Honda Civic Type R ( Rp 1,04 miliar )

AttailahPetir Honda merupakan salah satu pabrikan otomotif asal jepang yang sudah sangat familiar di indonesia, tidak hanya berkecimpung di dunia otomotif, tapi ternyata Honda juga pernah membuat robot canggih yakni Asimo.

Honda Civic Type R ( Rp 1,04 miliar )

Walaupun perusahaan tersebut tidak mengfokuskan diri mereka dalam bidang teknologi, tapi mereka bisa membuktikan bahwa mereka mampu untuk membuat sebuah robot pintar sekalipun. Pada dasarnya Honda memproduksi sangat banyak jenis Mesin, tidak hanya mesin Mobil atau motor saja, tapi Honda Juga pernah Memproduksi mesin pesawat yakni Honda HA-420, walaupun memang yang lebih dominan yang mereka produksi adalah mobil dan juga sepeda motor yang sudah sangat melegenda di tanah air tercinta kita ini.

Salah satu mobil yang pernah di produksi honda dan masih punya peminat yang tidak sedikit di indonesia adalah Honda Civic. Honda Civic ini sendiri pertama kali diperkenalkan oleh honda pada tahun 1972 lalu yang pada saat itu masih berbentuk model Coupe yang hanya 2 pintu saja, selang beberapa bulan kemudian honda kembali memperkenalkan model terbarunya yang versi Heatchback 3 pintu yang membuat sangat banyak orang mulai melirik Mobil yang satu ini.

Seiring berjalannya waktu, Honda Civic ini pun semakin berkembang bai dari segi desain, hingga ke teknologi dari mobil buatan honda yang satu ini. Hingga generasi ke 10, Honda Civic sudah melalui perjalanan yang sangat panjang, dan untuk versi terbaru mereka yang paling di idam-idamkan oleh kebanyakan orang adalah Honda Civic Type R.

Untuk variannya sendiri, di indonesia Honda Civic Type R ini tersedia dalam 2 varian, dimana diantaranya ada yang varian dengan transmisi Manual dan ada juga yang varian Heatchback 5 seater yang pastinya mampu menampung lebih banyak orang. 

Desain & Dimensi

Honda Civic Type R generasi terbaru sudah mengusung konsep body honda Civic Heatchback, namun dengan penambahan beberapa komponen tambahan untuk kebutuhan aerodinamika dari mobil tersebut. Pada saat melirik mobil ini dari bagian luar, yang langsung terlintas di pikiran kebanyakan orang adalah Sporty, dan tidak akan jauh dari kata Mobil balap.

Karena memang secara desain dari bagian luar Honda Civic Type R ini sudah punya desain ala-ala Mobil sport. Walaupun memang untuk isi kabin nya masih mampu memuat higga 5 orag sekalipun, yang namun tetap saja secara Desain dan performa Civic Type R ini sama sekali bukan mobil yang bisa diremehkan.

Dimensinya yang tergolong compact untuk sebuah sports car membuat mobil yang satu ini sangat nyaman saat diajak untuk perjalanan jarak jauh sekalipun. Pada bagian belakang mobil terdapat spoiler yang akan sangat berguna untuk menambah Down Force pada saat Honda Civic Type R tersebut dijalankan pada kecepatan tinggi.

Selain itu, sejumlah lekukan yang terdapat pada sekujur mobil juga punya fungsi Aerodinamika yang baik. Setiap lubang yang terdapat pada bagian body mobil tidak ada yang dibuat tanpa tujuan, semua punya fungsi untuk mengalirkan udara ke berbeagai komponen mobil yang memang membutuhnkan pendinginan udara seperti pada kaliper Rem hingga ke bagian mesin mobil.

Interior

Walaupun Honda Civic Type R ini dibuat untuk mereka yang senang akan kecepatan, tapi bukan berarti honda tidak memperhatikan kenyamanan dan isi cabin dari mobil yang satu ini, karena begitu masuk ke dalam cabin hal yang langsung terasa dari aura kabin mobil yang satu ini adalah Mewah, kemewahan tersebut sudah mulai terlihat dari penggunaan bahan-bahan mewah dan juga berkualitas hampir di sekujur kabin Honda Civic Type R ini.

Kehadiran Layar Multimedia yang berukuran 7 Inch juga menjadi salah satu attention to detail bahwa honda ini sangat memperhatikan kenyamanan para pengguna mobil yang mereka buat. Berbagai macam informasi tentang mobil dan navigasi mobil bisa ditampilkan dengan mudah pada layar Multimedia tersebut dan yang lebih menyenangkannya lagi adalah sistem operasi dari Layar Multimedia yang berukuran 7 Inch tersebut yang sudah menggunakan OS Android.

Sejumlah fitur lain seperti penggunaan 8 speaker yang terletak hampir di sekujur Mobil ini juga seakan meberikan nuansa sedang berada di dalam arena konser pada saat memutar lagu dengan volume yang maksimum.

Dikarenakan pada luar mobil aura nya sudah aura Sport, maka hal tersebut juga masih bisa didapatkan hingga ke bagian dalam mobil yang mana sudah menggunakan Jok Semi bucket yang mampu menyangga punggung dengan baik pada saat pengguna mengoperasikan mobil ini di jalanan. Selain itu adal sejumlah mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan mode berkendara anda masing-masing, mode-mode tersebut diantaranya ada mode Comfort, Sport dan juga R+ yang mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih maksimal.

Performa

Dikarenakan rival abadi dari mobil yang satu ini adalah mobil-mobil yang tangguh layaknya Toyota 86, Mini Clubman, Mini 3 Pintu dan Mini 5 pintu, yang mana mobil-mobil tersebut memiliki mesin yang performa tinggi, maka begitu juga dengan Honda yang membekali Honda Civic Type R ini dengan Mesin berkapasitas 1996 cc 4 silinder DOHC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 306Hp dengan torsi 400Nm.

Tentu mesin yang digunakan pada Honda Civic Type R ini bukan mesin NA, akan tetapi tenaganya bisa sampai sebegitu besarnya berkat penggunaan turbo. Mesin yang kencang tersebut dikontrol melalui transmisi 6 percepatan dan dibagi dalam 3 mode berkendara seperti yang sudah pernah admin sebutkan diatas tadi, yakni Mode Comfort, Sport dan juga R+ yang mengizinkan anda untuk mengeluarkan semua kemampuan yang dimiliki Honda Civic Type R ini.

Dengan dukungan mesin yang kencang tersebut dan segenap fitur yang ditawarkan mobil ini, seharusnya sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan harian setiap pengguna di indonesia, karena dari hasil beberapa pengetesan yang dilakukan oleh beberapa Riviewer di indonesia membuktikan bahwa Honda Civic Type R ini mampu berakselerasi dari posisi diam hingga mencapai 100 Kmpj tuntusa dalam Waktu 5,8 detik saja, yang mana ini artinya ini sudah sangat mendekati region Supercar yang berada pada range di bawah 5 detik

Walaupun Honda Civic Type R ini merupakan sebuah Sports Car ( Mobil Sport ) tapi bukan berarti mobil ini tidak nyaman saat digunakan untuk berjalan pelan, karena seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau tersedia mode berkendara pada mobil ini yang bisa dipilih sesuai dengan gaya berkendara anda masing-masing, hanya saja jika sesekali anda membutuhkan performa monster dari sebuah mobil, anda masih bisa menemukannya pada Honda Civic Type R ini.

Harga

Ada harga ada rupa begitu kata orang zaman dulu, Begitu pula halnya dengan mobil yang satu ini. Dari beberapa sumber yang admin dapat, Honda Civic Type R ini dijual pada rentang harga Rp 1,04 milliar rupiah. 

Setelah mengetahui harganya, apakah anda masih punya minat untuk membawa pulang Honda Civic Type R ini kedalam garasi rumah anda masing-masing? Tapi kalau menurut admin pribadi bagi mereka yang tahu akan mobil dan suka dengan dunia balap, harga tersebut masih tergolong murah mengingat apa yang ditawarkan pada mobil ini, akan tetapi jika anda membutuhkan mobil yang hanya untuk membawa keluarga anda jalan-jalan saja, masih sangat banyak pilihan mobil lainnya yang jauh lebih murah, lebih mewah dan muat lebih banyak lagi.

Nah, seperti itulah kiranya sedikit banyaknya informasi yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa postingan selanjutnya.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »