannya tidak akan semudah yang dibayangkan.

Aplikasi yang akan di masukkan ke Playstore atau App Store tersebut tentunya harus melewati berbagai macam percobaan baik dari segi keamanan untuk pengguna smartphone hingga jaminan keamanan data pengguna andorid dan juga App Store. Maka dari itu ada baiknya untuk mengunduh aplikasi smartphone kita hanya dari situs tersebut agar lebih aman dan lebih terjamin walaupun untuk aplikasi-aplikasi android untuk sekarang ini juga sudah tersedia di beberapa situs maupun Blog.

Jangan Mengabaikan Pembaruan Perangkat Lunak

5 Tips Melindungi Data Pada Smartphone

Sering dari kita mengabaikan pemberitahuan yang satu ini pada smartphone kita masing-masing, bahkan yang lebih parahnya lagi ada diantara kita yang sampai menghapus notifikasi pembaruan aplikasi karena dianggap menggangu. 

Padahal jika dilihat dari manfaat pembaruan perangkat lunak pada sebuah perangkat sangatlah besar karena selain berguna untuk memperbaiki bug pada aplikasi-aplikasi tertentu, pembaruan perangkat lunak ini juga berguna untuk memperbaiki sistem keamanan smartphone kita.

Baca Juga

Maka dari itu perbaharui smartphone sesering mungkin seiring seiring dengan pemberitahuan dari service masing-masing smartphone karena untuk proses pembaharuan sistem juga tidak ribet, anda hanya perlu mengikuti arahan-arahan dari aplikasi tesebut untuk memperbaharui smartphone yang kita miliki dan selebihnya hanya perlu menunggu sementara waktu hingga proses pembaharuannya selesai.

Jangan Lupa Gunakan VPN Ketika Menggunakan Wifi Publik

5 Tips Melindungi Data Pada Smartphone

Tips keempat yang bisa dilakukan untuk melindungi data di smartphone kita masing-masing adalah dengan memanfaatkan aplikasi VPN pada saat kita menggunakan Wi-Fi Publik. VPN itu sendiri merupakan singkatan dari Virtual Private Network, dimana VPN ini sendiri untuk sekarang ini sudah dikemas secara rapi kedalam aplikasi android agar mudah untuk digunakan.

Tujuan dari penggunaan VPN ini sendiri adalah untuk menyembunyikan identitas dari pengguna baik itu smartphone maupun pengguna tablet dari kejahatan para pengguna teknologi untuk saat ini. Karena seperti yang kita tahu kalau untuk sekarang ini sudah sangat banyak orang yang mampu untuk membobol bahkan mencuri data orang lain yang terhubung pada jaringan yang sama, maka dari itu ada baiknya untuk melindungi data yang kita miliki dengan memanfaatkan VPN.

Gunakan Password Manager

5 Tips Melindungi Data Pada Smartphone

Terakhir yang bisa dilakukan untuk melindungi data si smartphone kita dari para pencuri data dalah dengan menggunakan password atau kata sandi, tujuan dari penggunana password atau kata sandi ini adalah untuk mempersulit para hacker membobol smartphone kita karena untuk membuka sebuah dokumen diperlukan kunci dan setiap kunci untuk sebuah dokumen atau data tentu hanya dimiliki oleh pemiliknya.

Maka dengan kata lain yang hanya bisa mengakses data tersebut hanyalah pemiliknya sendiri karena hanya dia yang memiliki kunci untuk mengakses data tersebut walaupun untuk sekarang ini para hacker bisa dengan mudah membobol password sebagai pelindung data orang lain dengan mudah tapi hal tersebut tidak akan mampu dilakukan oleh sembarangan orang bahkan mungkin hanya mampu dilakukan oleh orang-orang tertentu.

Nah, Itulah 5 Tips Melindungi Data Pada Smartphone yang bisa anda coba masing-masing, Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »