Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi

AttailahPetirKeadaan Ekonomi KIP Kuliah meruapakn permintaan untuk memberikan penjelasan yang punya kaitan dengan kondisi ekonomi dari keluarga yang bersangkutan.

Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi

Hal tersebut bertujuan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam penyeleksian KIP kuliah.

Dalam Keadaan Ekonomi KIP Kuliah Tersebut peserta akan diminta untuk menceritakan kondisi ekonomi keluarga seperti apa. Usahakan untuk mengisi kolom deskripsi yang punya kaintan dengan Dokumen pendukung yang nanti dilampirkan.

Dokumen sumber merupakan dokumen yang gunakan sebagai dasar pencatatan ke dalam jurnal ataupun buku pembantu.

Sedangkan dokumen pendukung adalah dokumen yang dilampirkan kedalam dokumen yang punya fungsi ataupun kegunaan sebagai sebagai bukti sah dari sebuah transaksi yang disematkan didalam dokumen sumber.

Apa Saja Yang Perlu Diisi Didalam Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi?

Sebenarnya setiap instansi punya standar yang berbeda-beda tentang dokumen pendukung ekonomi yang perlu di isi.

Namun yang paling umumnya adalah berupa Scan KIP Pelajar ataupun Kartu KKS ( Scran Kartu Jaminan Kesehatan Nasional ), ataupun dengan menyertakan Scan Surat Keterangan Kurang Mampu ( SKTM ) dari desa.

Tapi akan lebih baik jika Surat Keterangan Kurang Mampu tersebut di rekomendasikan oleh Dinas Sosial.

Adapun beberapa isian yang harus diisi pada dokumen pendukung tersebut nanti diantaranya adalah:

  • Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi.
  • Deskripsi Keadaan Ekonomi.
  • Penghasilan Ayah.
  • Penghasilan Ibu.
  • Hutang.
  • Piutang.
  • Cicilan piutang.
  • Tabungan keluarga.

Apa Yang Dimaksud Dengan Dokumen Sumber, Ekonomi Deskripsi dan Ekonomi Publik?

Adapun maksud dari setiap kolom tersebut bisa anda cek di tujuwan.com . Sedangkan beberapa istilah lain seperti Dokumen sumber, Ekonomi Deskripsi, dan juga Ekonomi Publik akan coba admin jabarkan di bawah ini.

Dokumen sumber merupakan sebuah source document yang berisikan catatan (informasi) yang akan digunakan sebagai data input kedalam sistem pengolahan data elektronik (SPDE), seperti cek, kuitansi, dan bilyet giro.

Ekonomi Deskripsi merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang paling sering dijumpai di kehidupan sehari-hari, misalnya saja salah satu lembaga pemerintah yakni Badan Pusat Statistik yang bekerja dalam hal pengolahan data-data ekonomi dan menyajikannya kedalam bentuk grafik 

Walaupun ada juga yang menyajikannya ke dalam bentuk diagram dengan tujuan agar lebih mudah dimengerti oleh masyarakat awam tentang data ekonomi tersebut.

Ekonomi Publik merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajarai tentang masalah-masalah ekonomi yang punya sangkut paut dengan orang ramai seperti kebijakan subsidi atau pajak, regulasi atau deregulasi, nasionalisasi atau privatisasi, sistem jaminan sosial, ketahanan pangan, kebijakan teknologi, pertahanan dan keamanan, pendidikan dan masih sangat banyak lagi.

Semua yang berkaitan dengan Ekonomi Publik tersebut dituangkan dalam buku peraturan prundang-undangan. Dimana untuk sekarang ini isi dari buku tersebut masih berlaku dan juga sudah dilengkapi dengan data dan juga penelitian pembaca.

Buku tersebut terdiri dari 13 bab, yang mana setiap bab berisikan:

  1. Konsep Ilmu Ekonomi Publik.
  2. Kegagalan Pasar dan Peranan Pemerintah Dalam Perekonomian.
  3. Barang dan Jasa Publik.
  4. Kebijakan Fiskal.
  5. Keuangan Negara dan Keuangan Daerah  Era Otonomi Daerah.
  6. Penerimaan Pemerintah (Pemerintah Pusat dan Daerah).
  7. Penerimaan Pemerintah (Pajak Pusan dan Daerah).
  8. Penerimaan Pembiayaan (Pinjaman/Obligasi Negara dan Daerah).
  9. Penerimaan Dana Desa (DD).
  10. Pengeluaran Pemerintah (Pemerintah Pusat dan Daerah).
  11. Dana Primbangan (Dana Bagi Hasi, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus).
  12. Pengeluaran Pemerintah (Investasi Sektor Publik).
  13. Kinerja Keuangan Daerah, Kinerja Sektor Publik, Kinerja Ekonomi Publik.

Kapan Pendaftaran KIP 2022?

Berdasarkan iformasi yang admin dapat dari situs kip-kuliah.kemendikbud.go.id, Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah Dimulai pada Tanggal 2 Februari 2022 Hingga 31 Oktober 2022.

Namun dengan keterangan kalau jadwal tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Jadi ada baiknya untuk  selalu menantau jadwal tersebut.

Nah, itu dia sedikit banyaknya informasi tentang Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi yang admin tahu dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini. Semoga informas tersebut berguna untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Posting Komentar untuk "Dokumen Pendukung Keadaan Ekonomi "