Sukhoi SU-30 ( Pesawat Tempur Canggih Andalan Angkatan Udara Indonesia )

AttailahPetirUntuk saat ini terdapat sangat banyak jenis pesawat tempur yang dioperasikan oleh berbagai kalangan militer di Indonesia. namun yang menjadi pesawat tempur andalan yang paling utama adalah Sukhoi SU-30.

Sukhoi SU-30 ( Pesawat Tempur Canggih Andalan Angkatan Udara Indonesia )

Di mana jenis pesawat tempur yang satu ini, merupakan jenis pesawat tempur multi peran dan berdasarkan beberapa informasi yang admin dapat menyatakan bahwa pesawat Sukhoi SU-30 ini merupakan pesawat tempur canggih buatan Rusia.

pesawat SU-30 ini sendiri juga merupakan pengembangan dari seri sebelumnya yakni su-27 dan su-27 m, yang mana nantinya pesawat yang saat ini akan bersaing langsung dengan f-15 Eagle dan juga f-16 fighting Falcon. 

Kegiatannya angkatan udara Indonesia, angkatan udara Rusia juga mengoperasikan 12 pesawat tempur SU-30 ini sejak tahun 2008 lalu hingga sekarang. Maka tidak akan terasa aneh kalau Indonesia juga merupakan salah satu penggemar pesawat tempur SU-30 ini.

Baca Juga 5 Benda Yang Wajib Ada di Dalam Kotak P3K 5 Perbedaan Utama HDD Dengan SSD

Varian-varian SU-30
Sukhoi SU-30 ( Pesawat Tempur Canggih Andalan Angkatan Udara Indonesia )

Berbicara tentang varian-varian nya, Sukhoi SU-30 sendiri seperti yang sudah disebutkan sebelumnya punya beberapa varian sebelum pengembangan dan sesudah pengembangan.

Ada berapa varian tersebut diantaranya ada su-27M yang mana pesawat tempur dengan seri tersebut hanya memiliki 1 tempat duduk saja. Sedangkan perkembangan selanjutnya menjadi SU-35UB, pengembangan yang terjadi pada pesawat tempur yang saat ini adalah pesawat tempur yang dijadikan sebagai pesawat latihan dengan 2 tempat duduk.


Selanjutnya ada SU-35BM yang hanya memiliki satu siter dengan Avionik terbaru dan bermacam-macam modifikasi yang terjadi pada badan pesawat. 2 unit terakhir pengembangan lainnya adalah SU-35S dan juga SU-35K digunakan sebagai versi ekspornya di Rusia.


Peminat Sukhoi SU-30
Sukhoi SU-30 ( Pesawat Tempur Canggih Andalan Angkatan Udara Indonesia )

Dikarenakan jenis pesawat Sukhoi SU-30 ini  merupakan sebuah pesawat tempur maka pastinya tidak akan bisa disamakan dengan pesawat pribadi atau Airbus. Maka tidak akan terasa aneh jika pesanannya tidak akan sebanyak pesawat Airbus.

Berdasarkan informasi admin dapatkan, tiga negara peminat utama pesawat tempur Sukhoi SU-30 diantaranya adalah Rusia selaku tuan rumah yang membuat pesawat tempur tersebut. Mereka sendiri memesan hingga 40 pesawat tempur Sukhoi SU-35S.


selanjutnya adalah Mesir dengan Armada angkatan udara Mesir yang memesan hingga 24 pesawat tempur jenis Sukhoi SU-35. dan yang terakhir adalah Indonesia dengan Armada angkatan udara Indonesia yang memesan hingga 11 pesawat tempur Sukhoi SU-35S sama seperti yang di pesan oleh Rusia.

Kecanggihan Pesawat Tempur Sukhoi SU-30
Sukhoi SU-30 ( Pesawat Tempur Canggih Andalan Angkatan Udara Indonesia )

Tidak bisa dipungkiri, pesawat tempur Sukhoi SU-30 ini sangat efektif untuk digunakan dalam melakukan serangan terhadap Medan darurat. karena pesawat tempur yang satu ini punya panjang yang hanya 21,9 Meter dengan rentang sayapnya 14,7 Meter saja.

maka tidak aneh kalau pesawat yang satu ini bisa lepas landas dengan mudah pada landasan pacu yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu panjang. apalagi tinggi dari Sukhoi SU-30 ini hanya 6,36 Meter pada saat digunakan oleh dua orang kru.


Baca Juga

Selain itu sebagai salah satu pesawat tempur yang digunakan dalam peperangan, Sukhoi SU-30 ini juga mampu melaju dengan kecepatan maksimum hingga yang super cepat yang bisa mencapai 2.120 km per jam dan mampu menjelajah jangkauan hingga 3.000 km.


untuk kelengkapan alat tempurnya sendiri pesawat ini sudah dipersenjatai dengan gsh-30-1 gun ( kaliber 30 mm yang mampu memuat hingga 150 peluru ). 6 buah misil anti radar dengan kode Kh-31P/Kh-31A, 6 buah misil yang berpemandu laser dengan kode Kh-29T/L 2 x Kh-59ME. Dan juga terdapat 6 buah bom udara dengan kode KAB 500KR, 3 x KAB-1500KR, 8 x FAB-500T, 28 x OFAB-250-270.


Tidak hanya itu pesawat Sukhoi SU-30 ini juga sudah dioptimasi untuk mesin durasinya di mana panjangnya sudah mencapai 10 jam lebih, dan keunggulan lainnya dari pesawat tempur Sukhoi SU-30 ini adalah sistem radiolocation nya yang memungkinkan pesawat tersebut untuk melacak hingga 10 target dalam waktu yang bersamaan.


Selain beberapa hal yang sudah admin sebutkan diatas tadi pesawat ini juga mampu untuk menyerang dari udara dengan sangat presisi, membawa misil dan bom dengan kendali canggih dengan persenjataan yang ada di atas pesawat tempur tersebut.


maka dari itu tidak heran jika jenis pesawat Sukhoi su-30 tersebut selain diminati oleh ketiga negara yang sudah disebutkan di atas tadi terutama Rusia selaku tuan rumah. Sukhoi su-30 ini juga menjadi pesawat tempur yang dioperasikan oleh Aljazair, Chinese, India, Malaysia, Indonesia, Rusia, Uganda, Venezuela dan juga Vietnam, walaupun memang negara-negara tersebut tidak memesan terlalu banyak jenis pesawat tempur yang satu ini.


tapi setidaknya Alusista yang mereka miliki sudah punya peralatan-peralatan canggih untuk diajak bertempur, dimana salah satu Alutsista yang mereka gunakan tersebut adalah pesawat tempur canggih Sukhoi SU-30.


Seperti yang sudah admin sebutkan sebelumnya kalau Indonesia mengandalkan pesawat Sukhoi su-30 ini sebagai pesawat tempur tercanggih untuk membasmi musuh yang ingin menghancurkan NKRI. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya 


Baca Juga

5 Virus Paling Sering Menyerang Komputer

5 Gadget Unik Dari Xiaomi

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »