Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy A51

Attailah PetirSamsung punya banyak sekali smartphone dari seri A dimulai dari Samsung Galaxy A31, A41, A11, A01, A71A51 dan masih sangat banyak lagi smartphone dari seri A samsung yang beredar di pasaran saat ini bahkan saking banyakn nya para konsumen akan kebingungan dalam memilih smartphone buatan samsung tersebut. 
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy A51
Sumber: Youtube/Gadgetin
Bagi yang belum Tau A yang dimaksud samsung disini apa? Seri A yang maksud samsung disini adalah samsung seri Alpha dimana seri A ini lebih punya desain yang mewah dibandingkan dengan seri-seri samsung yang lain atau dengan singkatnya Samsung seri A ini punya desain yang mirip dengan Flagshipnya samsung yakni dari Seri S. Walaupun punya desain yang mirip dengan seri S tapi penurunan sedikit fitur dari smartphone Samsung Galaxy Seri A ini membuatnya punya harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan smartphone samsung yang seri S.

Samsung Galaxy Seri A ini pertama kali diperkenalkan pada 13 Agustus 2014 lalu, seperti yang sudah pernah admin singgung diatas bahwa smartphone samsung dari seri A ini punya sejumlah fitur menarik maupun desain layaknya Flagshipnya samsung dari Seri S akan tetapi dengan harga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan seri S maka tidak heran jika Samsung Galaxy Seri A ini juga punya fans tersendiri yang tidak bisa dibilang sedikit.

Baca Juga

Salah satu smartphone samsung dari seri A adalah Samsung Galaxy A51 yang diperkenalkan samsung pada akhir tahun 2019 lalu dan seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau desain dari smartphone samsung dari seri A ini punya desain yang sangat mirip dengan Flagshipnya samsung yakni dari seri S dan hal tersebut juga berlaku untuk Samsung Galaxy A51 ini dimana desainnya sangat mirip dengan samsung Galaxy S10 Lite kalau dilihat dari jauh.

Desain & Dimensi
Secara desain Samsung Galaxy A51 ini punya desain yang tidak terlalu kakau dan lumayan bagus untuk kelas smarphone dengan harga Rp Rp 4 Jutaan saja, tidak hanya itu desainnya pun sudah terlihat modern dengan bentuk yang sangat mirip dengan flgaship-flagship nya samsung untuk sekarang ini, namun kambali lagi ke harganya yang tidak pernah bohong, jika flagship nya samsung punya harga diatas Rp 10 juta maka untuk Samsung Galaxy A51 ini hanya dibandrol setengah dari harga flagship tersebut yang bahkan tidak sampai.

Pada bagian sudut kiri belakang terdapat satu buah modul kamera yang diisi oleh 4 buah lensa kamera dan ditemani 1 buah LED Flash untuk kebutuhan pencahayaan pada saat pengambilan gambar dengan kondisi kekurangan cahaya. Sedangkan di bagian bawahnya terdapat tulisan samsung dan selebihnya bagian belakang dari Samsung Galaxy A51 ini terlihat polos-polos saja.

Dibagian sebelah kanan unit smartphone nya terdapat tombol Volume Up & Down dan sedikit ke bagian bawah terdapat sebuah tombol power, pada bagian sebelah kirinya hanya terdapat SIM Tray yang mampu menampung hingga 2 kartu Nano Sim sekaligus tanpa harus mengorbankan slot untuk kartu Micro SD yang bisa sampai 512 GB dikarenakan SIM Tray nya ini sudah mendukung Triple slot.

Pada Bagian bawah unit Samsung Galaxy A51 ini  terdapat satu buah port Jack Audio 3.5 mm kemudian tersedia juga port charging yang sudah menggunakan USB Type C, Lubang Microphone dan juga lubang Speaker dan pada bagian atas smartphone hanya terdapat satu buah lubang Microphone saja dan selebihnya terlihat begitu bersih.

Pada bagian depan smartphone terdapat layar yang mencapai 87.4% dari total ukuran keseluruhan body smartphone dimana layar tersebut tergolong lega untuk digunakan baik untuk bermain game, browsing hingga nonton video di youtube. Tidak hanya itu layar yang lega tersebut juga terlihat modern dengan khasnya kamera yang biasanya digunakan pada flagship samsung dengan bentuk titik pada bagian tengah atas dimana samsung menyebutnya dengan istilah Infinity O.

Material bahan yang digunakan baik untuk Frame maupun bagian belakang smartphone adalah Plastik jadi kalau dilihat sekilas body smartphone ini terlihat begitu mewah dengan finishing kaca dan baru terasa saat di pegang.

Baca Juga

Dimensi panjangnya sendiri adalah 158.5 mm dengan lebar 73.6 mm dan tebal nya yang hanya 7.9 mm saja membuat Samsung Galaxy A51 ini sangat nyaman saat di genggam dan juga tidak terlihat terlalu mencolok ketika digunakan di tempat-tempat umum apalagi bobot nya yang hanya 172 gram saja membuatnya sangat ringan dan mudah untuk dibawa kemana pun. 

Layar
Samsung memberikan layar dengan ukuran 6.5 Inch dengan resolusi 1080 X 2400 pixel yang sangat nayaman untuk digunakan baik untuk bermain game, browsing, chatting hingga nonton video di youtube menggunakan Samsung Galaxy A51 ini. Apalagi layar yang digunakan samsung selalu terkenal bagus yaitu layar dengan teknologi Super AMOLED yang menawarkan akurasi warna yang baik dan masih sangat bisa digunakan saat berada dibawah siniar mata hari.

Layar tersebut juga sudah dilindungi oleh pelindung Coring Gorilla Glass 3 dengan Aspek rasio dari layar yang sudah 20:9 tentu menjadikan layar smartphone samsung yang satu ini terlihat lebih modern. Untuk kepadatan layarnya sendiri juga sudah luayan mantap karena sudah mencapai 405 ppi
Kamera

Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau Samsung Galaxy A51 ini menggunakan 4 buah lensa untuk lensa utamanya dimana masing-masing dari lensa tersebut memiliki resolusi 48 MP f/2.0 sebagai lensa Wide nya lengkap dengan fitur PDAF kemudian terdapat 1 buah lensa 12 MP f/2.2 yang berguna sebagai lensa Ultrawide kemudian yang ketiga ada lensa dengan resolusi 5 MP f/2.4 yang berguna sebagai lensa Makro untuk pengambilan gambar dengan objek yang lebih kecil dari biasanya dan yang terakhir adalah lensa depth sensor untuk pengambilan foto dengan efek bokeh dengan resolusi 5 MP f/2.2.

Kamera utama dari Samsung Galaxy A51 ini juga masih bisa diandalkan untuk urusan perekaman video ya walaupun kembali lagi ini merupakan sebuah kamera smartphone tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan hasil perekaman video dari kamera Mirorless atau pun DSLR. Perekaman video menggunakan kamera utamanya sendiri bisa mencapai 2160 pixel pada frame rate 30fps atau pada resolusi 1080 pixel pada frame rate 30, 60 maupun 120fps.

Sedangkan untuk kamera depannya hanya menggunakan satu buah lensa kamera dengan resolusi 32 MP f/2.2 yang berguna sebagai lensa Wide lengkap dengan fitur HDR namun untuk perekaman video dengan menggunakan kamera depan dari Samsung Galaxy A51 ini hanya mampu direkam hingga resolusi 1080 pixel saja pada frame rate 30fps.  Namun itu juga sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan harian kamera depan smartphone untuk sekarang ini.

Performa
Untuk urusan performa pada smartphone yang satu ini samsung hanya mengandalkan pada 1 versi prosessor saja yakni Exynoss 9611 dengan fabrikasi 10nm yang mampu memberikan pengalaman menggunakan smartphone dengan desain ala flagship tapi performa yang tidak terlalu jauh berbeda dengan menggunakan flagshipnya samsung.

Prosessor yang kencang tersebut juga dibantu oleh RAM dengan kapasitas 4, 6 atau 8 GB tergantung dari varian yang tersedia di tempat anda dan untuk varian memori internalnya juga tersedia dalam 2 pilihan yakni 64 GB dan juga 128 GB yang masih bisa diperluas dengan menggunakan kartu Micro SD hingga kapasitas maksimalnya 512 GB. 

Untuk memberikan pengalaman bermain game yang baik samsung mempercayakan GPU Samsung Galaxy A51 ini pada GPU Mali-G72 MP3 yang mampu memberikan eksperience bermain game yang sangat baik mengingat harganya yang tidak sampai Rp 5 juta.

Lain-lain
Fitur-fitur lain yang menjadi andalan Samsung Galaxy A51 ini diantaranya ada dari Bluetooth nya yang sudah menggunakan Bluetooth Versi 5.0, kemudian juga sudah ada NFC nya yang mana dulunya NFC ini hanya bisa ditemukan pada seri flagshipnya samsung saja, selanjutnya baterai yang digunakan juga sudah lumayan besar yakni dengan kapasitas 4000 mAh lengkap dengan charger fast charging 15 watt yang dirasa sudah sangat oke walaupun tidak sekencang punya smartphone dari brand lain seperti Xiaomi, realme, oppo dan juga asus yang bahkan dengan harga yang setara dengan Samsung Galaxy A51 sudah memberikan adaptor charging dengan kecepatan hingga 25 watt.

Selain itu kelengkapan sensornya sendiri juga sudah tergolong lumayan lengkap dimana smartphone ini sudah tersedia fingger print under display, sensor Accelerometer, gyro, proximity hingga Compass ANT+ .

Harga
Dikarenakan Samsung Galaxy A51 ini tersedia dalam 3 pilihan store yang ditawarkan maka harganya juga akan berebeda juga. Untuk varian RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB dijual seharga Rp 2.299.000, untuk varian RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB dijual seharga Rp 2.990.000 dan untuk yang varian RAM 6 GB dengan penyimpanan Internal 128 GB dijual sehsarga Rp 4.200.000 dan yang terakhir adalah varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB  dijual seharga Rp 4.699.000.

Harga tersebut merupakan harga yang admin Update pada akhir bulan maret 2020 dan bisa berbeda kapan saja dan dimana saja. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Baca Juga

Spesifikasi Lengkap
Dimensi & Desain

Panjang
Lebar
Tebal
Berat
Bahan Body


158.5 mm
73.6 mm
7.9 mm
172 gram
Plastik
Layar

Ukuran layar
Rasio Layar Dari Body
Teknologi Layar
Resolusi Layar
Rasio Layar
Kepadatan Layar
Pelindung Layar


6.5 Inch
87.4%
Super AMOLED
1080 X 2400 pixel
20:9
405 ppi
Corning Gorilla Glass 3
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur
Lensa Kedua
Lensa Ketiga
Lensa Ke Empat
Fitur Kamera Utama



Perekaman Video

Fitur

Lensa Kedua
Resolusi Kamera
Fitur
Perekaman Video


Quad Camera
48 MP f/2.0 sebagai lensa wide
PDAF
12 MP f/2.2 sebagai lensa Ultrawide
5 MP f/2.4 seagai lensa Makro
5 MP f/2.2 sebagai lensa Depth Sensor
LED Flash
Panorama
HDR

2160 pixel pada frame rate 30fps
1080 pixel pada frame rate 30/60/120fps
Gyro-EIS

Singgle Camera
32 MP f/2.2 sebagai lensa Wide
HDR
1080 pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosessor
GPU
RAM


Exynoss 9611 dengan fabrikasi 10nm
Mali-G72 MP3
4/6/8 GB
Penyimpanan

Internal
Eksternal


64/128 GB
Tersedia Slot Micro SD maksimal 512 GB
Kartu SIM
Triple Slot
2 Kartu Nano SIM
1 Kartu Micro SD
Konektivitas

WLAN




Bluetooth




NFC

USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE

Tersedia

Tersedia
USB Type C
Versi 2.0
Reversible Konektor versi 1.0
USB OTG
Kelengkapan Sensor
Fingger Print Dalam Layar
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass ANT+
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Kecepatan Charging


4000 mAh
15 Watt
Sistem Operasi
Android 10.0
Kostumisasi One UI 2
Warna
Prism Crush Black
White
Blue
Pink
Harga

4/64 GB
4/128 GB
6/128 GB
8/128GB


Rp 2.299.000
Rp 2.290.000
Rp 4.200.000
Rp 4.699.000
Harga Update Per Maret 2002

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »