Cara Mewawat Komputer Atau Laptop


Attailah Petir Di zaman sekarang ini komputer sudah menjadi bagian dari setiap sudut kehidupan manusia karena hampir semua pekerjaan untuk sekarang ini sudah menggunakan komputer. Komputer ini sendiri juga memiliki varian yang sangat banyak mulai dari PC atau Personal  Computer, Desknote, Laptop, Notebook, Netbook, Subnotebook, Palmtop, PC Tablet, Rugged Laptop, PC All In One, Komputer Mainframe, Komputer Server, Super Komputer, hingga Wirable Computer.
https://www.attailahpetir.com/

Untuk keterangan dari masing-masing komputer tersebut nanti akan coba admin bahas pada postingan yang berbeda. Secara teori komputer ini merupakan perangkat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang sudah dirumuskan, awalnya komputer ini merupakan peralatan yang digunakan untuk perhitungan layaknya sebuah kalkulator namun seiring perkembangan zaman fungsi dari komputer ini sudah jauh lebih luas yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang akan sangat membantu manusia.

Baca Juga

Apa Saja Perangkat-perangkat Yang Dibutuhkan Pada Sebuah Perangkat Komputer?
Komputer juga punya sejumlah komponen agar bisa beroperasi seperti kebanayakan komputer pada umumnya dimana perangkat-perangkat tersebut terdiri dari Monitor, Mouse, Keyboard, CPU ( Central Prosessing Unit ) Power Supply, Speaker dan juga printer jika memang dibutuhkan. Setiap perangkat dari komputer ini sendiri juga masih memiliki komponen-komponen lainnya lagi yang disatukan dalam kesatuan seperti CPU yang masih punya Komponen berupa HDD, Motherboard, RAM ( Random Access Memory ), CD Drive, VGA IO, Soundcard, prosessor dan masih banyak lagi komponen-komponen lainnya.

Setiap komponen yang ada pada setiap komputer punya fungsinya tersendiri masing-masing dan setiap komponen tersebut semakin lama semakin dikembangkan oleh masing-masing pabrikan ke arah yang lebih baik sehingga bisa didapatkan spesifikasi yang lebih tinggi dengan bentuk yang lebih ringkas.

Manfaat Apa Saja Yang Bisa Didapatkan Dari Komputer?
Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau komputer ini punya sejumlah manfaat yang akan sangat membantu manusia apa lagi untuk sekarang ini sangat banyak peralatan elektronik yang bisa di kontrol dengan menggunakan komputer dan dalam hal manfaat komputer ini puya sejumlah peran dalam membantu manusia untuk mempercepat pengerjaan suatu pekerjaan.

Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah untuk mempermudah pekerjaan, untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan, sebagai sarana penunjang dalam dunia pendidikan, sebagai media komunikasi digital, berguna juga sebagai media hiburan saat merasa bosan, bisa dijadikan sebagai lahan untuk memulai sebuah usaha dan juga bisa menjadi peralatan pengontrol pada setiap mesin yang memiliki kontrol yang banyak .

Baca Juga

Bagaimana Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet?
Sebenarnya ada banyak cara untuk merawat komputer agar tetap bisa awet dan mampu beroperasi untuk jangka waktu yang panjang dan dikarenakan komputer ini merupakan peralatan elektronik maka tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat perangkat elektronik tersebut.

Aktifkan Antivirus
Pada dasarnya OS windows sudah menyediakan anti virus bawaan yang berguna untuk memproteksi komputer tersebut dari serangan virus jahat yang ujung-ujungnya akan merusak file bahkan komputer atau data yang anda miliki didalam komputer, maka dari itu ada baiknya untuk mengaktifkan anti virus agar komputer tetap bisa lebih terjaga dari serangan virus tersebut.

Anda bisa menginstall anti virus tambahan sepert AVG, Avira, Avast dan lain sebagainya untuk memperkuat proteksi dan dalam hal ini admin menyarankan untuk menggunakan Anti Virus Original atau Anti Virus Asli yang benar-benar bisa memproteksi perangkat anda, dan jika anda tidak memiliki cukup biaya untuk membeli Anti Virus yang original maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan anti virus bawaan dari windows yakni Windows Defender.

Gunakan Komputer Seperlunya
Seperti yang kita bisa maklumi bersama bahwa komputer ini merupakan perangkat elektronik yang punya masa kerja atau masa dimana komputer bisa bekerja dengan sangat-sangat maksimal sebelum akhirnya harus berhenti beroperasi karena berbagai macam alasan tersendiri seperti tidak maksimalnya lagi kinerja HDD, Keyboard yang sudah mulai sering Macet, Mouse yang sudah mulai berkendala dan berbagai macam alasan lain yang menyebabkan komputer ini tidak bisa digunakan secara maksimal.

Maka dari itu sebelum hal tersebut terjadi ada baikya untuk menggunakan komputer sebaik mungkin yakni dengan menggunakannya pada saat yang dibutuhkan saja seperti pada saat ingin membuat surat, ingin menulis buku, ingin mengedit foto atau aktivitas yang lain yang lebih berguna.

Jika untuk social media ada baiknya untuk dilakukan di smartphone saja dan untuk nonton sebaiknya bisa gunakan TV saja karena layarnya lebih luas, kualitas gambarnya bagus suara yang dihasilkan TV juga lebih baik bila dibandingkan dengan suara yang dihasilkan oleh komputer atau laptop. Apalagi untuk anda yang senang dengan Game maka tidak ada salahnya untuk menyiapkan satu buah Console untuk digunakan pada saat ingin bermain game, bisa saja PS ( Play Station ) maupun Xbox dari microsoft.

Copot Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan.
Selain dari 2 hal yang sudah admin sebutkan diatas, anda juga bisa mencopot program atau aplikasi yang tidak dibutuhkan dikomputer atau laptop anda masing-masing karena dengan mencopot aplikasi atau program di komputer maka otomatis komputer bisa bekerja dengan lebih optimal pada program yang penting-penting saja yang telah anda install pada perangkat komputer atau laptop anda masing-masing.

Karena pada dasarnya program atau aplikasi yang terinstall pada komputer atau laptop anda masing-masing akan tetap berjalan pada background windows walaupun tidak sedang dalam keadaan digunakan, maka untuk menghentinkan dengan cara yang paling mudahya adalah mencoptop aplikasi atau program yang tidak digunakan tersebut agar komputer atau laptop bisa bekerja dengan lebih optimal.

Jangan Sleep Laptop Saat Akan Dibawa Pergi
Ketika sedang menggunakan laptop untuk kerja seperti sedang melakukan tugas pengetikan sering kali kita langsung saja memanfaatkan fitur Sleep pada sebuah laptop karena selain prosesnya tidak lama pekerjaan yang sedang dikerjakan tersebut juga bisa dilanjutkan kembali pada saat laptop dihidupkan kembali dan hal ini hanya terjadi pada sebuah laptop atau notebook karena untuk komputer hal ini tidak akan mungkin dilakukan karena ukuran dari sebuah komputer yang sangat besar.

Sleep pada dasarnya boleh-boleh saja dilakukan jika anda akan meningkalkan komputer anda dalam waktu yang tidak terlalu lama dan ingin melanjutkan kembali pekerjaan tersebut dengan cepat pada saat anda ingin mengaksesnya.
Tapi pada sebuah laptop Sleep untuk membawa pergi laptop sangatlah berbahaya karena pada dasarnya komputer anda masih dalam keadaan On atau dalam keadaan menyala maka jika anda melakukan Sleep laptop lalu laptop tersebut anda tutup lalu dimasukkan ke dalam tas dan dibawa pergi maka besar kemungkinan suatu saat nanti yang akan bermasalah adalah HDDnya jika anda masih menggunakan HDD, bisa saja RAM dan yang paling fatal adalah terkena prosessornya dimana prosessor adalah komponen yang paling mahal pada sebuah perangkat Laptop.

Nah, dari semua yang sudah admin sebutkan diatas kira-kira yang mana yang palig sering anda sepelekan? Maka mulai sekarang ada baik nya untuk menjaga komputer atau laptop yang kita miliki agar barang tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan bisa bermanfat bagi kita semua. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »