Perhitungan Sederahana Modal Usaha Ketan Susu

AttailahPetirMenjalankan usaha saat ini bapak apa susah untuk dilakukan. Apalagi untuk kondisi seperti sekarang ini yang mana seperti kita tahu aku sedang terjadi Pendemi Covid-19 yang akan sangat berpengaruh pada sektor ekonomi masyarakat.

Perhitungan Sederahana Modal Usaha Ketan Susu

Hal ini tentunya akan membuat setiap orang harus berpikir lebih keras untuk mencari rezeki dengan berbagai cara selama itu halal. salah satu jalan untuk mencari rezeki tersebut adalah dengan berjualan atau membuka usaha.

Tapi untuk menjalankan usaha untuk sekarang ini pun juga tergolong sulit dilakukan, terutama untuk Anda yang tinggal di perkotaan dengan tingginya protokol kesehatan yang harus dipatuhi yang membuat setiap orang harus berjanji di rumah.

Namun bagi beberapa orang yang jeli akan peluang usaha, mereka pasti tidak akan pernah tinggal diam jika menemukan suatu peluang usaha yang bisa mereka kerjakan. Apalagi jika peluang usaha tersebut bisa membawa banyak keuntungan dengan modal yang dikeluarkan seminim mungkin.

Baca Juga
5 Ide Usha Tidak Akan Pernah Mati
5 Ide Usha Dengan Modal Dibawah Rp 5 Jutaan

Salah satu usaha yang kami maksudkan tersebut adalah peluang usaha ketan susu. Bagi yang belum tahu, usaha ketan susu ini merupakan salah satu jenis kuliner yang mudah untuk dibangun dan bisa dimulai dengan modal yang sedikit.

Kata yang lebih gampang untuk menyingkat ketan susu tersebut adalah Tansu, sebagai salah satu jenis usaha yang sedang hits di era modern ini, membuat jenis usaha yang satu ini banyak digandrungi dan dijalankan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia terutama mereka para pedagang di pinggir jalan.

Bahan utama yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak layaknya jenis-jenis usaha lain yang dijalankan akan membutuhkan modal yang besar. Dimana hal tersebut tentu akan menghalang setiap langkah orang yang memiliki modal kecil untuk memulai sebuah usaha.

adapun persiapan yang harus dipersiapkan sebelum memulai jenis usaha yang satu ini adalah sebagai berikut.

Tempat

sebelum memulai sebuah usaha tentunya kita harus mempersiapkan tempatnya terlebih dahulu. Dan untuk memulai usaha yang satu ini ada baiknya bagi anda untuk mencari tempat yang strategis dan juga banyak dilalui orang ramai.

Anda bisa berjualan di sekitar area kampus yang banyak kos yang juga mahasiswa yang lalu-lalang, ataupun Anda bisa juga untuk mencari tempat yang dilalui oleh orang ramai untuk berbelanja makanan. Karena memang usaha ketan susu ini merupakan jenis usaha yang masuk ke dalam kategori jenis usaha kuliner.

Pelayanan

Persiapan selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah pelayanannya, karena seperti yang kita tahu kalau untuk menjalankan sebuah usaha pelayanan adalah sesuatu hal yang harus diutamakan.

berikan pelayanan terbaik untuk para tamu koyang datang dengan tujuan untuk membuat mereka betah dan mau kembali ke tempat usaha kita. Dengan begitu peluang usaha yang kita jalankan akan punya peluang yang lebih besar untuk sukses kedepannya.

Selain itu Anda juga bisa memberikan service yang lebih baik dibandingkan dengan servis yang diberikan di tempat lain. Tujuannya juga masih sama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya yaitu untuk membuat tamu yang tadinya datang berkunjung ingin untuk kembali ke tempat usaha anda.

Promosi

sabar apapun jenis usaha yang Anda jalankan tidak akan pernah bisa maju tanpa adanya media promosi. Dalam hal ini dikarenakan Anda menjalankan usaha kuliner, maka ada baiknya untuk mempromosikan jenis usaha pada media promosi yang cocok untuk jenis usaha kuliner tersebut.

Untuk media promosi itu sendiri juga biasa dijalankan melalui 2 media yakni media online dan juga media offline. seperti yang kita tahu kalau media online itu untuk sekarang sudah sangat banyak sebagai contohnya ada Facebook, Instagram, Twitter, Website hingga YouTube pun bisa menjadi media promosi terbaik yang mampu menjangkau lebih banyak orang dibanding dengan media offline.

Sedangkan untuk media offline untuk sendiri ada beberapa contoh, seperti banner, poster, maupun baliho bisa menjadi salah satu media promosi offline.

Analisis Modal Usaha

Untuk analisisnya sendiri, dalam hal ini admin akan mengkategorikan dalam beberapa kategori modal, diantaranya ada modal yang dibutuhkan untuk Peralataan jika anda adalah orang yang baru pertama kali berkecimpung di dunia usaha yang satu ini. Kemudian ada biaya yang tidak tetap, dimana biaya-biaya tersebut seperti biaya yang harus dikeluarkan untuk belanja dan anggaran hariannya.

Baca Juga
Perhitungan Sederhana Modal Usaha 100 Ekor Ayam Broiler
5 Ide Bisnis Mahasiswa 2020

Pengeluaran

Untuk Biaya pertama sekaligus biaya tetap yang harus dikeluarkan untuk jenis usaha yang satu ini diantaranya ada.

  1. Etalase                       Rp 500.000
  2. Kompor & Gas               Rp 350.000
  3. Meja & Kursi             Rp 400.000
  4. Sewa Lapak              Rp 90.000 ( Bisa Berbeda Tergantung tempat )
  5. Lain-lain                   Rp 200.000

jadi, Total Modal awal yang dibutuhkan untuk peralatan dalam menjalankan usaha Ketan Susu ini adalah sebesar Rp 1.540.000. ( Note: Bukan dijalankan di dalam bangunan mewah ).

Selanjutnya modal yang harus disiapkan adalah anggaran belanja hariannya seperti:

  1. Beras Ketan                                   Rp 3.300.000 / Bulan nya
  2. Kelapa                                           Rp 2.400.000 / Bulan nya
  3. Garam                                           Rp 30.000 / Bulan nya
  4. Gula                                              Rp 150.000 / Bulan nya
  5. Coklat                                          Rp 3.000.000 / Bulan nya
  6. Susu Cair                                     Rp 3.240.000 / Bulan nya   
  7. Gas       17x ( Untuk 1 Bulan )    Rp 204.000
  8. Listrik & Air                                Rp 50.000
  9. Biaya Tidak Terduga Lainnya    Rp 500.000
Biaya-biaya tersebut merupakan asumsi saja, karena seperti yang kita tahu kalau harga barang terutama untuk saat ini sedang sangat-sangat tidak menentu. Jadi kalau ditotalkan modal bulanannya adalah sebesar Rp 12.874.000 / Bulan nya, dan angka tersebut masih bisa berubah-ubah dengan syarat seperti yang sudah admin sebutkan tadi.

Pemasukan

Untuk pemasukannya sendiri dalam hal ini admin hitung secara merata perhari nya, ada pun untuk nilainya adalah sebagai berikut:

Harga Per porsi Rp 8.000
Target terjual dalam sehari minimal 85 Porsi ( 85 x Rp 8.000 = Rp 680.000 ) 
Sedangkan untuk target minimal penjualan dalam 1 bulannya adalah 85 porsi x 30 hari = 2.550 Porsi dalam 1 bulan nya.

2.550 x Rp 8.000 
Total Rp 20.400.000

Maka Omset Perbulan dari hasil usaha Jualan Ketan susu ini mencapai Rp 20.400.000

Jika dikurangi pengeluaran hariannya sebesar Rp 12.874.000 maka Rp 20.400.000 - 12.874.000 = Rp 7.526.000 pendapatan yang bisa dihasilkan perbulannya jika target tercapai. Namun tentunya pada awalnya anda juga harus menghitung untuk modal awal yang dibutuhkan yakni sebesar Rp 1.540.000

Gampang nya pedapatan bulan pertama anda adalah Rp 7.526.000 - 1.540.000 = Rp 5.986.000

Jadi, Pendapatan bulan pertama anda mulai usaha jika target tercapai adalah sebesar Rp 5.986.000 sedangkan untuk bulan-bulan selanjutnya jika usaha usaha anda masih mencapai target penghasilan yang akan anda dapatkan adalah senilai Rp 7.526.000 / Bulan nya. Tidak perlu mencari kerja, tapi dengan ide tersebut anda bahkan mampu untuk mempekerjakan banyak orang dan meringankan beban mereka.

Perhitungan tersebut barulah 1 oulet saja yang anda miliki, bayangkan jika seandainya anda punya 30, 50 hingga 100 outlet yang ter manaje dengan baik berapa penghasilan anda perbulannya?

Nah, itulah sedikit banyaknya informasi tentang Perhitungan Sederhana Modal Usaha Ketan Susu yang bisa admin share pasa postingan kali ini, Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »