Spesifikasi & Harga Realme 6 Pro

Attailah Petir - Jika pada postingan sebelum nya kita sudah pernah membahas tentang Spesifikasi & Harga Realme 6 maka kali ini admin akan melanjutkan dengan kakaknya yakni si Realme 6 Pro dimana smartphone yang satu ini merupakan versi yang sedikit lebih tinggi dari adiknya yakni si Realme 6.
Spesifikasi & Harga Realme 6 Pro
Walaupun smartphone ini sama-sama di perkenalkan pada awal bulan maret 2020 lalu, namun ternyata smartphone buatan Realme ini terlihat lumayan berbeda dimana hal tersebut sudah mulai terlihat dari desain si smartphone ini sendiri  baik untuk bagian depan smartphone maupun bagian belakang nya.

pada bagian depan smartphone atau pada bagian layar yang paling terlihat berbeda adalah pada bagian kamera depannya, dimana Realme 6 Pro menggunakan 2 buah lensa kamera untuk kamera selfienya walaupun letaknya sama-sama pada bagian sudut kiri atas layar smartphone yang membentuk huruf O kecil namun karena terdapat 2 buah lensa maka tetap saja lensanya tersebut akan terlihat lumayan besar dari yang seharusnya.

sedangkan pada bagian belakang smartphone juga telihat berbeda karena memang kedua smartphone tersebut punya karakteristik warna yang sedikit berbeda dan hal tersebut juga diterapkan oleh realme hingga ke bagian model belakangnya dimana Realme 6 pro terlihat seperti menunjukkan logo layaknya di film The Flash, sedangkan Realme 6 hanya dengan model yang sudah sangat umum layaknya kebanyakan smarpthone lain pada umumnya.

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Oppo A5s
Spesifikasi & Harga Realme C3

untuk informasi lebih lengkap tentang Realme  6 Pro ini langsung saja kita coba ulas di bagian bawah ini.

Dimensi & Desain
pada bagian belakang smarpthone ini terlihat polos dengan model yang terlihat unik bila dibandingkan dengan kebanyakan smartphone lain pada umumnya dimana Realme 6 Pro ini punya desain yang lebih modern berkat model belakangnya yang seperti terdapat logo The Flash pada bagian belakang tengahnya.

Namun untuk modul kamera belakangnya tidak ada yang terlalu istimewa karena masih sama saja seperti smartphone Realme 6 yang sudah pernah admin bahas sebelumnya, dimana lensa yang digunakan ada 4 buah lensa kamera yang tersusun kedalam sebuah modul yang berbentuk vertikal dan seperti biasa pada bagian sudut kiri bawahnya terdapat tulisan Realme yang menjadi identitas smartphone yang satu ini dan selebihnya smartphone ini terlihat bersih karena sudah tidak ada lagi sensor sidik jari pada bagian belakang smarpthone.

Untuk bagian depan nya Realme 6 Pro ini terlihat lebih modern dan lebih mewah karena sudah menggunakan 2 buah lensa kamera yang berbetuk huruf O kembar dan di tempatkan pada sudut kiri atas smartphone. Jika dilihat dari kejauhan mungkin orang akan berpendapat kalau bahan yang digunakan pada bagian bodynya sama saja dengan bahan yang digunakan pada Realme 6 akan tetapi jika di pegang langsung barulah terasa kalau Realme 6 Pro ini Memang lebih mewah bila dibandingkan dengan Realme 6 karena sudah menggunakan bahan kaca pada bagian belakangnya.

Pada bagian sebelah kanan smartphone terdapat tombol power yang berbentuk pipih lengkap dengan sensor fingger print, dibagian bawah terdapat lubang speaker, port USB Type-C, Lubang jack audio 3,5 mm dan juga satu buat lubang Microphone. sedangkan di bagian sebelah kiri terdapat tombol Volume Up & Down, dan sedikit diatas tombol volume anda akan menemukan slot SIM Card yang mampu menampung 2 nano SIM dengan 1 slot Micro SD dan pada bagian atas smartphone hanya terdapat 1 lubang microphone.

Jika dilihat secara keseluruhan Realme 6 Pro ini terlihat lumayan mencolok dibandingkan dengan kebanyakan smartphone sekarang karena dari desain nya saja sudah mulai terlihat. ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan dengan Realme 6 yang sudah pernah admin sebutkan sebelumnya dimana dimensi panjang dari Realme 6 Pro ini adalah 163,8 mm dengan lebar 75,8 mm dan tebalnya yang hanya 8,9 mm saja.

walaupun smartphone ini dibawa untuk perjalanan jauh juga tidak terasa menjadi beban yang berarti karena bobotnya yang hanya 202 gram saja. Hal tersebut terasa wajar karena penggunaan bahan kaca pada bagian belakang body smartphone nya sedangkan untk layar bagian depannya menggunakan kaca corning Gorilla Glass5 untuk melindungi smartphone tersebut dari goresan dan debu.

Layar

Yang mungkin masih menjadi kekurangan dari Realme 6 Pro ini ada pada bagian layarnya dimana smartphone yang satu ini masih menggunakan layar dengan teknologi IPS yang tentu tidak akan sebaik layar dengan teknologi Super AMOLED, tapi walaupun masih menggunakan tetap saja layar dari Realme 6 Pro ini sama sekali tidak bisa diremehkan karena brightness nya mencapai 480 nitssyang mana itu artinya masih bisa digunakan walaupun dibawah sinar matahari.

Ukuran dari layarnya ini sendiri juga sangat nyaman digunakan baik untuk nonton maupun untuk bermain game karena sudah berukuran 6,6 Inch dengan screen to body rasionya yang mencapai 84,7% yang membuatnya terasa luas dan nyaman saat digunakan. Untuk resolusi layarnya sendiri 2400 X 1080 pixel dengan kepadatan layar yang mencapai 399 ppi dan yang paling menarik dari layar Realme 6 Pro ini tidak lain adalah refresh ratenya yang sudah 90 Hz.

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Vivo V15
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy A51

Kamera

Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau untuk urusan kamera Realme 6 Pro ini punya modul kamera yang masih sama-sama saja dengan kebanyakan modul kamera smartphone lain pada umumnya bahkan modul kameranya ini terlihat kuno karena tidak sedikit dari modul kamera lainnya yang punya modul kamera yang sudah mulai terlihat modern.

Untuk kamera utama dari Realme 60 ini menggunakan 4 buah lensa kamera yang tersusun rapi didalam sebuah modul, lensa utamanya punya resolusi 64 MP f/1.8 sebagai Lensa Wide, lengkap dengan fitur PDAF, selanjutnya ada lensa dengan resolusi 12 MP f/2.5 sebagai Lensa Telephoto, lengkap dengan fitur PDAF dan 2X Optical Zoom, kemudian ada lensa 8 MP f/2.3 sebagai Lensa Ultrawide dan yang terakhir adalah lensa 2 MP f/2.4 sebagai Lensa Makro.

Seperti biasa untuk urusan fitur dari kamera Utamanya ini ada LED Flash, HDR dan juga Panorama dan untuk urusan perekaman video Realme 6 Pro ini mampu untuk merekam video dengan resolusi 2K pada frame rate 30 fps, dan juga Full HD pada frame rate 30, 60 hingga 120 fps.

Sedangkan untuk kamera depannya juga Realme 6 Pro ini sangat menarik untuk dilirik karena meggunakan 2 buah lensa kamera yang terletak pada bagian sudut kiri layar berbentuk horizontal, masing-masing lensanya punya resolusi 16 MP f/2.1 sebagai lensa Wide dan 8 MP f/2.2 sebagai Lensa Ultrawide dan kamera depannya ini hanya mampu mereka video dengan resolusi Full HD saja dengan pada frame rate 30 fps.

Performa

Jika Realme 6 yang sudah pernah kita bahas sebelumnya menggunakan prosessor Mediatek, maka si kakak nya yakni Realme 6 Pro ini kembali menggunakan prosessor buatan Qualcomm yakni Snapdragon 720G dengan fabrikasi 8 nm .

Performanya terbilang lumayan memumpuni untuk melibas game-game ringan hingga sedang untuk saat ini dan walaupun untuk PUBG mobile belum mampu dijalankan hingga resolusi rata kanan, tapi hal tersebut dirasa wajar mengingat prosessor yang digunakan adalah prosessor yang kecil dan hemat daya.

Untuk mendukung kebutuhan grafis disini Realme 6 Pro ini menggunakan GPU Adreno 618 dan RAM yang tersedia dalam 2 pilihan yakni 6 GB atau 8GB, kedua pilihan RAM tersebut nantinya juga akan berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Selain RAM pilihan yang ditawarkan untuk smartphone ini adalah memori internalnya dan dalam hal ini Realme hanya memberikan 2 Opsi untuk memori internalnya yakni dengan kapasitas 64 GB dan kapasitas 128 GB saja.

Lain-lain

Kelengkapan sensor pada smartphone ini juga bisa dikatakan lumayan lengkap karena sudah tersedia sensor Fingger print, Accelerometer, gyro, Proximity dan juga Compass. 

Kapasitas baterai yang ditawarkan sama dengan adiknya si Realme 6 karena sama-sama punya kapasitas baterai 4300 mAh, tapi walaupun kapsitas baterainya diatas 4000 mAh tersebut kecepatan pengecasannya patut diacungi jempol karena sudah menggunakan casan dengan teknologi VOOC 4.0 yang mampu mengisi daya baterai tersebut mulai dari 0 hingga 100% dalam kurun waktu 57 menit saja.

Harga

Untuk Harganya sendiri berdasarkan pantuan admin perbulan Mei 2020 adalah sebagai berikut:

Realme 6 Pro 6/64GB dijual seharga Rp 3.745.000
Realme 6 Pro 6/128 GB dijual seharga Rp 3.999.000
Realme 6 Pro 8/128 GB dijual seharga Rp 4.217.000

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Z Flip
Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy A71

Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
Bobot
Bahan Depan
Bahan Belakang
Frame


163,8 mm
75,8 mm
8,9 mm
202 gram
Kaca Corning Gorilla Glass5
Kaca Corning Gorilla Glass5
Poly Carbonate
Layar

Ukuran Layar
Teknologi Layar
Persentase Layar Berbanding Body
Resolusi Layar
Rasio Layar
Kepadatan Layar
Birghtness Layar
Refresh Rate


6,6 inch
IPS
84,7 %
2400 X 1080 Pixel
20 : 9
399 ppi
480 nits
90 Hz
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur
Lensa Kedua
Fitur

Lensa Ketiga
Lensa Ke Empat

Fitur Kamera Utama



Perekaman Video

Fitur

Kamera Depan
Lensa Utama
Lensa Kedua

Fitur


Perekaman Video


Quad Camera ( Buah Lensa Kamera )
64 MP f/1.8 Sebagai Lensa Wide
PDAF
12 MP f/2.5 Sebagai Lensa Telephoto
PDAF
2X Optical Zoom
8 MP f/2.3 Sebagai Lensa Ultrawide
2 MP f/2.4 Sebagai Lensa Makro

LED Flash
HDR
Panorama

2160 Pixel pada frame rate 30 fps
1080 Pixel pada frame rate 30/60/120 fps
Gyro-EIS

Dual Camera ( 2 Buah Lensa Kamera )
16 MP f/2.1 Sebagai Lensa Wide
8 MP f/2.2 Sebagai Lensa Ultrawide

HDR
Panorama

1080 Pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosessor
GPU
RAM


Qualcomm Snapdragon 720G
Adreno 618
6/8GB
Penyimpanan

Internal

Eksternal


64 GB
128GB
Tersedia Slot Micro SD
Kelengkapan sensor

Fingger Print
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass
Konektivitass

WLAN




Bluetooth




NFC

USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia
Versi 5.1
A2DP
LE

Tersedia

USB Type-C
Versi 2.0
Reversible Connector versi 1.0
USB OTG
Radio
Tersedia
Radio FM
GPS
Tersedia
Dual band A-GPS
GLONASS
BDS
NavIC
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Kecepatan Pengecasan


4300 mAh
Fast Charging 30 Watt
Teknologi VOOC 4.0
0 hingga 100% dalam jangka waktu 57 menit
Sistem Operasi
Android 10
Kustomisasi Realme UI
Warna
Lightning Blue
Lightning Orange
Harga

Realme 6 Pro 6/64 GB
Realme 6 Pro 6/128 GB
Realme 6 Pro 8/129 GB


Rp 3.745.000 ( Update Per Bulan Mei 2020 )
Rp 3.999.000 ( Update Per Bulan Mei 2020 )
Rp 4.217.000 ( Update Per Bulan Mei 2020 )


Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »