Spesifikasi & Harga Google Pixel 4


Attailah Petir Persaingan dipasar smartphone semakin lama semakin ramai saja dan tidak terkecuali dengan google. Pada dasarnya google dikenal sebagai sebuah mesin pencari di internet namun tidak banyak yang tahu kalau google juga memproduksi smartphone yakni Google Pixel, tapi walaupun namanya tidak sepopuler smartphone lain seperti samsung, apple, xiaomi, realme, oppo dan smartphone-smartphone lainnya yang beredar dipasaran saat ini, tapi ternyata google juga membuat smartphone dengan kelas yang tidak tanggung-tanggung atau lebih tepatnya kelas Google Pixel berada dikelas smartphone Flagship.
Spesifikasi & Harga Google Pixel 4
Sumber: Youtube/MarquesBrownlee
Walaupun smartphone ini launching pada akhir tahun 2019 lalu tapi admin merasa masih menarik saja untuk membahas smartphone yang satu ini, pasalnya selain kameranya yang sangat-sangat menggoda, jeroan yang diusung smartphone ini juga mampu untuk menarik perhatian kebanyakan penggemarnya dan peningkatannya lumayan jauh bila dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Tidak hanya itu desainnya juga mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya berkat penggunaan 2 buah lensa kamera yang tersusun rapi dalam 1 buah modul yang mirip dengan modul kamera musuh bebuyutannya yakni Apple.

Baca Juga

Untuk lebih jelasnya mari kita ulas dibawah ini.

Dimensi & Desain
Seperti yang sudah  pernah admin singgung diatas kalau desain dari Google Pixel 4 ini jika dilihat sekilas lebih mirip Iphone 11 Pro jika dilirik pada bagian modul kameranya, tapi begitu dilihat jumlah lensanya barulah ketahuan kalau smartphone ini bukanlah Iphone 11 Pro dikarenakan lensa kamera dari Iphone 11 Pro ada 3 sedangkan Google Pixel 4 ini hanya ada 2 sedangkan dibagian atas dan bawah modul lensa nya ditempatkan sensor kamera dan juga LED flash untuk kebutuhan pencahayaan pada saat kondisi sedang kurang cahaya.

Beralih ke bagian belakang bawah dari Google Pixel 4 kita akan menemukan Huruf G yang berarti Google dalam artian disini dikarenakan huruf G tersebut juga punya ukuran yang lumayan mencolok sehingga sangat mudah untuk dikenali. Sedangkan untuk bagian depannya google seakan tidak ingin smartphone buatannya ini terlihat sama dengan kebanyakan smartphone lain pada umumnya, maka dari itu bagian depan dari Google Pixel 4 ini terlihat bersih tanpa ada notch sama sekali.

Untuk kamera depannya sendiri google menempatkannya pada bagian sudut kiri atas yang hanya 1 buah lensa kamera dengan 1 buah sensor untuk kamera depannya maka tidak heran kalau hasil jepretan menggunakan kamera dari Google Pixel 4 ini lumayan mantap. Layaknya kebanyakan smarpthone lain yang sudah memiliki umur yang lumayan lama lubang earphone juga ada di bagian atas, jadi bagian atas layar dari Google Pixel 4 ini terlihat lumayan tebal untuk smartphone keluaran akhir 2019.

Dibagian sebelah kiri smartphone terdapat SIM Tray yang mampu menampung 1 Nano-SIM saja, dibagian atasnya terdapat lubang Microphone, disebelah kanan terdapat Tombol power dan juga sedikit ke bagian bawahnya terdapat Tombol Volume Up & Down. Sedangkan untuk bagian bawahnya kita akan menemukan lubang speaker, lubang microphone dan juga port USB Type-C untuk kebutuhan transfer data dan juga charging smartphone.

Smartphone ini terlihat kece dengan warna-warna yang telah disediakan oleh google yang lebih terlihat menyasar para milenial dan dengan berbahankan kaca yang dilengkapi dengan pelindung Gorilla Glass 5 baik untuk bagian depan maupun bagian belakang smartphone tentu menjadikan smartphone ini semakin mewah apalagi frame nya juga sudah alumunium yang menambah kesan premium Google Pixel 4 ini.

Untuk dimensinya sendiri  Google Pixel 4 ini punya dimensi panjang 147.1 mm dengan lebar 68.8 mm dan tebalnya yang hanya 8.2 mm membuatnya enak untuk dilihat dan smartphone ini juga mudah untuk dibawa kemana pun karena bobotnya yang hanya 162 gram saja.

Layar
Untuk urusan layar google memberikan layar dengan teknologi yang bisa dikatakan lumayan kekinian yang mereka sebut dengan teknologi P-OLED. Layar ini sendiri berukuran 5.7 Inch yang dirasa sudah mencukupi untuk kebutuhan harian dari masing-masing pengguna untuk saat ini dan layar dari smartphone yang satu ini juga sudah terproteksi dengan baik berkat penggunaan lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang mana lapisan tersebut mampu untuk melindungi layar smartphone dari debu dan percikan air.

Resolusi dari layar Google Pixel 4 adalah 2280 X 1080 pixel dengan kepadatan layar yang lumayan oke yakni 444 ppi, dan seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau rasio layar berbanding bodynya tidak sebaik smartphone-smartphone lain pada umumnya karena google tidak ingin perangkat terbaru mereka ini ada notch, maka dari itu google membiarkan bagian atas layarnya tidak terdapat notch walaupun harus menerima bagian atas layar yang lumayan tebal.

Rasio layar nya dibandingkan dengan body mencapai 79,8% yang mana itu artinya lumayan bahkan bisa dibilang sangat-sangat tebal untuk smartphone keluaran tahun 2019 dengan harga diatas Rp 10 Juta. Namun diluar dari masalah tersebut layar dari Google Pixel 4 ini sama sekali tidak ada masalah dan bisa admin katakan masuk kedalam salah satu layar smartphone terbaik untuk saat ini.

Performa
Untuk urusan performa Google membekali Google Pixel 4 ini dengan chipset dari Qualcomm yakni Qualcomm Snapdragon 855 dengan fabrikasi 7 Nm yang ditemani RAM dengan ukuran 6GB yang memberikan performa yang mantap baik untuk gaming maupun multitasking menggunakan smartphone ini. Game baik game ringan hingga game berat mampu dijalankan dengan mulus di smartphone ini walaupun tentu tidak akan semulus menggunakan smarpthone gaming seperti Asus ROG Phone maupun Xiaomi Black Shark.

Hanya tersedia 1 pilihan RAM untuk smartphone yang satu ini namun menurut admin sudah sangat mencukupi untuk berbagai kebutuhan harian pengguna untuk saat ini apalagi sistem operasi yang digunakan sudah tentu menggunakan OS android terbaru yakni Android 10 dan selalu mendapatkan update paling baru dari Google sendiri selaku pengembang OS nya.

Berbicara tentang gaming di smartphone maka tidak akan lengkap jika tidak membahas GPU yang digunakan untuk smarpthone ini dan dalam hal ini GPU yang digunakan disini adalah GPU Adreno 640 yang mampu memberikan kualitas grafis yang baik tapi tetap hemat daya.

Baca Juga

Kamera
Beralih ke bagian kamera barulah terasa kalau smarpthone ini punya kamera yang unggul dan sangat-sangat berbeda dari kebanyakan smarpthone pada umumnya karena google hanya menggunakan 2 lensa kamera dimana masing-masing lensa punya resolusi 12.2 MP f/1.7 sebagai lensa wide lengkap dengan fitur Dual Pixel PDAF dan juga OIS untuk kebutuhan kestabilan pada saat perekaman video, selanjutnya lensa keduanya adalah lensa telephoto dengan resolusi 16 MP f/2.4 lengkap dengan fitur PDAF, OIS dan juga 2X Optical Zoom.

Seperti biasa untuk fitur kamera utamanya ini sendiri ada Dual LED Flash untuk kebutuhan pencahayaan yang baik pada saat pengambilan gambar dalam keadaan kurang cahaya, Auto HDR dan juga Panorama. Sedangkan untuk perekaman video dengan menggunakan kamera utamanya Google Pixel 4 ini mampu merekam video dengan resolusi 2160 pixel pada frame rate 30 fps, 1080 pixel pada frame rate 30, 60 bahkan hingga 120 fps dan yang terakhir adalah pada resolusi 1080 pixel pada frame rate 30 fps tapi bisa menggunakan fitur gyro-EIS yang membuat perekaman video menjadi lebih stabil.

Sedangkan untuk kamera depannya Google hanya membekali Google Pixel 4 dengan 1 buah lensa kamera saja dengan resolusi 8 MP f/2.0 sebagai lensa widenya dan tidak terdapat fitur AF perlu dicatat dan mungkin akan terasa tidak menarik dikarenakan untuk smartphone tahun 2019 saja kebanyakan sudah menggunakan fitur AF baik untuk kamera depan maupun kamera belakangnya, tapi entah kenapa kali ini Google lumayan pelit.

Namun syukurnya untuk perekaman video dengan menggunakan kamera depannya ini sudah bisa pada resolusi 1080 pixel pada frame rate 30 fps.

Lain-lain
Kelengkapan fitur lainnya seperti fitur NFC juga sudah tersedia pada perangkat yang satu ini dan dikarenakan saingan dari Google Pixel 4 ini merupakan flagship maka tidak heran jika bluetooth dari smartphone ini sudah mendukung aptX HD yang mampu membuat letensi pada perangkat earphone yang sudah punya fitur yang sama lebih terasa minim bahkan hampir-hampir tidak terasa letensinya.

Kelemahan yang paling terasa dari smartphone yang satu ini bila dibandingkan dengan kebanyakan smartphone lain dizaman sekarang ini ada pada baterai yang diberikan dimana Google hanya membekali perangkat Google Pixel 4 meraka ini dengan baterai berkapasitas 2800 mAh saja dimana baterai dengan kapasitas tersebut terasa sangat kurang untuk kebutuhan penggunaan harian untuk sekarang ini walaupun fabrikasi prosessornya sudah yang paling hemat daya.

Selanjutnya kelengkapan sensor juga standar saja karena hanya tersedia Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass dan juga barometer.

Harga
Pada dasarnya Google Pixel 4 ini tersedia dalam 2 varian internal storage yakni 64 GB dan juga 128 GB sedangkan untuk RAM nya sama-sama berkapasitas 6 GB, untuk yang varian internal 64GB dijual seharga Rp 10.350.000 sedangkan untuk yang varian internal 128 GB dijual seharga Rp 14.000.000.

Kesimpulan
Kalau dipikir-pikir Google pixel 4 ini punya peningkatan dari beberapa segi dan juga fitur tapi juga mengalami penurunan dari beberapa segi dan juga fitur. Bagi anda yang mementingkan kualitas hasil jepretan foto yang baik maka smartphone ini masih layak untuk dipertimbangkan, sedangkan jika anda ingin hasil perekaman video yang lebih oke dan juga bagian depan smartphone yang terlihat lebih kekinian maka masih sangat banyak smartphone lain yang masih layak untuk anda pilih.

Baca Juga

Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
Bobot
Bahan Body Belakang
Bahan Body Depan
Bahan Pinggiran Smartphone
Pelindung Body Depan & Belakang
Fitur Lainnya


147,1 mm
68,8 mm
8,2 mm
162 gram
Kaca
Kaca
Alumunium
Kaca Corning Gorilla Glass 5
Sudah Sertifikasi IP68 ( Tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit )
Layar

Ukuran Layar
Resolusi Layar
Rasio Layar Berbanding Body
Kepadatan Layar
Teknologi Layar
Rasio Layar
Pelindung Layar
Fitur Layar


5,7 Inch
2280 X 1080 Pixel
79,8% dari keseluruhan body smartphone
444 ppi
P-OLED
19:9
Corning Gorilla Glass 5
DCI-P3 100%
HDR
Always On Display
Refresh Rate 90 Hz
Performa

Prosessor
GPU
RAM


Qualcomm Snapdragon 855 dengan fabrikasi 7 Nm
Adreno 640
6GB
Penyimpanan

Internal

Eksternal


64 GB UFS 2.1
128 GB UFS 2.1
Tidak Tersedia
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur

Lensa Kedua
Fitur



Fitur Kamera Utama



Perekaman Video



Kamera Depan
Fitur
Perekaman Video


Dual Camera
12,2 MP f/1.7 sebagai lensa wide
Dual Pixel PDAF
OIS
16 MP f/2.4 sebagai lensa telephoto
PDAF
OIS
2X Optical Zoom

Dual-LED Flash
Auto HDR
Panorama

2160 pixel pada frame rate 30 fps
1080 pixel pada frame rate 30/60 hingga 120 fps
1080 pixel pada frame rate 30 fps dengan gyro-EIS

8 MP f/2.0 sebagai lensa wide
TOF 3D
Auto-HDR
1080 pixel pada frame rate 30 fps
Konektivitas

WLAN




Bluetooth





NFC

Kabel


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE
aptX HD

Tersedia

Tersedia
USB Type-C
Versi 3,1
Reversibel Konektor versi 1.0
Kelengkapan Sensor
Face ID
Accelerometer
Gyro
Proxmity
Compass
Barometer


GPS
Tersedia
A-GPS
GLONASS
BDS
GALILEO
Radio
Tidak Tersedia
Sistem Operasi
Android 10.0
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Kecepatan Pengisian Daya
USB Power


2800 mAh
Fast Charging 18 watt
Tersedia
USB Power Deliveri 2.0
QI Wireless Charging
Ketersediaan Warna
Clearly White
Just Black
Oh so Orange
Harga

Versi RAM 6 GB Internal 64 GB
Versi RAM 6 GB Internal 128 GB


Rp 10.350.000
Rp 14.000.000

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Z Flip
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy A71

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »