Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penghimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara

AttailahPetir Dunia punya perserikatan bangsa-bangsa yang disebut PBB, begitu pula halnya dengan Asia tenggara yang juga punya Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Penghimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara

ASEAN merupakan singkatan dari Association Southeast Asian Nations. Maksud dari ASEAN ini sendiri adalah suatu perserikatan yang berasal dari asia tenggara dengan anggota awalnya hanya sebanyak 5 negara yakni Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia dan juga Singapura.

ASEAN Dibentuk Berdasarkan Deklarasi Apa?

Awal mula terbentuknya ASEAN ini adalah setelah lepas dari jajahan kolonial terkecuali dengan negara Thailand. Setelah era penjajahan berakhir, kelima negara mengalami krisis ekonomi yang menyebabkan hampir semua negara sangat terpuruk.

Dikarenakan problem tersebut, akhirnya 5 negara yang sudah admin sebutkan diatas sepakat untuk mendirikan Perserikatan Bangsa-bangsa atau yang lebih dikenal dengan nama ASEAN ini.

Tujuannya tidak bukan dan tidak lain adalah untuk memperkuat di bidang eonomi dan kebudayaan di wilayah Asia Tenggara.

Apa Yang Dimaksud Dengan MEA?

Mea merupakan Masyarakat Ekonomi Asean atau AEC (Asean Economic Comunity) yang berupa realisasi pasar bebas di Asia tenggara.

Mea ini sendiri sudah mulai ada sejak tahun 1992 di singapura dan dilakukan secara bertahap. Dngan kata lain, mea ini juga bisa diartikan sebagai bentuk Implementasi dari salah satu tujuan dibentuknya ASEAN.

Adapun Konsep Awal pencetusan Mea ini dimulai pada tahun 2003 yang diselenggarakan di Bali. Lebih tepatnya di Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika.

Dimana pada saat itu pempimpin ASEAN mencoba untuk mengintegrasikan kegiatan Ekonomi dari masing-masing negara dengan tujuan untuk menciptakan stabilitas Eknolomi Asia Tenggara.

Tujuan Dari Mea Adalah Untuk?

Berdasarkan kutipan dari Majoo.id, Tujuan dari pembentukan Mea ini sendiri yang paling utama adalah untuk menjadikan wilayah Asia Tenggara sebagai pasar tunggal yang membebaskan perdagangan barang, jasa, investasi dan juga tenaga ketrampilan yang dimiliki oleh setiap negara di Asia Tenggara.

Simpulan dari Mea ini sendiri terdapat di 4 pilar utama didalam cetak biru Mea 2015 atau dengan kata lain 4 pilar tersebut yang perlu diacapai dan menjadi Tujuan dari Mea ini adalah:

  • Mewujudkan pasar berbasis produksi tunggal.
  • Mewujudkan Ekonomi Yang Berdaya Saing Yang Tinggi.
  • Mengwujudkan Kawasan Dengan Pembangunan Ekonomi Yang Merata dan Berkeadilan.
  • Mengwujudkan Kawasan Yang Terintegrasi Dengan Ekonomi Global.

Sedangkan manfaat Mea bagi indonesia ini sendiri adalah guna mencakup kerjasama ekonomi ASEAN dalam banyak hal seperti dalam hal Perindustrian, Perdagangan, Investasi, Jasa dan Transportasi, Telekomunikasi, Pariwisata dan juga dalam hal keuangan.

Selain itu, ada juga berbagai manfaat lain dari MEA bagi negara kita ini, yang mana beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bertambahnya Profit Bagi Negara.
  2. Memperlancar Kegiatan Ekspor.
  3. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.
  4. Meningkatkan Investasi Dari Negara Luar.
  5. Mengembangkan Industri Kreatif.
  6. Mengstabilkan Perekonomian Negara.

Namun, sisi negatif dari adanya Mea ini adalah persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak semakin berkurang dan pasar produk dalam negeri bahkan bisa saja terancam karena perdangan antar Asia Tenggara menjadi tidak terbatas.

Sekertariat ASEAN Berada Dimana?

Berdasarkan iformasi yang admin kutip dari beberapa sumber di internet, kantor sekertariat Tetap ASEAN ini berada di Jakarta. Lebih tepatnya di Jl. Sisingamangaraja No.70A.

Sedangkan untuk kertariat nasional ASEAN ini ada di setiap negara anggotanya yakni di 10 negara untuk sekarang ini.

Yang mana diantaranya adalah Indonesia, Filipina, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, Laos, Malaysia, Vietnam, Myanmar dan juga Kamboja.

Adapun satu-satunya negara yang berada di Asia Tenggara dan belum masuk kedalam Anggota ASEAN adalah Timor Leste

Nah, itu dia sedikitbanyaknya informasi yang bisa admin share untuk anda pada postingan ini. Semoga informasi tersebut berguna dan mudah-mudahan bisa memperluas wawasan anda para pembaca. Terimakasih & Sampai Jumpa pada Postingan selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Penghimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara"