Komponen Utama Pembuatan Bahan Bakar Minyak

AttailahPetir - Bensin atau Gasolin merupakan salah satu jenis bahan bakar terbentuknya yang digunakan pada kendaraan baik itu roda dua, roda tiga, hingga roda empat.

Komponen Utama Pembuatan Bahan Bakar Minyak

Bensin memiliki mutu yang tinggi jika mengandung banyak senyawa, karena seperti yang kita tahu bahwa Bensin itu sendiri terdiri dari beberapa campuran bahan kimia yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan bensin yang layak dikonsumsi oleh kendaraan.

Di Indonesia sendiri bensin itu dikenal sebagai salah satu bahan bakar untuk kendaraan roda dua dan roda empat seperti motor ataupun mobil, dari beberapa jenis bahan bakar yang digunakan pada kendaraan yang beredar di masyarakat, tapi hanya beberapa jenis kendaraan saja yang mengonsumsi bensin. 

Baca Juga Pohon Ulin ( Pohon Paling dicari di Indonesia ) Gua Krubera ( Gua Terdalam di Muka Bumi )

Selain itu, Bensin tersebut pun terbentuk dari komponen utamanya yakni nitrogen karbon yang terikat antara satu dengan yang lainnya sehingga membentuk mata rantai. Seperti yang kita tahu kalau bensin juga merupakan salah satu jenis bahan bakar yang digunakan untuk kendaraan roda dua maupun roda empat bahan bakar minyak juga digunakan pada kendaraan jalur udara seperti pesawat terbang.

Asal-muasal Bensin
Komponen Utama Pembuatan Bahan Bakar Minyak

Pada dasarnya nya bensin tersebut merupakan minyak bumi dalam bentuk mentah yang cairannya berwarna hitam, namun Setelah dipompa dari perut bumi cairan berwarna hitam tersebut diambil untuk diolah yang disebut dengan petroleum.

petroleum itulah yang nantinya akan diolah secara kimia dan disuling menjadi beberapa jenis bahan bakar minyakdiantaranya ada yang punya oktan 90 oktan 92 oktan 95 dan seterusnya, dan zat hitam dari minyak tersebut yang paling akhir natinya akan digunakan untuk kebutuhan aspal yang akan dikirim ke beberapa daerah di Indonesia dengan menggunakan Truck yang sering kita jumpai di jalan yakni aspal curah.

Berdasarkan keterangan dari Wikipedia, keseluruhan dari cairan minyak mentah ini mengandung hidrokarbon ataupunatom-atom yang terdapat di dalam minyak mentah bumi yang berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

Oktan Pada Bahan Bakar Bensin
Komponen Utama Pembuatan Bahan Bakar Minyak

Setiap kendaraan yang beredar di Indonesia ini biasany mengonsumsi jenis bahan bakar bensin yang sama, tetapi akan berbeda untuk beberapa jenis kendaraan yang memang membutuhkan bahan bakar dengan oktan yang berbeda. Tingkatan Oktan yang ditawarkan pada sebuah kendaraan pun juga bisa berbeda-beda karena sangat bergantung pada permintaan dari kompresi mesin kendaraan tersebut.

Baca Juga 5 Hewan Paling Imu Yang Ada Di Kutub 5 Hewan Paling Cerdas

Bilangan oktan ataupun oktan number ini merupakan kemampuan pembakaran bahan bakar tersebut pada saat dikompresi oleh mesin semakin tinggi bilangan oktan maka akan semakin sempurna pula sistem pembakaran yang terjadi di dalam mesin kendaraan.

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi kalau di Indonesia ini bahan bakar minyak terdiri dari beberapa jenis, dan beberapa tersebut diantaranya ada premium dengan oktan 88 Dari Pertamina. Pertalite yang juga produk Pertamina dengan oktan 90, Pertamax masih sama produksinya adalah Pertamina dengan oktan 92, Pertamax Plus produksi Pertamina dan juga oktannya 95, Pertamax Turbo yang diproduksi oleh Pertamina juga tapi oktannya 98, dan produksi Pertamina yang terakhir adalah Pertamax Racing yang punya oktan 100 dan biasanya hanya digunakan untuk kebutuhan mobil balap.

Namun untuk beberapa produk lain seperti produknya Petronas Punya Prima 92, Prima 95 yang masing-masing sesuai dengan ujungnya yakni oktan 92 dan juga oktan 95, kemudian ada Shell dengan super 92 mereka, dan untuk oktan 95 mereka mereka sebut dengan super extra 95, dan yang terakhir adalah dari total dengan performance 92 Yang pastinya yang dia gunakan adalah apa 92, dan juga performance 95 yang memiliki oktan 95.

Harga dari masing-masing bahan bakar tersebut tentunya akan sangat berbeda-beda tergantung dari jenis oktan yang digunakan,  biasanya semakin tinggi nilai oktan dari sebuah bahan bakar maka tentu akan semakin tinggi pula harga yang harus dibayar untuk bahan bakar tersebut.

Di Indonesia ini sendiri,  umumnya masyarakat menggunakan bahan bakar buatan Pertamina dan tersedia hampir di berbagai daerah di belahan bumi Nusantara ini,  bahan bakar yang paling umum digunakan di antaranya ada pertalite,  pertamax,dan juga premium yang mulai langka di beberapa daerah di Indonesia.

Nah,  nah seperti itulah kira-kira sedikit banyaknya bayangan yang bisa admin share tentang,  komponen utama yang digunakan untuk membuat bahan bakar minyak pada postingan kali ini,  semoga postingan tersebut bermanfaat untuk anda.  Terima kasih & Sampai jumpa

Baca Juga
Pygmy Mosmet ( Monyet Terkecil di Dunia )
5 Fakta Unik Monyet Terkecil di Dunia

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »