5 Tips Menghilangkan Sifat Agresif Pada Anak


Attailah Petir Seiring berjalannya waktu anak-anak semakin tumbuh dewasa dan semakin agresif dalam melakukan semua hal dan tidak sedikit diantara para orang tua yang khawatir akan hal tersebut dikarenakan mereka takut jika anak mereka terlalu agresif membuat anak tersebut akan tumbuh menjadi anak yang bandel dan susah diatur nantinya.
5 Tips Menghilangkan Sifat Agresif Pada Anak
Setiap anak pastinya punya sifat agresifnya masing-masing dikarenakan mereka masih suka melakukan berbagai macam eksperimen tentang bagaimana caranya mereka bisa bersosialisasi dan dalam hal ini tentu saja akan memerlukan peran orang tua untuk mengawasi mereka karena mereka belum mengerti bagaimana caranya untuk mengontrol emosi negatif yang mereka miliki.

Maka dari hal itu ada baiknya untuk anda para orang tua yang memmiliki anak untuk membimbing dan mendisiplinkan mereka agar perilaku agresif mereka lebih terkontrol dan kali ini admin ingin memberikan 5 Tips Menghilangkan Sifat Agresif Berlebihan Pada Anak.

Baca Juga

Beritahu Anak Akan Hal Baik dan Buruk

5 Tips Menghilangkan Sifat Agresif Pada Anak
Anak diumpamakan sebagai Lembaran kertas putih yang sama sekali belum tersentuh oleh tinta apa pun, maka ada baiknya untuk mewarnai kertas putih tersebut dengan tinta yang baik dan juga tulisan yang baik agar hasilnya nanti juga didapatkan hasil yang baik.

Ajari si anak akan hal-hal yang baik dan boleh untuk dilakukan dan beritahu mereka kalau hal-hal yang tidak baik tidak boleh untuk dilakukan.

Jangan pernah menghukum anak-anak dengan cara memukul karena biasanya mereka akan cenderung untuk mengikuti apa yang pernah mereka lihat, gampangnya adalah mereka akan meniru apa yang mereka lihat. Jika ingin memberi hukuman untuk anak sebagai efek jera ada baiknya untuk tidak memukul atau menggunakan kata-kata yang terlalu kasar, tapi cukup dengan menyuruh untuk membersihkan kamar atau merapikan kamar sebagai hukumannya.

Karena jika anak-anak terlalu di tekan dengan hukuman fisik maka bukan tidak mungkin mereka akan menerapkannya untuk menghukum teman-teman mereka tanpa alasan hanya karena sering mendapat perlakukan yang tidak baik dari orang tua nya.

Jangan Merasa Bersalah Untuk Mendisiplinkan Anak

5 Tips Menghilangkan Sifat Agresif Pada Anak
Poin yang satu ini punya kaitannya yang tidak kalah erat dengan poin pertama yang sudah admin sebutkan diatas. Disiplinkan si anak dengan cara memberi mereka hukuman jika mereka melakukan kesalahan, namun jangan sekali-kali untuk memberikan hukuman fisik untuk mereka karena seperti yang sudah admin sebutkan diatas tadi kalau mereka sangat mudah untuk meniru apa yang mereka dapatkan dari orang tuanya.

Cukup dengan memberikan hukuman berupa belajar selama beberapa menit atau membantu orang tua merapikan barang-barang yang ada di rumah. Dengan begitu anak akan lebih terdidik dibandingkan dengan mereka yang harus menerima hukuman fisik berupa pukulan walaupun pukulan kecil karena sekecil apa pun pukulan yang diberikan pasti akan selalu berbekas di kepala mereka.

Baca Juga

Tidak akan mustahil mereka akan mencoba untuk melakukan hal yang sama kepada anak-anak yang lain, sebaliknya jika sudah memberikan hukuman untuk mendisiplinkan jangan pernah merasa bersalah karena akan tersebut tidak pantas mendapatkan perlakukan tersebut.

Berikan yang sepatutnya agar mereka tetap disiplin dan untuk kebaikan mereka sendiri. Maka dari itu ada baiknya untuk terlalu khawatir dengan hukuman ringan yang diberikan.

Berikan Ruang Bagi Anak Untuk Bersosialisasi

5 Tips Menghilangkan Sifat Agresif Pada Anak
Selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sifat agresif pada sianak adalah dengan memberikan ruang kebebasan untuk bersosialisasi bersama teman-teman nya, karena sosialisasi itu penting untuk mereka belajar bergaul bersama teman-teman mereka yang lain.

Tapi walaupun ruang untuk bersosialisasi tersebut sudah diberikan bukan berarti pengawasan orang tua tidak perlu lagi, karena jika tingkah laku si anak sudah berlebihan terhadap anak-anak yang lain apalagi sudah adanya kekerasan fisik maka disinilah peran orang tua untuk melerai anak-anak ini agar tidak berkelanjutan.

Tidak peduli siapa yang memulainya terlebih dahulu karena jika sudah berlanjut pada kekerasan fisik tindakan tegas berupa hukuman seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya diterapkan dan tidah harus orang tua merasa bersalah selama hukuman yang diberikan tersebut masih dalam batas yang wajar.

Biasanya si anak yang selalu diperlakukan dengan baik bahkan tidak pernah di berikan hukuman berupa kekerasan fisik mereka lebih cenderung menjadi anak yang baik dan juga penurut, begitu juga saat orang tua memberikan nasihat cukup sekali saja mereka sudah mengerti akan apa yang dikatakan oleh orang tua mereka.

Berikan Pujian Untuk Anak Saat Berperilaku Baik

5 Tips Menghilangkan Sifat Agresif Pada Anak

Jika anak-anak tumbuh dalam keluarga yang lembut mereka akan cenderung menjadi anak-anak yang lembut juga begitu pula jika mereka tumbuh dalam keluarga yang keras maka sifat mereka juga akan ikut keras. Sebagai contoh yang paling gampangnya adalah jika si anak sering dimarahi dan di hujani dengan kata-kata yang kasar maka tidak menutup kemungkinan mereka akan kebal terhadap kata-kata tersebut dan cenderung untuk berbuat lebih parah lagi dari yang sudah ada.

Begitu pula hal nya jika seandainya mereka terlalu agresif yang akan terjadi adalah mereka akan sangat sulit untuk diatur, bahkan belum sampai satu kata orang tua berbicara mereka sudah mengeluarkan 2 kata dan langsung berbelok dari arah yang akan ditunjukkan oleh orang tua.

Maka dari itu cara yang paling gampang untuk membuat anak tidak terlalu agresif atau mereka tetap agresif tapi masih terkontrol adalah dengan memberikan kata-kata yang baik untuk mereka berupa pujian. Tapi tidak selalu juga orang tua memberikan pujian untuk anak terutama pada saat si anak berbuat kesalahan tapi berikan pujian untuk mereka pada saat mereka berperilaku baik dikarenakan dengan begitu si anak akan selalu ingat akan apa yang harus mereka lakukan.

Berikan Teladan Yang Baik Untuk Anak

5 Tips Menghilangkan Sifat Agresif Pada Anak
Terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi sifat agresif pada anak adalah dengan memberikan contoh yang baik, karena seperti yang kita tahu kalau orang tua merupakan panutan bagi anak. Jika orang tuanya baik maka biasanya anak akan ikut menjadi baik, tapi jika orang tua nya kurang baik maka biasanya akan sulit untuk membentuk anak-anak yang baik dan juga penurut.

Berperilakulah yang baik saat berada di depan anak-anak anda agar mereka bisa mencontoh apa yang anda lakukan, jangan mengerjakan hal-hal yang tidak baik di depan mereka karena mereka cenderung untuk meniru apa yang anda kerjakan.

Walaupun anak-anak anda adalah anak-anak yang agresif, tapi jika mereka melihat orang tuanya selalu mengerjakan sesuatu yang baik maka tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk mengikuti apa yang anda lakukan. Sebenarnya cara ini merupakan cara yang paling gampang yang bisa dilakukan oleh setiap orang tua namun tidak sedikit juga dari mereka yang sadar tapi terlalu meremehkan akan poin yang satu ini.

Nah, Itulah 5 Tips Mengatasi Sifat Agresif Pada Anak yang bisa admin share pada postingan kali ini, silahkan anda terapkan dalam kehidupan anda, semoga berhasil dan semoga informasi yang admin share ini bermanfaat. Terimakasih & Sampai Jumpa.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »