Pohon Ulin ( Pohon Paling Dicari di Indonesia )

AttailahPetir Pohon merupakan salah satu tanaman besar yang punya peran yang sangat penting di permukaan bumi ini,  sebagai salah satu negara yang dikenal akan kehijauannya, indonesia merupakan salah satu negara yang punya pohon terebsar di dunia dan umumnya masyarakat Indonesia lebih mengenal Pohon Jati sebagai pohon dengan kualitas yang sangat bagus dan tidak ada tandingannya.
Pohon Ulin ( Pohon Paling Dicari di Indonesia )

Ada banyak sekali orang yang menggunakan kayu jati untuk berbagai kebutuhan mereka dan menganggap bahwa kayu dari pohon tersebut merupukan jenis kayu yang paling kuat.

Pada dasarnya memang ungkapan tersebut tidak sepenuhnya bisa disalahkan, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Karena memang pohon jati itu sendiri merupakan pohon yang punya nilai dengan kualitas yang tinggi yang mana akan sangat baik bila digunakan untuk berbagai kerajinan,  baik itu untuk kebutuhan furniture maupun untuk kontruksi rumah. 

Baca Juga

Hanya saja kalau ada yang mengatakan kayu jati ini sebagai kayu paling kuat dan awet di indonesia, maka hal tersebut tidak sepenuhnya bisa dibenarkan, karena jika dilihat lebih jauh lagi, ada beberapa jenis kayu yang memang punya ukuran sangat besar, lurus, kuat dan sangat awet yang bisa melebihi kayu Jati yang paling dikenal masyarakat indonesia saat ini.

Jenis Kayu Terkuat
Pohon Ulin ( Pohon Paling Dicari di Indonesia )

Tahukah anda bahwa ternyata ada jenis kayu yang jauh lebih kuat dan lebih keras dari kayu jati yang dibangga-banggakan oleh banyak orang? Kayu tersebut adalah kayu Ulin. Memang pendapat setiap orang bisa berbeda-beda dan yang admin katakan ini juga tidak sepenuhnya salah.

Karena memang pohon jati juga merupakan salah satu jenis pohon yang punya kualitas yang tinggi dan juga sangat baik jika digunakan untuk berbagai kerajinan seperti yang sudah admin sebutkan diatas tadi. Hanya saja, kalau dikatakan kayu jati merupakan kayu paling kuat dan awet, maka hal tersebut mungkin patut anda pertimbangkan kembali dan masih bisa anda bandingkan dengan Kayu Ulin ini

Baca Juga

Ketahanan Dari Kayu Ulin
Pohon Ulin ( Pohon Paling Dicari di Indonesia )

Karena saking kuatnya kayu Ulin ini, sampai-sampai membuat para pengrajin furniture merasa enggan untuk mengolah kayu  ulin tersebut tanpa adanya peralatan yang memadai yang ujung-ujungnya akan menyusahkan para pengrajin furniture itu sendiri. Ada beberapa orang yang mengatakan kalau kerasnya kayu yang satu ini tidak kalah dengan kerasnya besi karena beberapa orang pernah menggunakan gergaji untuk memotong kayu yang satu ini dan bukan kayunya yang terputus, tapi gergajinya patah saking kerasnya kayu ulin tersebut.

Sebagai salah satu kayu terkeras di indonesia, pohonnya pun juga termasuk sebagai salah satu pohon pohon dengan ukuran yang besar dan juga tingginya. Dimana tinggi dari pohon ulin ini yang bisa mencapai 50 m dengan diameternya yang mencapai 120 cm. 

Pohon ulin tersebut juga tumbuh pada dataran rendah hingga pada ketinggian 400 m dpl dan  Kayu nya juga merupakan salah satu jenis kayu hutan tropika basah yang mampu tumbuh secara alami di daerah Kalimantan dan juga sulawesi. Kayu besi atau Ulin ini juga bisa tahan terhadap perubahan suhu yang ekstrim dan juga pengaruh air laut, sehingga bobot dari kayu yang satu ini menjadi sangat berat dan juga keras. 

Manfaat Kayu Ulin
Pohon Ulin ( Pohon Paling Dicari di Indonesia )

Adapun manfaat yang bisa didapat dari kayu besi ini yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat adalah kayu ulin ini lebih dimanfaatkan untuk kebutuhan penting pada perusahaan-perusahaan besar seperti untuk kapal laut, bantalan rel kereta Api, Tiang Listrik, dan juga komponen-komponen lain yang membutuhkan kayu dengan ketahanan dan keawetannya.

Selain itu, kayu ini juga sering digunakan sebagai lantai kayu pada bagian luar ruangan, pada  jembatan dan juga pada Decking Kayu  dengan alasan akan ketahanan fisiknya yang sangat laur biasa. Dikarenakan kayu ini merupakan kayu yang dibutuhkan oleh pihak tertentu, maka tidak heran kalau  kayu ini banyak diburu oleh para penebang liar, dan pertumbuhan dari kayu ini sendiri juga sangat sulit dan juga tergolong pada kayu langka. Maka dari itu, tidak heran jika harga dari Kayu Ulin ini yang sangat mahal karena memang untuk mendapatkannya pun juga sangat susah dan untuk memiliki nya pun harus mengikuti sejumlah prosedur yang sudah disiapkan oleh pemerintah. 

Baca Juga

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »