5 Lampu Pada Mobil Beserta Fungsinya

Attailah Petir - Lampu merupakan jenis penerangan pada mobil yang harus dan wajib ada karena setiap mobil pasti harus bejalan setiap waktu yang dibutuhkan. 

5 Lampu Pada Mobil Beserta Fungsinya

Jika zaman dulu lampu hanya harus ada pada malam hari, maka berbeda hal nya dengan zaman sekarang ini yang mengharuskan setiap mobil haru memiliki lampu penerangan baik pada siang maupun pada malam hari. Fungsi lampu untuk mobil pada siang hari adalah sebagai indikator jika mobil tersebut berjalan pada kecepatan tertentu.

Selain itu, mobil juga sejumlah lampu yang setiap lampu tersebut punya fungsinya tersendiri masing-masing. Pada dasarnya ada banyak lampu pada sebuah mobil, namun  kali ini admin akan mencoba menyebutkan 5 lampu saja beserta dengan fungsinya berdasarkan apa yang admin tahu dan admin pelajari dari beberapa situs di internet.

Baca Juga

Berikut adalah 5 Lampu Pada Mobil Beserta Fungsinya.

Fog Lamp ( Lampu Kabut )

5 Lampu Pada Mobil Beserta Fungsinya

Seperti nama nya lampu ini merupakan lampu yang diugnakan untuk menerangi area jalan yang berkabut, Kebanyakan warna dari Fog Lamp ini adalah kuning namun ada juga beberapa mobil untuk sekarang ini yang sudah mulai menggunakan Fog Lamp dengan teknologi LED yang punya warna yang berbeda dengan lampu Halogen biasa.

Kebanyakan mobil fog lamp digunakan di bagian depan mobil, tapi ada beberapa mobil yang menggunakan fog lamp ini pada bagian belakang mobil untuk menarangi area jalan pada saat mobil tersebut mundur dan warna nya adalah merah terang dengan sebutan Rear Fog Lamp

Harganya setau admin berada dikisaran Rp 17.000 hingga Rp 325.000

Brake Light ( Lampu Rem )


selanjutnya lampu yang paling penting yang memang harus ada pada setiap kendaraan terutama pada sebuah mobil adalah Brake Light. Selain itu lampu Rem atau Brake Light ini tidak ada yang diletakkan pada bagian belakang karena diperuntukkan sebagai indikator bahwa kendaraan tersebut akan berhenti.

Baca Juga

Warna nya sendiri lampu rem ini berwarna merah yang sesuai dengan warna lampu lalu lintas untuk menghentikan kendaraan.

Harga dari Lampu rem ini sendiri juga sangat bervariasa, berdasarkan pantauan admin per bulan mei 2020 ini harga Brake Lamp ini berada dikisaran Harga Rp 399.000 hingga Rp 4.512.000.

Turn Signal Lamp ( Lampu Sein )

5 Lampu Pada Mobil Beserta Fungsinya

Sesuai dengan namanya Turn Signal Lamp atau yang lebih dikenal oleh kebanyakan orang dengan naman Lampu Sein adalah lampu yang berguna sebagai indikator pada mobil yang akan belok, lampu tersebut berwana kuning yang senada dengan lampu peringatan untuk berhati-hati dan pada mobil lampu tersebut terdapat 6 buah dimana 2 buah lampu berada pada bagian depan mobil 2 buah pada bagian spion mobil yakni di sebelah kiri dan kanan, sedangkan 2 buah lampu lainnya berada pada bagian belakang mobil.

Lampu sein ini menyala warna kuning dengan kedipan yang terjadi setiap detiknya. Namun pada beberapa kendaraan modern untuk sekarang ini lampu tersebut sudah ada yang menggunakan DRL atau Day Time Running LED yang bisa menyala layaknya animasi lampu berjalan.

Harga dari Lampu Sein ini ada pada rentang Harga Rp 9.000  Hingga Rp 1.162.000.

Lampu Hazard

5 Lampu Pada Mobil Beserta Fungsinya

Pada dasarnya lampu hazard ini adalah lampu Sein yang sudah pernah admin singgung diatas, namun untuk dalam keadaan tertentu seperti sedang dalam keadaan darurat, lampu hazard ini dinyalakan dan yang akan menyala adalah ke empat buah lampu sein yang berada di bagian depan dan bagian bealakang mobil.

Tidak sedikit yang menggunakan lampu hazard ini pada saat sedang membawa orang sakit yang membutuhkan seseorang melajukan kendaraannya dalam keaan kencang.

Harga dari lampu Hazard ini sama dengan harga lampu sein karena memang yang digunakan adalah lampu Sein hanya sistem penyalaannya saja yang berbeda.

Lampu Mundur

5 Lampu Pada Mobil Beserta Fungsinya

Sesuai dengan namanya, lampu mundur ini merupakan lampu yang digunakan pada sabuah mobil pada saat mobil sendang dalam keadaan mundur. Lampu mundur ini juga akan menyala sendiri secara otomatis ketika tuas transmisi pada posisi mundur maka secara otomatis lampu mundur ini akan menyala.

Pada beberapa mobil lampu mundur ini berwarna bening terang tapi pada beberapa mobil ada juga yang berwarna merah terang tujuan nya adalah untuk menyinari area belakang mobil pada saat kondisi kurang cahaya agar mobil bisa mundur dengan leluasa.

Nah, Itulah 5 Lampu Pada Mobil Besarta Fungsinya yang bisa admin sebutkan pada postingan kali ini, pada dasarnya masih sangat banyak jenis lampu lainnya yang belum admin sebutkan seperti lampu kabin, high beam ( lampu jauh ), low beam ( lampu dekat ), stop lamp dan masih sangat banyak lagi.

Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terimakasih & Sampai Jumpa

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »