Spesifikasi & Harga Huawei P40 Pro


Attailah Petir Semakin hari trend di pasar smartphone semakin ramai saja, hal tersebut terlihat dari gencarnya produsen-produsen smartphone memproduksi smartphone andalan mereka masing-masing. Belum lama ini salah satu brand smartphone yang sudah mendunia yang bahkan sudah mulai bersaing dengan samsung dan juga apple kembali memperkenalkan smartphone terbaru mereka.
Spesifikasi & Harga Huawei P40 Pro

Smartphone tidak bukan dan tidak lain adalah Huawei P40 Pro. Huawei ini sendiri merupakan pabrikan smartphone asal tiongkok yang beberapa tahun terakhir membuat smartphone kelas atas dengan spesifikasi tinggi, fitur kamera yang sangat memukau dengan harga yang masih bisa bersaing dengan smartphone-smarpthone kelas atas dari brand yang sudah ternama seperti samsung.

Smartphone buatan huawei yang admin maksudkan disini adalah smartphone Huawei dari seri P atau lebih tepatnya Huawei P40 Pro yang belum lama ini diperkenalkan Huawei ke publik dan pastinya selalu mendapat 2 respon yang berbeda, ada yang memang menyukai smartphone ini dan ada juga yang tidak terlalu tertarik dengan Huawei P40 Pro ini dengan masing-masing alasan yang mereka miliki.

Diperkenalkan pada bulan April 2020 lalu smartphone ini bersaing langsung dengan flagship dari brand lain seperti Samsun Galaxy S20 Ultra, Iphone 11 Pro dan juga flagshipnya oppo yang belum lama ini menggebrak pasar smartphone indonesia dan mendapat respons positif dari pengguna smartphone tanah air.

Tapi jika dibandingkan dengan adiknya yakni Huawei P30 Pro pastinya Huawei P40 Pro ini punya peningkatan yang lumayan signifikan dari beberapa bagian seperti design baik untuk bagian depan maupun untuk bagian belakang smartphone, pada bagian kamera baik untuk kamera depan maupun kamera belakang nya dan juga pada bagian performanya yang punya peningkatan sedikit lebih baik dari yang versi sebelumnya.

Baca Juga

Yang menjadi kelemahan yang paling fatal dari versi sebelumnya hingga sekarang pada smartphone Huawei yakni tidak adanya Layanan Google bawaan saat membeli smartphone.

Dimensi & Desain

Untuk urusan desain mungkin tidak perlu banyak dikomentari lagi karena memang sudah sangat terlihat modern dan kekinian layaknya kebanyakan flagship dari brand-brand lain untuk saat ini. Dibagian depan terdapat layar yang sagat luas dengan bentuk yang melengkung dan sangat minim bahkan nyaris tidak terlihat bezel.

Namun walaupun bezel dari layar smartphon Huawei P40 ini sangat-sangat tipis, tapi Tompelnya mungkin terlalu besar untuk ukuran smartphone flagship kekinian, tompel tersebut terletak pada bagian sudut kiri atas smartphone yang terisi oleh satu buah lensa kamera dan juga temannya yaitu sensor infrared untuk deteksi wajah yang lebih akurat walaupun pada saat kondisi cahaya nya sedang kurang.

Selebihnya tidak ada yang terlalu masalah dari desain dari P40 Pro ini, seperti biasa pada bagian belakang smartphone terlihat bersih dan hanya ada hulisan Huawei pada bagian kiri bawah smartphone dan juga modul kamera yang berbentuk persegi panjang pada bagian kiri atas smartphone tersebut. Untuk material body nya sendiri sudah pasti menggunakan material body kaca baik untuk bagian depan maupun belakang smartphone dengan frame alumunium yang membuatnya terasa mewah dan juga kokoh saat dipegang.

Pada bagian sebelah kanan smartphone seperti biasa terdapat tombol power dan juga tombol Volume Up & Down dan di sebelah kirinya P40 Pro ini terlihat sangat bersih karena tidak ada tombol atau pun port apa-apa. Beralih ke bagian atas smartphone hanya terdapat lubang Microphone, sedangkan untuk di bagian bawahnya terdapat lubang speaker yang sangat disayangkan karena masih menggunakan speaker mono bahkan disaat flagship lain sudah menggunakan speaker stereo.

Tepat di bagian tengah bawah dari smartphone ini terdapat port USB Type-C untuk kebutuhan pengisian daya maupun transfer data, disampingnya terdapat lubang Microphone dan yang terakhir adalah SIM Tray untuk menampung kartu SIM.

Untuk dimensinya sendiri Huawei P40 Pro ini punya ukuran panjang 158,2 mm, lebar 72,6 mm, dan tebalnya yang hanya 9 mm saja membuat smartphone ini sangat terasa solid saat di genggam apalagi bobotnya hanya 209 gram saja yang masih sangat mudah untuk dibawa kemana pun.

Layar

Untuk layarnya sendiri pun juga sudah mulai terlihat dari bagian luarnya yang khasnya flagship, ukuran dari layar tersebut adalah 6.58 Inch dan sudah menggunakan teknologi OLED yang mana layar dengan teknologi tersebut punya saturasi warna yang baik dan masih sangat bisa untuk digunakan meskipun sedang berada di bawah sinar matahari.

Bagi anda yang senang bermain game pastinya layar dari Huawei P40 Pro ini akan menjadi lebih menyenangkan lagi dikarenakan sudah memiliki refresh rate hingga 120 Hz yang membuat pergerakan gambar menjadi lebih smooth dibandingkan dengan layar lain pada umumnya.

Resolusi dari layar nya ini adalah 2640 X 1200 pixel dengan screen to body rasionya yang mencapai 91,6% yang mana itu artinya menjadi salah satu layar smartphone yang hampir tidak punya bezel. Kepadatan dari layar nya ini sendiri juga tergolong sangat padat karena mencapai 441 ppi dan sudah mendukung HDR10 juga.

Kamera

Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau Huawei P40 Pro ini menggunakan sistem Quad Camera yang mana itu artinya  sudah memiliki 4 buah lensa kamera, masing-masing lensa tersebut punya resolusi 50 MP f/1.9 sebagai lensa wide nya lengkap dengan fitur Omnidirectional, PDAF, OIS dan juga Periscope.

Kemudian ada lensa 40 MP f/1.8 sebagai lensa ultrawide nya, lensa Telephoto dengan resolusi 12 MP f/3.4 lengkap dengan PDAF, OIS dan juga 5X Optical Zoom dan yang terakhir ada TOF 3D sebagai lensa Depth Sensor untuk pengambilan foto dengan efek bokeh. Kualitas gmbar yang dihasilkan oleh kamera Huawei P40 Pro ini sudah  bisa ditebak dari generasi sebelumnya yaitu P30 Pro yang mampu menghasilkan gambar yang sangat baik.

Untuk urusan perekaman video juga kamera utama Huawei P40 Pro ini juga sangat bisa diandalkan, karena OIS nya mampu bekerja dengan sangat baik, tidak hanya itu hasil perekaman videonya pun juga sangat Smooth. Resolusi video yang mampu direkam menggunakan kamera utama dari Huawei P40 Pro ini ada pada resolusi 2K dengan frame rate 30 atau 60 fps, kemudian pada resolusi Full HD dengan frame rate 30 atau 60 fps, pada resolusi HD dengan frame rate 7680 fps dan yang terakhir kembali lagi ke resolusi Full HD namun dengan frame rate yang lebih tinggi yakni 960 fps.

Baca Juga

Kesemua resolusi tersebut sudah bisa menggunakan fitur gyro-EIS jadi seharusnya walaupun merekam video hanya menggunakan tangan saja sudah sangat stabil, namun jika ingin lebih smooth dan lebih stabil lagi bisa menggunakan gymbal yang dijual secara terpisah.

Untuk kamera depannya sendiri Huawei P40 Pro ini menggunakan 2 buah lensa kamera yang mana lensa Utamanya punya resolusi 32 MP f/2.2 sebagi lensa widenya dan juga lensa kedua yang dimanfaatkan sebagai Infrared TOF 3D, khas nya flagship kualitas foto yang dihasilkan kamera depannya ini juga sudah sangat bagus. Untuk perekaman videonya juga tidak bisa diremehkan sama sekali karena sudah mampu merekam video dengan resolusi 2K pada frame rate 30 atau 60 fps, dan juga pada resolusi Full HD dengan frame rate 30 atau 60 fps.

Performa

Layaknya flagship-flagship lain Huawei P40 ini juga menggunakan prosessor yang paling kencang dari brand yang mereka pilih, jika sebelumnya pada p30 pro Huawei menggunakan prosessor 980 dengan fabrikasi 7 nm maka untuk P40 Pro ini Huawei menggunakan prosessor yang paling baru dan paling tinggi dari Kirin yakni prosessor Kirin 990 5G dengan fabrikasi 7 nm+ yang punya segudang fitur yang lebih menarik.

Tapi kembali lagi walaupun prosessor tersebut merupakan prosessor yang paling tinggi tapi bukan berarti semua game mampu dilibas dengan lancar oleh prosessor tersebut karena belum tentu semua flagship cocok digunakan untuk bermain game walaupun untuk kebanyakan game sudah mampu dijalankan dengan baik.

Prosessor yang kencang tersebut dipadukan dengan GPU Mali-G76 MP16 dan RAM sebesar 8GB untuk kebutuhan multitasking dan gaming ringan hingga berat.

Lain-lain

Hal lain yang sudah menjadi standarnya sebuah flagship seperti Bluetooth 5.0, NFC, USB Type-C semua sudah ada pada perangkat Huawei yang satu ini. Tidak hanya itu walaupun smartphone ini punya kapasitas baterai dibawah 5000 mAh tapi untuk ketahanan baterainya sama sekali tidak bisa dianggap remeh bahkan masih bisa bersaing dengan smartphone lain dengan kapasitas baterai 5000 mAh.

Untuk kelengkapan sensornya seperti biasa tersedia sensor infrared face recognition, accelerometer, gyro, proximity, compass dan juga color spectrum.

Harga

Harga yang admin cantumkan disini adalah harga per bulan Mei 2020 dan masih bisa berubah kapan pun dan dimana pun, Listnya adalah sebagai berikut:

Huawei P40 Pro 8/128 GB dijual seharga Rp 13.899.000
Huawei P40 Pro 8/256 GB dijual seharga Rp 14.499.000
Huawei P40 Pro 8/512 GB dijual seharga Rp 15.299.000

Baca Juga

Spesifikasi lengkap
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
Bahan Depan
Bahan Belakang
Bahan Frame


158,2 mm
72,6 mm
9 mm
Kaca
Kaca
Alumunium
layar

Ukuran Layar
Teknologi Layar
Ukuran Layar Berbanding Body
Resolusi Layar
Kepadatan Layar
Fitur Layar


6,58 Inch
OLED
91,6% Dari Ukuran Body
2640 X 1200 pixel
441 ppi
HDR10
Refresh Rate 90 Hz
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur



Lensa Kedua
Fitur


Lensa Ketiga
Fitur
Lensa Keempat
Fitur Kamera Utama




Perekaman Video



Fitur


Kamera Depan
Lensa Utama
Lensa Kedua
Fitur Kamera Depan

Perekaman Video


Quad Camera
50 MP f/1.9 Sebagai Lensa Wide
Omnidirectional
PDAF
OIS
Periscope
12 MP f/3.4 Sebagai Lensa Telephoto
PDAF
OIS
5X Optical Zoom
40 MP f/1.8 Sebagai Lensa Ultrawide
PDAF
TOF 3D sebagai Lensa Depth Sensor
Lensa LEICA
LED Flash
Panorama
HDR

2160 pixel Pada frame rate 30 atau 60 fps
1080 pixel Pada frame rate 30 atau 60 fps
720 pixel Pada frame rate 7680 fps
1080 pixel Pada frame rate 960 fps
HDR
Gyro-EIS

Dual Camera
32 MP f/2.2 Sebagai Lensa Wide
Infrared 3D TOF
Auto Fokus
HDR
2160 Pixel pada Frame rate 30 atau 60 fps
1080 Pixel pada Frame rate 30 atau 60 fps
Performa

Prosessor
RAM
GPU


Kirin 990 5G dengan fabrikasi +7 nm
8GB
Mali-G76 MP16
Konektivitas

WLAN




Bluetooth




NFC

usb




Infrared


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE

Tersedia

USB Type-C
Versi 3.1
Reversible Conector Versi 1.0
USB OTG

Tersedia
GPS
Tersedia
Dual-Band A-GPS
GLONASS
BDS
GALILEO
QZSS
NavIC
Kelengkapan Sensor
Ifrared Face Reconition
Fingger Print Under Display
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass
Color Spectrum
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Kecepatan Pengecasan
Wireless Charging
Revers Charging


4200 mAh
40 Watt ( 0 ke 100% sekitar 52 Menit )
Tersedia ( Fast Charging 27 Watt )
Tersedia ( Fast Wireless Charging 27 Watt )
Sistem Opersi ( OS )
Android 10.0
Kustomisasi EMUI 10 dengan HMS pengganti google play
Warna
Silver Frost
Blush Gold
Deep Sea Blue
Ice White
Black
Harga

Huawei P40 Pro 8/128 GB
Huawei P40 Pro 8/256 GB
Huawei P40 Pro 8/512 GB


Rp 13.899.000 ( Update Harga Per Bulan Mei 2020 )
Rp 14.499.000 ( Update Harga Per Bulan Mei 2020 )
Rp 15.299.000 ( Update Harga Per Bulan Mei 2020 )

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »