Tips Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

AttailahPetir - Pada saat menanyakan lokasi di suatu tempat, mungkin kita akan dibuat bingung karena hampir-hampir selalu ditunjukkan dengan menggunakan arah mata angin. 

Tips Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Belum lagi jika pada saat yang sama kita berada di Jawa, yang mana konon katanya kalau masyarakat lokal menyebutkan arah mata angin bahasa Jawa, seperti kidul, kulon, wetan, maupun lor. Bagi orang yang paham mungkin tidak akan menjadi masaalah yang serius, tapi bagaimana jika orang tersebut bukan orang yang mengerti? pasti yang akan terjadi adalah kebingungan dan juga terlihat seperti orang bodoh.

Padahal jika seandainya saja kita punya keahlian untuk membaca arah mata angin, setidaknya kita tidak akan kesasar karena hal sepele semacam itu.

Maka dari itu, kali ini admin akan memberitahu anda tentang Cara menentukan arah mata angin walaupun dalam keadaan tidak memiliki kompas sekalipun  arah mata angin masih bisa ditentukan. Memang ada banyak sekali trik sederhana yang bisa digunakan untuk mencari tahu arah mata angin agar kita tidak tersesat pada saat sedang berada di tempat asing.

Dengan Melihat Arah Matahari Terbit & Terbenam
Tips Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Cara yang pertama ini bisa dipakai untuk menentukan arah mata angin dengan sangat mudah karena matahari terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat. Maka otomatis arah selatan berada di sisi kanan anda.

Sedangkan arah utara pasti akan berada di sebelah kiri anda. Akan tetap kalau anda berdiri ke arah matahari terbenam, maka sisi kanan anda akan menunjukkan arah utara, sedang sebelah kiri menunjuk arah selatan, semudah dan sesimpel itulah.

Dengan Melihat Kuburan Ummat Muslim
Tips Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Secara ummum bagian nisan akan menghadap ke arah barat dan untuk anda yang tahu arah pada saat anda berada di area pemakaman adalah dengan menjadikan patokan ini untuk menentukkan arah lainnya. 

Kalaupun anda masih merasa bingung dan ingat-ingat lagi acuan untuk menentukan arah berdasarkan terbit atau terbenamnya matahari. Selain dari makam, masjid juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menentukan arah mata angin karena seperti yang kita tahu kalau arah kiblatnya pasti menghadap ke barat atau lebih tepatnya barat laut.

Dengan Memakai Jam Tangan Analog
Tips Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Walaupun Tidak punya gambar arah ata angin layaknya kompas, ternyata jam tangan analog yang umumnya kita lihat bisa menunjukkan arahnya mata angin juga, hal tersebut bisa dilakukan karena daerah di Indonesia ini  terutama pula Jawa berada di selatan garis khatulistiwa,

Maka dari itu, cara yang bisa digunakan untuk menjadikan patokan arah mata angin adalah dengan melihat angka 12 pada jam tangan yang kemudian diarahkan tepat ke arah matahari berada. selanjutnya, lihatlah jarum pendek yang menunjukkan jam. 

jika arah utara ada di antara angka 12 dan maka pada angka 6 pasti menunjukkan ke arah selatan.

Dengan Mengamati Pohon Saat Sedang Berada di Dalam Hutan
Tips Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Memang terdengar aneh, tapi silahkan anda coba ketika anda berada di dalam hutan rimba, cari pohon yang punya ukuran batang yang sangat besar, selanjutnya perhatikan pada tiap-tiap sisinya. 

Cobalah anda raba dan anda rasakan perbedaan suhunya, sisi batang yang suhunya paling hangat seharusnya adalah sisi batang menunjukkan arah barat karena kena pancaran sinar matahar atau anda juga bisa mengamati dedaunan dari pohon tersebut. 

Biasanya pohon yang mengarah ke bagian timur daunnya lebih lebat daripada yang menghadap ke barat, hal tersebut pun terjadi karena sinar di pagi hari yang sangat baik untuk proses fotosintesis yang membutuhkan cahaya matahari yang lebih optimal.

jika kedua cara tersebut hanya bisa digunakan pada saat siang hari, maka akan sangat berbeda halnya jika anda berada di dalam hutan pada saat malam hari, dikarenakan untuk menetahui arah mata angin pada malam hari di dalam hutan bisa dilakukan dengan cara mencari tahu arah angin berhembus atau dengan memperhatikan lumut pada batang pohonnya. 

Biasanya sisi batang yang ditumbuhi oleh banyak lumut akan mengarah ke arah barat, sedangkan yang tak ditumbuhi lumut mengarah ke timur.

Dengan Mengamati Bayangan Benda Saat Siang Hari
Tips Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Pada saat siang menuju sore hari, bayangan benda akan condong ke arah barat. Sementara pada pagi menjelang siang, bayangan dari sebuah benda akan condong ke arah timur. 

Untuk anda yang ingin tahu arah mata angin pada saat tersebut, maka ada baiknya untuk meletakkan benda secara vertikal di atas tanah untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. 

Agar tidak membuat anda terlalu bingun, maka anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Tancapkan tongkat pendek pada tanah datar dan berikan tanda pada bagian ujungnya.
  2. Silahkan tunggu sekitar 15 sampai dengan 30 menit kemudian tandai kembali ujung bayangan dari tongkat tersebut.
  3. Buatah garis lurus antara tanda pertama dengan tanda yang kedua tadi.
  4. Arah utara bisa diperoleh dengan melihat garis tegak lurus atau 90 derajat yang sudah diperoleh dari kedua titik bayangan sebelumnya.
Nah, seperti itulah kiranya cara kita menentukan arah mata angin saat berada di tempat-tempat yang baru kita datangi, Silahkan di coba, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »