Finlandia ( Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia )

AttailahPetir - Republik Finlandia atau negara Finlandia merupakan sebuah negara nordik yang berada di Eropa bagian utara  dan termasuk ke dalam anggota dari bagian Uni Eropa.  Finlandia ini berbatasan langsung dengan Swedia di bagian barat,   di sebelah utaranya berbatasan langsung dengan Norwegia.

www.attailahpetir.com

Pada tahun 2013 lalu populasi negara Finlandia ini mencapai 5,5 juta jiwa  yang mayoritasnya nya bertempat tinggal di kawasan selat.  Sesuatu yang berasal dari negara Finlandia ini  tidak lain adalah tingkat kepadatannya  yang berada pada posisi ke-8 di benua Eropa dan masuk ke dalam kategori negara yang memiliki tingkat kepadatan penduduk terendah di  Uni Eropa.

Ibukota dari Finlandia ini adalah Helsinki dan bahasa resmi yang digunakan di negara Finlandia adalah bahasa Finlandia itu sendiri,  Sedangkan untuk bahasa daerahnya adalah lah bahasa Sami.  Sebagai salah satu negara dengan populasi kepadatan penduduk  paling rendah di dunia,  negara yang satu ini mampu menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Bahkan pendidikan di Negara yang satu mampu secara rutin mengungguli sistem pendidikan di Negara Paman Sam yaitu Amerika Serikat dalam hal literasi membaca,  sains  dan juga ilmu matematika.  Sebagai buktinya Finlandia berada di peringkat ke-13 untuk skor matematika PISA  yang dilakukan selama 3 tahun sekali yang dimulai pada tahun 2000 lalu.

Kenapa Finlandia Bisa Menjadi Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia?
www.attailahpetir.com

Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan tersebut,  terlebih dahulu kita harus melihat perbedaan jam belajar di Negara Finlandia dengan negara-negara lainnya yang ada di dunia.  Yang mana Kalau diteliti lebih jauh lagi kita dengan mudah akan mendapatkan kesimpulan bahwa pendidikan Finlandia memiliki jam belajar di sekolah yang lebih sedikit dengan dibandingkan dengan negara-negara lainnya yang ada di dunia.

Dengan sistem tersebut  para siswa yang memiliki kemampuan dan kreativitas yang lebih bisa mengaplikasikan di macam sekolah mereka,  tidak hanya itu jika jam belajar tidak terlalu berlebihan,  para siswa juga tidak akan mengalami stres yang berlebihan akibat dari pelajar yang secara terus-menerus tidak pernah selesai.

Tidak lupa juga para guru yang ada di Finlandia terutama untuk guru-guru SD dan SMP yang memiliki tingkatan pendidikan setara dengan Master.  Setiap tahunnya pemerintah Finlandia selalu memberikan pembelajaran dan pengembangannya yang berkelanjutan untuk para pendidik  dengan tujuan agar pendidikan di Finlandia tersebut tetap menjadi nomor Satu didunia .

Sistem Pendidikan Mengikuti Skill
www.attailahpetir.com

Kalau pendidikan di Indonesia setiap siswa dituntut untuk bisa mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru,  maka sistem tersebut akan terasa sangat berbeda bila dibandingkan dengan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia ini yaitu Finlandia.  Di mana para pendidik selalu memperhatikan akan Skill dari murid yang mereka diri masing-masing,  untuk selanjutnya mereka akan mengikuti dan membimbing para murid tersebut untuk mengembangkan skill yang dimiliki  itu dengan tujuan agar skill yang mereka miliki tersebut bisa diterapkan kedepannya nanti.

Selain itu,  anak-anak baru bisa masuk ke pendidikan dasar pada saat anak tersebut mulai berusia 7 tahun minimalnya,  dan pada saat mereka masuk ke pendidikan dasar maka mereka akan langsung menawarkan pendidikan struktur tunggal selama 9 tahun atau selama 90 hari pertahunnya. 

Selama di sekolah mereka akan  diberikan  sangat banyak uang untuk merevisi dan mengubah kurikulum  sesuai dengan kebutuhan para siswa masing-masing,  jadi dengan kata lain,  sistem pembelajarannya akan mengikuti skill yang dimiliki oleh para siswa masing-masing dan bukan memaksa siswa untuk belajar apa yang mereka tidak sukai yang ujung-ujung nya akan membuat para siswa yang belajar tersebut semakin bosan.

Jam Belajar Sangat Singkat
www.attailahpetir.com

Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau jam belajar di Finlandia ini tidak sepanjang jam belajar di negara-negara lainnya terutama jam belajar di indonesia. Menurut informasi yang admin dapat dari brilio.net menyatakan bahwa jam pelajaran di negara tersebut hanya 45 menit saja, sedangkan untuk masa istirahatnya mereka akan diberikan waktu selama 15 menit.

Karena seperti yang kita tahu kalau semakin lama kita belajar secara terus menerus, semakin frustasi dan semakin hilang kefokusan kita dalam belajar, dan hal tersebut sudah disadari oleh para tenaga pendidik di finlandia. Maka dari itu, para pendidik tetap memberikan waktu untuk istirahat selama 15 menit untuk membuat otak dari para pelajar ( para siswa ) kembali segar untuk menerima pelajaran dengan baik dan lebih mudah untuk dicerna.

Nah, seperti itulah kira-kira pendidikan di Finlandia yang admin tahu, walaupun tidak menutup kemungkinan apa yang admin sampaikan pada postingan kali ini masih terdapat kekeliruan dan mungkin itu merupakan kesilapan admin. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa Pada Postingan selanjutnya.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »