Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

AttailahPetir - Indonesia merupakan sebuah bangsa yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat banyak dan unik di dunia. Terdapat lebih dari 300 etnis maupun suku yang yang tersebar di berbagai pelosok di seluruh Nusantara.

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Sebagai sebuah negara dengan banyak kepulauan di dunia, Indonesia juga memiliki salah banyak pulau beberapa di antaranya ada pulau Sumatera, pulau Jawa, pulau Sulawesi, pulau Kalimantan dan juga kepulauan Papua yang menyimpan segudang kekayaan alam dan juga keanekaragaman hayati yang luar biasa banyak.


Pulau-pulau tersebut tentunya masih pulau-pulau besar yang terbagi dalam beberapa provinsi, belum lagi pulau-pulau kecil yang tersebar diantara pulau-pulau besar tersebut yang punya keindahan alam dan mampu menarik perhatian dunia sekalipun.


Baca Juga

Pada dasarnya yang menghuni pulau-pulau tersebut adalah orang-orang yang sudah ada sejak zaman dahulu kala, namun beberapa teori yang mengatakan, bahwa nenek moyang orang Indonesia berasal dari manusia purba yang berkembang menjadi manusia.

Teori Dari Drs.Moh.Ali Berupa Teori Yunan

Sepertinya sudah admin bahas di atas tadi, untuk teori asal usul dari nenek moyang orang Indonesia ini sangatlah banyak, namun berdasarkan teori dari Drs.Moh.Ali yang berupa teori Yunan menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan.

Berdasarkan teori tersebut Drs.Moh.Ali meyakini bahwa orang-orang Cina kuno masuk ke Indonesia melalui hulu sungai besar di daratan Asia. Kedatangan mereka secara bergelombang membuat beberapa daerah di Indonesia mulai terisi sedikit demi sedikit.


Gelombang pertama yang masuk Indonesia dikenal dengan sebutan bangsa Proto Melayu atau Melayu Muda. Kedatangan mereka dimulai dari 3000 hingga 1500 tahun Sebelum Masehi, untuk ciri-cirinya sendiri para pendatang dari langkah pertama ini adalah kebudayaannya berupa kebudayaan neolitikum dengan menggunakan perahu bercadik 1.

Teori Kedua Adalah Teori Dari Prof.Dr.H.Kern

Berdasarkan teori dari Prof.Dr.H.Kern yang berasal dari Belanda tersebut menyatakan bahwa orang Indonesia ini memang berasal dari daratan Asia. Dasar dari pendapat Prof.Dr.H.Kern tersebut adakah dari kesamaan bahasa yang digunakan untuk berbicara dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga

Menurut beliau, orang yang hidup di dalam wilayah Indonesia, Polinesia, Melanesia dan juga Mikronesia punya banyak kemiripan terutama dari segi bahasa yang digunakan. Dimana kemiripan bahasanya terlihat dari segi rumpun Austronesia ( berasal dari Austria ).

Teori Dari Prof. Dr. Sangkot Marzuki

Sedangkan menurut Prof. Dr. Sangkot Marzuki yang menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari dataran Austronesia atau lebih tepatnya berasal dari Austria. Prof. Dr. Sangkot Marzuki ini sendiri mendasarkan pendapatnya tersebut pada penemuan DNA fosil manusia purba. 

Beliau juga menyanggahkan bahwa bangsa Indonesia ini berasal dari Yunan yang berada di daratan China. Menurut beliau, manusia purba jenis Pithecanthropus Erectus tidak ada kelanjutannya pada manusia di zaman sekarang, karenan jenis tersebut sudah punah dan digantikan oleh jenis baru yang fosilnya pernah ditemukan di daratan  Afrika, dan hingga saat ini masih diyakini sebagai nenek moyang nya  manusia.

Teori Dari Prof. Mohammad Yamin

Teori dari Prof. Mohammad Yamin ini mencoba untuk menyangkal teori-teori yang sudah pernah kita bahas di atas sebelumnya. Dimana beliau punya pendapat bahwa orang Indonesia berasal dari dalam Indonesia sendiri bukan berasal dari luar. 

Salah satu hal yang coba dijadikan sebagai bukti utama dari teori Prof. Mohammad Yamin  ini adalah fosil-fosil manusia purba maupun artefak yang pernah ditemukan di Indonesia lebih lengkap dan malah lebih banyak dibandingkan fosil yang ditemukan di beberapa daerah lain yang ada di luar negeri. 


Misalnya saja untuk penemuan Pithecanthropus soloensis dan juga wajakensis yang tak ditemukan di daerah Asia lain termasuk wilayah Indocina.


Nah, itu dia beberapa Teori mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yang admin ketahui dan saat manusia pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih & sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca Juga

Perbedaan Hak & Kewajiban

5 Tanda Kuliah di Jurusan Yang Tepat

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »