Mengganti HDD & Upgrade RAM Laptop


Attailah Petir - Jika bebeberapa waktu yang lalu admin pernah membuat postingan tentang perbedaan HDD dengan SSD maka kali ini admin akan memberikan bocoran pengalaman admin membeli 1 Unit SSD + HDD Caddy + RAM V-GEN Platinum DDR3L sebesar 8GB dengan harga yang tidak sampai Rp 2 Juta, perlu diketahui bahwa komponen yang paling mahal yang admin beli disini adalah SSD nya dimana SSD terserbut berasal dari brand samsung yang punya kapasitas 500 GB.
Mengganti HDD & Upgrade RAM Laptop
Sedangkan untuk komponen yang paling murahnya adalah HDD Caddy dengan ketebalan 9.5mm yang admin pilih agar bisa digunakan untuk laptop karena dalam hal ini admin ingin menggan ti HDD laptop admin dengan SSD dengan tujuan agar performa yang dihasilkan oleh laptop admin ini lebih maksimal, karena seperti yang sudah pernah admin singgung pada postingan sebelumnya kalau performa dari SSD ini bisa dikatakan punya performa hingga 10 kali lebih cepat bial dibandingkan dengan performa dari HDD biasa.

Baca Juga

Tapi yang menjadi masalahnya adalah harga nya yang 2 kali lebih mahal dari SSD biasa. Tujuan admin membeli HDD Caddy adalah untuk memasang HDD yang admin punya yang sebelumnya admin pakai untuk menginstall windows didalamnya, namun dikarenakan windows tersebut akan admin install pada perangkat SSD maka HDD akan admin format kembali menjadi 1 partisi saja lalu akan coba admin gunakan kembali untuk kebutuhan penyimpanan file saja agar HDD tersebut terbuang percuma tanpa digunakan.

Seberapa Kencang Performa Yang Dihasilkan Laptop Setelah Mengupgrade Kedua Komponen Utama Untuk Laptop Admin Tersebut?


Performa pada sebuah komputer atau laptop sangatlah penting dikarenakan laptop atau komputer merupakan pusat aktivitas bagi admin untuk saat ini, mulai untuk menngedit Video, Record Video Game yang bisa ditonton di channel Attailah Game di youtube, kemudian admin menggunakan laptop admin untuk membuat postingan pada situs www.attailahpetir.com, tidak hanya itu admin juga memanfaatkan laptop admin untuk belajar membuat vector yang hasilnya menurut admin masuk ke kategori memuaskan.

Hasilnya akan coba admin buatkan Task sendiri nantinya kalau sudah jadi beberapa Vector dan mungkin vector tersebut akan lebih ke bidang otomotif karena admin lebih senang untuk menggambar sesuatu yang berbau otomotif walaupun kalau untuk postingan admin lebih memilih untuk membuat postingan yang campur aduk.

Kembali ke performa yang dihasilkan oleh laptop admin sebelum dengan sesudah Upgrade Ram dan juga SSD sangat-sangat jauh berbeda karena sebelum mengupgrade komponen tersebut admin hanya menggunakan Adobe Master Collection CS6 tapi sudah sangat terasa Lag baik pada saat proses buka tutup aplikasi maupun saat aplikasi tersebut sedang dijalankan, namun hal tersebut sangat-sangat berbeda setelah komponen tersebut admin Upgrade.

Performanya seakan loncat ke kelas yang sangat jauh, bahkan admin bisa katakan performanya menjadi 30 hingga 40 kali lebih kencang karena untuk Adobe yang sekarang admin gunakan sudah bukan lagi CS6 tapi sudah CC 2020, tapi waktu yang dibutuhkan untuk proses buka tutup aplikasinya hanya dibawah 10 detikan saja dan hal tersebut tentu saja sangat bereda dengan sebelum mengupgrade komponen tersebut dimana untuk membuka aplikasi Adobe Premier Pro CS6 saja admin membutuhkan waktu 2 hingga 2.5 menit yang terkadang hingga Force Close tersendiri.

Baca Juga

Koponen Apa Saja Yang Admin Upgrade?


Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas kalau disini admin mengupgrade 2 komponen utama yakni SSD untuk menginstall Windows dan juga RAM yang admin tambahkan lebih besar lagi yakni dengan kapasitas 8 GB V-Gen Platinum, walaupun tidak admin gunakan untuk Over Clocking tapi tetap saja admin lebih memilih RAM tersebut untuk laptop admin. Perbedaannya antara RAM V-Gen biasa dengan V-Gen Platinum adalah V-Gen biasa digunakan untuk laptop yang paling umum digunakan, tapi kalau untuk V-Gen Platinum ini digunakan untuk laptop atu PC yang akan di Over Clocking.

Selain itu admin juga menggunakan HDD Caddy untuk bisa admin gunakan kembali HDD agar tidak terpakai jadi dalam hal ini admin mengganti CD/DVD Drive dengan HDD Caddy karena memang pada dasarnya CD/DVD Drive tersebut sudah lama rusak dan belum sempat admin ganti.

Sebenarnya masih ada komponen yang bisa diganti tapi kurang Worth’it untuk motherboard laptop admin karena memang setiap motherboard punya spek nya masing-masing dan maksimal atau batasan upgradenya. Jadi dengan kata lain tidak bisa mengupgrade komponen komputer atau laptop sesukanya saja dan kalau dilihat dari spesifikasi maksimalnya motherboard intel yang admin gunakan maksimal RAM yang mampu ditampung motherboard tersebut adalah 16GB sedangkan hanya tersedia 1 slot Upgradenya.

RAM bawaan yang tertanam permanen pada Motherboard tersebut adalah 4GB.

Harga Per Itemnya Berapa dan untuk setiap Komoponen nya Berapa?

Keseluruhan biaya yang admin keluarkan untuk ketiga komponen tersebut adalah senilai Rp 1.847.134 dimana untuk masing-masing komponen yang admin beli adalah:

1 unit Samsung SSD 860 EVO 500 GB SATA III 2.5” adalah senilai Rp 1.229.000.

1 Unit V-GeN Platinum DDR3L 8GB PC 10600/12800 SODIMM-Low Voltage Rp 505.000.

1 Unit HDD Caddy / 2nd Hard Disk Slot Laptop 9.5mm Sata to Sata Rp 32.000.

Total Ongkir ketiga Item tersebut adalah senilai Rp 79.000 via Sicepat.

Biaya Asuransi Barang Rp 7.400

Biaya Proteksi 3 Item tersebut adalah senilai Rp 34.734.

Total Rp 1.887.134

Discount / Potongan Ongkir Rp 40.000

Jadi Rp 1.887.134 – 40.000 = Rp 1.847.134

Untuk biaya pemasangan nya admin tidak menghitung karena memang admin berinisiatif untuk membongkar sendiri dengan tujuan untuk menghimat biaya dan juga untuk belajar mengenal komponen-komponen yang ada di dalam sebuah laptop.

Seperti itulah sedikit banyaknya informasi yang bisa admin share pada postingan kali ini, untuk video Unboxing Paketnya bisa dilihat  pada Video di Bawah postingan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda selaku pembaca yang mungkin ingin Upgrade PC atau laptop yang anda miliki. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »