Spesifikasi & Harga Oppo A91


Attailah PetirOppo merupakan salah satu brand smartphone yang sangat fenomenal di indonesia setelah saudaranya Xiaomi, salah satu tipe smartphone Oppo yang menarik perhatian banyak orang walaupun sudah lumayan lama di launching adalah Oppo A91.

Spesifikasi & Harga Oppo A91
Source: Youtube/Gadgetin

Oppo A91 ini dilaunching pada akhir 2019 lalu atau lebih tepatnya pada bulan desember 2019 lalu namun para penggemar smartphone Oppo masih ada yang mencari smartphone ini yang satu ini hingga pertengahan tahun 2020 ini. Alasannya pun mudah saja yakni harga oppo a91 ini yang sudah lumayan terjangkau dengan spesifikasi yang masih bisa dikatakan memumpuni untuk digunakan di beberapa sektor untuk sekarang ini terutama untuk masalah kameranya.

Harga hp Oppo A91 yang tidak sampai Rp 4 juta merupakan salah satu alasan kenapa smarpthone ini jadi pilihan yang menarik bagi banyak orang, untuk spesifikasinya juga tidak main-main terutama pada bagian RAM yang sudah menggunakan RAM dengan kapasitas 8GB yang bisa dikatakan salah satu smartphone dengan RAM tertinggi dengan harga yang lumayan terjangkau untuk saat ini.

Baca Juga

Untuk lebih jelasnya tentang smartphone Oppo A91 ini langsung saja kita ulas di bawah ini.

Dimensi & Desain

Dari segi ukuran Oppo A91 ini punya ukuran yang tidak terlalu besar dan masih nyaman -nyaman saja saat digenggam dengan menggunakan satu tangan. Tidak hanya itu, bobot dari Oppo A91 ini yang hanya 172 gram saja juga bisa menjadi salah satu keunggulan dari smartphone yang satu ini.

Bobot yang ringan tersebut didapatkan dari penggunaan bahan Polycarbonate pada bagian body nya. Desainnya jug terlihat menarik dikarenakan smartphone ini menempatkan sesuatu yang memang pada tempatnya seperti kamera utama contohnya yang ditempatkan Oppo pada bagian sudut kiri atas yang vertikal.

selain itu pada bagian belakangnya layaknya kebanyakan smartphone kekinian saat ini yang sudah tidak terlihat sensor fingger print lagi dikarenakan sudah menggunakan fingger print under display layaknya kebanyakan smartphone mahal lain untuk saat ini, body nya juga terlihat bersih dan enak dipandang dengan perpaduan 2 warna yang finishing glass walaupun belum menggunakan bahan kaca.

Pada bagian atas Oppo A91 hanya terdapat lubang microphone, dibagian samping kanannya terdapat tombol power. Pada bagian sebelah kiri smartphone ini sendiri tertapat tombol volume Up & Down dan slot SIM Tray yang mampu menampung 2 slot nano SIM dengan 1 slot untuk kartu Micro SD.

Sedangkan untuk bagian bawahnya terdapat satu buah lubang speaker, port USB Type-C, lubang microphone dan juta port Jack Audio 3,5mm yang sudah mulai jarang terlihat pada kebanyakan smarpthone zaman sekarang ini.

Layar

Untuk urusan layar sudah pasti Oppo membekali Oppo A91 ini dengan layar yang lega yakni dengan ukuran 6,4 Inc dengan Screen to body ratio nya yang mencapai 85,5% dari keseluruhan ukuran body smartphone.

Layar tersebut tentunya sudah menggunakan proteksi Corning Gorilla Glass 5 yang tahan terhadap percikan air dan juga debu yang biasanya selalu menempel pada layar smartphone.

Resolusi layarnya ini sendiri mencapai 2400 X 1080 pixel yang sudah menggunakan teknologi AMOLED. Tidak hanya itu kepadatan layarnya juga sudah mencapai 408ppi dan brightness layarnya yang bisa mencapai 430 nits.

Kamera

Kamera utama Oppo A91 ini menggunakan satu buah modul yang berdiri tegak vertikal pada bagian sudut kiri atas smartphone yang terisi dengan 4 buah lensa kamera. Masing-masing lensa punya resolusi 48MP f/1.8 sebagai lensa wide nya lengkap dengan fitur PDAF, lensa 8MP f/2.2 sebagai lensa ultrawide nya, lensa 2MP sebagai lensa Mono dan yang terakhir adalah lensa 2MP f/2.4 sebagai lensa depth sensor untuk kebutuhan pengambilan gambar dengan efek bokeh.

Untuk urusan perekaman videonya Oppo A91 ini hanya mampu merekam video dengan resolusi Full HD saja pada frame rate 30fps dan mungkin disinilah kelemahan yang paling dan untuk fiturnya sendiri hanya terdapat Gyro-EIS saja yang bila dibandingkan dengan kompetitor-kompetitornya perekaman video menggunakan kamera Oppo A91 ini jelas tertinggal jauh.

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Realme 6
Spesifikasi & Harga Google Pixel 4

sedangkan untuk kamera depannya sendiri Oppo A91 ini punya resolusi 16MP f/2.0 sebagai lensa wide nya dan hanya menggunakan satu buah lensa saja yang perekaman videonya juga sama saja dengan kamera utamanya yakni hanya mampu merekam video pada resolusi Full HD dengan frame rate 30fps.

Performa

Beralih ke sektor performa mungkin disinilah baru terasa bahwa smartphone ini merupakan smartphone yang mengutamakan Spek dikarenakan Oppo A91 ini sudah menggunakan Prosessor Mediatek Helio P70 dengan fabrikasi 12nm sebagai dapur pacunya.

Performa prosessor yang lumyan kencang tersebut dipadukan dengan RAM berkapasitas 8GB  yang tentunya untuk aktivitas multitaskingnya akan menjadi semakin lancar.

Bagi anda yang gemar bermain game Oppo A91 ini juga sudah menggunakan GPU Mali-G72 MP3 guna membuat grafik game yang dimainkan menjadi semakin mantap.

Lain-lain

Hal lainnya yang didapatkan dari Oppo A91 ini adalah kelengkapan sensornya yang lumayan lengkap dimana sudah menggunakan Fingger Print Under display untuk kebutuhan scurity akses smartphone.

tidak hanya itu sensor lain seperti Accelerometer, Gyro, Proximity dan juga Compass juga hadir pada perangkat Oppo yang satu ini.

Namun yang mungkin disayangkan dari Oppo A91 ini adalah Belum hadirnya NFC untuk kelas smartphone dengan harga yang hampir menyentuh angka Rp 4 juta yang seharusnya sudah ada NFC nya.

Harga

seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya Harga dari Oppo A91 ini yang hanya terdapat 1 pilihan saja yakni RAM 8GB dengan internal storage 128GB dijual dengan harga Rp 3.599.000. Harga tersebut merupakan harga yang admin update per bulan Juni 2020 yang masih bisa berubah kapan pun dan dimana pun.

Untuk informasi yang lebih detailnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Baca Juga
Spesifikasi & Harga Oppo A31
Spesifikasi & Harga Huawei P40 Pro

Spesifikasi Lengkap
DImensi

Panjang
Lebar
Tebal
Bobot
Bahan Depan
Bahan Belakang
Bahan Frame


160.2 mm
73.3 mm
7.9 mm
172 gram
Kaca ( Corning Gorilla Glass 5 )
Polycarbonate
Plastik
Layar

Ukuran Layar
Ukuran Layar Berbanding Body
Resolusi Layar
Rasio Layar
Kepadatan Layar
Teknologi Layar
Proteksi Layar
Fitur Layar


6.4 Inch
85.5% dari ukuran body smartphone
2400 X 1080 pixel
20:9
408ppi
AMOLED
Corning Gorilla Glass 5
Brightness layar hinga 430 nits
kamera

kamera utama
Lensa Utama
Fitur
Lensa Kedua
Lensa Ketiga
Lensa Keempat
Fitur Kamera Utama



Perekaman Video
Fitur

kamera depan
Resolusi Kamera
Fitur Kamera Depan
Perekaman Video Kamera Depan


Quad Camera
48MP f/1.8 sebagai lensa Wide
PDAF
8MP f/2.2 sebagai lensa Ultrawide
2MP f/2.4 sebagai lensa Makro
2MP f/2.4 sebagai lensa Depth Sensor
LED Flash
HDR
Panorama

Pada resolusi Full HD 1080 pixel pada frame rate 30fps
Gyro-EIS

Singgle Camera
16MP f/2.0 sebagai lensa Wide
HDR
1080 pixel pada frame rate 30fps
performa

Prosessor
RAM
GPU


Mediatek Helio P70 fabrikasi 12 Nm
8GB
Mali-G72 MP3
Storage

Internal
Eksternal


128GB
Tersedia Slot Micro SD
konektivitas

WLAN




Bluetooth




USB


Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6
Dual-band
Wi-Fi Direct
Hotspot

Tersedia
Versi 4.2
A2DP
LE

Tersedia
USB Type C
Versi 2.0
Reversible Conector Versi 1.0
USB OTG
GPS
Tersedia
A-GPS
GLONASS
BDS
Radio
Tersedia
Radio FM
Kelengkapan Sensor
Fingger Print Dalam Layar
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass
Kelistrikan

Kapasitas Baterai
Kecepatan Pengecasan
Teknologi Adaptor


4025mAh
0 hingga 50% dalam waktu 30 menit
VOOC 3.0
20 Watt
Sistem Operasi ( OS )
Android 9.0 Pie
Color OS 6.1
Harga
Rp 3.599.000


Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »