Gua Krubera ( Gua Terdalam di Muka Bumi )

AttailahPetir - Gua Krubera, atau yang lebih dikenal dengan nama Gua Voronya memang bukanlah gua yang paling panjang di dunia, akan tetapi dengan kedalamannya yang lebih dari 2.000 meter. Gua yang satu ini dinyatakan sebagai gua terdalam yang ada di permukaan bumi. 
Gua Krubera ( Gua Terdalam di Muka Bumi )

Berdasarkan keterangan dari Wikipedia, gua ini berada di distrik Gagra, Abkhazia, lebih tepatnya di wilayah Pegunungan Kaukasus yang masuk ke wilayah Georgia. Tidak hanya itu gua ini dikenal dengan nama Krubera sesuai dengan nama ahli geografi yang dulunya menemukan dan mengeksplorasi kedalaman dari gua tersebut untuk yang pertama kalinya, yaitu Alexander Kruber. 

Baca Juga

Sedangkan nama Voronya dalam bahasa Rusia memiliki arti 'gua gagak' dikarenakan selama tahun 1980, terdapat sejumlah gagak yang bersarang di lubang pintu masuk gua yang satu ini. Walaupun nama tersebut dibuat oleh salah seorang ahli geografi yang pernah mengeksplorasi gua, tapi pada akhirnya gua tersebut lebih sering disebut Voronya daripada nama aslinya.

Gua Krubera juga merupakan salah satu dari sekian banyak gua yang terdapat di wilayah pegunungan tersebut. Namun, beberapa dari gua tersebut punya kedalam yang sangat dalam yang bisa mencapai 1.000 meter di bawah permukaan tanah. 

Akan tetapi gua Krubera mengungguli semua gua tersebut dimana kedalamannya yang mencapai 2.197 meter dibawah permukaan tanah. 

Baca Juga

Berdasarkan kutipan dari My Future Trips, gua ini tadinya bukanlah gua yang terdalam yang ada di permukaan bumi. Hingga pada tahun 2001 lalu, gelar gua terdalam yang ada di permukaan bumi masih dipegang oleh Gua Lamprechtsofen yang berada di Pegunungan Alpen Austria.

Tidak hanya itu, Amusing Planet juga menyatakan bahwa gua Krubera ini sejatinya merupakan sebuah sistem gua yang terdiri dari sumur-sumur vertikal yang saling terhubung antara satu sama lainnya. Pintu masuknya juga lumayan sempit,namun yang menjadi keanehan dari gua ini adalah semakin dalam sumur tersebut menjadi semakin lebar.

Hingga pada kedalaman 200 meter, gua terbagi lagi menjadi dua cabang utama yakni Non-Kuybyshevskaya dan Main. Pada kedalaman 1.300 meter dibawah permukaan tanah, gua masih terbagi lagi menjadi sangat banyak cabang. 

sampai pada dasar gua tersebut, siapapun yang mampu mengeksplorasi kedalaman gua yang satu ini nantinya akan menemukan 'harta karun' berupa kolam berwarna biru jernih dengan batu-batu stalaktit yang menjuntai dari dinding gua.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »