Spesifikasi & Harga Iphone SE 2020


Attailah Petir Apple selalu punya gebrakan tersendiri untuk produk-produk yang diperkenalkannya mulai dari Iphone generasi lawas hingga ke generasi yang paling baru sekarang ini yaitu Iphone generasi 11. Seperti yang kita tahu kalau setiap generasi dari Iphone selalu mampu untuk menarik perhatian sangat banyak orang bak dari generasi 3, 3G, 4, 4S dan seterusnya.
Spesifikasi & Harga Iphone SE 2020
Source Image: Youtube/GSMArena
Belum lama ini Apple kembali memperkenalkan generasi terbaru dari Iphone SE yakni Iphone SE Generasi Terbaru setelah diperkenalkan generasi pertamanya yang sudah sangat lama dan tidak sedikit orang yang berpendapat kalau Iphone SE Generasi Terbaru ini harganya kemahalan dengan desainnya yang masih mirip Iphone 8 dengan 1 buah lensa kamera. Tapi tidak sedikit juga dari mereka yang mengatakan kalau harga Iphone SE terbaru ini harganya sangat murah karena performa yang ditawarkan yang benar-benar kencang.

Jika dibandingkan dengan Iphone SE generasi pertama bentunya terlihat jadul karena masih punya bezel atas bawah yang lumayan tebal untuk kelas smartphone zaman sekarang dan sensornya juga masih menggunakan sensor fingger print di bagian bawah smartphone yang bisa dibayangkan seberapa tebal bezel bawahnya ini.

Baca Juga

Tidak hanya itu, lensa kamera bawaanya juga masih menggunakan 1 buah lensa kamera, namun dikarenakan sudah menggunakan prosessor yang benar-benar kencang nya apple maka immage prosessing nya juga lumayan membantu unuk hasil dari kamera nya sendiri baik untuk perekaman video maupun untuk pengambilan gambar.

Untuk lebih jelasnya mari kita ulas di bawah ini.

Dimensi & Desain
Seperti kebanyakan produk apple lainnya Iphone SE generasi terbaru ini punya desain yang lumayan menarik untuk diperhatikan dikarenakan selalu punya desain yang terlihat mewah, untuk desain cover belakangnya menggunakan bahan metal yang dilapisi kaca yang membuat smartphone ini terlihat kokoh dan juga mewah. Sedangkan untuk frame nya menggunakan frame Alumunium yang juga terlihat mewah.

Baik untuk bagian depan maupun bagian belakang sama-sama menggunakan bahan kaca yang terlihat begitu mewah, sedangkan untuk modelnya sendiri terlihat simpel tanpa adanya pernak-pernik yang berlebihan seperti pada kebanyakan smartphone lain pada umumnya. Pada bagian depan atas terdapat sebuah kamera yang diposisikan hampir tepat ke bagian tengah namun sedikit ke kiri dan di sebelah kanan atau tepat di bagian atas tengah nya terdapat lubang speaker khasnya Iphone.

Dibagian bawahnya terdapat dagu yang sama tebalnya dengan di bagian atas dan sama i bagian tengah dagu tersebut terdapat sensor fingger print. Sedangkan untuk bagian belakangnya terlihat bersih dan hanya terdapat satu buah lensa kamera pada bagian sudut kiri atas yang ditemani LED Flash dan khasnya Apple di bagian tengahnya terdapat logo Apple.

Beralih ke bagian sebelah kiri smartphone terdapat tombol notifikasi, dan di bawah dari tombol notifikasi tersebut terdapat tombol Volume Up & Down khasnya penempatan tombol di Iphone di sebelah kanan akan menemukan tombol power dan juga Slot SIM Card, dan seperti biasa untuk bagian bawahnya terdapat lubang Microphone, Port Lighting, dan juga lubang speaker.

Untuk dimesinya sendiri Iphone SE generasi terbaru ini punya dimensi Panjang 138.4 mm, Lebar 67.3 mm dan Tebalnya yang hanya 7.3 mm saja sedangkan untuk bobotnya sendiri  hanya 148 gram saja dimana untuk sebuah smartphone sekarang terasa sangat mungil dan juga sangat enteng untuk dibawa kemanapun dan yang lebih kerennya lagi smartphone ini sudah mendapatkan sertifikat IP67 yang katanya tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Layar
Jika kebanyakan smartphone lain sudah menggunakan layar dengan teknologi Super Amoled, Iphone SE 2020 ini sudah dibekali dengan layar terbaiknya Apple yakni layar IPS namun dengan teknologi Retina Display yang tidak akan kalah dibandingkan dengan layar Super AMOLED apalagi layar tersebut punya brightness hingga 625 nitss yang artinya itu sangat-sangat cerah.

Dikarenakan smartphone ini punya ukuran yang mungil maka tidak heran jika layar yang digunakan pun tidak terlalu besar layaknya Iphone 11 Pro apalagi yang 11 Pro Max, layar digunakan berukuran 4.7 Inc beresolusi 1334 X 750 pixel membuat nya masih nyaman-nyaman saja untuk digunakan walaupun butuh kebiasaan kembali layaknya saat dulu kita membeli smartphone dengan layar kecil yang tiba-tiba sudah punya smartphone dengan layar sentuh yang besar.

Rasio layarnya sendiri masih 19:9 dengan kepadatan layarnya yang mencapai 326 ppi dan jika layar smartphone lainnya menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass, layar smartphone ini menggunakan pelindung Ion-Stregthened yang lebih dengan true tone warna. Layarnya masih terasa kurang memuaskan untuk kebanyakan smartphone untuk sekarang ini.

Baca Juga

Kamera
Tidak ada yang terlalu spesial dari segi kameranya karena jika dibandingkan dengan kebanyakan kamera kebanyakan smartphone sekarang ini, Kamera dari Iphone SE 2020 ini terasa ketinggalan sangat jauh dikarenakan masih menggunakan 1 buah lensa saja, tapi jika dilirik dari prosessor yang digunakan otomatis Image prosessing nya seharusnya jauh lebih baik walaupun hanya menggunakan satu buah lensa saja.

Hal tersebut terbukti dari perekaman video yang mampu direkam oleh lensa kamera utamanya ini yang mencapai 2160 pixel pada frame rate 24, 30 atau 60 fps, dan 1080 pixel pada frame rate 30, 60 atau 240fps. Hanya dengan mengandalkan 1 buah lensa saja dengan resolusi 12 MP f/1.8 sebagai lensa wide nya saja.

Namun jika dilirik dari fitur kamera yang diberikan untuk Iphone SE 2020 ini lumayan mengejutkan mengingat fitur HDR, OIS dan juga stereo sound recording sebagai salah satu fitur unggulan dari kamera si Iphone SE 2020 ini.

Sedangkan untuk kamera depannya juga masih sangat terasa jadul karena masih menggunakan 1 buah lensa dengan resolusi 7 MP bukan 8 MP dengan apparture f/2.2 untuk kebutuhan selfienya walaupun untuk hasil IG story nya masih kalah jauh dibandingkan dengan kebanyakan smartphone android pada umunnya karena kembali lagi kalau ini merupakan Iphone.

Untuk fitur-fiturnya sendiri seperti biasa ada Face Detection, Panorama dan juga HDR dan untuk kebutuhan perekaman video nya juga standarnya kebanyakan smartphone zaman sekarang ini karena sudah mampu merekam video dengan resolusi 1080 pixel pada frame rate 30 fps lengkap dengan fitur gyro-EIS.

Performa
Jika beberapa hal yang sudah kita bahas diatas tadi bukan apa-apa bahkan masih ketinggalan jauh dibandingkan dengan kebanyakan smartphone lain untuk sekarang ini dengan harga yang setara dengan Iphone SE 2020 ini maka untuk yang satu ini mungkin akan sangat-sangat menjadi pertimbangan untuk memiliki Iphone SE 2020 karena performanya yang lagi-lagi sangat-sangat kencang walaupun ukurannya mungil.

Dibekali dengan chipset Apple A13 Bionic seperti yang digunakan pada Iphone 11 Pro pastinya performa dari Iphone SE 2020 ini sama sekali tidak bisa dianggap remeh dikarenakan jika dilihat dari Score antutu yang didapatkan oleh smartphone yang sama-sama menggunakan chipset A13 Bionic ini yakni Iphone 11 pro yang sudah sangat-sangat tinggi maka tidak heran kalau performanya masih bisa bersaing dengan flagship mana pun. Walaupun kembali lagi kalau dilihat dari segi yang lainnya smartphone ini mungkin masih kalah sangat-sangat jauh.

Performa dari Chipset A13 Bionic dengan fabrikasi 7 nm yang dipadukan dengan RAM sebesar 3GB tentunya akan menghasilkan performa yang luar biasa kencang, dan kabar baiknya untuk yang suka bermain game juga masih sangat direkomendasikan dengan budget di bawah Rp 10 juta yang menginginkan performa gaming terbaik smartphone buatan Apple untuk saat ini.

Dikarenakan GPU yang digunakan pun sudah menggunakan GPU buatan Apple sendiri dengan 4 buah Core dan mungkin yang akan menjadi masalah bagi anda yang suka bermain game dengan ukuran layar yang besar. Tapi jika ukuran layar bukan masalah yang terlalu serius untuk anda performa dari Iphone SE 2020 ini masih sangat layak untuk dipertimbangkan.

Untuk urusan storagenya sendiri smartphone ini tersedia dalam 3 pilihan penyimpanan diantaranya yang paling kecil adalah 64GB, 128 GB dan yang paling besar adalah 256 GB, dalam storage ini admin lebih menyarankan untuk mengambil yang kapasitasnya paling besar karena seperti biasanya Iphone tidak menyediakan slot Micro SD untuk menambah ruang penyimpanan.

Lain-lain
Walaupun smartphone ini bukan lini tertingginya Apple tapi sejumlah fitur mewah seperti fitur NFC pun sudah tersematkan dan untuk kelengkapan sensornya seperti biasa ada sensor fingger print, accelerometer, proximity, gyro, dan juga compass sudah tersedia. Bagi anda yang hobi dengan perintah suara tersedia juga asisten siri yang siap melayani anda namun sayangnya masih dalam format bahasa inggris yang sempurna.

Untuk kapasitas baterainya sendiri hanya mengandalkan baterai dengan kapasitas 1821 mAh saja dan ini juga bisa menjadi salah satu kekurangan dari Iphone SE 2020 ini, tapi kembali lagi karena ukurannya yang ringkas maka hal tersebut juga terasa sangat wajar, dan kalau dilihat lebih jauh manejemen baterai dari Chipset A13 Bionic ini tergolong mantap karena Apple sangat memperhatikan sistem manejemen baterai untuk setiap perangkatnya.

Harga
Setiap perangkat Apple pastinya punya kualitas yang baik begitu juga dengan harganya yang istimewa, tapi untuk harga diatas Rp 5 Juta mungkin masih perlu anda pertimbangkan lagi.
Iphone SE 2020 versi  3/64 GB dijual seharga Rp 6.000.000 (  Update Mei 2020 )
Iphone SE 2020 versi  3/128 GB dijual seharga Rp 6.303.000 ( Update Mei 2020 )
Iphone SE 2020 versi  3/256 GB dijual seharga Rp 7.206.000( Update Mei 2020 )

Harga tersebut merupakan harga yang admin Update per bulan Mei 2020 dan belum termasuk pajak di indonesia yang seperti kita tahu kalau sudah masuk ke indonesia mungkin bisa lebih mahal lagi.

Baca Juga

Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
Bobot
Material Body Depan
Material Body Belakang
Frame
Fitur Anti Air


138.4 mm
67.3 mm
7.3 mm
148 gram
Kaca
Kaca
Metal
Sertifikasi IP67 Tahan Air pada kedalaman 1 meter selama 30 menit
layar

Ukuran Layar
Teknologi Layar
Screen To Body Rasio
Resolusi Layar
Rasio Layar
Kepadatan Layar
Pelindung Layar
Fitur Layar


4.7 Inch
IPS LCD Retina
65.4% dari keseluruhan Permukaan depan smartphone
1334 X 750 pixel
16 : 9
326 ppi
Ion-Strengthened Glass
Oleophoebic Coating
Wide color gamut
True-tone
Brightness maksimal mencapai 625 nits
Kamera

Kamera utama
Resolusi Kamera
Fitur Kamera Utama



Perekaman Video

Fitur



Kamera Depan
Resolusi Kamera
Fitur kamera


Perekaman video
Fitur


Singgle Camera
12 MP f/1.8 sebagai lensa Wide dengan PDAF dan juga OIS
Dual-LED
Dual-tone Flash
HDR

2160 pixel pada frame rate 24, 30 atau 60 fps
1080 pixel pada frame rate 30,60,120 atau 240 fps
HDR
OIS
Stereo Sound Recording

Singgle Camera
7 MP f/2.2
Face Detection
HDR
Panorama
1080 pixel pada frame rate 30 fps
Gyro-EIS
Performa

Prosessor
RAM
GPU


Apple A13 Bionic
3 GB
Apple GPU 4 Core Graphic
Penyimpanan

Internal
Eksternal


64/128/256 GB
Tidak Tersedia
GPS
Tersedia
A-GPS
GLONASS
Konektivitas

Wlan



Bluetooth




NFC

USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax
Dual-band
Hotspot

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE

Tersedia

Tersedia Port Lighting
Versi 2.0
Kelengkapan Sensor
Fingger Print
Accelerometer
Proximity
Gyro
Compass
Barometer
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Kecepatan Pengecasan


1821 mAh
Fast Charging 18 watt
Sistem Operasi ( OS )
iOS 13
Ketersediaan Warna
Black
White
Red
Harga

Iphone SE 2020 3/64GB
Iphone SE 2020 3/128GB
Iphone SE 2020 3/256GB


Rp 6.000.000 ( Update Per Bulan Mei 2020 )
Rp 6.303.000 ( Update Per Bulan Mei 2020 )
Rp 7.206.000 ( Update Per Bulan Mei 2020 )

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »