Spesifikasi & Harga Realme 6


Attailah PetirTidak mau ketinggalan, pada awal bulan maret lalu Realme kembali memperkenalkan smartphone terbaru mereka yakni Realme 6 dan Realme 6 Pro, namun untuk postingan kali ini admin lebih fokus membahas Realme 6 saja dan pada postingan selanjutnya nanti admin akan lebih fokus untuk membahas Realme 6 Pro.
Spesifikasi & Harga Realme 6
Source Image: Youtube/Gadgetin
Untuk jeroan yang dibawa oleh Si Realme 6 ini bila dibandingkan dengan pandahulunya yakni Realme 5 Pro yang sudah diperkenalkan pada bulan Agustus 2019 lalu. Hal tersebut sudah mulai terlihat dari bagian luar smartphone yang punya ukuran yang sedikit lebih besar dari Realmi 5 Pro dimana Realme 6 ini punya ukuran yang sedikit lebih besar dan juga bobotnya yang sedikit lebih berat bila dibandingkan dengan Realme 5 Pro.

Selaindi bagian luar perubahan yang paling begitu terasa juga ada pada bagian dalamnya dimana untuk prosessor Realme 6 ini tidak lagi menggunakan prosessor buatan Qualcomm, tapi sudah menggunakan proessor buatan Mediatek yang fabrikasinya juga sedikit lebih besar dibandingkan dengan fabrikasi prosessor buatan Qualcomm. Secara otomatis jika prosessor yang digunakan sudah berubah maka GPU yang digunakan pun juga ikut berubah dimana jika pada Realme 5 Pro menggunakan GPU Adreno 616 maka pada Realme 6 ini menggunakan GPU Mali-G76 MC4.

Baca Juga

Untuk lebih jelasnya mengenai spesifikiasi dari Realme 6 ini mari kita ulas di bawah ini.

Dimensi & Desain
Untuk bagian luar dari smartphone ini terlihat modern layaknya kebanyakan smartphone lain yang beredar di pasaran saat ini. Bagian body nya yang terlihat modern berkat penggunaan gradasi dari 2 warna dengan tulisan Realme pada bagian sudut kiri bawah smartphone dan untuk material bodynya terbuat dari bahan Plastik walaupun tidak terlalu kelihatan tidak hanya pada bagian bodynya saja yang menggunakan bahan plastik, tapi pada bagian frame nya juga menggunakan bahan plastik.

Sedangkan untuk bagian kameranya Realme terlihat lumayan berbeda dibandingkan kebanyakan smartphone lainnya yang diperkenalkan pada bulan maret 2020 ini dikarenakan Realme masih tetap mempertahankan modul kamera yang membentuk angka 1 dengan model vertikal, modul kamera tersebut disi dengan 4 buah lensa kamera dan selebihnya pada bagian belakang dari smartphone ini terlihat begitu bersih karena untuk sensor fingger print sudah disatukan dengan tombol power layaknya yang digunakan pada smartphone Sony.

Begitu juga untuk bagian depan dari smartphone yang juga terlihat modern berkat frame dari smartphone yang tergolong tipis baik untuk bagian kiri, kanan, atas dan juga bawahnya, dan untuk modul kamera nya berada pada bagian sudut kiri atas smartphone yang membuatnya terlihat lebih modern dan berbeda dari kebanyakan smartphone lainnya.

Pada bagian sebelah kiri smartphone terdapat tombol Volume Up & Down dan sedikit ke bagian atasnya terdapat slot SIM Tray yang mampu menampung 2 Kartu sekaligus dengan 1 Slot Untuk Micro SD, dibagian atas terdapat lubang microphone, dibagian sebelah kanan terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor fingger print layaknya smartphone Sony. Untuk bagian bawahnya sendiri terdapat port Jack Audio 3.5 mm, lubang Microphone, Port USB Type-C dan juga lubang speaker.

Ukuran panjang dari Realme 6 ini adalah 162.1 mm dengan lebar 74.8 mm dan tebalnya yang hanya 8.9 mm membuatnya memiliki bobot hingga 191 gram.

Layar
Beralih ke bagian layar, dikarenakan smartphone ini punya ukuran yang sedikit lebih besar dari pendahulunya yakni Realme 5 Pro maka tidak heran kalau layarnya juga punya ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan smartphone tersebut terutama untuk perlindungan layarnya yang sudah menggunakan kaca Corning Gorilla Glass 3.

Dibekali dengan layar berukuran 6.5 Inch dengan resolusi 1080 X 2400 pixel membuat smartphone ini sangat nyaman untuk digunakan baik untuk nonton maupun untuk bermain game. Tidak hanya itu screen to body ratio nya juga sudah tergolong luas yakni sudah 84.1% namun yang disayangkan dari layar Realme 6 ini adalah teknologi dari layarnya yang belum menggunakan Super AMOLED atau masih menggunakan Layar dengan Teknologi IPS.

Tapi hal tersebut terbayarkan dengan brightnessnya yang tinggi yakni mencapai 480 nits. Dan yang lebih mantapnya lagi layarnya juga sudah 90 Hz bukan 60 Hz yang mana ini akan berpengaruh pada pergerakan gambar yang tampil di layar 90 Hz ini terasa lebih halus dan lebih enak untuk dipandang. Belum sampai disitu saja layar 90 Hz nya ini pun punya sensitivitas sentuhan yang lebih baik yakni dengan sensitivitas sentuhan 120 Hz.

Kamera
Beralih ke bagian kamaera disini Realme memberikan 4 buah lesa untuk kamera utama dari Realme 6 ini dimana lensa utamanya punya resolusi 64 MP f/1.8 sebagai lensa Widenya lengkap dengan fitur PDAF, lensa 8 MP f/2.3 sebagai lensa Ultrawidenya, lensa 2 MP f/2.4 sebagai lensa Macro untuk pengambilan gambar dengan objek yang lebih kecil dari biasanya dan juga lensa 2 MP f/2.4 sebagai lensa Dept Sensor untuk pengambilan gambar dengan efek bokeh.

Seperti biasa fitur-fitur kameranya ada LED Flash, HDR dan juga Panorama dan untuk urusan perekaman video Realme 6 ini mampu merekam video hingga Resolusi 2K pada 30fps hingga resolusi Full HD dengan frame rate 30/60 atau 120fps dan tentunya sudah lengkap dengan gyro-EIS yang membuat pengambilan video menjadi lebih stabil dari goncangan.

Untuk kamera depannya yang berada pada bagian sudut kiri atas hanya tersedia 1 buah lensa kamera dengan resolusi 16 MP f/2.0 untuk kebutuhan selfie dari setiap pengguna smartphone dan berguna sebagai lensa Wide. Kamera depannya ini juga layaknya smartphone lain pada umumnya sudah dilengkapi dengan fitur HDR dan juga Panorama dan untuk urusan perekaman video menggunakan kamera depan dari Realme 6 ini hanya mampu merekam dengan hingga resolusi Full HD pada frame rate 30fps saja.

Baca Juga

Performa
Seperti yang sudah admin singgung sebelumnya kalau untuk urusan performa kali ini Realme mempercayakan prosessor mereka pada Mediatek dimana CPU dari Realme 6 ini menggunakan prosessor Mediatek Helio G90T dengan fabrikasi 12 nm, performa dari prosessor tersebut terbantu dengan 3 pilihan RAM yakni 4GB, 6GB dan yang terakhir adalah 8GB.

Sedangkan untuk GPUnya juga Realme 6 ini menggunakan GPU Mali-G76 MC4 untuk kebutuhan grafisnya dan untuk penyimpanan internalnya juga terseda dalam 2 pilihan internal storage yakni 64GB atau 128GB yang pasitnya masih bisa diperluas dengna meggunakan kartu Micro SD hingga 512GB.

Lain-lain
Fitur-fitur lainnya yang juga menjadi andalan Realme dengan harga yang lumayan terjangkau dan mungkin bisa menjadi pertimbangan anda untuk membeli smartphone yang satu ini diantaranya adalah sudah tersedianya port USB Type-C yang mana seperti yang kita tahu kalau Port USB Type-C ini punya kecepatan Transfer data yang lebih cepat bila dibandingkan dengan USB Micro B yang sudah banyak digunakan pada smartphone-smartphone modern.

Selain itu kecepatan pengecasan juga bisa menjadi salah satu alasan pertimbangan untuk anda yang ingin membeli smartphone Realme 6 ini dikarenakan charger bawaan smartphone ini sudah dengan adaptor 30 watt yang mana ini artinya untuk urusan pengisian daya baterainya Realme 6 ini yang kapasitasnya 4300 mAh mampu di isi dari 0 hingga 100% dalam waktu 55 menit saja dan hal tersebut akan sangat membantu anda yang punya kesibukan yang luar biasa.

Sedangkan untuk penggunaan ringgan hingga sedang smartphone ini masih bisa bertahan seharian tanpa perlu khawatir akan kehabisan baterai.

Harga
Seperti yang sudah admin singgung sebelumnya kalau smartphone Realme yang satu ini punya banyak sekali Varian.

Untuk Varian RAM 4 GB dengan  Internal 64 GB dijual seharga Rp 2.699.000.
Untuk Varian RAM 6 GB dengan  Internal 64 GB dijual seharga Rp 3.199.000.
Untuk Varian RAM 6 GB dengan Internal 128 GB dijual seharga Rp 3.399.000.
Untuk Varian RAM 8 GB dengan Internal 128GB dijual seharga Rp 3.799.000.

Kesimpulan
Berdasarkan informasi diatas, maka dapat disimpulkan kalau smartphone Realme 6 ini diperuntukkan untuk mereka yang sedang mencari smartphone dengan harga dibawah Rp 4.000.000 tapi tetap punya performa yang mencukupi untuk kebutuhan harian, dan juga punya kesibukan yang bisa dikatakan sangat sibuk. Tapi jika anda menginginkan sebuah smarpthone dengan desain dan material body yang lebih mewah maka masih banyak pilihan lain untuk anda pertimbangkan.

Baca Juga

Untuk informasi yang lebih Detail bisa dilihat pada tabel dibawah ini.

Spesifikasi Lengkap
Dimensi

Panjang
Lebar
Tebal
Bobot
Material Body
Frame Body


162.1 mm
74.8 mm
8.9 mm
191 gram
Polycarbonate
Plastik
layar

Ukuran Layar
Teknologi Layar
Rasio Layar
Persentase Layar Berbanding Body
Resolusi Layar
Kepadatan Layar
Pelindung Layar
Fitur Layar


6,5 Inch
IPS LCD
20 : 9
84,1% Dari Ukuran Body
2400 X 1080 pixel
405 ppi
Corning Gorilla Glass 3
Kecerahan layar hingga 480 nits
Refresh rate 90 Hz
Sensitivitas Terhadap Sentuhan hingga 120 Hz
Kamera

Kamera Utama
Lensa Utama
Fitur
Lensa Kedua
Lensa Ketiga
Lensa Ke Empat
Fitur Kamera Utama


Perekaman Video

Fitur

KAMERA DEPAN
Resolusi Kamera
Fitur

Perekaman Video


Quad Camera ( 4 Buah Lensa Kamera )
64 MP f/1.8 sebagai Lensa Wide
PDAF
8 MP f/2.3 sebagai Lensa Ultrawide
2 MP f/2.4 sebagai Lensa Makro
2 MP f/2.4 sebagai Lensa Depth Sensor
LED Flash
HDR
Panorama
2160 pixel pada frame rate 30 fps
1080 pixel pada frame rate 30, 60 atau 120 fps
gyro-EIS

Singgle Camera ( 1 Buah Lensa Kamera )
16 MP f/2.0 sebagai Lensa Wide
HDR
Panorama
1080 pixel pada frame rate 30fps
Performa

Prosessor
GPU
RAM


Mediatek Helio G90T
Mali-G76 MC4
4 GB
6 GB
8 GB
Penyimpaan

Internal


Eksternal


64 GB
128 GB
Tersedia Slot Micro SD
Maksimal 512 GB
Kelengkapan Sensor
Sensor Sidik Jari
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass
Konektivitas

WLAN




Bluetooth




USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia
Versi 5.0
A2DP
LE

Tersedia
USB Type-C
Versi 2.0
Reversible Connector Versi 1.0
USB OTG
Radio
Tersedia
Radio FM
GPS
Tersedia
A-GPS
GLONASS
BDS
kELISTRIKAN

Kapasitas Baterai
Kecepatan Pengecasan


4300 mAh
30 Watt
Sistem Operasi ( OS )
Android 10.0
Realme UI
Ketersediaan Warna
Comet Blue
Comet White
harga

4/64 GB
6/64 gb
6/128 GB
8/128 GB


Rp 2.699.000 ( Update Harga Per Bulan Mei 2020 )
Rp 3.199.000 ( Update Harga Per Bulan Mei 2020 )
Rp 3.399.000 ( Update Harga Per Bulan Mei 2020 )
Rp 3.799.000 ( Update Harga Per Bulan Mei 2020 )

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »