Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Z Flip


Attailah Petir samsung seakan tidak pernah bosan untuk memperkenalkan smartphone-smartphone terbaru mereka kepada para konsumennya karena seperti yang kita tahu kalau pada awal-awal tahun 2020 saja mereka sudah memperkenalkan sangat banyak smartphone terbaru mereka mulai dari Samsung Galaxy A51, Samsung Galaxy A71, Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20 Plus, Samsung galaxy S20 Ultra hingga Samsung Galaxy Z Flip yang punya keunikan tersendiri dari segi desain.
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Z Flip
Sumber: Youtube/PutuReza
Jika pada postingan sebelumnya hamapir semua smartphone samsung yang sudah admin sebutkan diatas sudah pernah kita bahas maka sekarang admin akan sedikit mengulas mengenai Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Z Flip yang mana smartphone samsung yang satu ini memberikan pengalaman menggunakan Samsung Galaxy Fold tapi dengan ukuran yang sedikit lebih kecil dan juga desain yang memanjang layaknya kebanyakan smartphone-smarpthone lain pada umumnya.

Keunikan yang langsung terlihat dari smarpthone samsung yang satu ini adalah layar memanjangnya yang masih bisa dilipat menjadi 2 bagian dimana layar yang terdapat didalam smartphone ini sendiri juga nantinya akan terlipat. Walaupun layar tersebut bisa dilipat tapi samsung masih mengerti kalau pengguna nya juga ingin menggunakan layar dengan kondisi setengah lipatan layaknya kotak bedak mackup wanita ketika sedang digunakan.
Samsung membuat smartphone Samsung Galaxy Z Flip ini bisa digunakan pada saat membuka setengah yang mana setengahnya lagi bisa digunakan untuk penempatan settingan kamera. Jadi untuk pengambilan gambar selfie maupun sebagai kaca Mackup seharusnya tida ada masalah sama sekali dan bisa menjadi kaca mackup termahal dan tercanggih di dunia.

Desain & Dimensi
Untuk desainnya sendiri smartphone yang satu ini terlihat begitu mewah dengan penggunaan bahan kaca untuk body baik untuk bagian depan maupun pada bagian belakang smartphone nya sendiri. Selain itu desain yang memanjang dan masih bisa dilipat ini juga memberikan kesan unik tersendiri untuk smartphone samsung yang satu ini karena terlihat lebih rapi dan lebih compack bila dibandingkan dengan kebanyakan smartphone lain pada umumnya.

Pada bagian belakang smartphone terlihat polos dengan warna gradasi yang seakan menambah kesam mewah pada smartphone yang satu ini, jika kebanyakan smartphone lain pada umumnya yang harganya diatas Rp 10 juga punya layar depan Kaca maka hal tersebut tidak akan bisa ditemukan pada smartphone Samsung Galaxy Z Flip ini karena jika layar yang digunakan adalah layar kaca maka dapat dipastikan Samsung Galaxy Z Flip ini tidak akan bisa dilipat jadi dalam hal ini samsung memilih untuk menggunakan bahan plastik untuk bagian depan.

Pada bagian belakang terdapat 2 buah lensa kamera yang tersusun vertikal dalam 1 modul kamera, disamping kanan nya terdapat LED Flash untuk kebutuhan pencahayaan pada saat pengambilan gambar dengan kondisi minim cahaya dan beralih sedikit kebagian sebelah kanan terdapat layar kecil untuk kebutuhan notifikasi maupun untuk pengambilan gambar dalam keadaan layar utamnya tertutup.

Dsebelah kanan smartphone terdapat tombol Volume Up & Down dengan tombol power, disebelah kiri smartphone terdapat hanya terdapat slowt SIM Tray, pada bagian atas hanya terdapat lubang microphone dan untuk bawahnya terdapat port USB Type-C, Lubang  Microphone dan juga lubang speaker.

Untuk dimensinya sendiri Samsung Galaxy Z Flip ini dalan keadaan terbuka punya dimensi panjang 167.3 mm, Lebar 73.6 mm dan tebalnya yang hanya 7.2 mm saja, sedangkan pada saat smartphone ini dilipat dimensi panjangnya akan terpangkas menajadi 87.4 mm dengan Lebar yang tetap sama yakni 73.6 mm dan tebalnya akan membengkak menjadi 17.3 mm. Untuk beratnya sendiri tetap baik pada saat kondisi smartphone sedang dalam keadaan terlipat maupun dalam keadan terbuka yakni sama-sama punya bobot 183 gram dan untuk frame nya sendiri menggunakan bahan alumunium yang terlihat lebih mewah dan kokoh.

Layar
Untuk layarnya sendiri seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya layarnya punya ukuran 6.7 Inch dengan resolusi 2636 X 1080 pixel dengan kepadatan layarnya yang mencapai 425ppi yang membuat smartphone ini terasa lebih nyaman untuk digunakan. Tidak hanya itu layarnya ini sendiri juga sudah menggunakan teknologi Dynamic AMOLED atau lebih tepatnya Foldable Dynamic AMOLED.

Bila dibandingkan dengan keseluruhan body smartphone maka layarnya ini tergolog besar karena rasio layar berbanding body mencapai 82.5% dari keseluruhan ukuran body smartphone. Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau pada bagian sudut kanan smartphone juga terdapat layar berukuran kecil dan layar tersebut merupakan layar Cover Display dengan resolusi 112 X 300 pixel dan tentunya sudah menggunakan teknologi Super AMOLED.

Performa
Untuk urusan perfroma juga juga tidak main-main dimana samsung membekali Samsung Galaxy Z Flip ini dengan prosessor Qualcomm Snapdragon 855+ dengan fabrikasi 7 nm yang membuat performanya terasa begitu kencang, walaupun memang untuk saat ini prosessor Snapdragon yang paling tinggi adalah Snapdragon 865, tapi prosessor 855+ ini pun sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan harian pengguna untuk saat ini dan mungkin tidak ada yang terlalu peduli dengan hal tersebut dikarenakan yang ingin ditonjolkan oleh pengguna untuk smartphone ini adalah teknologi layarnya yang sudah bisa dillipat yang membuatnya terlihat berbeda dari kebanyakan smartphone lain pada umumnya.

Tidak hanya itu, performa prosessor yang kencang tersebut juga dipadukan dengan RAM berukuran 8GB dan untuk penyimpanan internalnya punya kapasitas maksimal 256GB dan hanya tersedia dalam satu pilihan penyimpnan internal dan RAM nya, jadi seharusnya tidak akan membuat penggunanya kebingungan dalam memilih varian dari smartphone ini karena memang hanya tersedia dalam 1 pilihan RAM dan Internal. Sedangkan untuk urusan Gaming samsung juga mempercayakan Samsung Galaxy Z Flip ini pada GPU Adreno 640, walaupun tidak kencang-kencang amat tapi GPU tersebut sudah sangat memadai untuk kebutuhan gaming masing-masing penggunanya untuk saat ini baik gaming berat maupun gaming ringan, walaupun kembali lagi tidak akan sebagus performa smartphone Gaming layaknya Asus ROG Phone Maupun Xiaomi Black Shark yang memang diperuntukkan untuk mereka yang menggemari dunia gaming.
Kamera
Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau untuk urusan kamera disini samsung mempertahankan sistem invinity O untuk kamera depannya sedangkan untuk kamera utamanya samsung juga masih memberikan 2 buah lensa kamera yang terseusun dalam 1 buah modul. Konfigurasi kamera utama yang terdiri dari 2 buah lensa kamera dimana masing-masing punya resolusi 12 MP f/1.8 sebagai lensa wide lengkap dengan fitur Dual Pixel PDAF dan juga OIS untuk kebutuhan perekaman video yang lebih stabil.

Lensa keduanya menggunakan lensa 12 MP f/2.2 sebagai Lensa Ultrawide dan untuk urusan fitur dari kamera utamanya ini sudah terdapat fitur LED Flash, HDR dan juga Panorama. Untuk urusan perekaman video Samsung Galaxy Z Flip ini mampu untuk merekam video dengan resolusi 2160 pixel pada frame rate 30  hingga 60 fps, pada resolusi 1080 pixel pada frame rate 60 hingga 240 fps, pada resolusi 720 pixel pada frame rate 960 fps dan untuk perekaman videonya juga sudah mendukung HDR10+.

Untuk kamera depan nya hanya menggunakan 1 buah lensa kamera yang mana hanya 10 MP f/2.4 seabgai lensa wide saja dan kamera depannya ini sendiri juga sudah mendukung fitur HDR juga. Untuk urusan perekaman video kamera depan dari Samsung Galaxy Z Flip ini sudah mampu merekam video dengan resolusi 30 fps.

Lain-lain
Hal lainnya yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda untuk memboyong smartphone Samsung Galaxy Z Flip ini diantara nya ketersediaan sensor-sensor yang lumayan lengkap dimana diantaranya tersedia sensor fingger print, accelerometer, gyro proximity, compass dan juga barometer yang sudah tergolong langka untuk sekarang ini.

Fitur-fitur lain seperti bluetooth pun sudah menggunakan bluetooth versi 5.0, tersedia NFC dan juga sudah menggunakan USB Type-C versi 3.1. dikarenakan smartphone ini merupakan jenis smartphone lipat yang tergolong tipis maka tidak heran kapasitas baterai yang mampu ditampung smartphone ini tidak terlalu besar seperti kebanyakan smartphone lain pada umum nya, kapasitas baterai Samsung Galaxy Z Flip ini adalah sebesar 3300mAh saja yang dirasa sudah sangat mempumpuni untuk kebutuhan harian pengguna untuk sekarang ini.

Harga
Untuk membawa pulang sebuah smartphone dengan desain yang modern dan juga teknologi yang canggih maka seharusnya harga bukan sesuatu yang menjadi perhitungan yang harus terlalu diperhitungkan, walaupun memang untuk masa-masa ekonomi sulit seperti sekarang ini budget sangat-sangat harus diperhitungkan. Harga yang harus dibayar untuk membawa pulang sebuah Samsung Galaxy Z Flip adalah senilai Rp 20.955.000.

Kesimpulan
Jika anda ingin punya smartphone yang berbeda dengan smartphone lain pada umumnya tapi tetap punya desain yang mewah maka Samsung Galaxy Z Flip ini merupakan salah satu pilihan yang paling tepat dengan harga yang lumayan terjangkau bila dibandingkan dengan samsung Galaxy Fold yang harganya lebih tinggi Rp 11 juta. Tapi jika anda adalah seorang yang ingin budget yang tampil mewah dan juga performa yang benar-benar kencang maka masih sangat banyak pilihan lainnya yang masih cocok untuk dipertimbangkan.
Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Dalam Keadaan Terlipat
Panjang
Lebar
Tebal

Dalam Keadaan Terbuka
Panjang
Lebar
Tebal

Bobot
Material Bahan Body Depan
Material Bahan Body Belakang



87.4 mm
73.6 mm
17.3 mm


167.3 mm
76.3 mm
7.2 mm

183 gram
Plastik
Kaca
Layar

Layar Utama
Ukuran Layar
Teknologi Layar
Rasio Layar Berbanding Body
Resolusi Layar
Kepadatan Layar
Fitur Layar

Layar Cadangan
Rasio layar
Teknologi Layar
Rasio Layar



6.5 Inch
Foldable Dynamic AMOLED
82.5%
2636 X 1080 pixel
425 ppi
HDR10+


1.1 Inch
Supe AMOLED
300 X 112 Pixel
Performa

Prosessor
GPU
RAM


Qualcomm Snapdragon 855+ dengan fabrikasi 7 nm
Adreno 640
8 GB
Penyimpanan

Internal
Eksternal


256 GB UFS 3.0
Tidak Tersedia
Konektivitas

LAN




Bluetooth




NFC

Kabel


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE

Tersedia

Tersedia
USB Type-C versi 3.1
Reversible Konektor versi 1.0
USB OTG
Kelengkapan Sensor
Fingger Print
Accelerometer
Gryo
Proximity
Compass
Barometer
GPS
Tersedia
A-GPS
GLONASS
GALILEO
BDS
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Kecepatan Charging


3300 mAh
Fast Charging 15 watt
Mendukung Wireless Charging
Sistem Operasi ( OS )
Android versi 10.0
Kustomisasi One UI 2
Ketersediaan Warna
Mirror Black
Mirror Purple
Mirror Gold
Thom Browne Edition
Harga
Rp 20.955.000

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S20 Ultra
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S20

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »