Spesifikasi & Harga Oppo A31


Attailah Petir Setelah samsung Oppo juga tidak tinggal diam, belum lama ini memperkenalkan smartphone terbaru mereka yakni Oppo A31, Smartphone ini merupakan yang punya performa yang bisa dikatakan mencukupi untuk penggunaan harian dengan desain smartphone yang terlihat modern dan juga mewah.
Sumber: Youtube/Arrinish
Diperkenalkan pada bulan Februari 2020 kemarin Oppo A31 ini mampu merebut perhatian sangat banyak orang. Baik untuk tampilan depan maupun belakangnya sama-sama masih enak untuk dilihat dan juga terlihat begitu modern karena untuk kameranya sendiri sudah menggunakan modul yang menggunakan 3 buah lensa kamera untuk kamera utamanya, sedangkan untuk kamera depannya juga sudah terlihat seperti kebanyakan smartphone saat ini yang mana sudah menggunakan kamera dengan bentuk poni pada bagian atas smartphone.

Feel saat digenggam juga terasa nyaman-nyaman saja karena Oppo A31 ini terasa Compact dengan bobot yang tidak terlalu berat untuk sebuah smartphone. Selanjutnya yang mungkin yang jadi nilai jual utama dari si Oppo A31 ini adalah harganya yang tidak menembus angka Rp 3 juta rupiah yang mana untuk smartphone dengan RAM 4 GB dengan harga tersebut sudah sangat worth’it.

Baca Juga

Untuk lebih jelasnya lagi mari kita ulas tentang spesifikasi dari Oppo A31 ini.

Dimensi & Desain

Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau desain dari Oppo A31 ini terlihat sangat modern dengan gradasi warna yang serasi baik untuk bagian atas maupun bagian bawah smartphone. Selain itu layarnya juga sudah sangat lega dengan desain layar yang memanjang layaknya kebanyakan smartphone yang beredar dipasaran saat ini.

Untuk material body yang digunakan pada Oppo A31 ini memang masih menggunakan material Polycarbonate, tapi hal tersebut masih terasa wajar-wajar saja mengingat harganya yang tidak sampai angka Rp 3 juta. Disebelah kiri smartphone terdapat tombol Volume Up & Down dan sedikit ke bagian atas tombol tersebut terdapat SIM Tray yang mampu menampung 2 kartu nano SIM dengan 1 slot untuk kebutuhan kartu Micro SD, sedangkan disebelah kanan nya seperti biasa terdapat tombol power.

Pada bagian atas smartphone pengguna akan menemukan sebuah lubang yang tidak lain adalah lubang Microphone dan untuk bagian bawahnya barulah anda akan menemukan beberapa lubang yang mana diantaranya terdapat lubang speaker, Port Micro USB ( Belum menggunakan USB Type-C ), lubang Microphone dan juga Port Jack Audio 3,5mm.

Dibagian belakangnya terdapat 1 buah modul kamera yang diisi oleh 3 buah lensa dengan susunan memanjang ke atas, pada bagian tengah agak sedikit ketas terdapat sensor fingger print untuk kebutuhan buka smartphone dengna sistem sidik jari karena smartphone ini belum menggunakan sistem fingger print under display.

Beralih ke bagian sudut kanan bawah smartphone terdapat tulisan Oppo. Seperti kebanyakan smartphone lainnya juga bezel dari Oppo A31 ini juga sudah tergolong minim yang membuat layarnya terasa lebih lega, selain itu poni yang ada pada bagian atas smartphone juga tidak terlalu mengganggu walaupun bagi sebagian orang poni tersebut terasa sangat mengaggu.

Smartphone ini terasa nyaman-nyaman saja saat di genggam karena ukurannya yang tidak terlalu besar dimana panjang dari smartphone ini yang hanya 163,9 mm dengan lebar 75,5 mm dengan tebal yang hanya 8,3 mm. Bobot dari smartphone ini hanya 180 gram saja yang mana dengan bobotnya tersebut Oppo A31 ini tidak bisa dikatakan terlalu berat untuk sebuah smartphone compact namun harus diakui agak terasa berat untuk sebuah smartphone dengan body Poly Carbonate.

Layar

Berali ke bagian layar disini anda akan menemukan layar yang lumayan lega yakni dengan ukuran layar 6,5 inch, layar tersebut memang tidak terlalu sempurna karena belum menggunakan layar dengan teknologi AMOLED atau Super AMOLED yang dengan kata lain layar dari Oppo A31 ini masih menggunakan teknologi IPS.

Ukuran dari layarnya ini sendiri sangat lega karena mencapai 82,4% dari keseluruhan ukuran body smartphone, untuk rasio layarnya sendiri juga masih sama seperti kebanyakan smartphone lain pada umumnya yakni 20:9.

Baca Juga

Kepadatan layarnya juga sudah lumayan yakni 270ppi dengan resolusi layarnya  1600 X 720 pixel. Yang mungkin kekurangan yang paling fatal yang bisa ditemukan dari layar Oppo A31 ini ada pada sektor proteksi nya yang sama sekali masih belum menggunakan prosteksi Corning Gorilla Glass, jadi dengan kata lain begitu anda membeli smartphone yang satu ini mau tidak mau anda juga harus membeli pelindung layar atau yang dikenal dengan nama Anti Gores.

Kamera

Beralih ke bagian kamera, Oppo A31 ini dibekali dengan 3 buah lensa kamera untuk kamera utamanya dimana masing-masing lensa punya resolusi 12 MP f/1.8 sebagai lensa Wide lengkap dengan fitur PDAF, 2 MP f/2.4 sebagai lensa makro nya dan 2 MP f/2.4 sebagai lensa Dept Sensor untuk pengambilan gambar dengan efek bokeh.

Seperti biasa untuk fitur utama dari kamera utamanya ini ada LED Flash, Panorama dan juga HDR. Tidak ada yang terlalu istimewa untuk perekaman videonya karena walaupun menggunakan kamera utama perekaman video yang mampu direkam menggunakan kamera Oppo A31 ini hanya mentok pada resolusi 1080 pixel pada framer rate 30fps saja.

Beralih ke kamera depan anda juga hanya akan menemukan 1 buah lensa kamera dengan resolusi 8 MP f/2.0 sebagai lensa Wide nya saja, dan untuk urusan fitur dari kamera depannya ini sendiri hanya ada fitur HDR. Sedangkan untuk perekaman video menggunakan kamera depan dari Oppo A31 ini sendiri juga tidak ada yang terlalu istimewa karena hanya mampu direkam pada resolusi 1080 pixel pada frame rate 30 fps saja.

Performa

Untuk urusan performa nya sendiri Oppo A31 ini juga sudah dibekali dengan chipset buatan mediatek yakni Helio P35 dengan fabrikasi 12 nm yang mana penggunaan chipset ini terasa berbeda dengan Oppo A3s yang sudah pernah diperkenalkan Oppo pada tahun 2018 lalu yang menggunakan chipset buatan Qualcomm yakni Qualcomm Snapdragon 450.

Perpaduan antara Chipset Mediatek Helio P35 dengan RAM sebesar 4 GB tentunya membuat si Oppo A31 ini tidak bisa diremehkan, walaupun smartphone ini merupakan smartphone dengan harga dibawah Rp 3 Juta, tapi smartphone ini sudah bisa digunakan untuk menjalankan beberapa game berat seperti PUBG Mobile pada settingan Balance Medium dan untuk Game Mobile legends bisa mentok pada settingan grafik Ultra.

Bermain game akan terasa semakin asyik dikarenakan smartphone ini sudah menggunakan GPU Power VR GE8320.

Lain-lain

Hal lain yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda sebelum membeli smartphone ini adalah sistem koneksinya yang sudah lumayan lengkap dan sudah menggunakan teknologi terbaru juga pastinya seperti  Bluetooth yang sudah menggunakan bluetooth versi 5.0, sudah terdapat wifi 802.11 a/b/g/n/ac dan juga sudah bisa USB OTG.

Dikarenakan Oppo A31 ini merupakan smartphone dengan harga yang lumayan terjangkau maka untuk kelengkapan sensornya tidak selengkap smartphone-smartphone mahal lainnya, dikarenakan hanya terdapat sensor Fingger Print, Accelerometer, Proximity dan juga Compass.

Untuk menemani pengguna nya dalam jangka waktu yang lumayan lama setiap harinya Oppo juga membekali Oppo A31 ini dengan baterai berkapasitas 4230 mAh.

Harga

Dikarenakan smartphone ini tersedia dalam 2 pilihan memori internal maka harga yang admin update per bulan Mei 2020 ini adalah sebagai berikut:

Oppo A31 4/64 GB dijual seharga Rp 2.425.000
Oppo A31 4/64 GB dijual seharga Rp 1.209.450

Harga tersebut masih bisa berubah kapan saja dan dimana saja, ada baiknya untuk melihat updatenya di e-commers terpercaya di indonesia.

Untuk lebih detail informasi mengenai Oppo A31 ini bisa dilihat di bawah ini.

Baca Juga

Spesifikasi Lengkap
DImensi

Panjang
Lebar
Tebal
Bobot
Bahan Body Belakang
Bahan Body Depan
Bahan Pinggiran Body


163.9 mm
75,5 mm
8,3 mm
180 gram
Polycarbonate
Kaca
Plastik
Layar

Ukuran Layar
Teknologi Layar
Rasio Layar Dari Body
Resolusi Layar
Kepadatan Layar
Rasio Layar
Fitur Layar


6,5 Inch
IPS LCD
82,4%
1600 x 720 pixel
270ppi
20:9
Brightness layar hingga 480 nits.
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur
Lensa Kedua
Lensa Ketiga
Fitur Kamera Utama



Perekaman Video

Kamera Depan
Resolusi Kamera
Fitur
Perekaman Video


Triple Camera
12 MP f/1.8 sebagai lensa Wide
PDAF
2 MP f/2.4 sebagai Lensa Makro
2 MP f/2.4 sebagai lensa Depth Sensor
LED Flash
HDR
Panorama

1080 Pixel pada frame rate 30fps

Singgle Camera
8 MP f/2.0
HDR
1080 pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosessor
RAM
GPU


Mediatek Helio P35
4GB
PowerVR GE8320
Penyimpanan

Internal

Eksternal


64 GB
128 GB
Tersedia Slot Micro SD
Konektivitas

WLAN




Bluetooth




USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE

Tersedia
Micro USB
Versi 2.0
USB OTG
Kelengkapan Sensor
Fingger Print
Accelerometer
Proximity
Compass
Radio FM
Tersedia
kapasitas baterai
4230 mAh
Sistem Operasi ( OS )
Android 9.0 ( Pie )
Kustomisasi Color OS 6.1
Pilihan Warna
Fantasy White
Mistery Black
Harga

Oppo a31 4/64Gb
Oppo a31 4/128Gb


Rp 2.425.000
Rp 1.209.450

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »