Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Danau Terbesar di Indonesia Selain Danau Toba

4 Danau Terbesar di Indonesia Selain Danau Toba – Sebagai salah satu negara terbesar dan memiliki pulau terbanyak di dunia. Tentu indonesia ini juga memiliki danau terbesar yang menarik untuk dibahas.

4 Danau Terbesar di Indonesia Selain Danau Toba

Dari sekian banyak danau tersebut, yang paling dikenal oleh kebanyakan orang adalah danau toba yang menjadi danau terbesar yang ada di bumi nusantara ini.

Danau tersebut memiliki panjang hingga 100 kilometer dengan lebar sekitar 30 kilometer. Sedangkan untuk kedalamannya sendiri berdasarkan informasi dari beberapa situs mencapai 505 meter.

Sebenarnya masih ada sangat banyak danau-danau besar lainnya yang ada di indonesia ini. Berdasarkan informasi dari situs goodnewsindonesia.id, hingga saat ini indonesia memiliki 5.807 danau.

1.022 danau diantaranya adalah berupa danau alami. Sedangkan sebanyak 1.314 lainnya adalah danau buatan, selebihnya masih belum diketahui kategori dari danau tersebut.

Tapi diluar dari itu semua, tahukah anda bahwa ada 4 Danau Terbesar di Indonesia Selain Danau Toba? Penasaran Danau-danau tersebut yang mana saja? Silahkan simak baik-baik ulasan dibawah ini.

Danau Towuti
Danau Towuti

Danau Towuti ini merupakan sebuah danau yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Secara administratif, danau ini berlokasi di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. 

Danau Towuti ini memiliki tiga pulau yang berada di bagian tengah danau, yang mana di antaranya ada Pulau Loeha, Pulau Bolong dan juga Pulau Kembar.

Mungkin bagi mereka para penduduk sulawesi selatan, Danau Towuti ini sudah sangat mereka kenal karena menyimpan berbagai fakta menarik.

Apa Saja Fakta Menarik Danau Towuti?

Beberapa fakta menarik dari danau Towuti diantaranya adalah.

  • Danau Towuti sudah dijadikan sebagai objek penelitian sejak tahun 2007 lalu.
  • Danau Towuti merupakan salah satu Danau Terbesar yang ada di Indonesia.
  • Danau Towuti menjadi tempat flora dan fauna endemik hidup.
  • Danau Towuti juga menjadi destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.
  • Danau Towuti menjadi tempat bagi masyarakat sekitar mencari nafkah.

Berapa Luas & Kedalaman Danau Towuti?

Dari hasil pergeseran lempeng tektonik hingga membentuk danau towuti ini, maka wajar rasanya kalau luas dari danau ini mencapai 561 Kilometer persegi.

Sedangkan untuk kedalaman Danau Towuti ini sendiri mencapai 203 meter. Tidak hanya itu, seperti yang sudah admin singgung diatas tadi kalau danau ini digunakan sebagai balai konservasi sumber daya alam di provinsi Sulawesi selatan.

Danau Ranau
Danau Ranau

Bagi anda yang berasal dari provinsi Lampung maupun anda yang tinggal di seputaran provinsi sumatera selatan mungkin sudah tidak asing lagi dengan Danau Ranau ini.

Karena memang pada dasarnya danau ranau ini merupakan danau yang berlokasi di perbatasan antara ke dua provinsi yang sudah admin singgung diatas yakni Provinsi Lampung dan juga Provinsi Sumatera Selatan.

Hewan Apa Saja Hidup di Danau Ranau?

Selain berguna sebagai tempat penampungan air dalam jumlah yang banyak, Danau Ranau ini juga punya fungsi lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Karena selain dijadikan sebagai objek wisata alam, Danau Ranau ini juga menjadi tempat hidupnya beberapa hewan terutama ikan. Adapun yang paling dikenal hidup di Danau Ranau adalah seperti Ikan Mujair, Ikan Kepiat, Ikan Kepor dan juga Harogan.

Seberapa Dalam Danau Ranau?

Sebagai salah satu danau terbesar yang ada di indonesia, admin rasa wajar kalau Danau Ranau ini menjadi salah satu danau yang memiliki kedalaman yang lumayan dalam.

Karena berdasarkan informasi yang admin dapat dari beberapa situs, kalau kedalaman dari Danau ini mencapai 229 meter, dengan luasnya yang mencapai 125 kilometer.

Jadi, untuk anda yang hendak bekunjung ke Danau Ranau ini, maka ada baiknya untuk menjaga keluarga anda baik-baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, mengingat luas dan dalamnya danau ranau ini.

Asal Usul Danau Ranau

Layaknya danau pertama yang sudah admin sebutkan diatas tadi, Danau Ranau ini juga terbentuk dari hasil ledakan gunung berapai yang super dahsyat dan juga gempa yang dihasilkan.

Secara topografis geografi, awalnya Danau Ranau ini merupakan daerah perbukitan yang berlembah. Maka tidak heran kalau siapa pun yang berkunjung ke danau ini akan merasa betah untuk berlama-lama di danau yang satu ini.

Apalagi di bagian tengah danau ini juga terdapat sebuah pulau yang dinekal dengan nama Pulau Marisa. Pulau tersebutlah yang menjadi tujuan setiap orang berkunjung, karena di Pulau Marisa ini pengunjung bisa mandi di sumber air panas.

Tidak hanya itu, para wisatawan yang berkunjung ke Pulau tersebut juga bisa mengina, karena memang sudah tersedia penginapan. 

Biasanya setiap orang yang berkunjung ke danau ranau ini target utamanya adalah 3 tempat yang diantaranya Wisma PT.Pusri, Pantai sinangkan dan juga Objek Wisata Air Panas.

Danau Singkarak
Danau Singkarak

Masih dari pulau Sumatera, kali ini danau terbesar yang ada di indonesia selain dari danau toba adalah danau singkarak.

Danau Singkarak ini merupakan sebuah Danau yang membentang diantara 2 kabupaten yang berada di provinsi Sumatra Barat, yakni di kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar

Berapa Luas & Kedalaman Danau Singkarak?

Sebagai salah satu danau terbesar di indonesia ini, admin rasa wajar kalau luas dari Danau Singkarak ini mencapai 107,8 Kilometer persegi.

Sedangkan untuk panjang dari Danau Singkarak ini mencapai 21 Kilometer dengan lebar 7 Kilometer. Untuk kedalaman rata-ratanya sendiri Danau ini mencapai 286 meter.

Asal Mula Danau Singkarak

Seperti kedua danau yang sudah admin sebutkan diatas tadi, Danau Singkarak ini juga berasal dari hasil letusan gunung berapi yang menghasilkan cekungan dan Amblesan.

Sehingga dari kejadian tersebut, muncul lah Danau yang sekarang kita kenal dengan nama danau singkarak ini.

Selain itu, Danau singkarak ini juga dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti pembangkit listrik tenaga air, dan juga digunakan sebagai tempat budidaya ikan dan juga pariwisata.

Jadi dengan kata lain, dibalik letusan gunung berapi yang maha dahsyat sebenarnya ada beberapa hal lain yang bisa diambil manfaatnya oleh manusia secara tidak sadar.

Danau Matano
Danau Matano

Terakhir Danau Terbesar di Indonesia Selain Dari Danau Toba adalah Danau Matano. Dimana danau matano ini menjadi salah satu danau terdalam yang ada di indonesia.

Di Danau Matano ini, setidaknya anda bisa menemukan 6 Spesies kerang dan juga 10 Spesies ikan yang memiliki sirip yang tajam. 

Sedangkan untuk jenis flora yang bisa anda temukan di Danau Matano ini ada sekitar 7 Spesies tanaman Endemik dengan 3 jenis tumbuhan Hydriastele.

Asal Usul Danau Matano

Awal mulanya Danau Matano ini terbentuk dari patahan yang terjadi akibat dari aktivitas tektonik pada masa Pleosen.

Hingga saat ini usia dari Danau Matano ini diperkirakan berkisar antara 1-4 juta tahun lamanya. Berdasarkan analisis karakteristik endapannya, Danau Matano bisa dibilang sebagai danau tertua di antara empat danau lainnya. 

Jadi wajar kalau anda masih bisa menjumpai beberapa hewan purba di danau ini layaknya Ikan Butini.

Berapa Luas & Kedalaman Danau Matano?

Adapun panjang maksimal Danau Matano ini mencapai 28 kilometer dengan lebar 8 kilometer dan kedalaman maksimalnya yang mencapai 625 meter.

Jadi, selain bisa jadi tempat refreshing, Danau matano ini juga bisa jadi tempat yang asyik untuk digunakan memancing.


Posting Komentar untuk "4 Danau Terbesar di Indonesia Selain Danau Toba"