Spesifikasi & Harga Vivo V15


Attailah Petir Tidak terasa kalau Vivo V15 sudah menginjak usia 1 tahun mungkin pada saat postingan ini di terbitkan tapi masih sangat seru untuk di perbincangkan dikarenakan berdasarkan hasil Research yang admin lakukan di google peminat Vivo V15 ini masih lumayan banyak, mungkin karena Vivo V15 ini merupakan salah satu smartphone yang pertama kali memperkenalkan kamera Pop Up untuk kamera Selfie atau kamera depannya.
Spesifikasi & Harga Vivo V15
Sedikit mengulang kebelakang kalau Vivo V15 ini pertama kali diperkenalkan pada bulan maret 2019 lalu dan punya desain yang lumayan oke pada saat itu dengan gradasi warna yang enak dipandang mata dan tampilan luar di bagian belakangnya yang dibuat mirip material kaca walaupun smartphone Vivo yang satu ini sama sekali belum menggunakan bahan Kaca Maupun bahan Metal.

Tidak hanya itu, Sistem Pop Up untuk kamera depannya juga mampu mengundang perhatian banyak orang dikarenakan terlihat unik dan membuat layar nya menjadi lebih luas tanpa harus ada poni yang membuatnya sama dengan smartphone-smartphone lain pada saat itu walau pun untuk smartphone-smartphone flagship sekarang ini pun desain kamera Pop Up tersebut sama sekali tidak ditiru.

Baca Juga

Desain & Dimensi
Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau desain dari Vivo V15 ini terlihat modern walaupun masih menggunakan material poly carbonate tapi jika dilihat sekilas tanpa menyentuh langsung maka orang langsung berfikir bahwa Vivo V15 ini menggunakan bahan material kaca yang tampak lebih mewah dari yang sebenarnya.

Baik bagian belakang maupun bagian famenya juga sama-sama menggunakan bahan Poly Carbonate, sedangkan untuk bagian depannya terlihat layar yang lega dan tentunya sudah dilapisi pelindung Gorilla Glass 5 yang sangat berguna untuk melindungi layar dari goresan benda-benda tajam yang tidak di inginkan. Tidak hanya itu, bagian depan dari Vivo V15 ini juga terlihat sangat keren karena sangat minim bezel dan juga tidak ada poni yang mengganggu seperti kebanyakan smartphone lain yang beredar dipasaran bahkan hingga smartphone yang di perkenalkan pada tahun 2020 ini sekali pun.

Dibagian belakangnya terdapat tulisan VIVO pada bagian bawahnya, sedangkan pada bagian tengah yang agak sedikit ke atas terdapat tombol Fingger Print untuk kebutuhan sidik jari dan satu buah modul kamera yang memanjang keatas pada bagian samping dari sensor sidik jari tersebut. Modul kamera tersebut diisi oleh 3 buah lensa kamera dan 1 buah LED Flash untuk kebutuhan pencahayaan pada saat pengambilan gambar dengan kondisi minim cahaya.

Pada bagian sebelah kanan smartphone terdapat tombol power untuk menghidupkan dan mematikan smartphone dan sedikit ke bagian atasnya terdapat tombol volume Up & Down yang bisa disetting untuk beberapa fungsi tergantung apa yang sedang di akses, sedangkan dibagian sebelah kanan nya tidak terdapat tombol apa pun namun hanya tersedia SIM Tray untuk memasukkan 2 kartu SIM dan 1 slot untuk kartu Micro SD.

Seperti biasa pada bagian bawah terdapat port jack Audio 3.5 mm, lubang Microphone, Port Micro USB untuk pengisian daya smartphone atau pun untuk menghubungkan smartphone ke komputer dengan menggunakan kabel dan yang terakhir adalah lubang speaker. Sedangkan untuk bagian atasnya terdapat modul Pop Up kamera yang menyambung dengan modul kamera utama nya dan juga terdapat 1 buah lubang Microphone.

Untuk dimensinya sendiri Vivo V15  ini punya ukuran panjang 161.2 mm, lebar 75.9 mm dan tebalnya yang hanya 8.5 mm dengan berat yang hanya 189.5 gram saja yang membuat smartphone ini terasa elegan dan mudah untuk dibawa kemana pun, walaupun feel saat menggenggam Vivo V15 ini terasa ada yang kurang yang mana hal tersebut terasa wajar-wajar saja mengingat material bahan yang digunakan pada smartphone ini adalah Poly Carbonate.

Baca Juga

Layar
Seperti yang admin pernah singgung sebelumnya kalau layar dari Vivo V15 ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk smartphone yang satu ini, dimana layarnya terlihat begitu lega tanpa ada Notch yang mengganggu pada bagian atas layar sama sekali, dan bezel nya yang tipis juga menjadi nilai lebih tersendiri untuk smartphone vivo ini.

Dibekali dengan layar berukuran 6.53 inch dengan resolusi 1080 X 2340 pixel yang membawa kesan berbeda sendiri saat digunakan apalagi rasio layarnya yang sudah menggunakan rasio 19.5 : 9 dengan bentuk yang memanjang ke atas. Walaupun masih belum menggunakan layar Super AMOLED atau masih menggunakan layar dengan teknologi IPS tapi eksperience yang ditawarkan smartphone ini tidak kalah dengan layar dengan teknologi Super AMOLED kecuali untuk kecerahan nya yang tidak sebaik panel Super AMOLED.

Untuk urusan pelindung layar vivo juga sudah menggunakan jenis kaca Corning Gorilla Glass 5 agar kaca smartphone lebih aman dari goresan walaupun tanpa menggunakan anti gores tambahan seperti yang banyak gunakan oleh orang-orang sekarang ini untuk melindungi layar smartphone mereka. Walaupun memang kalau pengguna masih ingin menggunakan anti gores tambahan pun juga masih bisa.

Kamera
Modul Kamera utama dari Vivo V15 ini menggunakan 4 buah lensa dimana masing-masing lensa tersebut beresolusi 24MP f/1.8 sebagai lensa utamanya lengkap dengan fitur Dual Pixel PDAF kemudian terdapat satu buah Lensa 8MP f/2.2 sebagai lensa Ultrawide dan yang terakhir adalah lensa 5MP f/2.4 yang bisa digunakan sebagai lensa Dept Sensor untuk pengambilan gambar dengan efek bokeh. Seperti biasa fitur-fitur wajib seperti LED Flash, Panorama dan juga fitur HDR menjadi barang wajip pada Vivo V15 ini.

Sedangkan yang menjadi kekurangan dari smartphone vivo yang satu ini mungkin berada pada sektor perekaman video dengan menggunakan kamera utamanya ini dimana video yang mampu direkam smartphone ini hanya dalam satu resolusi saja yakni pada resolusi 1080 pixel dengan frame rate 30fps saja.

Untuk kamera depan atau kamera selfienya sendiri ini menggunakan sistem Pop Up yang bisa naik secara otomatis pada saat aplikasi kameranya dibuka dan dialhikan pada mode kamera depan dan akan turun secara otomatis pada saat kamera di close atau dialihkan pada mode kamera belakang, dan sistem Pop Up nya ini sendiri juga tergolong tahan karena vivo mengklaim kalau kamera depan nya ini mampu naik turun tanpa ada kendala sedikit pun hingga 10.000 kali.

Resolusi kamera dapan Vivo V15 ini adalah sebesar 32MP f/2.0 dengan fitur HDR bawaan nya sedangkan untuk perekaman video nya sendiri hanya mampu direkam pada resolusi 1080 pixel pada frame rate 30fps saja yang sama seperti kamera belakangnya. Memang kalau diperhatikan lebih jauh lagi untuk kualitas perekaman video menggunakan smartphone Vivo V15 ini sangatlah kurang untuk sekarang ini, tapi untuk pengambilan gambar setidaknya sudah sangat memadai seharusnya.

Performa
Untuk urusan performa vivo menggunakan prosessor buatan Mediatek yakni Helio P70 dengan fabrikasi 12nm yang dipadukan dengan RAM sebesar 6GB yang membuatnya terasa semakin ngebut saat digunakan baik untuk penggunaan harian maupun untuk kebutuhan gaming ringan.

Tidak hanya itu untuk urusan grafis juga Vivo mempercayakan perangkat mereka yang satu ini pada GPU Mali-G72 MP3 yang seharusnya untuk kebutuhan gaming ringan sudah sangat memadai. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sendiri Vivo V15 ini tersedia dalam 2 pilihan memori internal yang berbeda walaupun sama-sama menggunakan RAM 6 GB yakni 64 atau 128 GB dimana kedua jenis pilihan RAM tersebut akan membuat harganya akan berbeda pula.

Lain-lain
Tidak banyak hal lain yang bisa perbincangkan dari smartphone yang satu ini karena memang sudah diluncurkan sejak 1 tahun yang lalu walaupun memang sensor-sensornya juga sudah lumayan lengkap seperti sensor fingger print, accelerometer, gyro, proximity dan juga Compass sudah tersedia pada perangkat yang satu ini.

Dan mungkin yang sedikit terasa kurang ada pada port USB nya yang seharusnya jika menggunakan USB Type C mungkin akan terasa sangat Oke, tapi disini vivo masih menggunakan Micro USB baik untuk proses transfer data maupun untuk proses pengecasan.

Harga
Seperti yang sudah pernah admin sebutkan sedikit di bagian atas tadi kalau Vivo V15 ini tersedia dalam 2 pilihan memori internal yakni Rp 2.899.000 untuk varian memori internal 64GB dan Rp 3.599.000 untuk yang varian penyimpanan internal sebesar 128GB. Keduanya menawarkan pilihan penyimpanan internal yang sedikit berebeda jadi wajar saja jika harga yang ditawarkan juga berbeda tapi perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan dan masih terasa wajar.

Baca Juga

Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
Bobot
Bahan Body
Bahan Depan Body


161.2 mm
75.9 mm
8.5 mm
189.5 gram
Poly Carbonate
Kaca
Layar

Ukuran Layar
Ukuran Layar Berbanding Body
Teknologi Layar
Resolusi Layar
Rasio Layar
Kepadatan Layar
Pelindung Layar


6.53 Inch
85.6%
IPS
1080 X 2340 pixel
19.5 : 9
395ppi
Corning Gorilla Glass 5
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur
Lensa Kedua
Lensa Ketiga
Fitur Kamera Utama



Perekaman Video

Kamera Depan
Resolusi
Fitur

Perekaman Video


Triple Camera
24MP f/1.8
Dual Pixel PDAF
8MP f/2.2 sebagai Lensa Ultrawide
5MP f/2.4 sebagai Lensa Depth Sensor
LED Flash
HDR
Panorama

1080 pixel pada frame rate 30fps

Singgle Camera
32MP f/2.0 sebagai Lensa Wide
HDR

1080 pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosessor
RAM
GPU


Mediatek Helo P70 dengan fabrikasi 12nm
6GB
Mali-G72 MP3
Penyimpanan

Internal
Eksternal


64/128 GB
Maksimal 512 GB
Sensor
Fingger Print
Accelerometer
Proximity
Gyro
Compass
Konektivitas

WLAN




Bluetooth




USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-Fi Dircet
Hotspot

Tersedia
Versi 4.2
A2DP
LE

Micro USB
Versi 2.0
USB OTG
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Charging


4000 mAh
Fast Charging
OS
Android 9.0 ( Pie )
Kustomisasi Funtoch 9
Warna
Topaz Blue
Glamour Red
Frozen Black
Royal Blue
Harga

6/64 GB
6/128 GB


Rp 2.899.000
Rp 3.599.000

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »