Spesifikasi & Harga Realme C3


Attailah Petir Realme memang tidak akan pernah bosan untuk merilis smartphone baru walaupun untuk sekarang ini keadaan sedang panas-panasnya dengan Virus Corona, dan belum lama ini Realme memperkenalkan Realme C3 setelah beberapa bulan lalu Realme melaunching salah satu smartphone andalan mereka yakni Realme 5i yang juga menarik perhatian dari banyak kalangan pasalnya smartphone tersebut menawarkan spesifikasi yang bias dipakai untuk harian tapi dengan harga yang lumayan terjangkau untuk kebanyakan kantong masyarakat Indonesia.
Source: Instagram/teknologue
Realme melepaskan smartphone ini kepasaran Indonesia pada awal-awal tahun kemaren atau lebih tepatnya pada tanggal 5 Februari 2020 lalu yang mana kalua dilihat lebih detail lagi Realme memperkenalkan smartphone terbaru mereka yang satu ini dalam waktu yang berdekatan dengan peluncuran kakak nya yakni Realme 5i yang di luncurkan ke pasaran pada bulan Desember 2019 lalu dan mulai masuk ke pasar Indonesia pada awal januari 2020.

Jika dibandingkan dengan Realmi 5i, Realme C3 ini punya varian yang lebih banyak dan juga tampil lebih segar dibandingkan kakaknya karena memang umurnya lebih muda dibandingkan dengan Realmi 5i. Dengan menggunakan prosessor Mediatek Helio G70 tentu membuat Realme C3 ini berbeda dengan kakak nya yaitu Realme 5i yang mengandalkan prosessor buatan Qualcomm yakni Qualcomm Snapdragon 655 dengan fabrikasi yang lebih kecil dari Mediatek Helio G70 yakni hanya 11nm sedangkan prosessor Mediatek Helio G70 ini punya fabrikasi 12nm.

Baca Juga

Desain & Dimensi
Layaknya kebanyakan smartphone yang beredar di pasaran saat ini Realmi 5i tampil dengan desain yang simple dan tidak terlalu pernak-pernik yang bias ditemukan pada smartphone yang satu ini terutama untuk bagian depan. Bentuk depannya terlihat simple dengan bezel kiri kanan yang tipis dan agak sedikit lebih tebal di bagian bawah smartphone sedangkan untuk bagian atasnya juga bias dikatakan lumayan tipis tapi dengan sedikit pone untuk ditempatkan modul kamera pada bagian atas smartphone.

Bagian sebelah kanan dari smartphone ini hanya ada 1 tombol untuk menghidupkan dan mematikan smartphone ini yaitu tombol Power, sedangkan di bagian sebelah kirinya terdapat Tombol Volume Up & Down untuk mengeraskan dan mengecilkan suara dari Realme C3 ini. Sedikit beralih ke bagian atas dari tombol Volume Up & Down pengguna juga akan menemukan SIM Tray untuk penempatan SIM Card dan kabar baik dari bagian SIM nya ini Realme C3 ini menyediakan 3 slot yang mana 2 Slot Untuk Nano SIM dengan 1 slot untuk kartu Micro SDXC dengan kapasitas maksimalnya hingga 256GB.

Bagian atasnya sendiri tidak ada apa-apa sedangkan untuk bagian bawah seperti kebanyakan smartphone lain pada umumnya terdapat dimana terdapat lubang speaker, Slot Micro USB, Microphone dan juga Port Jack Audio 3.5mm. Beralih ke bagian belakang dari smartphone ini hal yang paling utama dan terlihat paling menonjol tentu modul kameranya yang ditempatkan pada bagian sudut kiri atas dengan bentuk vertical yang memanjang keatas yang disi oleh 3 buah lensa kamera lengkap dengan LED Flash di bagian bawah modul kamera tersebut dan pada bagian samping dari LED Flash tersebut terpadapat tulisan AI Super Camera dengan warna putih.

Pada bagian tengah sedikit agak ke atas terdapat sensor Fingger Print dan bagian sudut kiri bawah terdapat tulisan Realme. Untuk material body nya sendiri Realme C3 ini menggunakan bahan body Plastik dengan finishing gerigi-geriginya yang membuat smartphone ini tidak mudah untuk terjiplak sidik jari dan pastinya tidak akan licin saat di pegang.

Terasa solid saat digenggam walaupun hanya menggunakan body plastik tapi masih nyaman untuk digunakan karena dimensinya panjangnya yang hanya 164.4 mm, Lebar 75 mm dan tebalnya yang hanya 9 mm saja terasa sangat oke mengingat Realme C3 ini merupakan sebuah smartphone Entery Level. Tidak hanya itu untuk urusan bobotnya sendiri juga sangat ringan karean menggunakan material body plastic yakni hanya 195 gram saja jadi seharusnya bobotnya ini tidak terlalu banyak yang bias di complain.

Selain itu untuk melindungi bagian depan dari smartphone ini Realme membekali Realme C3 ini dengan pelindung Corning Gorilla Glass3 untuk kaca bagian depannya dan seharusnya walaupun smartphone ini tidak diberikan Anti Gores tambahan semestinya sudah aman-aman saja.

Layar
Beralih ke bagian layar Realme C3 ini juga punya layar yang lumayan Oke untuk sebuah smartphone kelas bawah karena sudah dibekali dengan layar berukuran 6.5 Inch dengan Screen To Body ratio 82.7% membuatnya terasa lega saat digunakan walaupun kalua dibandingkan dengan kakaknya yakni Ralme 5i sartphone ini masih kalah kalua untuk urusan Screen To Body ratio tapi kalau untuk kepadatan layar Realme C3 ini lebih unggul dimana Realme 5i hanya punya kepadatan layar hingga 269 ppi sedangkan Realme C3 ini punya kepadatan layar hingga 270 ppi.

Panel layar yang digunakan adalah panel IPS LCD dengan bentuk layar yang tidak terlalu lebar tapi sedikit lebih memanjang yang mana Rasio layarnya ini adalah 20:9 dengan resolusi layar 720 X 1560 pixel dan kecerahan maksimal dari layar Realme C3 ini mencapai 480 nits yang mana kecerahan dengan ukuran tersebut masih bias digunakan dibawah sinar matahari seperti layar dengn teknologi Super AMOLED walaupun layar dari smartphone ini belum menggunakan teknologi Super AMOLED.

Baca Juga

Kamera
Salah satu bagian terpenting dari sebuah smartphone untuk zaman sekarang ini tidak lain berasal dari sektor kamera dan seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau Realme C3 ini menggunakan konfigurasi Triple camera sebagai kamera utamanya dimana lensa utamanya punya Resolusi 12 MP f/1.8 sebagai Lensa Wide, kemudian lensa kedua nya punya resolusi 2 MP f/2.4 yang berguna sebagai Depth Sensor untuk pengambilang foto dengan efek bokeh, dan yang terakahir adalah Lensa Makro yang punya resolusi 2 MP yang berguna untuk pengambilan objek dengan ukuran yang lebih kecil.

Fitur-fitur kamera Realme C3 ini yang menarik untuk diperhatikan diantaranya ada fitur Chroma Boost, Potrait Mode, HDR, Kemampuan merekam Video Slow-motion, Zooming higga 4X digital Zoom dan juga mode Ultra Macro yang tidak boleh ketinggalan. Makasimal perekaman video yang mampu direkam oleh Realme C3 ini hanya sampai 1080 pixel saja atau Full HD saja namun itu pun sudah sangat memadai untuk kebutuhan zaman sekarang ini.

Kamera depannya hanya punya 1 lensa saja yakni dengan resolusi 5 MP f/2.4 yang berguna sebagai Lensa Wide atau dalam bahasa kerennya Wide Lens, untuk urusan fitur dari kemera depannya ini terdapat fitur HDR dan juga Panorama seperti kebanyakan lensa kamera lainnya. Untuk perekaman videonya sendiri kamera depan dari Realme C3 ini mampu untuk merekam video dengan resolusi yang sama dengan kamera depan yakni 1080 pixel pada frame rate 30fps saja dan itu juga sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan harian setiap pengguna untuk saat ini mengingat harganya yang juga sangat terjangkau.

Performa
Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau untuk urusan performa Realme mempercayakan Realme C3 ini pada Mediatek dimana untuk prosessornya sendiri menggunakan Prosessor Mediatek Helio G70 dengan fabrikasi 12 nm yang membuat smartphone yang satu ini terasa sangat lancar saat digunakan apalagi RAM dari smartphone ini yang sudah sangat memadai untuk kebutuhan masing-masing pengguna.

Banyaknya Varian RAM yang tersedia dengan pilihan Memori Internalnya masing-masing tentu akan membawa dampak pada penawaran harga nantinya untuk pilihan RAM yang tersedia diantaranya adalah 3 GB RAM dengan memori internal 32GB dan yang terakhir adalah varian 4 GB RAM dengan memori internalnya 64GB.

Tidak hanya untuk kebutuhan browsing saja tapi Realme C3 ini juga masih memumpuni untuk bermain game pada settingan grafik rendah kerena sudah menggunakan GPU Mali-G52 2EEMC2 yang pasitnya mampu menjalankan beberapa game yang sedang popular untuk saat ini seperti Mobil Legend, PUBG Mobile, Free Fire dan game-game lainnya yang paling sering dan paling banyak digunakan.

Lain-Lain
Selin dari beberapa penawaran yang sudah admin sebutkan diatas kelengkapan sensor-sensor lainnya seperti Sensor fingger print, Accelerometer, dan juga Compass pun tersedia pada Realme C3 ini namun kembali lagi karena harganya yang lumayan terjangkau maka tentu tidak bias dibandingkan dengan smartphone yang memang diutamakan untuk spek layaknya sebuah flagship dan juga smartphone gaming seperti ROG Phone.

Selain itu daya baterai yang memadai juga sudah bias ditemukan pada smartphone Realme C3 ini karena sudah menggunakan baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang mana dengan kapasitas baterai yang lumayan besar tersebut mampu menemani setiap pengguna hingga seharian penuh walaupun digunakan secara terus menerus.

Harga
Terakhir yang akan menjadi pertimbangan yang paling harus dipikirkan oleh setiap orang yang akan memboyong Realme C3 in adalah harganya, untuk varian RAM 3 GB dengan internal storage 32 GB dijual dengan harga Rp 1.670.000 sedangkan yang satunya lagi adalah Realme C3 dengan varian RAM 4GB dan Internal Storage nya 64GB dijual seharga Rp 2.099.000 saja.

Baca Juga

SPESIFIKASI lENGKAP
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
bobot
Bahan Body


164.4 mm
75 mm
9 mm
195 gram
Plastik
Layar

Ukuran layar
Rasio Layar Dari Body
Teknologi layar
resolusi layar
rasio layar
pelindung layar
Kerapatan Layar
fitur layar


6.5 Inch
82.7%
IPS
720 X 1560 pixel
20:9
Corning Gorilla Glass3
270 ppi
Kecerahan Layar Maksimal 480 Nits
Kamera

Kamera Utama
Lensa utama
Lensa Kedua
lensa ketiga
fitur kamera Utama



Perekaman Video Kamera Utama

Kamera Depan
resolusi
fitur

Perekaman video kamera depan


Triple Camera
12 MP f/1.8 sebagai Lensa Wide
2 MP f/2.4 sebagai Lensa Depth Sensor
2 MP sebagai Lensa Makro
LED Flash
Panorama
HDR


1080 Pixel Pada Frame Rate 30fps

Singgle Camera
5 MP f/2.4
HDR
Panorama

1080 pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosessor
RAM
GPU


Mediatek Helio G70 dengan fabrikasi 12 nm
3/4 GB
Mali-G52 2EEMC2
Penyimpanan

Internal
eksternal


32/64 GB
Micro SDXC Maksimal 256GB
kelengkapan Sensor
Fingger Print
Accelerometer
Proximity
Compass
Konektivitas

WLAN


bluetooth





Usb


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Hotspot

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE
aptX

Tersedia
Micro USB 2.0
USB OTG
radio
Tersedia
Radio FM
GPS
Tersedia
A GPS
GLONASS
BDS
Jack Audio 3.5mm
Tersedia
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
kecepatan charging


5000 mAh
10 Watt
Warna
Frozen Blue
Blazing Red
SISTEM OPERASI
Android 10.0
Kustomisasi Realme UI 1.0
Harga

Realme C3 varian 3/32 GB
Realme c3 varian 4/64 GB


Rp 1.670.000

Rp 2.099.000

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Xiaomi Mi Note 10 Pro

Spesifikasi & Harga Realme 5i

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »