Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Penyakit Honda Civic Ferio

AttailahPetir Pada dasarnya, Honda punya banyak sekali varian mobil yang mereka pasar di pasaran indonesia. Pertama kali Honda masuk ke Indonesia pada tahun 1960, namun lika liku perjalanan honda di indonesia baru membaik setelah lahirnya Honda Civic.

4 Penyakit Honda Civic Ferio

Namun saat ini, mobil-mobil lawas seakan punya kelas tersendiri dihati sebagian besar masyarakat indonesia, dimana salah satu mobil buatan honda yang punya pangsa pasar yang lumayan besar di indonesia adalah Honda Civic Ferio.

Sebenarnya Honda Civic Ferio ini merupakan generasi ke 6 dari Honda Civic yang dirilis pada tahun 1996 sampai tahun 2000. Sebagai sebuah mobil yang sudah lumayan berumur, admin rasa sangat wajar kalau Civic Ferio ini punya beberapa kelemahan ataupun bisa disebut sebagai penyakit bawaan dari mobil buatan Honda yang satu ini.

Bagi anda yang hendak membeli mobil ini mungkin ada beberap hal yang harus benar-benar anda perhatikan dari Honda Civic Ferio ini agar tidak menyesal di kemudian hari. Penasaran penyakit-penyakit mana saja? Mari kita bahas lebih jauh satu persatu di bawah ini.

Bushing Arm Getas Atau Aus

Bushing Arm Civic Ferio

Bushing Arm sendiri pada sebuah mobil merupakan salah satu Komponen Mobil yang terdapat pada bagian kaki-kaki. Bentuknya sendiri lebih mirip dengan selongsong besi tapi sudah dilengkapi karet di bagian dalamnya, yang mana karet yang terdapat di bagian dalam selongsong tersebut berguna untuk membantu komponen ini bekerja dengan lebih maksimal.

Apakah Fungsi Dari Bushing Arm?

Fungsi atau Kegunaan Bushing Arm pada sebuah mobil adalah untuk Meredam Getaran yang dihasilkan mobil pada saat berjalan, baik di jalanan aspal yang mulus maupun di jalanan yang agak bergelombang. Tidak hanya itu, Bushing Arm ini juga berguna untuk menjaga kinerja dari kaki-kaki mobil.

Sebenarnya ada 6 komponen utama yang menjadi pondasi pada kaki-kaki dari sebuah mobil termasuk pada Honda Civic Ferio ini yang diantaranya ada Roda & Ban Mobil, Suspensi atau dengan kata lain disebut Shockbreaker, Tie Rod, Ball Joint, Bushing & juga Bearing.

Keenam komponen tersebut bisa dibilang sebagai Komponen Mobil yang paling utama untuk bisa membangun kaki-kaki mobil yang kokoh. Yang mana seperti yang kita tahu kalau Bagian kaki-kaki pada sebuah mobil punya hubungan yang sangat erat dengan komponen yang paling sering bermasalah pada Honda Civic Ferio ini yakni Bushing Arm yang sering Getas atau Aus.

Seperti yang sudah admin terangkan ditas tadi, jika seandainya Bushing Arm ini Getas atau Aus, maka gejala yang akan sangat terasa pada Honda Civic Ferio ini adalah Bunyi yang berasal dari bagian kaki-kaki yang akan sangat mengganggu dan sangat terasa pada saat mobil berjalan di jalanan yang kurang rata.

Lagi-lagi ini menjadi hal yang wajar terjadi mengingat usia dari Honda Civic Ferio ini yang tidak lagi muda, karena jika dihitung lebih dalam, usia Civic Ferio hingga pada saat postingan ini admin publish sudah lebih dari 10 tahun.

Yang mana hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada usia komponen-komponen yang terdapat pada mobil ini yang sudah banyak bermasalah. Salah satu Komponen Mobil Honda Civic Ferio yang sudah mulai bermasalah tersebut adalah bagian Bushing Arm nya.

Sistem Pendingin Sering Mampet

Radiator Civic Ferio
Selain dari penyakit yang pertama yang sudah kita bahas diatas tadi. Penyakit lainnya yang paling terasa dan banyak dikeluhkan pengguna mobil klasik ini ada pada bagian sistem pendinginan mesinnya yakni berupa radiator yang sering kali mampet.
Apa Fungsi Dari Radiator Pada Mobil?

Mungkin ada diantara mereka yang belum tahu sebenarnya untuk apa sih radiator pada mobil harus ada? Apa fungsinya? Jawaban yang paling simpelnya adalah untuk meredam panas mesin. Radiator mobil berguna untuk mengalirkan cairan khusus untuk radiator atau lebih tepatnya orang-orang bengkel menyebutnya dengan sebutan coolant.
Bagaimana Cara Kerja Radiator?

Cairan pendingin tersebut dialirkan ke saluran yang memang sudah terpasang mengelilingi mesin mobil, tujuannya adalah untuk menyerap suhu panas berlebih yang dihasilkan oleh mesin mobil pada saat mesin mulai dijalankan agar tidak terjadi Overheat.

Cairan yang mengalir mengelilingi mesin mobil tersebut akan kembali lagi ke radiator untuk didinginkan dengan cara membuang suhu panas yang dibawa oleh coolant ke udara dan kembali melakukan silklus yang sama agar mesin tetap dalam suhu yang terkendali.

Apa Yang Akan Terjadi Jika Air Radiator Sampai Habis?

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi, kalau kegunaan air radiator ini adalah untuk mendinginkan mesin mobil pada saat sedang beroperasi agar tidak terjadi overheating. Jika Air Radiator dalam kondisi yang kurang dalam jangka waktu yang lumayan lama bahkan sampai habis, maka tidak meuntup kemungkinan kalau radiator mobil tersebut akan mengalami kerusakan.

Bahkan tidak jarang pengguna mobil yang mengalami mogok di tengah jalan akibat Overheating mesin yang diakibatkan radiator mengering hingga mengalami kerusakan. Pasti ujung-ujungnya akan membuat pengguna mobil kewalahan sendiri dengan tingginya biaya perbaikan ( bahkan hingga turun mesin ) hanya karena awal-awalnya sistem pendinginan mobil ini bermasalah.
Mengingat pentingnya kelancaran sistem pendinginan pada mesin mobil ini.

Bagaimanakah Cara Untuk Merawat Radiator Mobil?

Sebenarnya setiap orang punya cara yang berbeda untuk merawat radiator mobi mereka masing-masing, namun 5 cara berikut merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan agar Radiator Tetap Awet & Mesin Tidak Sampai Overheating. Adapun cara yang paling mudahnya adalah sebagai berikut.

  • Selalu perhatikan kondisi Ciran Radiator ( water coolant ) mobil.
  • Perhatikan Jarak Tempuh kendaraan ( dalam hal ini mobil yang digunakan ).
  • Sesuaikan Cairan Radiator yang akan digunakan dengan kondisi mobil.
  • Bersihkan bagian-bagian radiator yang kotor atau berdebu agar perangkat tersebut bisa bekerja dengan lebih optimal dalam membuang panas ke udara.
  • Sangat tidak disarankan untuk memaksakan kendaraan untuk tetap berjalan jika sudah terjadi Overheating.
Dengan melakukan 5 langkah tersebut, seharusnya radiator yang terdapat pada setiap mobil tetap bisa awet, dan bisa melakukan tugasnya dengan lebih optimal dalam mendinginkan mesin dari sebuah mobil.

Dalam beberapa kasus, mobil yang dikendarai oleh beberapa orang Cairan Radiator lebih cepat habis padahal kondisi Radiatornya normal atau tidak bocor. Sebenarnya hal ini bisa saja terjadi akibat dari tekanan pada bagian tutup radiatornya yang sudah melemah.

Jika hal ini terjadi pada mobil anda, maka langkah yang paling tepat dan mudah untuk anda lakukan adalah memeriksa karet yang terdapat pada tutup radiator yang mungkin sudah aus atau bahkan sudah tidak layak untuk digunakan lagi. Jika memang sudah waktunya untuk diganti, maka ada baiknya untuk diganti saja agar water coolant pada radiator mobil tidak terbuang sia-sia.

Berapa Harga Radiator Honda Civic Ferio?

Untuk Harga Radiator Honda Civic Ferio ini sendiri dalam kondisi baru berada pada angka 2,5 jutaan saja, namun anda juga masih bisa membeli parts copotannya yang harganya dimulai dari Rp 900 ribuan rupiah saja.

Tapi jika memang anda benar-benar ingin mengganti Radiator pada kendaraan tempur, admin lebih menyarankan untuk mengganti parts yang baru saja dibanding dengan parts copotannya. Karena tidak ada yang tahu bagaimana dan sudah berapa lama radiator copotan tersebut sudah digunakan oleh pemiliki sebelumnya.

Pada dasarnya untuk melakukan service radiator mobil Honda Civic Ferio ini terbilang gampang-gampang susah untuk dilakukan, karena anda perlu sedikit membongkar dan membersihkan pendinginannya lalu menutupnya kembali jika memang sudah selesai.

Namun jika tidak ingin ribet, anda bisa menggunakan jasa service orang-orang bekel dengan biaya service radiator tersebut sebesar Rp 250 ribuan saja.

Tarikan Awal Terasa Lemot

Mesin Civic Ferio

Sebagai sebuah sedan, seharusnya Honda Civic Ferio ini punya performa mesin yang mumpuni untuk digunakan berakselerasi. Karena pada dasarnya Civic Ferio ini sudah dibekali mesin D16Y SOHC 4 silinder dengan kapasitas mesin 1600cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 125HP dengan torsi 148Nm seharusnya sudah lumayan kencang.

Namun pada kenyataannya, Honda Civic Ferio ini punya penyakit tarikan awalnya yang bisa dibilang lemot terutama pada jenis transmisi Matic. Walaupun memang hal ini terasa wajar, karena jika dilirik dari segi usia Civic Ferio ini yang sudah tergolong tua.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara menguras oli transmisi mobil ini. Biasanya, setelah hal ini dilakukan, performanya akan kembali normal, hal ini dikatakan langsung oleh salah seorang mekanik yang pernah menangani Honda Civic Ferio ini.

Sebenarnya penyebab lemotnya tarikan awal Honda Civic Ferio ini sangat beragam, tapi yang paling umum adalah faktor usia pakainya yang sudah lebih dari 10 tahun dan pemilik mobil ini sebelumnya tidak melakukan service berkala secara rutin.

Singkatnya, penggunan Civic Ferio ini harus memperhatikan lebih pada mobil ini untuk mendapatkan performa mobil yang mantap, baik itu melakukan penggantian oli mesin, membersihkan filter udara, membersihkan filter bensin hingga melakukan pengecekan businya serutin mungkin.

Komponen Transmisi Sering Aus

Komponen Mesin Civic Ferio

Penyakit terakhir yang sering dikeluhkan pengguna Honda Civic Ferio adalah Komponen Transmisinya yang sering Aus.

Sistem Transmisi ini sendiri merupakan salah satu bagian yang terdapat pada sebuah kendaraan bermesin yang berguna untuk mengubah kecepatan serta putaran roda pada setiap kendaraan yang menggunakan mesin, baik itu pada kendaraan roda dua maupun jenis kendaraan roda empat layaknya mobil.

Apakah Fungsi Dari Transmisi Pada Sebuah Mobil?

Seperti yang sudah admin singgung diatas barusan kalau fungsi yang paling umum dari Transmisi ini adalah sebagai salah satu komponen yang memiliki sistem perpindahan tenaga dari mesin yang akan diteruskan dari bagian kopling ke poros propeller.

Pada dasarnya Terdapat 2 jenis transmisi kendaraan yang ada di pasaran saat ini yakni jenis transmisi manual dan juga transmisi Matic. Begitu juga halnya dengan Honda Civic Ferio ini yang punya 2 pilihan Transmisi yakni Transmisi Manual 5 Percepatan dan juga Transmisi Matic 4 Percepatan.

Kedua jenis Transmisi tersebut punya keunggulan nya tersendiri masing-masing. Dimana untuk kelebihan Honda Civic Ferio yang menggunakan jenis transmisi manual adalah akselerasinya yang bisa lebih responsife dibandingkan dengan varian transmisi Matic.

Karena pada dasarnya pedal Kopling Civic Ferio ini 100% bisa diatur oleh pengemudi mobil, apalagi untuk anda yang ingin menggunakan mobil ini untuk anda kendarai sendiri alias tanpa menggunakan jasa supir. Akan tetapi kekurangan Civic Ferio varian manual yang mungkin sebagian besar dari anda juga mungkin sudah tahu adalah kenyemanan berkendara di dalam kota terutama pada saat sedang terjadi kemacetan sangat-sangat kurang dan bisa membuat pengemudi sangat mudah lelah.

Sedangkan Honda Civic Ferio yang varian transmisi Matic punya beberapa keunggulan dibandingkan dengan varian Transmisi manual yang diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Mudah Dikendarai.
  • Hemat Bahan Bakar ( Tergantung Cara Berkendara ).
  • Tidak membuat kaki menjadi pegal karena kopling pada saat berkendara dalam kondisi macet.
  • Tidak menggunakan Engine Brake.
Sedangkan beberapa kekurangan dari Honda Civic Ferio varian matic ini adalah biaya perawatannya yang lebih mahal ketimbang dengan biaya perawatan Civic Ferio varian manual. Selain itu, teknisi yang mampu menangani mobil varian matic juga lebih sedikit dibandingkan dengan teknisi yang mampu menangani mobil dengan varian transmisi manual.

Adapun masalah pada bagian Transmisi dari Honda Civic Ferio ini adalah komponen transmisinya yang sering Aus, hal ini memang sangat-sangat wajar, karena mengingat usia mobil ini yang sudah lebih dari 10 tahun.

Yang mana seperti yang kita tahu, kalau mobil yang sudah berusia lumayan lama pasti memiliki komponenen ataupun parts-parts yang sudah mulai bermasalah. Maka dari itu, ada baiknya untuk memperhatikan bagian yang satu ini sebelum melakukan Deal dengan penjual Honda Civic Ferio ( Untuk anda yang hendak membeli Civic Ferio bekas ).

Beberapa bagian yang paling sering bermasalah pada mobil ini yang varian manual adalah pada bagian pelat Kopling, Dekrup dan juga Lakher. Biasanya, yang akan sangat terasa jika komponen ini sudah mulai bermasalah adalah getaran berlebih yang akan sangat terasa hingga ke bagian setir.

Untuk biaya penggantingan komponen tersebut sendiri berkisar pada angka Rp 1 jutaan saja.

Nah, itu dia 4 Penyakit Honda Civic Ferio yang admin tahu dan berhasil admin rangkum untuk anda pada postingan kali ini. Sebenarnya masih ada beberapa penyakit lainnya yang tidak kalah banyak dirasakan oleh para pengguna Honda Civic Ferio ini yang masih belum tersebutkan dan mungkin nanti akan coba kita bahas pada postingan yang terpisah.

Semoga bermanfaat. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.

Posting Komentar untuk "4 Penyakit Honda Civic Ferio"