5 Aplikasi Wajib di Smartphone Pelajar & Mahasiswa

AttailahPetir - Sebagai seorang pelajar ataupun mahasiswa, pasti kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya tugas, dan jika hal itu terjadi maka tentu hal tersebut akan membuat siapa pun dari kita merasa kesulitan dalam hal mengerjakan berbagai macam tugas yang terkadang memang banyak dan seringkali menyulitkan.

5 Aplikasi Wajib di Smartphone Pelajar & Mahasiswa

Di zaman serba canggih ini dimana hampir semua urusan dikerakan dengan menggunakan perangkat digital, peran serta teknologi sudah tidak bisa lagi dilepas dari kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkat yang kehadirannya tidak boleh terlewatkan yaitu HP atau smartphone yang untuk sekarang ini hampir semua orang memilikinya.

Hanya dengan menggunakan smartphone saja, berbagai macam jenis persoalan seakan bisa di selesaikan dengan sangat mudah, dan hal tersebut. Untuk lebih memudahkan setiap pelajar dalam berbagai macam hal terutama untuk pengerjaan tugas, kali ini admin akan mencoba untuk merekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa anda pasang pada perangkat smartphone anda masing-masing, Berikut adalah Listnya:

Grammarly
5 Aplikasi Wajib di Smartphone Pelajar & Mahasiswa

Untuk anda yang sering membuat tugas dalam Bahasa Inggris namun lumayan sulitan dengan yang namannya grammar, maka aplikasi yang satu ini mungkin bisa membantu anda. Sesuai dengan namanya, Grammarly ini tersedia dalam versi aplikasi baik itu keyboard maupun website. 

Grammarly ini punya berbagai macam fitur dengan kegunaannya kegunaan nya yang berbeda-beda, dengan menggunakan Grammarly Keyboard anda bisa langsung mengetik dokumen di HP dan Aplikasi Grammarly ini akan memperbaiki tulisan jika ada kata-kata yang kurang tepat.

Sedangkan Grammarly versi web, anda bisa langsung mengupload dokumen yang sudah selesai anda buat yang selanjutnya Grammarly akan mengoreksi setiap bagian detail dari tulisan tersebut. Kemudian pihak Grammarly tersebut akan memberikan saran penulisan yang tepat dan juga sesuai kaidah Grammar yang baik dan benar. 

Berbagai macam masalah terkait penulisan di essay, skripsi, tugas mengarang dan lain nya pasti akan terselesaikan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi Grammarly ini.

Evernote
5 Aplikasi Wajib di Smartphone Pelajar & Mahasiswa

Jika pada posisi pertama tadi aplikasi yang admin rekomendasikan adalah sebuah aplikasi yang berkaitan dengan pengejaan dan struktur kata dalam bahasa inggris, maka kali ini admin akan merekomendasikan sebuah aplikasi yang akan sangat membantu anda dalam hal pengerjaan tugas baik untuk anda yang sedang kuliah maupun belajar di bangku SMP, SMA atau sejajarnya.

Mengingat banyaknya tugas yang di berikan kepada para siswa oleh para pendidik untuk sekarang ini, maka ada baiknya untuk mencatat tugas-tugas tersebut agat tidak kelupaan untuk dikerjakan, maka dari itu ada baiknya bagi anda yang menggunakan smartphone untuk memasang sebuah aplikasi yang bernama Evernote.

Membuat note di smartphone menjadi lebih praktis dan yang pasti bisa digunakan dimanapun dan kapanpun, salah satu keunggulan dari aplikasi note yang satu ini adalah kemudahan untuk akses dengan menggunakan berbagai jenis perangkat seperti smartphone, tablet dan juga menggunakan laptop pun masih bisa diakses dengan sangat mudah.

Sekali catatan tersimpan di Evernote ini, anda pasti akan bisa mencari setiap topik dan kata yang akan muncul dengan sangat mudah di catatan yang anda buat. Dimana hal ini tentu nya akan memudahkan pemilihan kata dan mengingat kembali catatan yang sebelumnya pernah tersimpan. 

Tidak hanya itu, dengan aplikasi Evernote ini, anda juga bisa membagikan setiap momen dan catatan kepada sesama pengguna Evernote yang lainnya tanpa perlu ribet.

Soundnote
5 Aplikasi Wajib di Smartphone Pelajar & Mahasiswa

Jika kedua aplikasi yang sudah admin sebutkan diatas tadi mungkin masih belum cukup untuk anda para pelajar, maka aplikasi selanjutnya yang bisa anda coba pasangkan di perangkat smartphone anda masing-masing adalah aplikasi Soundnote.

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini punya peran yang sangat penting dalam hal tulisan, karena seperti yang kita tahu, kalau seorang mahasiswa ataupun siswa itu harus mengetahui apa yang diterangkan oleh tenaga pendidik mereka masing-masing, dan jika anda punya masalah dalam hal mencatat yang lambat, maka Aplikasi yang satu ini bisa menjadi solusinya.

Pasalnya, Soundnote ini mampu untuk mencatat setiap rekaman yang akan di simpan ke dalam bentuk Note, tidak hanya disimpan saja, tapi hasil rekaman yang sudah di terjemahkan dalam bentuk tulisan pun bisa dibagikan ke teman-teman yang lain dengan sangat mudah.

Dengan begitu, proses anda menyimak akan apa yang sedang diterangkan oleh para pendidik pun menjadi semakin mudah. Soundnote ini bisa diapatkan secara Cuma-cuma ( gratis ) di google play store di perangkat yang anda miliki masing-masing, Silahkan dicoba dan manfaatkan sebaik mungkin.

Microsoft Office
5 Aplikasi Wajib di Smartphone Pelajar & Mahasiswa

Aplikasi yang seharusnya ada pada setiap smartphone pelajar untuk sekarang ini adalah Microsoft Office. Siapa yang masih awam dengan aplikasi yang satu ini? Jika anda pernah belajar di jenjang SD, SMP dan SMA mungkin aplikasi yang satu ini tidak akan terdengar aneh lagi.

Bahkan tidak hanya di dalam dunia pendidikan saja, Microsoft Office ini juga digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari mereka yang membuka Usaha Foto Copy hingga mereka yang memang membutuhkan aplikasi untuk kebutuhan pengetikan baik itu karya ilmiah hingga pembuatan berbagai macam jenis surat menyurat.

Selain itu, setiap pekerjaan maupun tugas yang diberikan di sekolah maupun saat kuliah pun saat ini pasti tak lepas dari serangkaian perangkat lunak buatan Microsoft ini. Maka dari itu, pastikan bundle dari  aplikasi yang satu ini tersedia di smartphone anda masing-masing dengan tujuan agar tetap bisa menjalankan proses belajar dengan baik. 

Beberapa aplikasi yang biasanya digunakan diantaranya ada Microsoft Word untuk mengolah dokumen, Microsoft Excel untuk mengolah macam-macam data dan sangat erat kaitannya dengan tabel, dan juga Microsoft PowerPoint untuk mempresentasikan hasil kerja yang telah dibuat pada kedua aplikasi yang sudah admin sebutkan diatas tadi.

Kalau dulunya aplikasi Microsoft Office ini hanya tersedia pada perangkat PC atau Laptop saja, maka untuk saat ini anda sudah bisa mendapatkan aplikasi tersebut di smartphone android anda masing-masing dan bisa langsung menjalankannya tanpa perlu ribet lagi, memang tidak akan selengkap yang versi PC nya, namun sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan dasar penggunaannya.

Cam Scanner
5 Aplikasi Wajib di Smartphone Pelajar & Mahasiswa

Jika pada zaman dulu untuk mengscan sebuah dokumen kita perlu berangkat dari rumah ke tempat Fotocopy dan meminta tukang fotocopy tersebut untuk mengscan dokumen yang kita miliki tersebut, maka hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan untuk sekarang ini.

Dikarenakan dengan menggunakan aplikasi Cam Scanner ini anda bisa menjadikan smartphone anda menjadi sebuah mesin scanner dokumen. Bahkan hasilnya juga tidak akan mengecewakan apalagi jika kamera dari smartphone anda tersebut punya resolusi yang tinggi yang mampu menangkap gambar dengan sangat baik pada saat sedang menggunakannya.

Caranya juga tidak terlalu ribet, hana perlu mengunduh aplikasinya di Google Play Store, kemudian pasang aplikasi tersebut pada smartphone yang anda miliki masing-masing, selanjutnya anda hanya perlu menjalankan aplikasi Cam Scanner ini tanpa perlu apa pun lagi.

Disaat-saat tertentu anda pasti akan membutuhkan aplikasi yang satu ini, apalagi jika anda sering mendapatkan tugas dari tenaga pendidik anda untuk membuat tugas langsung pada selembar kertas yang ujung-ujungnya akan membutuhkan kamera untuk memotret hasilnya. Dan hasil yang paling baik adalah dengan mengscannya agar hasilnya benar-benar jelas dan bisa digunakan dengan baik.

Nah, itu dia 5 Aplikasi yang mestinya ada pada perangkat smartphone para pelajar maupun mahasiswa untuk saat ini yang bisa admin share pada postingan kali ini, Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »