5 Manfaat Utama Bawang Dayak

AttailahPetir - Apakah ada yang baru mendengar Istilah dari Bawang Dayak? Ada beberapa orang yang percaraya bahwa Bawang Dayak bisa digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan banyak sekali jenis penyakit. Selain itu, masih ada sangat banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari bawang dayak untuk kesehatan kita. 
5 Manfaat Utama Bawang Dayak
Akan tetapi, sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat dari bawang dayak tersebut ke arah yang lebih lanjut, maka ada baiknya bagi kita untuk mencari tahu dulu asal-usul dari bawang dayak ini.

Bawang Dayak lumayan dikenal dengan beberapa nama, diantara beberapa nama tersebut diantaranya ada Bawang Hutan, Bawang Kabe, Bawang Tiwai dan juga bawang Sabrang yang punya nama latin "Eleutherine bulbosa". Jenis dari bawang ini sendiri berdasarkan pengetahuan admin merupakan rempah-rempah yang asalnya dari keluarga iridaceae dan merupakan perennial plant atau tanaman tahunan. 

Sedagkan tanaman tahunan itu sendiri merupakan tanaman-tanaman yang bisa hidup lebih dari 2 tahun bahkan bisa menyentuh angka 3 tahunan.

Jika anda searching di internet untuk mencari nama latin dari Bawang Dayak, yang akan anda temukan pasti bunga cantik yang berwarna putih. Karena memang pada dasarnya Bawang Dayak ini termasuk kedalam keluarga iridaceae yang identik dengan bunga-bunga cantik, maka dari itu tidak akan terasa aneh jika hal tersebut terjadi pada saat anda searching keyword yang sama dengan Bawang Dayak ini.

Baca Juga

Untuk Asalnya sendiri berdasarkan informasi yang admin dapat dari beberapa situs di internet, Bawang Dayak ini berasal dari Amerika Serikat. Dimana Tanaman yang satu ini tumbuh di dataran tinggi atau di area pengungan dengan tinggi yang mencapai 600-1500 mdpl. 

Selain itu, bawang dayak ini pun masih bisa tumbuh di tanah yang banyak mengandung humus dan juga lembab, tapi lebih akan lebih baik lagi jika tumbuh di tempat terbuka. Jadi, jika ingin membudidayakan Bawang Dayak tersebut, hal yang paling harus diperhatikan diantaranya ada suhu, udara, kelembaban tanah dan juga lingkungan disekitarnya.

Bisakah Bawang Dayak di Konsumsi?
5 Manfaat Utama Bawang Dayak

Setiap jenis buah ataupun sayur yang ada di permukaan bumi ini pastinya bisa untuk dikonsumsi jika anda mau, tapi pertanyaan yang benarnya adalah apakah Bawang Dayak ini tidak beracun jika dikonsumsi oleh kita?

Jawaban yang paling tepatnya adalah Tidak. dikarenakan Bawang Dayak ini pada dasarnya sama saja dengan jenis-jenis bawang lainnya yang tersedia dipasaran dan yang anda gunakan untuk memasak, maka tidak akan ada salahnya jika anda juga ikut menggunakan Bawang ini sebagai salah satu alat pelengkap di dapur anda.

Untuk cara penyajiannya sendiri berdasarkan pengetahuan admin ada beberapa.

Di Racik Menjadi Obat Herbal

Salah satu cara menyajikan Bawang dayak ini adalah dengan meraciknya terlabih dahulu dengan beberapa bahan tambahan untuk dijadikan obat-obatan, karena seperti yang kita tahu kalau Bawang Dayak ini bisa menjadi obat jika kita tahu cara meraciknya dengan benar.

Dimakan Langsung

Selain diracik menjadi resep obat yang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan, Bawang Dayak ini ternyata bisa juga dikonsumsi Langsung tanpa diolah terlebih dahulu, karena memang Bawang Dayak ini juga merupakan salah satu alat dapur yang digunakan dalam dunia masak-memasak. Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah sekalipun tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu layaknya beberapa jenis sayuran lainnya yang harus dimasak baru bisa dikonsumsi.

Dijadikan Acar atau Manisan

Selanjutnya cara menyajikan bawang Dayak ini adalah dengan dijadikan sebagai acara atau Manisan, seperti yang kita tahu kalau lidah orang Indonesia ini tidak akan jauh dari yang namanya acar ataupun manisan, dan hal tersebut merupakan hal yang positif karena dengan adanya lidah dari orang Indonesia ini membuat bawang Dayak tersebut tidak terbuang sia-sia bahkan bisa dijadikan sebagai cemilan.

Sebagai Bumbu Masak

Selanjutnya manfaat dari bawang Dayak ini adalah sebagai bumbu dapur untuk memasak berbagai jenis masakan baik itu masakan daerah maupun masakan-masakan has perkotaan. Sebagai salah satu pelengkap di dapur, bawang Dayak ini semestinya wajib ada disetiap dapur anda masing-masing, apalagi jika anda adalah orang yang suka masak-memasak.

Baca Juga

Apa Saja Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh?
5 Manfaat Utama Bawang Dayak

Sepertinya sudah pernah admin Sebutkan di atas tadi,kalau bawang kayak gini punya sangat banget sekali khasiat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia , beberapa diantara khasiat tersebut adalah:

Mengobati Infeksi

Sebagai salah satu bahan dapur yang punya khasiat untuk mengobati infeksi baik itu akibat luka maupun akibat bakar karena Flavonoid, Tanin dan juga Steroid yang terdapat di dalam bawang Dayak tersebut akan sangat berguna untuk mengobati infeksi,tidak hanya ada 3 zat tersebut saja akan tetapi antioksidan pun punya peran yang sangat penting dalam mengobati infeksi yang terjadi pada tubuh kita. Dan kesemuanya itu bisa didapatkan di dalam bawang Dayak.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Selain bisa menjadi obat infeksi, Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari bawang Dayak ini adalah untuk meningkatkan kepadatan tulang. Bagi wanita menopause,bawang kayak ini merupakan solusi terbaik untuk melindungi dan menyehatkan tulang mereka, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh FKUI rangkaian tersebut bisa menjadi obat terapi hormon khususnya untuk hormon estrogen.

Dimana solusi dari bawang Dayak ini dengan dosis yang tinggiselama 21 hari berturut-turut akan berpotensi untuk meningkatkan kadar kalsium di dalam tulang, memperberat ulang dan juga memperpanjang tulang kita.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit merupakan bagian terluar dari anggota tubuh, maka dari itu kulit harus benar-benar dijaga dengan baik agar tubuh yang kita miliki ini selalu terlihat menarik. Pada dasarnya ada banyak sekali cara untuk menjaga dan merawat kulit, Salah satu cara untuk menjaga dan merawat kulit tersebut adalah dengan memanfaatkan Bawang Dayak.

Karena seperti yang kita tahu, kalau bawang punya kandungan antioksidan, yang mana antioksidan tersebut mampu untuk menangkal radikal bebas yang membuat kulit terlihat sehat dan awet. Selain itu,terdapat sejumlah senyawa yang ada di dalam bawang tersebut terutama untuk bawang dayak yang berguna untuk mencegah timbulnya noda-noda hitam pada kulit, sehingga bisa membuat kulit kita terlihat selalu berseri.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Selain menjaga kesehatan kulit, Bawang Datak ternyata juga mampu untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Karena seperti yang kita tahu bahwa bawang Dayak tersebut juga memiliki kandungan Alkaloid di mana kandungan zat tersebut sangat berguna untuk membantu sistem pencernaan.

Jadi dengan kata lain, mengkonsumsi bawang Dayak secara rutin, akan sangat baik bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan baik itu buang air besar maupun buang air kecil. Serta tidak lupa juga, mau layak ini pun sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah infeksi usus dan juga ginjal.

Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah akan menjadi penyakit wajib bagi para penduduk Indonesia. Tidak hanya itu, gula darah ini juga menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang menyerang semua orang dengan semua umur.

Salah satu solusi yang tepat untuk menurunkan kadar gula dalam darah tersebut adalah dengan memanfaatkan Bawang Dayak. Dikarenakan, senyawa Flavonoid, Glikosida dan juga Saponin yang terdapat di dalam Bawang Dayak dipercaya mampu untuk mengontrol gula dalam darah.

Nah, itulah itulah 5 manfaat dari bawang dayak yang admin tahu dan bisa mencair pada postingan kali ini, pada dasarnya masih terdapat sejumlah manfaat lainnya dari Bawang Dayak tersebut yang belum terbahaskan dan mungkin bisa menjadi bahan bahasa pada postingan selanjutnya.

Semoga informasi tersebut bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk anda. Terima kasih & sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »