Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

4 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional - Setiap negara biasanya akan menjalin hubungan dengan negara lain di dunia.

4 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Salah hubungan yang dijalin oleh masing-masing negara tersebut di implementasikan dalam bentuk perdagangan internasional.

Perdagangan internasional ini sendiri merupakan kegiatan transaksi barang maupun jasa antara dua negara atau bahkan lebih.

Pada dasarnya perdagangan internasional ini sendiri penting untuk dilakukan.

Karena selain berguna untuk menjaga hubungan antar setiap negara tapi juga menyangkut pemenuhan kebutuhan yang ada di setiap negara beserta dengan para penduduk di negara tersebut.

Nah, melalui perdagangan internasional ini biasanya sebuah negara bisa mendapatkan kebutuhan tertentu yang tidak diproduksi maupun  diperoleh di negaranya dari negara lain.

Lalu kira-kira apa sajakah yang menjadi faktor-faktor pendorong perdagangan internasional ini? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut admin sudah menjabarkan menjadi 4 poin yang akan coba kita bahas dibawah ini. Berikut adalah 4 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional.

Perbedaan Sumber Daya Alam di Tiap Negara
Perbedaan Sumber Daya Alam di Tiap Negara

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional pertama yang paling berpengaruh adalah perbedaan sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara.

Karena pada dasarnya, kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara sudah pasti berbeda-beda (meskipun ada juga beberapa negara yang punya kesamaan dari segi sumber daya alam).

Perbedaan tersebut bisa terjadi akibat  dari kondisi geografis di setiap negara yang juga berbeda-berda.

Sumber daya alam ini sendiri tentu saja dibutuhkan oleh masing-masing negara guna menjadi bahan baku dari produk tertentu.

Maka dari itu, negara tertentu yang memang membutuhkan sumber daya alam tersebut pasti mereka akan membelinya dari negara yang memiliki sumber daya alam yang dimaksud untuk mereka gunakan.

Misalnya saja Indonesia yang dikenal kaya akan sumber daya alam layaknya berupa gas alam yang melimpah dan hasil laut dalam jumlah yang tidak sedikit.

Namun yang mungkin kurang dari negara kita adalah kemampuan untuk mengolah SDA tersebut.

Dimana akibat yang harus kita terima adalah kita harus menjual atau mengekspor SDA yang kita miliki ke negara lain.

Penghematan Biaya Produksi, Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan
Penghematan Biaya Produksi, Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan

Jika sebuah negara memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dengan teknologi yang memadai tentu negara tersebut pasti akan mampu untuk memproduksi barang dalam jumlah besar dengan kualitas yang baik.

Tentu saja hal tersebut akan menjadi jauh lebih efisien dibandingkan dengan negara yang tidak memmiliki apapun.

Sementara bagi negara lainnya yang  hanya memiliki kualitas SDM dan teknologi yang kurang memadai.

Kebanyakan dari negara tersebut akan mengimpor ataupun membeli barang jadi dari negara lain.

Dimana pilihan tersebut  menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan mereka harus mengeluarkan biaya dan waktu yang lebih untuk bisa memproduksi barang tersebut dinegara itu sendiri.

Pemenuhan Kebutuhan Nasional Masing-masing Negara
Pemenuhan Kebutuhan Nasional Masing-masing Negara

Pada dasarnya tidak semua negara mampu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri nya sendiri.

Karena seperti yang kita tahu kalau perbedaan sumber daya baik itu berupa alam maupun manusia dan juga pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat setiap negara akan jadi saling membutuhkan antara satu sama lain.

Nah, agar nantinya setiap negara bisa memenuhi kebutuhan para penduduknya.

Negara tersebut tentu akan melakukan kegiatan perdagangan internasional yang bisa berupa impor barang maupun jasa dari negara lain nya.

Ekspansi Pasar Untuk Memperbesar Profit Masing-masing Negara
Pemenuhan Kebutuhan Nasional Masing-masing Negara

Terakhir Faktor Pendorong Perdagangan Internasional yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah Ekspansi Pasar Untuk Perbesaran Keuntungan yang bisa didapat oleh masing-msaing negara yang melakukan aktivitas perdagangan internasional ini.

Karena memang pada dasarnya salah satu faktor pendorong perdagangan internasional yang tidak lain adalah berupa ekspansi pasar dengan tujuan untuk saling mendapatkan keuntungan.

Selain itu para produsen juga tanpa ragu akan memproduksi barang dalam jumlah yang sangat besar.

Barang yang mereka produksi tersebut akan mereka jual ke negara lainnya dengan tujuan agar nama dari Produsen serta negara asalnya menjadi semakin dikenal oleh negara-negara lain yang mengimport barang dari negara tersebut.

Pastinya Keuntungan Maupun  pendapatan yang diperoleh semakin lama akan menjadi semakin besar.

Posting Komentar untuk "4 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional"