Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya - Dalam sebuah kendaraan bermotor pasti memiliki komponen karburator agar sebuah kendaraan tersebut bisa berjalan sebagai mana mestinya.

Setidaknya terdapat tiga komponen utama yang sangat penting agar sebuah mesin kendaraan bisa menjalankan proses pembakaran sebagai mana mestinya.

Ketiga komponen tersebut diantaranya terdiri dari udara, bahan bakar dan juga api percikan api agar bisa menghasilkan ledakan di bagian dalam mesin. 

Seperti yang kita tahu kalau api yang digunakan untuk proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin bukan berupa api yang digunakan di kompor melainkan percikan api yang di peroleh dari busi kendaraan tersebut.

Sementara itu untuk mencampurkan udara dan bahan bakar akan di suplai oleh komponen yang sudah admin singgung diatas tadi yakni berupa karburator. 

Karburator ini sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pencampuran udara dan bahan bakar.

Tentu saja dalam melakukan pencampuran ketiga bahan tersebutpun tidak boleh sembarangan, tapi tentu sudah dengan takaran atau dengan komposisi yang tepat.

Jika sudah bicara soal karburator terutama untuk karburator motor, mungkin perlu kita ketahui bersama bahwa karburator motor pun juga mempunyai beberapa komponen di bagian dalamnya. 

Dimana setiap komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bahkan beberapa komponen karburator ada yang memiliki ukuran sangat kecil.

Pengertian Karburator
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Berdasarkan keterangan dari beberapa sumber yang admin kutip dari beberapa laman di internet.

Karburator bisa diartikan sebagai sebuah komponen mesin kendaraan yang berguna untuk mengatur seberapa banyak bahan bakar yang perlu dimasukkan kebagian dalam mesin untuk dilakukan pembakaran.

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi kalau takaran bahan bakar yang perlu dimasukkan kedalam mesin kendaraan tidak boleh sembarangan.

Nah, disinilah peranan dari Komponen Karburator ini yang mengatur seberapa banyak bahan bakar yang berasal dari tangki dimasukkan ke bagian dalam mesin atau ke ruang bakar mesin.

Dengan kata lain, Karburator ini juga bisa diartikan sebagai media perantara tangki bahan bakar dengan mesin atau media penyuplai bahan bakar ke bagian ruang bakar mesin kendaraan.

Walaupun memang untuk sekarang-sekarang ini Karburator pada sebuah kendaraan sudah mulai ditinggalkan karena sudah diganti dengan sistem yang lebih canggih dan lebih efisien yakni sistem injeksi.

Dalam hal ini kita akan bahas tentang Komponen Karburator motor. Adapun untuk Komponen Karburator tersebut apa-apa saja akan admin terangkan lebih jauh dibawah ini.

Komponen Karburator Sepeda Motor
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Layaknya peralatan atau sparepart-sparepart lainnya pada sebuah kendaraan bermotor, Karburator ini juga punya banyak sekali komponen yang tersusun dengan sangat rapi dibagian dalamnya.

Setidaknya terdapat 12 Komponen Karburator pada sebuah sepeda motor seperti yang akan kita bahas dibawah ini.

Mangkok Pelampung Karburator
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Komponen Karburator yang pertama pada karbu motor yang perlu anda tahu adalah berupa Mangkok Pelampung Karburator atau yang sering di sebut dengan Float Chamber. 

Komponen yang satu ini berguna untuk menampung sementara bahan bakar yang berasal dari bagian dalam tangki bahan bakar kendaraan sebelum nanti di campur dengan udara yang selanjutnya akan dimasukkan kedalam ruang pembakaran mesin.

Pelampung
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Komponen Karburtor yang kedua adalah berupa Pelampung atau dalam bahasa otomotif nya  lebih di kenal dengan istilah Floater. 

Adapun kegunaan dari komponen yang satu ini adalah untuk mengatur bahan bakar yang terdapat pada bagian mangkok agar tidak melebihi takaran yang sudah ditentukan oleh masing-masing pabrikan kendaraan. 

Dengan begitu, kondisi karburator banjir tidak akan mudah terjadi karena adanya komponen yang satu ini ( meskipun pada beberapa kenraan hal tersebut masih bisa saja terjadi ).

Jalur Katup Pelampung

Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Selanjutnya Komponen Karburator pada sepeda motor ada yang namanya jarum katup pelampung atau yang dikenal dengan istilah Needle Valve. 

Dimana Komponen Karburator yang satu ini memiliki ukuran yang cukup kecil dan memiliki kegunaan sebagai penutup saluran suplai bahan bakar yang berasal dari bagian tangki ketika bahan bakar yang ada di bagian dalam mangkok pelampung sudah dalam kondisi penuh.

Katup Gas
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Komponen Karburator Motor lainnya ada katup gas atau Throttle Valve. 

Yang mana fungsi utama dari Katup Gas ini adalah sebagai pengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang nantinya akan di teruskan  ke bagian dalam ruang pembakaran pada mesin kendaraan.

Pegas Katup Gas
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Komponen Karburator yang satu ini terletak pada bagian atas karburator motor dan berada tepat pada bagian tutup pengatur katup gas yang sudah admin singgung diatas barusan. 

Untuk kegunaan dari Pegas Katup Gas ini adalah untuk menjaga katup tetap dalam kondisi tertutup pada saat pengguna kendaraan tidak menarik tuas gas dan mengembalikan posisi katup gas tersebut ke posisi semula ketika sudah selesai melakukan deselerasi.

Slow Jet/ Pilot Jet
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Komponen Karburator yang ke 6 ada Slow Jet atau Pilot Jet yang memiliki fungsi sebagai pengontrol serta pengatur aliran bahan bakar pada bagian sistem dengan putaran rendah dan mengenah. 

Umumnya semakin besar ukuran dari komponen tersebut, maka akan semakin besar pula bahan bakar yang akan di salurkan ke ruang bakar.

Main Jet
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Komponen Karburator ketujuh ada Main Jet atau yang juga di kenal sebagai Spuyer utama pada Karburator Motor.

Spuyer utama ini merupakan komponen karburator motor yang memiliki tugas atau fungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar sistem pada putaran menengah dan tinggi saja. 

Tentunya dengan ukuran yang semakin besar, maka akan semakin banyak pula jumlah bahan bakar yang akan di alirkan ke ruang bakar mesin.

Jet Needle
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Komponen Karburator selanjutnya ada yang namanya Jarum Skep atau juga bisa di sebut sebagai Jet Needle. 

Adapun fungsi utama dari Jet Needle ini adalah untuk mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang akan masuk melalui Main Jet pada saat motor gas motor dibuka dengan pembukaan katup 1/4 sampai dengan 3/4.

Tidak hanya itu Jet Needle ini juga berperan sangat penting terhadap besar kecilnya lubang dari Needle Jet. 

Untuk bentuk dari komponen sendiri bisa dengan mudah anda deteksi karena berbentuk sedikit tirus. 

Sehingga ketika Jet Needle ditarik, maka diameter lubang Needle Jet juga akan berbubah sesuai dengan trhottle valve yang ada.

Needle Jet
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Kemudian Komponen Karburator Motor lainnya pada sebuah sepeda motor ada adalah komponen yang bernama Needle Jet. 

Bagian atau komponen yang satu ini mempunya fungsi dalam mengontrol besar kecilnya lubang yang masih berhubungan dengan bagian venturi. 

Sementara bentuk dari komponen yang satu ini lebih tirus dibandingkan dengna Jet Needle yang sudah kita bahas diatas barusan. 

Sehingga ukuran dari Needle Jet ini akan berubah sesuai dengan bukaan dari throtlle valve pada setiap motor.

Slow Air Jet / Slow Air Bleed
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Komponen Karburator ke sepuluh ada Slow Air Jet yang juga menjadi bagian penting dari komponen yang ada pada sebuah karburator motor. 

Dimana komponen yang satu ini yang berupa sebuah lunan yang nantinya akan di lewati udara pada saat mesin berada pada putaran stasioner. 

Yang lebih hebatnya besar kecilnya lubang Slow Air Jet ini akan sangat berpengaruh pada campuran bahan bakar ketika berada pada putaran stationer atau putaran rendah sekalipun.

Main Air Jet
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Selanjutnya Komponen Karburator yang tidak boleh kita lewatkan untuk dibahas adalah berupa Main Air Jet.

Dimana komponen yang satu ini merupakan bagian komponen yang memiliki kegunaan utama sebagai lubang yang akan di lewati oleh udara pada saat mesin berada pada putaran menengah serta tinggi. 

Yang menarik dari komponen yang satu ini adalah besar kecilnya lubang udara tersebut akan sangat pengaruh besar pada atomisasi bahan bakar yang melewati Main Jet.

Air Screw/ Pilot Screw
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Terakhir Komponen Karburator Motor yang kita bahas pada postingan ini ada Air Screw atau Pilot Screw.

Dimana komponen yang satu ini merupakan sebuah sekerup yang akan digunakan untuk mengatur banyakanya jumlah udara maupun bahan bakar yang akan melewati orifice.

Cara Kerja Komponen Karburator Motor
Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Setelah anda mengetahui ke 12 Komponen Karburator Motor beserta dengan fungsinya seperti yang sudah admin jelaskan diatas tadi. 

Berikut ini merupakan penjelasan singkat tentang Cara Kerja Karburator Motor yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami sistem yang terdapad pada karburator motor itu sendiri.

Dimana kalau di lihat secara umum kebanyakan sepeda motor sudah menggunakan karburator jenis Variable Venturi atau karburator yang memiliki venturi yang bsia berubah-ubah. 

Untuk cara kerjanya sendiri karburator jenis ini sudah memiliki dua cara kerja. Yang pertama yakni pada saat throtle gas masih dalam keadaan tertutup dan yang kedua ketika throtle gas terbuka atau sudah mulai terangkat. 

Nah pada saat throtle gas motor anda tertutup, secara otomatis lebar venturi juga akan menjadi berukuran sangat kecil yang menyebabkan aliran udara dari bagian filter ke intake manifold akan dibatasai.

Maka dengan kondisi yang seperti itu bisa digambarkan kalau secara otomatis RPM mesin pun akan menjadi rendah. 

Namun jika kondisi tersebut berbalik atau pada saat throtle gas terangkat maka secara otomatis venturi juga akan ikut menjadi lebih besar dan akan membuat aliran udara yang masuk ke bagian ruang bakarj juga menjadi lebih cepat. 

Nah pada posisi seperti ini tentunya RPM mesin pun juga akan semakin meningkat secara drastis.

Itulah sedikit banyaknya informasi tentang Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya yang bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga bermanfaat & Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Komponen Karburator Motor Beserta Fungsi & Cara Kerjanya"